SD3.Tema8.1.Bumi Bagian Dari Alam Semesta – Pembelajaran 3.

Masih ingatkah kamu dengan permainan rotasi dan revolusi pada pertemuan sebelumnya? Amati kembali data yang sudah kamu peroleh dari permainan tersebut. Buatlah laporan berdasarkan data yang kamu kumpulkan bersama kelompokmu. Laporan berisi tentang perbedaan waktu yang diperlukan planet dalam
mengelilingi Matahari.

Jelaskan pula bagian planet yang akan terkena sinar Matahari saat rotasi.
Buat kesimpulan dari pengamatanmu. (Jawab. Pada Bagian planet yang terkena sinar matahari terjadi peristiwa siang hari. )

Proses Terjadinya Siang dan Malam Bumi adalah planet tempat kita tinggal. Bumi kita adalah salah satu planet yang mengelilingi Matahari. Perputaran Bumi mengelilingi Matahari disebut revolusi. Ia juga berputar pada porosnya, yang disebut rotasi. Rotasi Bumi menyebabkan terjadinya siang dan malam.

Waktu yang dibutuhkan Bumi untuk mengelilingi Matahari atau revolusi adalah 365 hari atau satu tahun. Waktu yang di butuhkan Bumi untuk menyelesaikan perputaran pada porosnya adalah 24 jam atau satu hari.

Pada saat berputar pada porosnya, sebagian sisi bumi menghadap Matahari dan sisi lainnya membelakangi Matahari. Sisi Bumi yang menghadap Matahari akan mengalami waktu siang atau sore. Sisi yang membelakangi Bumi akan mengalami waktu malam. Hal itu pun akan terjadi terus menerus, sehingga semua sisi Bumi mengalami siang dan malam secara bergantian.

Jawablah pertanyaan berikut ini dengan tepat.

1. Apa yang dimaksud rotasi bumi ? Jawab : Peristiwa Planet berputar pada porosnya.

2. Berapa lama waktu yang dibutuhkan oleh bumi  untuk berputar pada porosnya? Jawab : 24 Jam.

3. Bagian sisi bumi manakah yang mengalami waktu siang? JAwab : sisi yang terkena sinar matahari.

4. Bagian sisi bumi manakah yang mengalami waktu malam?  Jawab : Sisi yang tidak menerima sinar matahari.

Benda langit yang dapat dilihat pada siang hari adalah matahari. Benda langit yang dapat dilihat pada malam hari adalah bintang dan bulan.

BACA JUGA :   SD3-K3-1-Masyarakat

Mari kita membuat gelang dengan hiasan benda langit tersebut. Gelang dibuat melalui kegiatan meronce. Meronce adalah menyusun atau merangkai benda menjadi satu menggunakan seutas tali.

 Lakukan kegiatan seperti berikut:

  1. Siapkan bahan dan alat yang dibutuhkan seperti karton, alat mewarnai, gunting, dan karet atau tali.
  2. Jiplak gambar-gambar benda langit (Matahari, bulan, bintang, planet) terlebih dahulu sebuah karton. Buat gambar tersebut sesuai kebutuhan.
  3. Berikan lubang di salah satu bagian gambar tersebut dan beri sedikit tali agar mudah untuk dirangkai.
  4. Siapkan karet atau tali, lalu masukan gambar tersebut secara berurutan dan berulang. Misalnya bintang, bulan, matahari, bintang, bulan, matahari, …, dan seterusnya.
  5. Ikatlah tali sehingga membentuk sebuah gelang.

Apakah kamu berhasil membuat sebuah gelang? Kamu juga bisa membuat kalung dengan cara yang sama. Kamu juga bisa menggunakan bentuk lain sebagai hiasan kalung atau gelangmu. Gambar pohon, hewan, atau bentuk bangun datar juga dapat dijadikan hiasan.

Masih ingatkan kamu dengan jenis bangun datar yang sudah kamu pelajari pada pertemuan sebelumnya? Amati gambar suasana malam tersebut. Adakah gambar benda yang menyerupai bentuk segitiga? Adakah gambar benda yang menyerupai bentuk persegi? Apa lagi bentuk bangun datar yang dapat kamu temukan pada gambar tersebut? Bentuk bangun datar apa yang tidak dapat kamu temui pada gambar tersebut?

SD3.Tema8.1.Bumi Bagian Dari Alam Semesta – Pembelajaran 3
Tag pada:                                        

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *