SD Kelas 4 Tema 9.2.6 – Kayanya Negeriku – Pemanfaatan Kekayaan Alam di Indonesia

SD Kelas 4 Tema 9.2.6 – Kayanya Negeriku – Pemanfaatan Kekayaan Alam di Indonesia.

Pembelajaran 6.

Pemanfaatan sumber daya alam harus dilakukan dengan hati-hati dan bijaksana. Sumber daya alam yang kita miliki harus dilestarikan. Kita tidak boleh memanfaatkan secara sembarangan. Jika sumber daya alam yang kita miliki habis atau rusak, kita terancam bencana. Lingkungan yang rusak dapat mengancam kehidupan masyarakat. Misalnya jika laut tercemar, maka ikan juga akan tercemar, dan orang yang memakannya juga akan sakit.

Menjaga kelestarian alam merupakan kewajiban kita, baik sebagai individu maupun masyarakat. Betapa pentingnya menjaga kelestarian lingkungan dan sumber daya alam yang ada di dalamnya. Sudah sepatutnya dalam bentuk kerja sama antar anggota masyarakat maupun dengan pemerintah diwujudkan.

Bentuk-bentuk kerja sama yang dapat dilakukan antara lain sebagai berikut:
1. Kerja sama warga masyarakat dalam menjaga kelestarian lingkungan
Anggota masyarakat merupakan unsur yang menikmati sumber daya alam dan sekaligus unsur yang merasakan langsung dampak jika terjadi kerusakan lingkungan. Oleh karena itu, setiap anggota masyarakat berkewajiban saling bahu membahu dan bekerja sama dalam menjga kelestarian lingkungan.
Berikut upaya-upaya yang dapat
dilakukan secara berkerja sama dalam menjaga kelestarian lingkungan dan sumber daya alam di dalamnya:
a. Melaksanakan kerja bakti kebersihan secara rutin.
b. Saling mengingatkan jika ada yang merusak lingkungan.
c. Melakukan kegiatan reboisasi di lingkungan sekitar tempat tinggal.
d. Mengelola sampah dengan baik.

2. Kerja sama warga masyarakat dengan pemerintah dalam menjaga kelestarian lingkungan
Kerja sama antarmasyarakat dengan pemerintah dapat dilaksanakan dengan penetapan dan pelaksanaan peraturan dan program-program lingkungan hidup.
a. Memberikan sanksi sepadan kepada perusak lingkungan.
b. Memberikan hadiah dan penghargaan kepada pribadi ataupun kota yang menjaga kelestarian lingkiungan, seperti adipura dan kalpataru.
c. Membentuk LMDH atau Lembaga Masyarakat Desa Hutan untuk mengontrol secara swadaya kelestarian hutan.
d. Menyediakan tempat pembuangan sampah.

BACA JUGA :   SD Kelas 4 Tema 9.1.2 - Kayanya Negeriku - Subtema 1 Kekayaan Sumber Energi di Indonesia.

Jika masyarakat dan pemerintah telah melaksanakan kewajibannya terhadap lingkungan, maka manfaat dari lingkungan pun bisa kita dapatkan. manfaat tersebut antara lain sebagai berikut:
1. Hidup yang aman terhindar dari bencana alam.
2. Hasil alam yang melimpah.
3. Hidup yang nyaman karena lingkungan asri dan udara bersih.
4. Kebutuhan tercukupi dengan baik karena telah disediakan alam.
5. Meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan mengelola dan meman- faatkan sumber daya alam.
6. Sumber daya alam yang terjaga dengan baik menjadi modal pembangunan.

Amati perilaku dan kegiatan-kegiatan masyarakat di sekitar tempat tinggalmu berkaitan dengan usaha-usahanya dalam menjaga kelestarian lingkungan alam beserta manfaat yang bisa dirasakan.

Usaha-Usaha Masyarakat dalam Menjaga Kelestarian lingkungan   Alam.

1. Membuang sampah pada tempatnya agar lingkungan bersih.
2. Menanami tanam hijau disekitar lingkungan tsb agar tetap rindang.
3. Jagan buat sampah ke sungai karena dapat menyebabkan banjir.
4. Gerakan penyuluhan kpd masyarakat agar perduli lingkungan.
5. Kerja bakti secara rutin agar terjga lingkungan dan dapat mengontrol lingkungan alam.
6. Apabil berwisata ke alam jgan sembarangan merusak yang ada didalamnya.

Salah satu contoh kewajiban kita terhadap lingkungan sebagai masyarakat adalah dengan melaksanakan kerka bakti. Ketja bakti membersihkan lingkungan banyak jenisnya, seperti membersihkan lingkungan sekitar tempat tinggal, melakukan reboisasi, membersihkan saluran air dan sungai, dan lain- lain.

Kerja Bakti di Hari Minggu, Bentuk Pelaksanaan Kewajiban Masyarakat Terhadap Lingkungan.

Kegiatan kerja bakti di hari Minggu telah menjadi budaya di sebagian besar masyarakat Indonesia. Kerja bakti ini dilakukan secara sadar oleh masyarakat dengan melakukan kegiatan-kegiatan yang menyangkut lingkungan.

Banyak kegiatan dalam kerja bakti, seperti membersihkan lingkungan sekitar tempat tinggal dengan menyapu, mencabut rumput liar, menebang dahan pohon yang mengganggu, membersihkan got dan saluran air, dan membersihkan sampah. Masyarakat sadar, dengan kerja bakti akan membuat lingkungan tempat tinggal menjadi bersih dan asri. Hal ini akan berdampak pada kehidupan masyarakat. Masyarakat dapat hidup dengan nyaman, aman, dan sehat.

BACA JUGA :   SD Kelas 4 Tema 9.2.6 – LKS - Kayanya Negeriku – Pemanfaatan Kekayaan Alam di Indonesia

Kerja bakti merupakan contoh kegiatan manusia yang selaras dengan lingkungan. Masyarakat melaksanakan kewajibanya terhadap lingkungan dengan menjaga kelestariannya, maka akan berdamapak positif bagi kehidupan masyarakatnya itu sendiri. Masyarakat akan terhindar dari bencana alam.

a. Kerja Bakti Di lingkungan rumah :

Berikut adalah 5 contoh bentuk kerjasama dilingkungan rumah.
∴Membantu ibu memasak
Dalam hal ini kerjasama bisa dilakukan seperti menyiapkan bahan-bahan yang akan ibu masak.
∴Membantu mencuci
Dalam hal ini kerjasama bisa dilakukan seperti mencuci gelas sedangkan ibu mencuci piring.
∴Menyiapkan makanan
Dalam hal ini kerjasama bisa dilakukan seperti menyiapkan alat-alat makan seperti piring sedangkan ibu yang menyiapkan makanannya
∴Menyiapkan baju.
Dalam hal ini kerjasama bisa dilakukan seperti menyiapkan baju yang akan disetrika oleh ibu sedangkan ibu yang akan menyetrikanya.
∴Membantu adek belajar
Dalam hal ini memberikan contoh soal yang mirip untuk dijelaskan dan selanjutkan akan diikuti caranya oleh adek.

b. Kerja Bakti Di lingkungan sekolah :
Piket kelas, Membersihkan halaman secara gotong royong, Musyawarah saat sedang kerja kelompok, Iuran untuk membeli peralatan piket, & Menjenguk teman yang sakit.

c. Kerja Bakti Di lingkungan masyarakat :
Contoh bentuk kerjasama / gotong royong :
1. Bersama membersihkan lingkungan desa.
2. Turut ikut aktif melaksanakan siskamling / ronda.
3. Tolong menoling dalam segala hal terutama dalam masyarakat.
4. Bersama membantu orang yang mengalami musibah.
5. Bekerja sama memecahkan masalah guna kepentingan bersama.

Makna untuk pribadi :
1. Menambah silaturahmi/tali persaudaraan antar manusia.
2. Tidak dikucilkan dalam masyarakat.
3. Disenangi masyarakat.

Makna Buat masyarakat :
1. Pekerjaan lebih cepat selesai.
2. Lingkungan menjadi aman dan tentram.

Amatilah perilaku orang-orang di sekitarmu! Sebut dan identifikasikan perilaku-perilaku yang menujukkan pelaksanaan kewajiban dalam menjaga kelestarian lingkungan! Carilah jawaban pertanyaan tersebut dengan bertanya kepada narasumber di sekitarmu. Kamu dapat bertanya kepada orang tuamu, bapak/ibu guru, atau orang-orang lain di sekitarmu.

BACA JUGA :   SD Kelas 4-2 Agama Katolik - Bab 4 Gereja

Buatlah laporan hasil wawancaramu seperti kotak berikut.

Ada banyak usaha yang dapat kita lakukan untuk menjaga lingkungan. Salah satunya adalah dengan mendaur ulang barang-barang bekas, dengan mendaur ulang lingkungan kita bersih dan kita pun dapat menghasilkan barang yang berguna.

Membuat Kereta Mainan Bertenaga Angin.

Jika kamu meminum minuman dalam kemasan, jangan dibuang bungkus kemasannya. Masih dapat kita jadikan sebagai mainan. Bahan-Bahan :
1. Satu kemasan bekas minuman kemasan.
2. Satu sedotan bekas minuman kemasan.
3. Empat tutup botol bekas minuman.
4. Satu batang lidi.
5. Lem.

Langkah-Langkah
1. Potong sedotan menjadi dua dan rekatkan ke kotak minuman. Sedotan ini berfungsi sebagai tempat as atau poros roda.
2. Lubangi keempat tutup botol ditengah-tengah. Potong lidi sukuran lebar kotak dan ditambah 5 cm. Masukann lidi ke tutup botol.
3. Masukan roda ke dalam sedotan dan badan kereta pun sudah terbentuk.
4. Tambahkan aksesoris seperti cerobong asap dan ruang masinis.
5. Cara memainkannya dengan meniup bagian belakang kereta. Karena kereta ini sangat ringan maka dengan tiupan kereta pun akan bergerak ke depan.

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *