SD3.Tema8-1.Bumi Bagian Dari Alam Semesta – Pembelajaran 1

Pada siang hari kita dapat merasakan sinar matahari yang hangat. Pada malam hari kita bisa mengamati bintang dan bulan di langit. Semua itu adalah benda-benda langit. Bumi tempat kita tinggal juga adalah benda langit. Semua benda langit bergerak dengan teratur. Mari kita pelajari lebih lanjut susunan benda-benda langit, juga mengenal bumi lebih dekat agar kita dapat mengetahui cara memelihara bumi. Memelihara bumi agar senantiasa menjadi tempat tinggal yang nyaman bagi yang menempatinya.

Pembelajaran 8-1-1.

Berkunjung ke Planetarium Hari Senin siswa kelas III SD Nusantara akan karyawisata mengunjungi planetarium. Planetarium berada di Jl. Merkurius no 45. Udin dan teman-teman sangat senang dan datang lebih pagi ke sekolah. Mereka sudah tidak sabar ingin segera menuju ke planetarium.

Planetarium adalah suatu tempat yang dapat menunjukkan susunan bintang dan benda langit. Informasi pergerakan benda langit dan sejarah alam semesta juga bisa kita dapatkan di sana. Planetarium dilengkapi alat teropong bintang. Melalui teropong bintang, kita dapat mengamati benda langit dengan lebih dekat dan jelas.

Semua siswa memperhatikan penjelasan dari petugas planetarium dengan saksama.
Mereka mendapat informasi tentang nama dan jenis benda langit. Matahari dan planet-planet membentuk suatu sistem yang disebut tata surya. Matahari adalah pusat tata surya, sedangkan planet-planet lain mengelilingi matahari. Planet tersebut adalah Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Jupiter, Saturnus, Uranus dan Neptunus. Planet yang kita tempati sekarang bernama bumi. Setiap planet mengelilingi matahari dengan jalur
yang disebut orbit. Semua planet bergerak berlawanan arah dengan jarum jam. Semua planet setiap hari bergerak dengan teratur. Semua diatur oleh Tuhan Maha Esa. Kita wajib bersyukur atas karunia alam yang teratur, yang dianugerahi-Nya.

BACA JUGA :   SD Kelas 4 Tema 9-3-3 Pelestarian Kekayaan Sumber Daya Alam Indonesia

Jawablah pertanyaan di bawah ini sesuai bacaan.
1. Apa yang dimaksud dengan planetarium?
2. Siapa yang mengunjungi planetarium?
3. Mengapa mereka pergi karyawisata ke planetarium?
4. Apa fungsi matahari dalam sistem tata surya?
5. Apa saja benda langit yang ada dalam sistem tata surya?

Apakah matahari termasuk planet? Jawab : Matahari bukan planet tetapi adalah sebuah bintang yang menjadi pusat tatasurya kita. Planet-planet mengitari matahari tersebut.

Planetarium adalah gedung teater untuk memperagakan simulasi susunan bintang dan benda-benda langit. Atap gedung biasanya berbentuk kubah setengah lingkaran. Di planetarium, penonton bisa belajar mengenai pergerakan benda-benda langit di malam hari dari berbagai tempat di bumi dan sejarah alam semesta.

Amati bentuk gambar planet-planet di atas. Gambar planet-planet tersebut berbentuk
lingkaran. Mari kita mencoba membuat lingkaran melalui kegiatan melipat kertas.

Buatlah 9 lingkaran dengan ukuran yang berbeda-beda untuk menggambarkan matahari dan planet-planet yang ada pada tata surya. Beri gambar dan warnai setiap lingkaran sesuai karakter dari planet dan matahari. Buatlah orbit atau tempat lintasan planet. Gunting dan tempelkan pada lintasan atau orbit yang sudah kamu buat. Tempatkan gambar sesuai tempat pada susunan tata surya.

Tata surya adalah kumpulan benda langit yang terdiri dari matahari (bintang), planet-planet, satelit alam, meteor, asteroid, dan komet yang berputar mengelilingi matahari (berevolusi). Matahari menjadi pusat tata surya karena semua benda langit berputar mengelilingi matahari dengan lintasan berbentuk elips ( lingkaran yang lonjong ). Semua benda langit dalam sistem tata surya berputar mengelilingi matahari karena matahari memiliki gaya gravitasi paling besar.

Bentuk bintang menyerupai kumpulan bangun datar segitiga. Bangun datar segitiga diantaranya adalah segitiga sama kaki, segitiga sama sisi dan segitiga siku-siku.

BACA JUGA :   Buku Tematik – Kelas 3 - Tema 4 - Kewajiban dan Hak


Bangun datar segiempat diantaranya adalah persegi panjang, persegi, belah ketupat, trapesium, layang-layang dan jajaran genjang.

Cobalah amati benda-benda yang ada di sekitarmu. Temukan benda yang menyerupai bangun datar tersebut.
Tuliskan contoh benda tersebut pada tempat yang tersedia. Kerjakan tugas secara berkelompok.

Kertas yang berbentuk persegi, dapat kita lipat dan bentuk menjadi berbagai bentuk bangun datar lainnya. Buatlah berbagai bentuk bangun datar dengan kegiatan melipat.
Tempelkan pada tempat berikut, lalu beri nama setiap bentuk yang dihasilkan. Orang tua mengajak siswa mengamati benda-benda langit yang dapat dilihat pada siang hari dan malam hari.

SD3.Tema8-1-1-Bumi Bagian Dari Alam Semesta
Tag pada:                                                        

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *