SD3 -Tema8.2 -Ketampakan Rupa Bumi – Pembelajaran 4-5.

Bentuk Rupa Bumi Perairan.

Sebagian besar permukaan bumi terdiri atas perairan. Dua pertiga dari wilayah Indonesia adalah lautan. Itulah sebabnya kenapa bumi akan terlihat berwarna biru jika dilihat dari ruang angkasa. Karena hal itu, bumi juga dijuluki planet biru. Warna biru perairan yang terdapat di bumi bisa berasal dari laut/samudera, danau, sungai, dan rawa.

Danau merupakan perairan yang terbentuk dari cekungan di darat yang terisi air. Sedangkan rawa adalah dataran rendah yang selalu terendam air, sehingga setengah berlumpur. Ini membuat rawa kurang baik untuk pertanian. Ketampakan rupa bumi perairan lainnya adalah sungai. Sungai terbentuk dari air yang berasal dari puncak gunung yang mengalir ke tempat yang lebih rendah kemudian kembali ke laut. Dalam perjalanannya, air sungai yang tawar membawa berbagai macam mineral yang terkandung pada tanah dan batuan yang dilewatinya. Sesampainya di laut, air yang
tadinya tawar akan terasa asin. Air laut terasa asin karena mengandung banyak garam mineral.

Disadur dari berbagai sumber.

Jawablah pertanyaan di bawah sesuai dengan isi teks.
1. Apa saja rupa bumi yang termasuk perairan? Jawab : Laut, Danau , Sungai.
2. Disebut apakah cekungan di darat yang terisi air? Danau.
3. Sebutkan nama-nama sungai yang ada di sekitar daerah tempat tinggalmu. Brantas, Bengawan Solo.
4. Kenapa air laut terasa asin? Karena mengandung kadar garam yang tinggi.
5. Mengapa planet bumi dijuluki sebagai planet biru? Bila di liat dari Luar Angkasa Laut dan Pohon-pohon terliat warna biru.

 

 

Dayu mengunjungi sepupunya.
Sepupu Dayu tinggal di dekat pantai.
Apakah kamu pernah berkunjung atau berekreasi ke pantai atau danau?
Apakah kamu senang bermain air di sana?
Kamu harus berhati-hati bermain, terutama di air yang dalam.
Kamu juga perlu belajar bagaimana cara mengapung dan meluncur di air.
Mulailah belajar mengapung dengan berdiri di tepi kolam yang dangkal.
Bungkukkan badanmu sampai kepala masuk ke dalam air.
Pegang dinding kolam dengan kedua tangan dan luruskan badan ke belakang.
Gerakanlah kakimu secara bergantian ke atas dan ke bawah.

BACA JUGA :   Kumpulan Audiobook SD Kelas 3

Untuk gerakan meluncur dapat dilatih tanpa gerakan kaki.
Berdirilah tegak di pinggir kolam dengan mengangkat satu kaki yang  ditempelkan ke dinding kolam.
Bungkukkanlah badan ke depan sejajar dengan air dan luruskan tangan ke depan. Dorong maju dengan kaki yang menempel di dinding kolam .
Jika di sekolahmu tidak ada kolam renang, kamu dapat berlatih gerakan meluncur dan mengapung dengan menggunakan meja atau bangku panjang. Ayo berlatih bersama teman-teman. Jangan lupa, harus ada orang dewasa yang menemanimu.

  • Dayu mengunjungi sepupunya yang tinggal di tepi pantai. Sepupu Dayu sangat pandai berenang, sedangkan Dayu belum bisa berenang. Sepupu Dayu mengajari dayu berenang.  Dayu sangat senang, sekarang ia sudah bisa mengapung sendiri.
  • Saat bermain di pantai, Dayu dan sepupunya melihat ada seorang anak kecil yang hampir tenggelam.Saudara Dayu segera membantu menyelematkan anak tertsebut. Syukurlah anak kecil itu bisa selamat.
  • Sepupu Dayu kesulitan memahami pelajaran Matematika di kelas. Ia
    membutuhkan bantuan. Dayu menyukai pelajaran Matematika. Nilai Matematika Dayu biasanya paling tinggi di kelas. Dayu membantu sepupunya belajar Matematika. Sepupu Dayu sangat senang. Ia telah memahami pelajaran Matematika.
  • Dayu pulang dari rumah sepupunya dengan naik bis bersama ayah. Ketika hendak naik ke bis, Dayu melihat seorang nenek yang kesulitan
    membawa banyak barang. Dayu dan ayah membantu nenek tersebut. Nenek itu mengucapkan terima kasih kepada Dayu dan ayahnya.

Cerita tersebut menunjukkan sikap kasih sayang dan saling membantu sesama. Tuhan mengajarkan kita untuk membantu dan mengasihi orang lain. Tentu saja saling membantu dan tolong menolong dalam kebaikan.
Membantu orang lain yang membutuhkan sesuai dengan nilai sila dalam
Pancasila.

Apakah kamu punya pengalaman seperti Dayu?
Tuliskan beberapa contoh pengalamanmu saat dibantu atau membantu orang lain. Ceritakan salah satu pengalaman tersebut di depan teman-teman.

 

Pembelajaran 5.

Bentuk permukaan bumi di dasar laut ternyata juga tidak rata.
Di dasar laut pun terdapat gunung laut, palung, dangkalan, dan lubuk laut.

Taman Nasional Raja Ampat.

Raja Ampat, di Provinsi Papua Barat, adalah salah satu taman nasional dengan sejuta pesona. Lautnya yang jernih dengan ribuan ikan di terumbu karang dapat dinikmati dari permukaan laut. Banyak orang memimpikan untuk dapat pesiar ke taman nasional tersebut.
Keindahan pantai Raja Ampat juga disebabkan oleh pesona hutan bakaunya yang hijau lestari. Oleh pemerintah setempat Raja Ampat tidak akan dikembangkan sebagai pariwisata massal. Hal itu bertujuan, agar kawasan itu tetap terjaga kelestariannya.
Salah satu upayanya adalah melakukan pembatasan bagi aktivitas penyelaman di Raja Ampat. Dikhawatirkan suhu badan para penyelam dapat merusak terumbu karang, sehingga kegiatan menyelam sekian banyak orang, dalam waktu bersamaan, tidak diizinkan. Selain itu
sinar lampu kamera fotografer juga dapat merusak terumbu karang.
Tidak sembarang turis dapat berkunjung ke Raja Ampat. Mereka yang datang harus menunjukkan sikap yang bertanggung jawab, untuk menjaga agar terumbu karang tidak rusak. Saat ini Raja Ampat adalah surga keanekaragaman hayati laut tropis terkaya di dunia.
Disadur dari berbagai sumber.

BACA JUGA :   SD4.7.1 - SD Kelas 4 Tema 7 - Indahnya Keragaman di Negeriku - Sub Tema 1-4

Kemukakan pendapatmu untuk pernyataan-pernyataan berikut ini.
Contoh:
Membuang sampah ke laut akan merusak terumbu karang.
Pendapat saya:  Setuju, karena sampah dapat membunuh hewan-hewan dan tumbuhan laut termasuk terumbu karang.

1. Kita boleh membawa pulang terumbu karang untuk dijadikan suvenir.
Pendapat saya: Saya tidak setuju, karena kalau terumbu karang di ambil lama kelamanan akan habis dan merusak laut.

2. Menutup tempat-tempat wisata akan dapat membantu menjaga kelestarian lingkungan.
Pendapat saya: Tidak setuju, tetapi para wisatawan harus menjaga tempat tersebut.

Wilayah Indonesia sangat luas dan kaya. Indonesia termasuk negara kepulauan yang paling luas di dunia.
Kekayaan alamnya tidak hanya terdapat di daratan, tetapi juga di laut dan perairan.
Semua orang boleh menggali kekayaan alam Indonesia, asalkan taat dengan peraturan yang berlaku. Itulah prinsip keadilan.
Setiap orang yang tinggal di wilayah Indonesia harus diperlakukan dengan adil. Kamu dan teman-teman juga memiliki hak yang sama untuk belajar dan bersekolah, bukan? Keadilan sesuai dengan nilai Pancasila sila ke-5.
Ingatkah kamu bunyi serta lambang sila ke-5 Pancasila?

 

Laut merupakan bagian terluas dari bumi. Di dalamnya terdapat bermacam-macam kehidupan. Bintang laut adalah salah satu jenis hewan air yang hidup di laut. Bentuknya mirip bintang. Bentuk bintang laut, termasuk bangun datar beraturan.
Selain bintang laut, berbagai macam jenis ikan juga hidup di laut. Beberapa jenis ikan membentuk pola bangun datar tidak beraturan. Kaki-kaki bintang laut serta sirip ikan juga membentuk sudut.
Berapa jumlah sudut yang dapat kamu temukan pada hewan tersebut?
Hitunglah jumlah sudut tumpul dan lancip yang kamu temukan.

 

Coba temukan bangun datar beraturan dan tidak beraturan yang ada di sekitarmu. Gambarkan bangun-bangun tersebut. Kamu juga dapat membuat sendiri bangun datar dari kertas.
Kemudian, bandingkan besar semua sudut yang dimiliki oleh bangun tersebut.

SD3 -Tema8-2 -Ketampakan Rupa Bumi – Pembelajaran 4 – 5
Tag pada:                                    

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *