SD Kelas 4 Tema 9.1.3 – Kayanya Negeriku – Subtema 1 Kekayaan Sumber Energi di Indonesia.

SD Kelas 4 Tema 9-1 – Kayanya Negeriku -Subtema 1: Kekayaan Sumber Energi di Indonesia.

Pembelajaran 3.

Indonesia adalah bangsa yang memiliki banyak sumber energi. Sumber energi mulai dari minyak dan gas bumi (migas) sampai yang bukan minyak dan gas bumi (nonmigas). Sumber-sumber energi tersebut tersebar di seluruh pulau-pulau yang ada di Indonesia. Kesemuanya harus dimanfaatkan secara bijak demi kesejahteraan penduduknya.

 

A. Sumber Energi yang Tidak Dapat Diperbarui.

Sumber energi yang tidak dapat diperbarui merupakan sumber-sumber energi yang akan habis, sumber energi tersebut juga tidak dapat diperbarui lagi. Pada umumnya, minyak dan gas merupakan sumber energi yang tidak dapat diperbarui. Contohnya adalah batu bara, gas alam, dan hasil tambang lainnya.
Minyak bumi dan batu bara merupakan sumber energi yang berasal dari tumbuhan dan makhluknhidup yang kecil yang terpendam selama jutaan tahun.

Minyak bumi dan batu bara akan habis jika digunakan secara terus menerus. Membutuhkan berjuta-juta tahun minyak bumi dan gas agar tersedia lagi.

 

B. Sumber Energi yang Dapat Diperbarui.

Sumber energi yang dapat diperbarui merupakan sumber energi yang tidak akan habis meskipun digunakan se- cara terus menerus. Sumber energi ini dapat memperbarui diri. Adapula yang bisa diusahakan atau dibuat oleh manusia. Meskipun demikian, kita tetap harus bijak dan hemat dalam menggunakannya. Contoh sumber energi ini adalah air, matahari, dan lain-lain.

Matahari merupakan sumber energi yang terbesar bagi bumi. Energi matahari tidak akan pernah habis digunakan. Energi matahari bermanfaat bagi seluruh alam terutama mahluk hidup.
Untuk lebih mudah memahami manfaat energi matahari bagi kehidupan manusia.

Buatlah peta konsepnya dengan mengisi kolom–kolom berikut.

Manfaat energi matahari yang bisa kita dapatkan. Energi matahari merupakan sumber daya alam yang bisa terbarukan dan tidak akan pernah habis hingga akhir zaman nanti. Panas matahari bisa kita manfaatkna sebagai energi untuk kehidupan makhluk hidup yang ada di bumi ini.

Contoh singkat dari manfaat energi panas matahari adalah mampu proses pengeringan. Yang dimaksud dengan proses pengeringan disini adalah bukan hanya pengering pakaian waktu kita menjemu, namun bisa juga membantu proses pengeringan kerupuk yang dijemur dan juga pemanenan garam. Contoh singkat ini merupakan dua contoh simple mengenai manfaat energi panas matahari yang ada di bumi.

BACA JUGA :   SD Kelas 4 Tema 8.1.3 - Daerah Tempat Tinggalku - Sub.Tema 1 Lingkungan Tempat Tinggalku.

Salah satu manfaat energi panas matahari yang lain adalah membantu proses terbnetuknya awan. Dengan menguapkan permukaan yang berair sehingga air menguap dan mengkristal membentuk awan. Setelah awan tadi terbentuk matahari akan terus menyinari awan tersebut dan membuatnya kembali menjadi cair. Proses alam yang seperti ini lah yang disebut hujan.

Hujan tidak akan mampu turun tanpa adanya matahari karena proses awal mula pembentukan awan berasal dari pengkristalan air yang ada di bumi yang dibantu dengan energi panas matahari. Selain itu, karena gravitasi matahari yang menarik planet sehingga planet mengelilingi matahari, kita bisa mengetahui kita tidak akan bisa hidup tanpa adanya sinar matahari. Bayangkan saja jika tidak terdapat sinar matahari, pastinya kita akan langsung kedinginan begitu kita lahir.

Manfaat Energi Panas Matahari Bagi Makhluk Hidup.
Contoh lain dalam manfaat energi panas matahari bagi makhluk hidup adalah kita bisa beristirahat dngan baik. Beberapa peneliti mengungkapkan bahwa jika kita terpapar sinar matahari selama kurang lebih 6 jam setiap harinya, maka kita akan menjadi segar pada saat malam hari. Itulah mengapa seseorang akan sangat mudah kantuk ketika malam tiba karena kita sudah diberi oleh pencahayaan lampu buatan yang membuat mata kita menjadi berat.

Selain itu, manfaat energy matahari juga bisa dimanfaatkan sebagai pereda rasa sakit. Banyak pasien pasien yang ada di rumah sakit yang menggunakan terapi sinar matahari sebagai media alternatif penyembuhanya dan lebih sedikit dalam mengkonsumsi obat.

Manfaat Energi Matahari Bagi Manusia.
Jelas bahwa ada banyak manfaat energi matahari bagi manusia. Salah satunya adalah mampu membakar lemak. Lemak yang dimaksut disini tidak hanya lemak yang berada di jaringan kulit saja, namun lemak yang nantinya akan berujung ke penyakit kolesterol dan juga penyakit jantung, Lemah akan perlahan akan luruh dan menjauhkan pula dari berbagai macam penyakit apabila kita rajin untuk terkena sinar matahari.

BACA JUGA :   SD4 - Tema 3 - Peduli terhadap Makhluk Hidup - Bagian 2 - Keberagaman Makhluk Hidup di Lingkunganku.

Selain itu, berbagai peneliti juga mengungkapkan jika sinar matahari juga bagus untuk memaksimalkan metabolism di dalam tubuh kita. Namun, sebelum kita ingin menyinari tubuh kita dengan matahari, kita harus bertanya kepada ahlinya terlebih dahulu. Kita tidak bisa langsung menyinari tubuh kita dengan sinar matahari untuk mengurangi kandungan lemak yang ada di dalam tubuh.

Contoh lain dari manfaat sumber energi matahari adalah membantu dalam mengatur masa hidup manusia. Nah, untuk contoh yang satu ini, kita tidak bisa mengira-ngira karena memang masa hidup manusia ada di tangan Yang Maha Kuasa, namun para peneliti bisa mengungkapkan hal seperti itu karena memang ada benarnya.

Membantu membakar lemak.

Seperti yang sudah dijelaskan tadi matahari sangat berguna untuk membantu membakar lemak. Lemak yang dimasud tak hanya lemak yang berada di bawah jaringan kulit, tetapi juga lemak yang dapat menyebabkan kolesterol dan penyakit jantung. Namun tak hanya itu saja, matahari juga dapat memaksimalkan fungsi metabolisme tubuh.

Membantu proses pengeringan.

Sudah menjadi rahasia umum jika matahari dapat digunakan untuk membantu proses pengeringan. Dengan panas matahari tersebu, tentunya kita dapat mengeringkan pakaian, kerupuk, ikan asin dan bahkan dapat membantu dalam proses pemanenan garam. Tak hanya itu saja, matahari juga dapat membantu proses terbentuknya awan. Setelah awan terbentuk matahari akan menyinarinya dan membuatnya kembali mencari menjadi peristiwa alam yang disebut hujan.

Sumber energi paling besar.

Manfaat matahari bagi kehidupan manusia berikutnya adalah sebagai sumber energi yang paling besar. Bagi alam semesta, terutama bumi, matahari digunakan sebagai salah satu sumber energi alternatif untuk kehidupan. Sel Surya mengubah energi sinar matahari menjadi Listrik.

Mengatur tata surya.

Seperti yang kita ketahui matahari merupakan pusat dari tata surya. Oleh karena itu lanet dan satelitnya berevolusi sambil berotasi mengelilingi matahari. Lantas mengapa hal ini bisa terjadi? Ini karena gaya gravitasi matahari menarik planet sehingga planet-planet berevolusi mengelilinginya dan membentuk tatanan surya yang disebut galaksi Bimasakti.

BACA JUGA :   SD5. Tema 1 - Wujud Benda dan Cirinya - Pembelajaran 3

Berguna untuk manusia.

Matahari merupakan sumber utama bagi setiap makhluk hidup, tak terkecuali dengan tumbuhan. Tumbuhan membutuhkan sinar matahari untuk melakukan fotosintesis. Fotosintesis menghasilkan okisgen yang akan membawa dampak bagi kehidupan di bumi. Tanpa matahari maka tumbuhan akan mati karena tidak dapat memasak untuk kebutuhan dirinya.

Membantu beristirahat dengan lebih baik.

Beberapa sumber menyebutkan bahwa jika seseorang yang terpapar sinar matahari kurang lebih 6 jam dalam setiap harinya dapat membuatnya menjadi lebih segar di petang hari. Hal ini akan membuat Anda merasa mengantuk. Sehingga kualitas tidur Anda akan lebih baik.

Itulah contoh singkat mengenai manfaat energi matahari bagi kehidupan dan semua makhluk hidup yang ada di bumi.

Berdasarkan bacaan di atas, coba identifikiasikan sumber-sumber energi yang ada di daerah tempat tinggalmu.
Untuk mendapatkan jawabanya, kamu bisa melakukan wawancara dengan orang-orang di sekitar tempat tinggalmu. Kamu akan melakukan wawancara. Wawancara itu untuk memperoleh data mengenai sumber-sumber energi yang ada di daerah tempat tinggalmu.

Coba, jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut.
1. Siapa narasumber yang akan kamu wawancarai?

2. Pertanyaan apa saja yang akan kamu ajukan untuk mendapatkan data kondisi lingkungan di lingkungan sekitarmu?  Siapa nama Bapak/Ibu?  Hewan apa saja yang masih dapat dijumpai di lingkungan sekitar bapak/ibu?

Kamu telah membuat daftar narasumber dan daftar pertanyaan. Berdasarkan daftar tersebut, lakukanlah wawancara. Kamu dapat melakukan sendiri atau berkelompok dengan 3-4 temanmu.

Bersama orang tua atau anggota keluargamu yang lain, amatilah aktivitas keluargamu. Identifikasikan dan sebutkan aktivitas anggota keluargamu yang mengunakan sumber energi yang dapat diperbarui dan yang tidak dapat diperbarui.
Tuliskan hasilnya pada kolom berikut dan mintalah tanda tangan orang tua atau anggota keluargamu yang lain!

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *