SD Kelas 4 – Tema 5.1 – Pahlawanku – Perjuangan pahlawanku

SD Kelas 4 – Tema 5.1 – Pahlawanku – Perjuangan pahlawanku.

Kami akan belajar mengenal pahlawan-pahlawan yang ada di Indonesia supaya kami lebih memahami perjuangan yang dilakukan oleh pahlawan dan nilai-nilai positif yang bisa dicontoh.

Belajar dari Lingkungan Kamu bisa mengamati orang-orang di sekitar kamu yang mempunyai semangat
juang untuk menolong orang lain.

Kerja Sama dengan Orang Tua Ajaklah orang tuamu untuk membaca teks tentang pahlawan. Setelah itu diskusikan sikap-sikap baik pahlawan yang bisa kamu contoh.

Menolong orang lain dengan ikhlas, berani, dan gigih merupakan sikap yang dimiliki oleh para pahlawan. Untuk menghargai mereka, kamu bisa meneladani sikap kepahlawanannya dalam kehidupan sehari-hari.

Bagaimanakah perjuangan para tokoh di masa Kerajaan Hindu, Buddha, dan Islam? Bagaimanakah sikap kepahlawanan yang mereka miliki?

Sikap kepahlawanan juga tercermin dari perbuatan beberapa raja di masa kerajaan Hindu, Buddha, dan Islam. Mari kita pelajari lebih lanjut!

 

Raja Purnawarman, Panji Segala Raja.

Raja Purnawarman mulai memerintah Kerajaan Tarumanegara pada tahun 395 M. Pada masa pemerintahannya, ia selalu berjuang untuk rakyatnya. Ia membangun saluran air dan memberantas perompak.

Raja Purnawarman sangat memperhatikan kesejahteraan rakyatnya. Ia memperbaiki aliran Sungai Gangga di daerah Cirebon. Dua tahun kemudian, ia juga memperbaiki dan memperindah alur Sungai Cupu sehingga air bisa mengalir ke seluruh kerajaan. Para petani senang karena ladang mereka mendapat air dari aliran sungai sehingga menjadi subur.

Ladang para petani tidak kekeringan pada musim kemarau. Raja Purnawarman juga berani memimpin Angkatan Laut Kerajaan Tarumanegara untuk memerangi bajak laut yang merajalela di perairan Barat
dan Utara kerajaan. Setelah Raja Purnawarman berhasil membasmi semua perompak, keadaan menjadi
aman. Rakyat di Kerajaan Tarumanegara kemudian hidup aman dan sejahtera.  Sebagai wujud kecintaan rakyat Kerajaan Tarumanegara kepada Raja Purnawarman, telapak kakinya diabadikan dalam bentuk prasasti yang dikenal sebagai Prasasti Ciaruteun.

Berikut adalah beberapa tokoh dan peninggalan kerajaan pada masa kerajaan Hindu, Buddha, dan Islam.
Peninggalan yang mereka wariskan bukan saja benda bersejarah, namun juga pemikiran dan nilai-nilai perjuangan yang telah mengispirasi bangsa Indonesia.

  • Sultan Iskandar Muda, Kerajaan Aceh, Aceh.
  • Raja Balaputradewa Kerajaan Sriwijaya, Palembang (Sumsel).
  • Prasasti Ciareteun, peninggalan Kerajaan Tarumanegara, Bogor.
  • Sultan Hassanudin “Ayam Jantan dari Timur” Kerajaan Gowa-Tallo, Makassar.
  • Mahapatih Gajah Mada dan Raja Hayam Wuruk, Kerajaan Majapahit .

Diskusikan pertanyaan tersebut dengan temanmu untuk mengetahui jawabannya!
Cari informasi tentang perjuangan, benda bersejarah, dan nilai-nilai kepahlawanan yang telah mereka wariskan kepada Bangsa Indonesia. Kamu bisa mendiskusikannya dengan teman kelompokmu, membaca buku, atau bertanya kepada gurumu.

Tuliskan nilai-nilai perjuangan dan peninggalan lainnya dari para raja yang mempengaruhi masyarakat atau daerah di mana kamu tinggal. Tulisanmu bisa memuat semangat perjuangan, nilai pendidikan, ajaran positif maupun benda- benda bersejarah.

Dayu sangat kagum dengan perjuangan Raja Purnawarman. Banyak yang telah dilakukan untuk rakyatnya. Sambil duduk di tepi kolam yang jernih airnya, Dayu masih merenungi jasa-jasa Raja Purnawarman, terutama pembangunan saluran air. Ia berpikir, pasti saluran tersebut sangat bermanfaat bagi masyarakat saat itu.

Sifat-sifat cahaya

Alat dan Bahan Percobaan

1. Cahaya merambat lurus
Percobaan menggunakan tiga karton tebal dan lilin. Lubangi bagian tengah ketiga karton tersebut. Letakkan dengan posisi tiga lubang tersebut sejajar dengan cahaya lilin tepat di belakang lubang. Perhatikan apa yang terjadi! Lalu coba menggeser posisi setiap lubang menjadi tidak sejajar. Perhatikan perbedaanya!

2. Cahaya menembus benda bening
Percobaan menggunakan cahaya matahari/ cahaya senter, gelas/benda-benda transparan/bening, benda-benda berwarna gelap, dan benda-benda bening, tetapi berwarna. Letakkan peralatan seperti pada gambar. Arahkan cahaya ke tembok berwarna putih. Perhatikan apa yang terjadi.

3. Cahaya dapat dipantulkan
Percobaan menggunakan dua cermin datar dan senter. Coba pantulkan cahaya senter menggunakan cermin. Coba berbagai posisi cermin yang berbeda dan gunakan lebih banyak cermin. Amatilah apa yang terjadi pada cahaya pantul!

4. Cahaya dapat dibiaskan
Percobaan menggunakan pensil yang setengah bagian panjanganya berada di dalam gelas berisi air. Amati pensil dari sisi samping luar gelas. Bagaimana
penampakan dan besar pensil dibanding aslinya?

Pembelajaran 2.

Raja Purnawarman membangun saluran air untuk kesejahteraan rakyatnya. Karena saluran air tersebut, ladang para petani tidak kekeringan pada musim kemarau. Raja Purnawarman juga membasmi perompak. Hal ini membuat kerajaan Tarumanegara menjadi aman.

Tahukah kamu? Sila ke empat : Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan Perwakilan. Makna sila ke empat adalah mendahulukan kepentingan dan tujuan bersama cinta permusyawaratan dan demokrasi, dan bijak menyelesaikan masalah.

Arti Pancasila, Lambang dan Isinya – Sila Ke – 4.

Arti pancasila yang memiliki lima sila memang terkadang sering di salah artikan sehingga menyebabkan multi tafsir dari masyarakat umum. Pancasila dalam posisinya sebagai ideologi negara Indonesia memang memiliki peran vital dan penting, oleh karenanya pemahaman arti pokok pancasila harus dipahami secara benar. Pentingnya pancasila dalam kehidupan bernegara dibuktikan dengan adanya pendidikan pancasila ini telah ditanamkan sejak sekolah dasar. Para pemimpin dan tokoh pendidikan Indonesia sadar bahwa tidak hanya fungsi lembaga tinggi negara yang bertugas dalam menjaga martabat dan harkat bangsa ini. Seluruh komponen kehidupan bangsa harus turut serta dalam menjaga dan mengamalkan panca sila.

4. Sila Keempat Lambang Kepala Banteng – kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan.
Kepala banteng memiliki makna bahwa hewan yang suka berkumpul dan memiliki kepala yang tangguh. Banteng merupakan hewan yang memiliki jiwa sosial yang tinggi dan suka berkumpul. Artinya kita harus rajin bermusyawarah dalam menyelesaikan suatu masalah dan dalam mengambil keputusan.

5. Sila Kelima Lambang Padi dan Kapas- keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia
Padi dan kapas ini melambangkan kebutuhan dasar manusia, padi yang menjadi dasar untuk makanan pokok dan kapas untuk kebutuhan dasar sandang. Jadi lambang ini bertujuan untuk memberikan kebutuhan dasar setiap bangsa Indonesia secara merata dan adil.

BACA JUGA :   SD Kelas 4 - Tema 5.2 - Pahlawanku - Pahlawanku Kebanggaanku

Arti pancasila dan lambangnya memang sangat vital bagi bangsa kita hukum dan budaya di seluruh Indonesia hendaknya harus mematuhi dan tidak melanggar serta bertentangan dengan pancasila. Fungsi pancasila memang telah menjadi pedoman bangsa Indonesia selama bangsa ini berdiri.

Arti Pancasila

Sila Keempat Lambang Kepala Banteng – kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan.

Kepala banteng memiliki makna bahwa hewan yang suka berkumpul dan memiliki kepala yang tangguh. Banteng merupakan hewan yang memiliki jiwa sosial yang tinggi dan suka berkumpul. Artinya kita harus rajin bermusyawarah dalam menyelesaikan suatu masalah dan dalam mengambil keputusan.

Sila Kelima Lambang Padi dan Kapas- keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

Padi dan kapas ini melambangkan kebutuhan dasar manusia, padi yang menjadi dasar untuk makanan pokok dan kapas untuk kebutuhan dasar sandang. Jadi lambang ini bertujuan untuk memberikan kebutuhan dasar setiap bangsa Indonesia secara merata dan adil.

Panca sila memiliki lima sila yang lambangnya telah kita bahas dalam segmen pertama, kelima isi sila dalam panca sila ini juga memiliki makna yang cukup penting.

Kerakyatan Yang Dipimpin Oleh Hikmat Kebijaksanaan Dalam permusyawaratan / Perwakilan

  • Mengutamakan kepentingan negara dan masyarakat.
  • Mengutamakan musyawarah dan berdiskusi dalam mengambil keputusan.
  • Tidak memaksakan kehendak kepada orang lain.
  • Bermusyawarah sampai mencapai mufakat dengan semangat kekeluargaan.

Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia

  • Adil terhadap sesama.
  • Membantu Sesama
  • Menghormati dan menghargai hak-hak orang lain.
  • Mengutamakan kepentingan umum di atas kepentingan pribadi.

 

Raja Purnawarman sangat gigih dan berani melawan perampok. Beliau membela kepentingan rakyatnya. Beliau berjuang melawan musuhnya dengan semangat perjuangan. Semangat perjuangan juga terlihat pada lagu “Maju tak Gentar”. Ayo kita berlatih bernyanyi.

Maju tak gentar
Membela yang benar
Maju tak gentar
Hak kita diserang

Maju serentak
Mengusir penyerang
Maju serentak
Tentu kita kita menang

Reff :
Bergerak bergerak
Serentak Serentak
Menerkam Menerjang Terkam

Tak gentar tak gentar
Menyerang menyerang
Majulah majulah menang

Identifikasi tinggi rendah nada dari notasi angka lagu di atas. Apa yang kamu temukan?  Dari Nada Rendah berubah menjadi Tinggi.

Bernyanyilah dengan gurumu lagu Maju Tak Gentar sesuai dengan tempo dan tinggi rendah nada. Gurumu akan memberikan tanda dengan ketukan.
Jelaskan tinggi rendah nada pada lagu maju tak gentar! Bernada rendah dan tinggi dan cepat.

Nilai baik apa yang terkandung dalam lagu itu? Nilai Semangat Kepahlawanan.

Apakah lagu di daerahmu ada yang menggambarkan lagu perjuangan para pahlawan? Jika ada, tulislah judul dan makna lagu tersebut.

Raja Purnawarman berjuang melawan musuhnya dengan semangat perjuangan.
Semangat perjuangannya perlu kita contoh dalam kehidupan sehari-hari. Ketika kamu belajar, kamu harus mempunyai semangat belajar supaya materi yang kamu pelajari bisa kamu pahami dengan baik.
Apakah kamu sudah mempunyai semangat perjuangan saat belajar? Apa yang kamu lakukan ketika kamu menemui kesulitan?
Mulai sekarang contohlah semangat perjuangan Raja Puranwarman, ya.

Apakah kamu menemukan gambar garis pada gambar di atas? Tunjuklah garis yang kamu temui.
Apa itu garis? Untuk mengetahuinya kita akan melakukan percobaan berikut. Buatlah dua buah titik pada kolom di bawah ini.
Kemudian, beri nama titik tersebut dengan titik A dan B. Hubungkan kedua titik tersebut dengan penggaris. Apa yang kamu lihat?
Kamu sedang melihat garis. Jika kamu mempunyai dua titik dan kamu menghubungkanya, kamu akan menghasilkan garis.

Perhatikan contoh berikut.
Sekarang, lakukan percobaan dengan menggunakan senter. Nyalakan lampu senter dan amati sinar yang terbentuk.

Bagaimana arah sinar yang terbentuk?
Dapatkah kamu menemukan titik akhir dari sinar itu? Apakah yang dapat kamu simpulkan? Sinar bergerak dari titik sumber lurus kedepan.

Sinar dari lampu senter dapat diibaratkan sebagai sinar garis. Ada titik di P dan terus berlanjut ke satu arah yang tak berujung. Perhatikan gambar di bawah ini! Ketiga gambar mewakili garis lurus, sinar garis, dan segmen garis.

garis

Garis di gambarkan dengan menghubungkan 2 titik A – B tanpa arah panah ;   Sinar Garis AB digambarkan dengan garis menghubungkan titik AB dan di akhir di beri arah panah. Segmen garis di gambarkan dengan menghubungkan 2 titik AB. lihat gambar.

 

PEMBELAJARAN 3.

Kebanggaan kita terhadap pahlawan bisa diwujudkan dengan meneladani sikap-sikap kepahlawanan. Salah satunya adalah menolong orang lain. Tahukah kamu bagaimana cara menolong orang lain?

Edo sedang bermain sepak bola di lapangan. Tiba-tiba Edo terjatuh. Akibatnya, kaki Edo memar. Edo berteriak kesakitan. Lani yang mengetahui kejadian itu segera menghampiri Edo dan langsung menolongnya. Lani mengobati luka memar pada kaki Edo.
a. Apa yang terjadi pada Edo? Terjatuh
b. Apa yang dilakukan Lani terhadap Edo? Membantu
c. Apakah sikap Lani sudah mencerminkan sikap kepahlawanan? Jelaskan! Ya, Rela berkorban untuk orang lain.

Seorang pahlawan mempunyai kewajiban untuk menolong orang lain yang sedang membutuhkan. Lani meniru sikap kepahlawanan, yaitu menolong orang lain yang sangat membutuhkan bantuan.
Lani mengobati Edo yang sedang luka memar. Bagaimana ciri-ciri luka memar?

BACA JUGA :   SD Kelas 4 - Tema 5.3 - Pahlawanku - Sikap Kepahlawanan

Apakah kamu pernah mengalami luka memar? Apa yang kamu lihat di luka itu? Apa yang kamu rasakan?

Sekarang, dengan temanmu, lakukan pengobatan luka memar dengan mengikuti tahapan berikut!

Tahapan mengobati luka memar.
1. Kompres bagian yang memar dengan menggunakan air dingin.
2. Jika terjadi pendarahan pada luka, kompres dengan air hangat dulu selama 15-20 menit. Tujuannya supaya pembuluh darah melebar dan darah lancar sehingga proses penyembuhan lebih cepat.
3. Setiap tiga jam sekali, ulangi pengompresan dengan menggunakan kain bersih yang dicelupkan ke air dingin dan air hangat secara bergantian.

Sekarang, Ceritakan pengalamanmu melakukan pengobatan terhadap memar dalam bentuk tulisan. Hal-hal yang harus kamu tulis adalah ciri-ciri, cara pengobatan, dan nilai-nilai yang dikembangkan.
Membantu teman yang terluka adalah cerminan sikap kepahlawanan.

Dari semua perjuangan yang telah dilakukannya, setujukah kamu, apabila Raja Balaputradewa dikatakan sebagai pahlawan?
Jelaskan!

 

Pantang menyerah adalah merupakan sikap yang perlu diteladani dari seorang pahlawan. Kamu juga dapat menerapkan sikap tersebut dalam pembelajaran, misalnya ketika melakukan percobaan. Kamu sudah pernah melakukan percobaan tentang cahaya. Masih ingatkah kamu tentang sifat cahaya? Sampaikan lagi kepada teman di sebelahmu.

Pantang menyerah adalah merupakan sikap yang perlu diteladani dari seorang pahlawan. Kamu juga dapat menerapkan sikap tersebut dalam pembelajaran, misalnya ketika melakukan percobaan. Kamu sudah pernah melakukan percobaan tentang cahaya. Masih ingatkah kamu tentang sifat cahaya? Sampaikan lagi kepada teman di sebelahmu.

Mata kita berfungsi seperti teropong cangkir. Cahaya menembus lubang kecil bernama pupil dan berhenti pada layar yang disebut retina. Proses ini membuat gambar terbalik. Saraf mata menghubungkan retina dengan otak yang membalikkan gambar ke bentuk sebenarnya . Ternyata cahaya memiliki peranan penting dalam proses penglihatan.

Membuat Cakram Warna.

Kamu bisa membuktikan bahwa cahaya putih matahari terdiri atas tujuh warna dengan membuat cakram warna dari kertas berbentuk lingkaran, warnai kertas sesuai dengan tujuh warna pelangi. Putarlah kertas tersebut dengan kecepatan tinggi.
Perhatikan warna yang tampak saat kertas berputar kencang.
Cobalah beberapa variasi besar juring lingkaran pada setiap warna. Amati hasilnya, variasi manakah yang menghasilkan warna putih paling jelas?

 

sd4-cakram-warna

 

Pembelajaran 4.

Kamu sudah mengetahui perjuangan Raja Purnawarman. Maukah kamu mengetahui perjuangan raja lainnya? Ayo, kita cari tahu bersama.

Balaputradewa Raja Kerajaan Sriwijaya.
Balaputradewa menjadi raja di Kerajaan Sriwijaya sekitar tahun 850 M. Pada saat pemerintahan Raja Balaputradewa, Kerajaan Sriwijaya mencapai puncak kejayaannya dalam bidang ekonomi, pendidikan, dan kebudayaan.

sd4-balaputradewa-sriwijaya

Balaputradewa berjuang membangun armada laut yang kuat. Hal itu bertujuan supaya jalur pelayaran yang melalui Sriwijaya merasa aman. Banyak pedagang merasa aman ketika singgah. Peningkatan ekonomi diperoleh dari pembayaran upeti, pajak, maupun keuntungan dari hasil perdagangan. Dengan demikian, Sriwijaya berkembang menjadi kerajaan yang besar dan makmur.

Diskusi :
– Apa hasil dari perjuangan Raja Balaputradewa terhadap Kerajaan Sriwijaya?
– Jelaskan apa yang akan terjadi jika Balaputradewa tidak memimpin Sriwijaya!
– Perjuangan apa yang telah dilakukan oleh Raja Balaputradewa?
– Sikap kepahlawanan apa yang dimiliki oleh Balaputradewa?
– Berikan pendapatmu apakah Raja Balaputradewa dapat disebut sebagai pahlawan pada masa Kerajaan Sriwi- jaya? Jelaskan jawabanmu!

Balaputradewa berjuang membangun armada laut dan menjadikan Sriwijaya kerajaan yang makmur.

Salah satu bukti peninggalan sejarah Kerajaan Sriwijaya yang masih tersisa adalah candi Muara Takus.

Gambarlah 2 garis yang kamu temukan. Berilah nama garis tersebut. Apakah kamu menemukan garis pada gambar di atas. Jelaskan!

Apa itu garis sejajar dan garis berpotongan? Amatilah percobaan berikut!
Gurumu akan membuat ruang kelas menjadi gelap dan meminta 4 temanmu untuk mempraktikkan hal-hal berikut di depan kelas.

1. Siswa 1 dan siswa 2 berdiri bersebelahan menghadap ke arah yang sama, memegang senter dan
menyalakan lurus.

2. Siswa 2 dan siswa 4 berdiri agak menyerong, memegang senter dan menyalakan lurus.

Garis pada satu bidang (permukaan) yang tidak pernah berpotongan disebut garis sejajar/ paralel.

Dua buah garis dikatakan berpotongan apabila garis tersebut terletak pada satu bidang datar dan kedua garis tersebut saling bertemu di salah satu titiknya.

 

Pembelajaran 5.

Di akhir masa Kerajaan Hindu-Buddha, muncullah tokoh-tokoh yang membawa kejayaan Kerajaan Majapahit. Kerajaan Majapahit dikenal sebagai salah satu kerajaan terbesar di Nusantara. Siapakah mereka? Mari, kita cari tahu!

sd4-gajahmada-hayam-wuruk

MAHA PATIH GAJAHMADA.

Gajah Mada adalah seorang panglima perang dan tokoh yang sangat berpengaruh pada zaman kerajaan Majapahit. Saat remaja, ia merupakan seorang pemuda yang mempunyai keahlian bela diri yang sangat hebat serta berilmu tinggi. Pada usia 19 tahun, Gajah Mada berhasil menyelamatkan rajanya, Prabu Jayanegara.

