SD Kelas 4 Tema 9.1.1 – Kayanya Negeriku – Subtema 1 Kekayaan Sumber Energi di Indonesia.

SD Kelas 4 Tema 9-1 – Kayanya Negeriku -Subtema 1: Kekayaan Sumber Energi di Indonesia.

Pembelajaran 1.

Kita harus banyak bersyukur hidup di bumi Indonesia. Bangsa yang dikarunia sumber daya. Salah satunya sumber daya energi. Mulai dari minyak gas sampai yang bukan minyak.

Malam ini lingkungan tempat tinggal Beni gelap gulita. Hujan sejak sore disertai angin dan petir yang kencang, petir menyambar gardu listrik di dekat rumah Beni. Hal ini mengakibatkan satu lingkungan tempat tinggal Beni mati lampu.
Beni : Ayah, masih lama tidak ya mati lampunya? Ayah Beni : Masih menunggu perbaikan gardu listrik, Beni.
Beni : Oh begitu. Dari manakah suplai listrik di rumah kita ini, ayah? Ayah Beni : Suplai listrik rumah kita ini berasal dari gardu induk di Semarang. Beni : Wah, jauh sekali.
Ayah Beni : Benar Beni, listrik termasuk sumber energi.
Sumber-sumber energi yang dapat menghasilkan listrik contohnya tenaga air, uap, panas bumi atau nuklir, Sumber- sumber energi tersebut diubah menjadi tenaga listrik di sebuah pembangkit listrik.
Sumber energi listrik tersebut akan habis. Oleh karena itu, kita harus benar-benar bijak menggunkannya.

Gambar – Turbin Air – Generator Listrik.

Air dan listrik.

Air memiliki manfaat yang sangat besar bagi kehidupan manusia. Salah satu pemanfaatan air yang sangat cerdas adalah sebagai pembangkit listrik tenaga air. Manfaat air yang sangat besar dan berpengaruh terhadap kehidupan manusia, Oleh sebab itu, harusnya di- imbangi dengan kesadaran menjaga sumber air yang ada di bumi. Membuang- buang air merupakan perbuatan yang tidak bijak.

Air dan listrik menjadi kebutuhan manusia yang tidak bisa digantikan oleh apapun. Kegiatan sehari-hari akan terganggu ketika pasokan air dan listrik terganggu.
Di Indonesia, pembangkit listrik tenaga air adalah salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk memenuhi seluruh kebutuhan pasokan listrik bagi masyarakat. Banyaknya ketersediaan air menjadi salah satu alasan paling mendasar untuk membangun pembangkit listrik tenaga air di Indonesia. Oleh karena itu, tidak mengherankan jika di Indonesia memiliki banyak waduk atau bendungan. Waduk atau bendungan merupakan salah satu rangkaian sistem dari pembangkit listrik tenaga air. Aliran air dari bendungan atau waduk digunakan untuk menggerakkan turbin untuk kemudian membangkitkan energi listrik.
Air merupakan salah satu sumber energi yang cukup berlimpah. Air menyimpan energi yang cukup besar. Aliran air mampu menggerakkan kincir yang dibangun di dekat sungai. Kincir-kincir ini akan dihubungkan dengan generator untuk menghasilkan listrik. Makin deras aliran air, semakin kencang kincir berputar. Energi listrik yang dihasilkan pun semakin besar.

1. Apa fungsi air dalam pembangkit listrik tenaga air itu? Aliran terjun air digunakan untuk menggerakkan turbin, turbin menggerakkan generator listrik.

2. Mengapa untuk menghasilkan listrik perlu di bangun sebuah bendungan?  agar kumpulan air menghasilkan gaya yang besar dan bisa menggerakkan turbin.

BACA JUGA :   SD4 1-4 Bacaan Uniknya Gendang Beleq dan lain-lain

3. Adakah Pembangkit listrik tenaga air di daerahmu?  ada di bendungan lodoyo – PLTA Jegu.

Dengan adanya PLTA atau Pembangkit Listrik Tenaga air maka aliran listrik pun sampai ke rumah-rumah. Kita pun bisa memanfaatkannya untuk menghidupkan berbagai peralatan listrik yang memudahkan kegiatan kita sehari-hari, seperti lampu, televisi, dan peralatan lainnya.

Perhatikan lampu yang ada di rumahmu! Apa yang terjadi saat sakelar lampu ditekan?
Tuliskan pendapatmu pada kolom di bawah ini!  Lampu mengubah energi listrik menjadi cahaya, untuk menerangi ruangan di rumah.

Saat sakelar lampu ditekan, energi listrik mengalir ke lampu sehingga arus listrik berubah menjadi cahaya dan panas. Dari peristiwa tersebut terjadi perubahan bentuk energi. Energi listrik berubah menjadi energi cahaya dan panas.
Tuliskan Peralatan di rumahmu yang menggunakan energi listrik dan kegunaannya.

NAMA-NAMA ALAT LISTRIK RUMAH TANGGA BESERTA GAMBAR DAN FUNGSINYA

1. Kipas Angin : Kipas angin dipergunakan untuk menghasilkan angin. Fungsi yang umum adalah untuk pendingin udara, penyegar udara, ventilasi, pengering (umumnya memakai komponen penghasil panas).

2. Mesin Cuci : Mesin cuci adalah sebuah mesin yang dirancang untuk membersihkan pakaian dan tekstil rumah tangga lainnya seperti handuk dan sprei.

3. Setrika : Setrika berfungsi menghilang-kan kerutan dari pakaian dengan alat yang dipanaskan. Biasanya pakaian yang baru dicuci harus disetrika agar kembali mulus.

4. AC : AC berfungsi untuk mendinginkan ruangan atau melindungi dari panas ketika di dalam ruangan.

5. Blender : Blender berfungsi untuk menghaluskan makanan dan bisa juga digunakan untuk membuat jus dengan menghaluskan buah-buahan atau sayur-sayuran.

6. Lampu : Lampu berfungsi untuk menerangi ruangan atau tempat.

7. Kulkas : Kulkas digunakan untuk mendinginkan makanan atau minuman. Kulkas juga digunakan agar makanan menjadi tahan lama

Kehidupan manusia tidak dapat dipisahkan dari lingkungan alam maupun lingkungan sosial. Lingkungan menjadi penyedia berbagai sumber daya. Sumber daya itu termasuk sumber daya energi yang dibutuhkan untuk menunjuang kehidupan manusia.

Kehidupan manusia tidak bisa dipisahkan dari lingkungan alam maupun lingkungan sosial.
Lingkungan adalah segala sesuatu yang ada di sekitar manusia yang memengaruhi kehidupan manusia.

Berikut fungsi lingkungan bagi kehidupan:

1. Lingkungan sebagai Tempat Mencari Makan
Nelayan memperoleh nafkah dari laut. Petani memperoleh sumber penghidupannya dari lahan pertanian. Pengusaha memperoleh sumber penghidupan nafkah dari proses produksi, yaitu mengelola bahan-bahan dari lingkungannya.

2. Lingkungan sebagai Tempat Bekerja
Setiap manusia melakukan berbagai aktivitas untuk mencari nafkah. Berbagai aktivitas tersebut menimbulkan terjalinnya interaksi sosial. Hal ini juga menunjukkan ketergantungan antarmanusia dengan sesamanya. Melalui interaksi sosial manusia mampu mencapai kesejahteraan hidupnya.

3. Lingkungan sebagai Tempat Tinggal
Kalian tentu bisa membayangkan bagaimana jika suasana lingkungan rumah kotor dan penuh dengan sampah yang bau. Tambahan lagi bising, penuh asap pabrik maupun kendaraan, air yang keruh, dan listrik yang padam.
Tentu sangat tidak nyaman tinggal di kawasan seperti itu bukan?

Tumbuhan dan hewan pun tidak mampu mempertahankan hidupnya jika keadaan lingkungannya berubah. Ikan tidak dapat bertahan hidup di darat dan kambing tak dapat hidup di air. Setiap makhluk hidup memerlukan lingkungan tertentu sebagai tempat tinggal.

