20 Hak Dan Kewajiban Bagi Seorang Siswa Di Sekolah

Sekarang, carilah contoh hak dalam kehidupan sehari-harimu!

Berikut Ini 20 Hak Dan Kewajiban Bagi Seorang Siswa Di Sekolah :

1. Hak Untuk Belajar.
Salah satu kegiatan siswa di sekolah adalah belajar, yang mana sudah menjadi kebutuhan pokok yang harus didapatkan dari sekolah. Pelajaran yang sudah disampaikan oleh guru dapat menjadi bekal untuk siswa dalam meraih masa depan yang lebih baik, tidak hanya itu saja para siswa juga berhak untuk mengikuti kegiatan yang lainnya seperti ekstrakurikuler, ujian UN, ujian harian dan sejenisnya.

2. Berhak Untuk Memakai Fasilitas Yang Ada Di Sekolah.
Fasilitas yang sudah diberikan atau disediakan oleh sekolah berhak digunakan oleh para siswanya sebagai pelengkap kegiatan belajar yaitu berupa ruang kelas, perpustakaan, wc, mushola, ruang peaktek, dan kelengkapan olahraga. Dengan memiliki fasilitas yang lengkap para siswa dapat mengembangkan kemampuannya dengan baik.

3. Berhak Untuk Mendapatkan Bantuan Beasiswa.
Bagi siswa yang masih tergolong tidak mampu atau pun siswa yang berprestasi memiliki hak untuk mendapatkan beasiswa dari sekolah, siswa yang perekonomiannya di bawah rata-rata dapat mengajukan atau merekomendasikan untuk mendapatkan bantuan beasiswa untuk meringankan biaya sekolah dan mengurangi angka siswa yang putus sekolah. Dan siswa yang berprestasi karena sudah memenangkan lomba baik tingkat kabupaten, provinsi, nasional atau internasional berhak mendapatkan beasiswa, hal ini dikarenakan sudah mengangkat nama baik sekolah tersebut.

4. Berhak untuk ikut berorganisasi.
Organisasi yang sudah ada di sekolah dapat dimanfaatkan oleh siswa untuk mengembangkan diri, menyalurkan kreativitas dan menambah wawasan. Bapak / ibu guru juga perlu memberikan pengawasan terhadap para siswa untuk menjalankan organisasi tersebut dengan sebaik-baiknya, banyak sekali organisasi yang ada di sekolah yang dapat siswa ikuti seperti Pramuka, English Club.

5. Berhak Tidak Berangkat Sekolah Apabila Ada Kepentingan Mendadak.
Setiap manusia pasti memiliki kepentingan dan keperluan yang harus dijalankan atau dilaksanakan sehingga harus membatalkan beberapa kepentingan yang lain. Seorang siswa juga berhak untuk meminta izin apabila ada sesuatu yang lebih penting, misalkan menghadiri pernikahan saudaranya atau salah satu saudara ada yang meninggal dunia. Namun apa pun alasannya guru juga berhak meminta keterangan mengapa tidak berangkat ke sekolah, oleh sebab itu siswa dianjurkan untuk mengirim surat izin.

6. Berhak Untuk Mengikuti Perlombaan
Salah satu yang dapat membuat siswa bangga adalah dapat ikut mendaftar dan mengikuti perlombaan dalam bidang pendidikan, kesenian atau olahraga. Dalam hal ini siswa juga berhak mengajukan diri untuk mendaftar agar dapat ikut serta dalam perlombaan.

7. Berhak Mendapatkan Toleransi.
Toleransi dapat diartikan sebagai “kesempatan atau memaafkan”, misalkan saat siswa berangkat menuju sekolah tidak disangka terjadi sesuatu yang tak diinginkan seperti terjadi kecelakaan ringan dan hujan sehingga membuatnya terlambat datang ke sekolah. Oleh sebab itu siswa berhak mendapatkan toleransi dari guru.

8. Berhak Mendapatkan Perlakuan Yang Sama Di Sekolah.
Guru adalah pengganti orang tua saat berada si sekolah, sehingga guru wajib memperlakukan seluruh siswanya dengan adil. Jika ada siswa yang bersalah maka wajib mendapatkan hukuman, sama seperti yang lainnya jika bersalah maka wajib diberikan sanksi.

9. Berhak Izin Pulang Bila Tiba-Tiba Sakit Saat Di Sekolah.
Semua siswa tentu menginginkan selalu sehat, hal itu dapat terjadi apabila antibody siswa dapat selalu terjaga dengan baik. Jika ada siswa yang tiba-tiba sakit, pingsan atau terjatuh saat beraktifitas di sekolah sehingga tidak memungkinkan untuk bisa mengikuti pelajaran di sekolah. Maka siswa dapat mengajukan izin untuk pulang.

10. Berhak Memberikan Saran.
Semua siswa tentu memiliki hak untuk mengeluarkan pendapat serta saran mengenai sesuatu yang ada di sekolah, namun harus menggunakan cara-cara yang lebih sopan supaya tidak terjadi hal-hal yang dapat merugikan dari pihak sekolah. Bermusyawarah dapat dengan mudah menemukan titik terang dari permasalahan tersebut.

Berikut adalah kewajiban siswa :

11. Siswa Wajib Menjaga Nama Baik Sekolah.
Menjaga nama baik di dalam atau di luar sekolah adalah hal utama yang perlu siswa dan guru jaga, karena sebagai perwujudan terhadap kualitas dari sekolah tersebut. Sekolah yang memiliki kualitas bagus dapat dilihat dari jumlah siswanya serta perilaku dan prestasi sekolahnya. Jika para siswa memiliki karakter yang baik maka akan menjadi sesuatu yang baik pula buat sekolah tersebut.

12. Siswa Wajib Taat Pada Peraturan Yang Ada Di Sekolah.
Peraturan yang sudah diterapkan atau dibuat oleh sekolah wajib ditaati oleh semua siswa tanpa terkecuali, hal ini diharapkan supaya segala sesuatu yang ada di sekolah dapat berjalan dengan baik. Dengan adanya peraturan tersebut dapat mencegah perilaku siswa bertindak semaunya.

13. Siswa Wajib Menghormati Kepala Sekolah, Guru, Dan Siswa Yang Lain.
Sebagai warga sekolah siswa wajib menghormati kepala sekolah, guru maupun siswa yang lain, misalkan saat guru sedang menjelaskan materi pelajaran siswa wajib menghormati dan menghargai apa yang sedang dijelaskan di depan kelas, menghormati kepala sekolah saat menyampaikan pesan-pesan saat upacara. Perilaku ini supaya terjadi keharmonisasian di lingkungan sekolah.

14. Bertanggung Jawab Pada Pemeliharaan Sekolah.
15. Wajib Memberikan Keterangan Saat Tidak Berangkat Sekolah.
16. Berpenampilan Rapi.
17. Mengikuti Upacara Bendera.
18. Menjaga Sikap Saat Proses Belajar Berlangsung.
19. Wajib Ikut Kegiatan Belajar.
20. Wajib Mengerjakan Tugas Yang Sudah Diberikan Oleh Guru.

 

BACA JUGA :   SD Kelas 4 Tema 9.2.2 – LKS - Kayanya Negeriku – Pemanfaatan Kekayaan Alam di Indonesia

Berikut ini adalah beberapa Hak dan Kewajiban Anak di Rumah :

  • Setiap anak berhak untuk dicintai.
  • Anak berhak mendapat pendidikan yang baik.
  • Anak harus mendapat cukup perhatian.
  • Anak berhak untuk didengarkan.
  • Anak berhak untuk diterima sebagai individu yang berbeda.
  • Anak Anda berhak mendapat kepercayaan.
  • Setiap anak berhak mendapat pujian.

Kewajiban anak di rumah :

  • Anak wajib berbakti pada orang tua.
  • Anak harus berkata-kata baik pada orang tua.
  • Anak harus berterima kasih pada orang tua.
  • Meminta izin dan restu dari orang tua adalah hal wajib.
  • Anak wajib mendoakan orang tua.

Hak sebagai Warga Masyarakat :
Hak berarti sesuatu yang mutlak menjadi milik seseorang dan penggunaannya tergantung kepada orang yang bersangkutan. Jadi, hak warga masyarakat adalah sesuatu yang mutlak menjadi milik seseorang yang berkedudukan sebagai warga masyarakat.

Bentuk hak warga masyarakat seperti berikut :

  • Mendapatkan perlindungan hukum.
  • Mendapatkan pekerjaan dan penghidupan yang layak.
  • Menikmati lingkungan bersih.
  • Hidup tenang dan damai.
  • Bebas memilih, memeluk, dan menjalankan agama.
  • Berpendapat dan berorganisasi.
  • Mengembangkan kebudayaan daerah.

Kewajiban sebagai Warga Masyarakat :
Kewajiban berarti sesuatu yang harus dilakukan dengan penuh rasa tanggung jawab. Jadi, kewajiban warga masyarakat adalah sesuatu yang harus dilakukan seseorang sebagai warga masyarakat dengan penuh rasa tanggung jawab. Bentuk kewajiban warga masyarakat seperti berikut :

  • Mematuhi aturan atau norma yang berlaku dalam masyarakat.
  • Menjaga ketenangan dan ketertiban lingkungan masyarakat.
  • Mengikuti kegiatan yang ada di lingkungan RT, RW, atau desa setempat, misalnya kegiatan kerja bakti, gotong royong, dan musyawarah warga masyarakat setempat.
  • Menghormati tetangga di lingkungan tempat tinggal.
  • Membantu tetangga yang terkena musibah.
  • Menjaga kebersihan lingkungan tempat tinggal.

Apa saja yang memengaruhi hak kita?

Ketika di sekolah maka yang mempengaruhi hak kita di sekolah adalah adanya kewajiban yang harus kita lakukan di sekolah; juga harus menghormati hak-hak warga sekolah lainnya, sehingga hak dan kewajiban kita disekolah bisa berjalan sering sejalan secara harmonis.
Demikian juga di masyarakat; hak kewajiban warga masyarakat mempengaruhi hak dan kewajiban kita dimasyrakat.
Hak dan Kewajiban di Rumah di pengaruhi oleh hak dan kewajiban warga rumah; harus saling menghormati juga.

Setiap warga negara Indonesia berhak untuk mendapatkan pendidikan, me- nyampaikan pendapat, hidup aman, serta memperoleh kasih sayang dari lingkungannya. Hak-hak tersebut sangat dipengaruhi oleh lingkungan terdekat kita.