Akibat kecakapannya, di tahun 1319, ia diangkat sebagai Patih Kahuripan. Dua tahun kemudian, ia diangkat sebagai Patih Kediri.

Pada tahun 1329, Patih Majapahit yang bernama Aryo Tadah menunjuk Gajah Mada untuk menggantikan dirinya. Gajah Mada menolak penunjukan itu karena ingin membuktikan pengabdiannya terlebih dahulu kepada Kerajaan Majapahit, yaitu menghentikan pemberontakan Keta dan Sadeng. Gajah Mada akhirnya diangkat sebagai Patih Majapahit pada tahun 1334, setelah berhasil menaklukkan Keta dan Sadeng.

Pada tahun 1336, Gajah Mada mengucapkan Sumpah Palapa, yaitu janji bahwa ia tidak akan memakan buah palapa, sejenis rempah-rempah, bila belum berhasil menguasai pulau-pulau di Nusantara.

BACA JUGA :   SD3-7.2-Perubahan Energi

Perjuangan Gajah Mada mencapai puncaknya pada zaman pemerintahan Prabu Hayam Wuruk (1350-1389). Pada masa itulah, Majapahit mencapai keemasannya. Dari Kitab Negarakertagama dapat diketahui bahwa daerah kekuasaan Majapahit hampir sama luasnya dengan wilayah Indonesia yang sekarang, bahkan pengaruh Kerajaan Majapahit sampai ke negara-negara tetangga.

Bersama teman satu kelompok, diskusikanlah pertanyaan-pertanyaan berikut. Tulis jawabanmu pada kertas lain.
1. Apa tujuan Gajah Mada mengucapkan Sumpah Palapa?
2. Apa yang diperjuangkan Gajah Mada?
3. Apakah perjuangan Gajah Mada mempunyai pengaruh pada kehidupan bangsa Indonesia saat ini? Jelaskan dan berikan contoh!
4. Hal baik apa yang dapat kamu contoh dari Gajah Mada?
5. Apakah Gajah Mada bisa disebut sebagai pahlawan pada masa Kerajaan Majapahit? Jelaskan!
Sampaikan hasil diskusimu kepada kelompok lain!

Perjuangan Gajah Mada sampai saat ini
tetap dikenang. Hal ini dibuktikan dengan digunakannya nama Gajah Mada sebagai nama jalan utama di Indonesia. Kebesaran nama dan kejayaan Majapahit pun dapat pula dilihat dari peninggalannya berupa candi. Untuk mengetahui cerita tentang candi peninggalan Kerajaan Majapahit lebih lanjut, baca informasi di bawah ini!

Kompleks Candi Penataran.
Kemegahan dan kebesaran kom- pleks candi Penataran membuktikan perjuangan dan peranan para tokoh di masa Kerajaan Majapahit. Can- di Penataran dibangun pada masa Kerajaan Kediri dan dipergunakan pada masa Kerajaan Majapahit.
Di dalam kompleks candi, terdapat arca, bangunan yang disebut Bale Agung, prasasti (batu tulis) dan be-
jalankemanagitu.files.wordpress.com-candi-penataran
berapa candi, di antaranya candi
Naga yang berukuran lebar 4,83 meter, panjang 6,57 meter, dan tinggi 4,70 meter. Selain itu, terdapat candi yang dianggap paling suci, yaitu candi In- duk. Candi Induk terdiri atas tiga teras bersusun dengan tinggi seluruhnya 7,19 meter.

Sekarang giliranmu mempelajari lagu tersebut. Dengarkan penjelasan guru. Bersama dengan kelompokmu, nyanyikan lagu Maju Tak Gentar dengan nada dan tempo yang tepat. Simaklah saat kelompok lain menyanyikan lagu tersebut!
1. Apa yang kamu rasakan ketika menyanyikan lagu di atas? Jelaskan jawa- banmu! Semangat Kepahlawanan.

2. Jelaskan tentang nada dan tempo dalam lagu tersebut. Nilai baik apa yang terkandung dari lagu di atas? Nada Tinggi Tempo Cepat.

3. Apakah ada lagu di daerahmu yang menggambarkan perjuangan para pahlawan?
Jika ada, tuliskan judul dan makna lagu tersebut!

 

PEMBELAJARAN 6.

Pangeran Diponegoro.
Perang Diponegoro terjadi pada tahun 1825- 1830. Perang Diponegoro merupakan salah satu pertempuran terbesar yang pernah dialami oleh Belanda selama masa
pendudukannya di Nusantara. Peperangan ini terjadi secara menyeluruh di wilayah Jawa sehingga disebut Perang Jawa.

Tulislah pertanyaan sebanyak mungkin tentang perjuangan Pangeran Diponegoro.

PANGERAN DIPONEGORO

Lahir : Yogyakarta, 11 November 1785
Wafat : Makassar, 8 Januari 1855
Makam : Makassar

Nama asli Pangeran Diponegoro adalah Raden Mas Ontowiryo. Ia juga bergelar “Sultan Abdul Hamid Herucokro Amirulmukminin Sayidin Panatagama Khalifatullah Tanah Jawi”. Pangeran Diponegoro adalah anak dari Pangeran Adipati Anom (Hamengku Buwono III) dari garwa ampeyan (selir).
Perlawanan Pangeran Diponegoro dimulai ketika dia dengan berani mencabut tiang-tiang pancang pembangunan jalan oleh Belanda yang melewati rumah, masjid, dan makam leluhur Pangeran Diponegoro. Pembangunan jalan ini dilakukan atas inisiatif Patih Danurejo IV yang menjadi antek Belanda. Belanda yang dibantu Patih Danurejo IV kemudian menyerang kediaman Pangeran Diponegoro di Tegalrejo. Sejak saat itu, berkobarlah perang besar yang disebut Perang Jawa atau Perang Diponegoro (1825-1830).

Belanda sulit mengalahkan Pangeran Diponegoro yang menggunakan taktik gerilya. Dengan dibantu oleh Kyai Mojo (Surakarta), Sentot Alibasya Prawirodirjo, Pangeran Suryo Mataram, Pangeran Pak-pak (Serang), Pangeran Diponegoro berhasil memberikan perlawanan yang hebat kepada Belanda.
Belanda telah menggunakan berbagai cara untuk menangkap Pangeran Diponegoro namun gagal. Sampai pada akhirnya digunakanlah siasat licik dengan berpura-pura mengajak berunding dan berjanji akan menjaga keselamatannya. Namun, ternyata Belanda ingkar janji dan menangkap Pangeran Diponegoro pada tanggal 28 Maret 1830 saat terjadi perundingan di Magelang. Tanpa malu Jenderal Hendrik de Kock menangkap Pangeran Diponegoro agar perang besar di Pulau Jawa tersebut dapat segera diakhiri. Perang Diponegoro telah menimbulkan kerugian yang amat besar bagi Belanda.
Pangeran Diponegoro kemudian dibuang ke Manado dan ditempatkan di Benteng Amsterdam. Namun, empat tahun kemudian ia dipindahkan ke Benteng Rotterdam di Makassar hingga wafatnya dan dimakamkan di Kampung Melayu, Makassar.

Untuk menghormati jasa-jasa Pangeran Diponegoro, berdasarkan Surat Keputusan Presiden RI No. 087/TK/1973, Pemerintah menganugerahkan gelar pahlawan nasional kepadanya.

 

diponegoro_1

Salah satu upaya yang dilakukan Pangeran Diponegoro dalam perjuangannya adalah menyatukan seluruh rakyat pribumi dalam semangat “Sadumuk bathuk, sanyari bumi ditohi tekan pati“; sejari kepala, sejengkal tanah, dibela sampai mati.

Usaha ini berhasil karena disertai dengan memelopori, mencontohkan, dan memberikan komando yang jelas kepada semua rakyat, khususnya di Pulau Jawa.

Tahukah kamu para pahlawan sering mengalami cedera ketika mereka bertempur melawan penjajah. Mereka mengalami cedera, mulai dari cedera yang kecil hingga cedera besar.
Pada bagian sebelumnya kamu telah mengetahui cara mengatasi cedera, yaitu luka memar.
Sekarang kamu akan berlatih lebih lanjut bagaimana mengatasi cedera tersebut.
Secara berpasangan, diskusikan kembali langkah-langkah dalam mengatasi cedera memar.

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *