SD4 1-4 Bacaan Uniknya Gendang Beleq dan lain-lain

SD4 1-4 Bacaan Uniknya Gendang Beleq. Oleh Santi Hendriyeti Seperti biasa ketika libur kenaikan kelas, Dayu dan adik-adiknya berlibur ke rumah nenek di Bali. Dayu selalu senang pulang ke Bali. Banyak hal di Bali yang tidak ditemuinya di Jakarta. Tetapi, liburan ini istimewa. Bli Oka, pamannya, mengajak Dayu dan adik-adik menyeberang ke pulau Lombok. Wah, … Baca Selengkapnya

SD4 1-3 Bersyukur atas Keberagaman

  SD4 1-2 – Bersyukur atas Keberagaman. Pembelajaran 1. Indonesia memiliki keberagaman adat istiadat, makanan, permainan tradisional, lagu, tarian, serta lainnya. Kita perlu mensyukurinya karena dapat menikmatinya. Makanan tradisional Indonesia membutuhkan waktu dalam mengolahnya. Pembuatnya pun harus ahli membuatnya. Kamu akan belajar tentang seorang ibu pembuat dodol Betawi, makanan tradisional Betawi. Siswa menyimak cerita tentang … Baca Selengkapnya

SD4 1-2 – Kebersamaan dalam Keberagaman

SD4 1-2 – Kebersamaan dalam Keberagaman. Pembelajaran 1. Suku, budaya, dan agama yang berbeda tidak menghalangi Udin, Siti, Dayu, Beni, Lani, dan Edo menjalani kebersamaan. Mereka berbagi cerita tentang budaya masing-masing dan saling belajar. Hari-hari mereka penuh keceriaan dalam kebersamaan. Hari ini mereka berkumpul bersama untuk bekerjasama. Bekerja sama dalam Keberagaman Edo dan kelima temannya mendapat tugas … Baca Selengkapnya

SD4 1-1 Agama Katolik – Pribadi Peserta Didik

Pembahasan meliputi : A. Aku Bangga Diciptakan sebagai Perempuan atau laki-laki. B. Lingkungan Turut Mengembangkan Diriku sebagai Perempuan atau Laki-laki. C. Mensyukuri Diri sebagai Perempuan atau Laki-laki. D. Kemampuan dan Keterbatasanku. E. Mengembangkan Kemampuan Diri. F. Aku Butuh Orang Lain untuk Mengembangkan Diri. G. Mengembangkan Diri dengan Bekerja Sama.   A. Aku Bangga Diciptakan sebagai … Baca Selengkapnya

SD4 – IPS – Menghargai Keragaman Suku Bangsa dan Budaya

SD4 – IPS – Menghargai Keragaman Suku Bangsa dan Budaya. A. Pendahuluan. Kamu mengenal tetangga-tetangga yang tinggal di RT-mu, bukan? Suku bangsa apa saja yang menjadi warga RT-mu? Tentu warga RT-mu tidak hanya berasal dari satu suku bangsa. Masyarakat Indonesia terdiri dari beragam suku bangsa. Keragaman ini kita alami dalam kehidupan sehari-hari. Contohnya, warga RT terdiri dari beberapa suku … Baca Selengkapnya

SD4 – IPS 1-1 – Membaca dan Menggambar Peta Lingkungan Sekitar

SD4 – IPS 1 – Membaca  dan Menggambar Peta Lingkungan Sekitar. A. Pendahuluan. Di dinding kelas biasanya dipasang hiasan-hiasan. Apakah di dinding kelasmu juga dipasang hiasan-hiasan? Apakah ada gambar peta di antara hiasan-hiasan itu? Kalau ada, coba perhatikan peta tersebut. Peta wilayah mana yang dipasang di kelasmu? Apakah ka- mu bisa membaca peta itu? Ada … Baca Selengkapnya

SD4 – Bahasa Indonesia 2 – Transportasi

SD4 – Bahasa Indonesia 2 – Transportasi. A. Mendengarkan Penjelasan tentang Simbol. 1. Penjelasan Simbol/Lambang Lalu Lintas. Di jalan raya biasanya terdapat rambu-rambu lalu lintas. Rambu- rambu lalu lintas itu berguna untuk memberikan petunjuk, larangan, ataupun peringatan kepada pemakai jalan agar terhindar dari kecelakaan. Rambu lalu lintas mempunyai tiga warna dasar, yaitu kuning, merah, dan … Baca Selengkapnya

SD4 – Bahasa Indonesia 1 – Peristiwa – Membuat Denah sesuai dengan petunjuk yang didengar

SD4 – Bahasa Indonesia 1 – Peristiwa. A. Membuat Denah sesuai dengan petunjuk yang didengar. 1. Petunjuk Arah Mata Angin. Dengarkan baik-baik penjelasan tentang mata angin yang akan ditunjukkan gurumu berikut ini!  Gambar ini disebut mata angin, yaitu petunjuk arah yang terdapat dalam peta, atlas, atau denah. Pada mata angin ini terdapat huruf U yang terletak di atas, S terletak … Baca Selengkapnya

SD4 – Tema 1- SubTema 1 – Indahnya Kebersamaan

SD4 – Tema 1 – SubTema 1 – Indahnya Kebersamaan. Kami akan mulai belajar keanekaragaman suku bangsa Indonesia. Pemahaman berbagai ragam  budaya, upacara adat, dan kesenian akan menambah kecintaan kami pada tanah air Indonesia. Belajar dari Lingkungan. Saat bertemu orang di sekitar rumah, ajaklah mereka untuk bercerita tentang keunikan makanan khas, rumah adat, kesenian, atau yang lainnya yang menjadi ciri khas daerahnya. Kerja Sama dengan … Baca Selengkapnya

SD3 -Tema8-2 Ketampakan Rupa Bumi – Pembelajaran 6

SD3 -Tema8.2 -Ketampakan Rupa Bumi – Pembelajaran 6. Perhatikan bentuk rupa bumi berikut. Kamu sudah mempelajari bagian-bagian bentuk rupa bumi daratan dan lautan. Tulislah nama ketampakan rupa bumi pada gambar sesuai dengan nomor. 1. Gunung. 2. Tebing / Jurang. 3. dataran tinggi. 4. Sungai. 5. Dataran Rendah. 6. Danau. 7. Pantai. Tahukah kamu seperti apa bentuk wilayah Indonesia? Jika … Baca Selengkapnya

SD3 -Tema8-2 -Ketampakan Rupa Bumi – Pembelajaran 4 – 5

SD3 -Tema8.2 -Ketampakan Rupa Bumi – Pembelajaran 4-5. Bentuk Rupa Bumi Perairan. Sebagian besar permukaan bumi terdiri atas perairan. Dua pertiga dari wilayah Indonesia adalah lautan. Itulah sebabnya kenapa bumi akan terlihat berwarna biru jika dilihat dari ruang angkasa. Karena hal itu, bumi juga dijuluki planet biru. Warna biru perairan yang terdapat di bumi bisa berasal dari laut/samudera, danau, sungai, dan rawa. … Baca Selengkapnya

SD3-K3-1-Masyarakat

SD Kelas 3 – Pelajaran 3 – Masyarakat. A. Pemimpin Masyarakat. Mari berdoa : Bapa yang Mahakuasa. Dampingilah pemimpin masyarakat di lingkungan kami agar mereka dapat melaksanakan tugasnya dengan semangat cinta kasih. Amin. Mari bernyanyi :  Tuhan Yesus ajarilah kami, hidup rukun saling menghormati. Tuhan Yesus ajarilah kami, saling cinta, saling mengasihi. Tuhan Yesus ajarilah kami, rendah hati tak … Baca Selengkapnya

SD3 -Tema8.2 -Ketampakan Rupa Bumi – Pembelajaran 3

SD3 -Tema8.2 -Ketampakan Rupa Bumi – Pembelajaran 3. INDAH NEGERIKU. Karya: Zaira Dartavia. Wahai kawan mari tengoklah. Indah nian tanah airku. Kekayaan bumi aneka rupa. Bentangan alam amat mempesona. Bukit dan gunung tinggi menjulang. Lembah dan ngarai elok dipandang. Laut dan sungai sejukkan mata. Terima kasih kami padamu Tuhan. Ciptakan negeri tiada duanya. Semoga kami … Baca Selengkapnya

SD3 -Tema8.2 -Ketampakan Rupa Bumi – Pembelajaran 1 – 2

SD3 -Tema8.2 -Ketampakan Rupa Bumi – Pembelajaran 1 & 2. Bumi adalah tempat berlangsungnya beragam kehidupan. Bumi juga rumah bagi umat manusia. Di bumi semua orang bisa melakukan berbagai aktivitas. Tahukah kamu seperti apa rupa bumi kita? Tuhan telah menciptakan bumi dengan lengkap dan sangat indah. Bumi menyediakan segala kebutuhan kita. Mari terus kita jaga kelestariannya. Bumi dipersiapkan … Baca Selengkapnya

SD3 -Tema8.1 – Bumi Bagian Dari Alam Semesta – Pembelajaran 6

SD3.Tema8.1.Bumi Bagian Dari Alam Semesta – Pembelajaran 6. Bumi dan Bulan Bulan adalah satelit bumi. Bulan tidak memiliki cahaya sendiri. Bulan hanya memantulkan cahaya matahari yang diterimanya. Bulan bergerak mengelilingi bumi. Pergerakan ini mengakibatkan, penampakan bulan dari bumi berubah-ubah. Penampakan tersebut kadang terlihat sebagai bulan purnama, di waktu yang lain sebagai bulan sabit.  Bulan memiliki gaya tarik seperti … Baca Selengkapnya

SD3-K2.6-Agama Katolik – Kasih

F. Kasih. Mari berdoa! Bapa yang Mahakasih, Engkau mengutus Putra-Mu, Yesus Kristus, agar kasih-Mu menjadi nyata dalam hidupku, dan semakin dikenal oleh banyak orang. Semoga karena kasih-Mu, aku mampu mengasihi Engkau dan mengasihi orang lain. Amin.   Mari mendengar cerita! Pada suatu hari, Tuhan berjanji kepada seorang nyonya tua bahwa dia akan mengunjunginya hari itu. Tentu, … Baca Selengkapnya

SD3-K2.5-Agama Katolik- Harapan.

E. Harapan. Mari berdoa ! Doa agar kuat dalam pengharapan. Tuhan, Al-lah kami, dalam mengarungi hidup ini, kami sering menemukan kegembiraan dan penderitaan; hidup kami diwarnai suka dan duka. Kegembiraan yang kami rasakan telah menumbuhkan pengharapan di dalam hati. Tetapi kegagalan yang kami jumpai dapat menimbulkan kekecewaan dan ketakutan. Tuhan, tanamkanlah dalam hati kami pengharapan yang teguh akan cinta kasih dan kebaikan-Mu; pengharapan yang … Baca Selengkapnya

SD3-K2.3-Agama Katolik – Sakramen Tobat

C. Sakramen Tobat. Cerita : Malin Kundang. Dahulu kala hiduplah seorang janda miskin yang mempunyai anak yang bernama Malin Kundang. Ibu dan anak ini hidup miskin dalam sebuah pondok di luar kota. Mata pencaharian mereka hanyalah mencari kayu bakar di hutan dan menjualnya ke pasar. Walaupun hidupnya susah, ibu itu tidak mengeluh dan tidak putus asa. Ia tetap bekerja … Baca Selengkapnya

SD3.Tema8.1.Bumi Bagian Dari Alam Semesta – Pembelajaran 5

SD3.Tema8.1.Bumi Bagian Dari Alam Semesta – Pembelajaran 5. Bumi terdiri dari tiga lapisan utama. Lapisan terluar disebut kerak bumi, lapisan tengah disebut lapisan selubung, dan lapisan terdalam disebut lapisan inti bumi. Bumi yang bulat ternyata mempunyai permukaan yang tidak rata. Ada bagian bumi yang tinggi dan ada bagian bumi yang rendah. Ada bagian bumi yang cekung dan menonjol. Perbedaan tinggi rendah permukaan … Baca Selengkapnya

SD3.Tema8.1.Bumi Bagian Dari Alam Semesta – Pembelajaran 4.

SD3.Tema8.1.Bumi Bagian Dari Alam Semesta – Pembelajaran 4. Tuhan menghadirkan malam untuk kita beristirahat. Tuhan menghadirkan siang untuk kita beraktifitas. Terima kasih Tuhan yang telah mengatur alam dengan seimbang. Apa yang terjadi jika tidak ada peristiwa siang dan malam? Menggunakan waktu sesuai dengan kegiatan yang seharusnya adalah salah satu  contoh sikap adil. Apakah kamu sudah adil dengan dirimu sendiri? Coba tuliskan … Baca Selengkapnya

SD3.Tema8.1.Bumi Bagian Dari Alam Semesta – Pembelajaran 3

SD3.Tema8.1.Bumi Bagian Dari Alam Semesta – Pembelajaran 3. Masih ingatkah kamu dengan permainan rotasi dan revolusi pada pertemuan sebelumnya? Amati kembali data yang sudah kamu peroleh dari permainan tersebut. Buatlah laporan berdasarkan data yang kamu kumpulkan bersama kelompokmu. Laporan berisi tentang perbedaan waktu yang diperlukan planet dalam mengelilingi Matahari. Jelaskan pula bagian planet yang akan terkena sinar Matahari saat rotasi. Buat kesimpulan dari pengamatanmu. … Baca Selengkapnya

SD3.Tema8-1-2.Bumi Bagian Dari Alam Semesta – Pembelajaran 2

SD3.Tema8-1.Bumi Bagian Dari Alam Semesta – Pembelajaran 2. Ketika pergi ke planetarium, Siti dan temanteman berkesempatan melihat benda langit. Mereka melihat benda langit menggunakan teropong. Mereka harus mengantri untuk menggunakan alat-alat tersebut. Siswa yang berada di antrian paling depan akan mendapatkan giliran terlebih dahulu untuk menggunakan teropong bintang. Siti dan teman-teman perempuan lainnya mendapat antrian … Baca Selengkapnya

SD3.Tema8-1-1-Bumi Bagian Dari Alam Semesta

SD3.Tema8-1.Bumi Bagian Dari Alam Semesta – Pembelajaran 1 Pada siang hari kita dapat merasakan sinar matahari yang hangat. Pada malam hari kita bisa mengamati bintang dan bulan di langit. Semua itu adalah benda-benda langit. Bumi tempat kita tinggal juga adalah benda langit. Semua benda langit bergerak dengan teratur. Mari kita pelajari lebih lanjut susunan benda-benda … Baca Selengkapnya

SD3-7.3- Energi Alternative.

ENERGI ALTERNATIVE; Kebutuhan manusia akan energi semakin lama semakin tinggi. Selain karena penduduk dunia semakin banyak juga karena perkembangan teknologi yang semakin pesat. Perkembangan teknologi membutuhkan banyak energi. Bahan bakar minyak (BBM) Energi panas matahari, energi gerak angin, energi gerak air dan energi gas bumi adalah contoh sumber energi alternatif. Energi-energi tersebut tersedia dalam jumlah yang tidak terbatas.adalah energi yang jumlah penggunaannya paling … Baca Selengkapnya

SD3-7.2-Perubahan Energi

PERUBAHAN ENERGI. Energi tidak dapat diciptakan atau dihilangkang oleh manusia. Energi hanya dapat diubah dari satu bentuk ke bentuk lainnya. Dengan berubah bentuk itulah energi dapat  dimanfaatkan. Bagaimanakah perubahan energi terjadi? Bagaimana manusia memanfaatkan perubahan energi tersebut? Ayo kita mempelajarinya! Energi dapat digunakan saat mengalami perubahan bentuk. Perubahan energi terjadi setiap saat di sekitar kita. … Baca Selengkapnya

SD3-7.1-Sumber Energi

Sub. Tema 7.1. Sumber Energi. Perhatikan benda-benda pada gambar di atas! Pada gambar kita lihat ada matahari, air, tanah, dan tumbuhan. Tahukah kamu hubungan benda-benda tersebut dengan hidup kita? Ciptaan-ciptaan Tuhan tersebut adalah sumber-sumber energi. Kehidupan bisa berjalan karena adanya energi. Ada beragam sumber energi. Energi dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari. Kegiatan apa saja yang membutuhkan … Baca Selengkapnya

SD3 – Ramling – Susunan dan Fungsi Bagian Tumbuhan

MAteri Pengembangan. Susunan dan Fungsi Bagian-bagian Tumbuhan . Bagian tubuh tumbuhan memiliki bagian akar, batang, daun, bunga, buah dan biji. 1.      Akar Akar mempunyai susunan dari luar ke dalam yaitu kulit luar (epidermis), kulit pertama (korteks), dan silinder pusat. Bagian-bagian akar terdiri dari tudung akar, ujung akar, batang akar, cabang akar dan pangkal akar. Fungsi akar … Baca Selengkapnya

SD3 – Ramling – Mengamati Bagian dari Tanaman.

Mengamati Bagian-bagian Tumbuhan. 1. Bagian-bagian Tumbuhan : Akar, Batang, Daun, Bunga, Buah, Biji. 2. Guna Bagian Tumbuhan : a. Akar : berguna untuk menyerap sari-sari makanan dari dalam tanah. b. Batang : Menompang. c. Daun : Tempat memasak makanan dengan bantuan sinar matahari. Proses memasak makanan pada tumbuhan di sebut Fotosintesis. Fotositesis terjadi pada daun … Baca Selengkapnya

SD3 – Ramling – Penggunaan Lahan Di Desa

Penggunaan Lahan Di Desa.   1. Lahan di desa dimanfaatkan untuk : sawah, ladang, kebun, perkebunan, sekolah, Pasar, Perumahan, tempat ibadah, dan lain-lain. 2. Sawah adalah tanah yang di tanami dengan cara diairi. 3. Tanaman yang ditanam di sawah : Padi. 4. Tanaman yang di tanam di ladang : misalnya jagung, cabe, ketela. 5. Padi … Baca Selengkapnya

SD3-Ramling- Udara , Lingkungan dan Pencemaran.

  LINGKUNGAN & PENCEMARAN Makhluk hidup tidak dapat dipisahkan dari lingkungannya. Lingkungan tempat hidup berpengaruh terhadap kehidupannya. Kita akan mempelajari tentang lingkungan sehat dan tidak sehat. Kamu diharapkan dapat mengenali ciri- ciri lingkungan sehat dan tidak sehat, menceritakan pengaruh lingkungan terhadap kesehatan, dan menjelaskan pula cara menjaga kesehatan lingkungan. Komposisi Udara : Nitrogen / N2 … Baca Selengkapnya