BACA JUGA :   SD Kelas 4 - Tema 3 - Peduli terhadap Makhluk Hidup - Bagian 3 - Ayo Cintai Lingkungan

Informasi apa yang dapat kamu peroleh dari bacaan tersebut?
Lengkapi peta pikiran berikut.

Apakah lingkungan?
adalah kombinasi antara kondisi fisik yang mencakup keadaan sumber daya alam seperti tanah, air, energi surya, mineral, serta flora dan fauna yang tumbuh di atas tanah maupun di dalam lautan, dengan kelembagaan yang meliputi ciptaan manusia seperti keputusan bagaimana menggunakan lingkungan fisik tersebut.

Ada berapa jenis lingkungan? Sebutkan!
A. Lingkungan Biotik
Lingkungan biotik ialah semua benda hidup yang ada di sekitar individu, baik manusia, hewan, dan tumbuhan. Tiap unsur ini berinteraksi satu sama lainnya. Sebagai contoh, kambing akan memakan tumbuhan berupa rerumputan untuk mempertahankan hidupnya, selanjutnya kambing akan dimakan oleh manusia sebagai konsumsi protein hewani. Lalu manusia akan mengeluarkan sisa pencernaan berupa kotoran yang akan menyuburkan rerumputan tersebut.
B. Lingkungan Nonbiotik (fisik)
Lingkungan ini adalah segala benda mati dan keadaan fisik yang ada di sekitar kita, misalnya sinar matahari, suhu dan kelembapan, batu-batuan, tanah mineral, air, udara dan lain-lain.

3. Apakah lingkungan hanya bermanfaat bagi manusia saja? Tidak, tapi seluruh mahluk hidup. Mengapa? Karena  mahluk hidup dapat hidup dengan memanfaatkan sumber daya alam yang ada di lingkungan.

4. Apa saja fungsi lingkungan bagi manusia?
Sebagai tempat untuk bertahan hidup, Lingkungan hidup merupakan suatu tempat dimana di dalamnya terdapat unsur-unsur yang saling memiliki keterkaitan satu dengan yang lainnya. Seperti : Ketersediaan udara yang sangat diperlukan untuk sistem pernafasan baik bagi manusia maupun makhluk hidup yang lainnya. Selain itu, udara juga sangat diperlukan untuk membantu proses fotosintesis pada tumbuh-tumbuhan. Ketersediaan sinar matahari yang bermanfaat sebagai sumber energi cahaya
Ketersediaan air yang dipergunakan untuk minum, mandi, irigasi, pembangkit listrik, dan lain sebagainya.
Ketersediaan hewan dan tumbuh-tumbuhan yang dapat dipergunakan untuk memenuhi kebutuhan sumber nutrisi, yaitu berupa produk hewani dan nabati. Selain sebagai sumber nutrisi, keberadaan hewan dan tumbuhan juga dimanfaatkan manusia untuk memenuhi kebutuhan seperti berupa pakaian.
Ketersediaan lahan yang merupakan suatu kebutuhan bagi manusia untuk mendirikan sarana dan prasarana yang dapat membantu menunjang kehidupan manusia seperti bangunan tempat tinggal, sarana pendidikan, sarana hiburan, dan lain sebagainya.

Mengapa lingkungan bisa memengaruhi aktivitas manusia? Sumber daya alam yang ada di lingkungan akan berpengaruh terhadap pemenuhan kebutuhan manusia, misalnya di pedesaan bertani, di pantai nelayan. di kota menjadi pegawai pabrik, dan lain-lain.

 

Dari beberapa definisi lingkungan hidup diatas, kita dapat menyimpulkan bahwa lingkungan hidup merupakan tempat atau pusat kehidupan manusia, dimana keberadaan lingkungan hidup telah banyak memberikan fungsi lingkungan hidup bagi manusia :

1. Sebagai tempat untuk bertahan hidup

Lingkungan hidup merupakan suatu tempat dimana di dalamnya terdapat unsur-unsur yang saling memiliki keterkaitan satu dengan yang lainnya. Seperti :

BACA JUGA :   SD Kelas 4 Tema 9.2.6 – LKS - Kayanya Negeriku – Pemanfaatan Kekayaan Alam di Indonesia

Ketersediaan udara yang sangat diperlukan untuk sistem pernafasan baik bagi manusia maupun makhluk hidup yang lainnya. Selain itu, udara juga sangat diperlukan untuk membantu proses fotosintesis pada tumbuh-tumbuhan.
Ketersediaan sinar matahari yang bermanfaat sebagai sumber energi cahaya
Ketersediaan air yang dipergunakan untuk minum, mandi, irigasi, pembangkit listrik, dan lain sebagainya.
Ketersediaan hewan dan tumbuh-tumbuhan yang dapat dipergunakan untuk memenuhi kebutuhan sumber nutrisi, yaitu berupa produk hewani dan nabati. Selain sebagai sumber nutrisi, keberadaan hewan dan tumbuhan juga dimanfaatkan manusia untuk memenuhi kebutuhan seperti berupa pakaian.
Ketersediaan lahan yang merupakan suatu kebutuhan bagi manusia untuk mendirikan sarana dan prasarana yang dapat membantu menunjang kehidupan manusia seperti bangunan tempat tinggal, sarana pendidikan, sarana hiburan, dan lain sebagainya.
2. Sebagai tempat untuk bersosialisasi

Manusia merupakan makhluk sosial. Mereka tidak dapat hidup sendiri tanpa adanya bantuan dari orang yang lain. Lingkungan hidup menjadi tempat yang strategis bagi manusia untuk menciptakan tempat tinggal yang baik, dimana dalam satu lingkungan tersebut terdiri dari kumpulan manusia yang hidup saling berdampingan, bekerja sama, dan saling tolong menolong.

3. Sebagai tempat untuk mencari kekayaan

Banyak sekali kekayaan alam yang terkandung dalam lingkungan hidup, seperti keberadaan barang-barang tambang seperti emas, perak, batu bara, nikel, minyak bumi, dan barang tambang lainnya. Barang-barang tambang tersebut merupakan salah satu sumber utama bagi pendapatan manusia, dimana barang-barang tambang tersebut nantinya dapat diolah menjadi berbagai jenis produk seperti perhiasan, bahan bakar, dan lain sebagainya. Selain barang-barang tambang tersebut, ketersediaan hewan dan tumbuhan juga ikut mendukung perekonomian manusia, seperti untuk peternakan, perkebunan, pertanian, nelayan maupun sebagai bahan baku serta bahan mentah untuk industri.

sponsored links
4. Tempat untuk mendapatkan hiburan

Dalam hidup, manusia tidak hanya membutuhkan makanan, pakaian, maupun tempat tinggal saja. Akan tetapi mereka juga memerlukan hiburan agar terhindar dari rasa jenuh dan stress. Di lingkungan sekitar kita banyak sekali menyediakan saran maupun prasarana guna mencukupi kebutuhan tersebut, seperti dengan adanya danau, gunung-gunung, taman, peternakan, pantai dan lain sebagainya. (baca : manfaat pantai)

5. Sebagai sarana edukasi

Lingkungan hidup juga menyediakan sarana pembelajaran bagi manusia, dimana kita bisa melakukan hal-hal untuk menambah wawasan kita seperti dengan mengadakan penelitian lingkungan, study, dan lain sebagainya.

6. Sebagai sumber kebudayaan

Lingkungan hidup juga memiliki peran yang penting dalam perkembangan seni budaya, dimana lingkungan sangat berpengaruh terhadap tingkah laku manusia yang menjadi salah satu unsur pembentuk budaya.

Coba kamu perhatikan penggunaan sumber daya air dalam kegiatan sehari- hari di rumahmu! Catatlah kegiatan-kegiatan yang menggunakan air dan seberapa banyak air yang digunakan. Catat pula usaha-usaha yang sudah dilakukan oleh orang tua dan anggota keluargamu yang lain dalam menghemat air!

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *