SD3.Tema8-1-2.Bumi Bagian Dari Alam Semesta – Pembelajaran 2

SD3.Tema8-1.Bumi Bagian Dari Alam Semesta – Pembelajaran 2.

Ketika pergi ke planetarium, Siti dan temanteman berkesempatan melihat benda langit. Mereka melihat benda langit menggunakan teropong. Mereka harus mengantri untuk menggunakan alat-alat tersebut. Siswa yang berada di antrian paling depan akan mendapatkan giliran terlebih dahulu untuk menggunakan teropong bintang.

Siti dan teman-teman perempuan lainnya mendapat antrian paling depan karena lebih
cepat dan berdisiplin. Udin dan teman-teman laki-laki lainnya mengantri berikutnya.
Petugas museum mengatur urutan giliran dengan adil.

Dengan mengantri, semua siswa dapat mendapatkan kesempatan untuk menggunakan teropong bintang. Mengantri adalah salah satu contoh berlaku adil. Berlaku adil merupakan contoh pengamalan sila kelima yang berbunyi “Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.”

Isilah titik-titik di bawah ini sesuai bacaan dengan benar.
1. Apa kegiatan yang sedang dilakukan Siti dan teman-teman di planetarium?
2. Mengapa Siti dan teman-teman harus bergiliran menggunakan teropong bintang?
3. Udin mendapat antrian di belakang. Kewajiban Udin adalah…
4. Siti berada di antrian paling depan. Hak Siti adalah…
5. Apa arti adil menurutmu?

Kamu sudah belajar tentang bersikap adil. Salah satu contoh sikap adil adalah melaksanakan hak dan kewajiban secara tepat. Amatilah gambar berikut ini, lalu berikan pendapatmu tentang hal tersebut.

Senin depan jadwal upacara kelas 3B. Seluruh anggota kelas berdiskusi untuk menentukan petugas upacara. Hampir semua siswa ingin menjadi petugas upacara. Sebagai ketua kelas, maka kamu punya hak untuk .. ( mengatur ) . Anggota kelas punya kewajiban untuk .. (mentaati dan melaksanakan).

Siti perlu situasi yang tenang saat belajar. Beberapa temannya berbicara keras di kelas. Siti mempunyai hak untuk … (belajar dengan tenang).
Teman-teman Siti berkewajiban untuk … ( menjaga ketenangan ).

BACA JUGA :   SD Kelas 4 Tema 8.2.2 - Daerah Tempat Tinggalku - Sub.Tema 2 - Keunikan Daerah Tempat Tinggalku

 Bu guru memberikan tugas yang harus dikerjakan secara berkelompok.
Sebagai ketua kelompok, maka kamu berkewajiban untuk .. ( membagi tugas ).
Anggota kelompok memiliki hak untuk … ( mendapat bagian tugas ).

Pernahkah kamu mengantri? Di manakah kamu mengantri? Buatlah cerita tentang pengalamanmu saat mengantri.

Lengkapi isi cerita dengan penjelasan tempat mengantri dan perasaan kamu saat mengantri. Tuliskan pula sikap yang akan kamu lakukan jika melihat orang lain tidak mengantri dengan tertib.

Berikut ini adalah laporan pengamatan Edo saat berkunjung ke planetarium.
Edo mengumpulkan informasi tentang peranan matahari dalam tata surya.
Bacalah laporan yang dibuat Edo, lalu kerjakan tugas yang diberikan.

Peranan Matahari dalam Tata Surya Matahari merupakan pusat tata surya. Bendabenda langit yang ada dalam tata surya bergerak mengelilingi matahari. Matahari memiliki ukuran, massa, volume, temperatur, dan gravitasi yang paling besar. Oleh karena itu, matahari memiliki pengaruh yang sangat besar pula terhadap benda-benda angkasa yang beredar mengelilinginya. Matahari adalah sumber cahaya dan panas bagi planet-planet di sekitarnya, termasuk bumi. Dengan cahaya matahari, kehidupan manusia, tumbuhan, dan hewan dapat berlangsung di bumi. Selain sebagai sumber panas dan cahaya, Matahari memiliki peranan sebagai pengatur iklim dan cuaca. Perbedaan iklim dan cuaca memungkinkan terjadinya variasi kehidupan di muka bumi.

Masih ingatkah kamu dengan susunan planet dalam sistem tata surya?
Mari mencoba mengingatnya melalui kegiatan bermain. Sebelum bermain, berlatihlah terlebih dahulu gerak berjalan menyamping dan gerak hadap kanan dan kiri. Bagilah kelompok yang terdiri dari delapan orang siswa. Siapkan delapan buah kartu yang bertuliskan nama planet. Siapkan pula delapan lintasan planet. Simpan sebuah bola besar di tengah-tengah lintasan. Susun kartu secara acak. Setiap siswa mengambil satu kartu. Siswa harus menempati lintasan sesuai dengan nama planet yang didapatkannya.

BACA JUGA :   SD3.Tema8-1-1-Bumi Bagian Dari Alam Semesta

Beri tanda tempat kamu berdiri. Lalu, setiap siswa akan berlatih jalan ke samping
sesuai dengan lintasannya. Setiap satu hitungan, siswa akan berjalan ke samping satu langkah. Hitung banyak langkah yang diperlukan untuk mengitari satu lintasan penuh.

Permainan planet

Dari data tersebut, dapat ditunjukkan bahwa planet bergerak mengelilingi Matahari. Peristiwa tersebut disebut dengan revolusi. Saat mengelilingi Matahari, planet juga berputar pada porosnya, disebut rotasi. Mari kita menirukan gerak rotasi. Siswa tetap pada posisi sebelumnya. Setiap hitungan, siswa akan bergeser satu langkah menyamping ke kanan. Dalam setiap langkah, siswa menghadapkan badannya ke sebelah kanan.

1 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *