Indonesia dan Globalisasi Dunia

 

Pengertian Globalisasi. 

Kawan-kawan, sekarang kita memasuki era baru yang disebut zaman globalisasi. Saat ini kamu dapat dengan mudah menikmati siaran televisi. Apabila kamu ingin menyaksikan pertandingan klub-klub kesayanganmu di Piala Dunia, kamu tidak perlu datang ke sana. Kamu cukup menonton siarannya lewat pesawat televisi. Ini berarti, kamu telah menikmati globalisasi.

Contoh lainnya adalah mainan milikmu, seperti mobil-mobilan yang dijalankan dengan remote control. Mungkin di antara kamu senang bermain mobil-mobilan tersebut.
Dari contoh-contoh di atas dapatkah kamu menyimpulkan apa yang dimaksud dengan globalisasi? Globalisasi berasal dari kata globe yang berarti bumi atau dunia. Masyarakat di dunia memahami globalisasi sebagai proses semakin menyatunya dunia. Jika kamu bertanya tentang globalisasi kepada sebagian besar masyarakat di sekitarmu, mungkin mereka tidak tahu pasti. Padahal mereka memanfaatkannya.

Berkomunikasi lewat telepon merupakan bukti memanfaatkan pengaruh globalisasi. Globalisasi merupakan proses bersatunya seluruh warga dunia secara umum dan menyeluruh menjadi sebuah kelompok masyarakat. Proses globalisasi dapat diketahui dari ciri-ciri berikut.

  • 1. Kemajuan teknologi informasi, telekomunikasi, dan transportasi semakin canggih.
  • 2. Meningkatnya hubungan kerja sama dan persahabatan penduduk di seluruh dunia.
  • 3. Meningkatnya perdagangan bebas dan hubungan antarpelaku ekonomi di seluruh dunia.
  • 4. Berkurangnya peran dan batas-batas antarwilayah.
  • 5. Tersebarnya nilai-nilai dan budaya tertentu ke seluruh dunia.

 

Globalisasi dalam Kehidupan Masyarakat.

Di era globalisasi, ilmu pengetahuan dan teknologi berkembang pesat dan canggih. Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi membawa pengaruh pada kemajuan di berbagai bidang.

 

1. Bidang Transportasi.

Pengaruh globalisasi di bidang transportasi contohnya dengan ditemukannya pesawat terbang. Kamu bisa menjangkau tempat-tempat yang ingin kamu tuju hanya dalam waktu yang relatif singkat.

 

2. Bidang Komunikasi.

Pengaruh globalisasi di bidang teknologi komunikasi memberikan andil yang cukup besar dalam proses globalisasi. Majunya teknologi komunikasi menjadikan segala peristiwa yang terjadi di suatu negara, dapat
dengan mudah diketahui oleh negara lain.

Kamu bisa memanfaatkan kemajuan teknologi komunikasi melalui telepon. berkomunikasi dengan saudara atau kawanmu yang berada di luar kota, bahkan di luar negeri. Perkembangan komunikasi membawa banyak dampak positif bagi masyarakat. Misalnya hemat waktu dan biaya.

 

3. Bidang Teknologi Informasi.

Di era globalisasi, kamu jangan khawatir akan ketinggalan berita. Peristiwa atau kejadian di ujung dunia sekalipun, seketika itu juga dapat kamu saksikan. Dengan adanya globalisasi, dunia kita yang besar ini menjadi begitu sempit. Kamu dapat mengetahui keadaan negara-negara di sekeliling kamu dengan cepat. Ini semua terjadi karena adanya perkembangan teknologi informasi, seperti penggunaan internet. Internet adalah sistem informasi global yang dapat dihubungkan dengan beberapa jaringan komputer. Setiap jaringan dapat menghubungkan ratusan, bahkan ribuan komputer serta memampukan komputer untuk saling berbagi informasi dan data.

Dengan internet, kamu dapat menjelajahi dunia tanpa harus mengunjungi negara dalam bentuk aslinya. Kamu juga dapat mengetahui segala informasi yang kamu butuhkan hanya dalam hitungan detik.

Tahukah kamu mulai kapan internet dikenal oleh masyarakat?
Internet mulai dikenal sejak tahun 1960–an di Amerika Serikat. Internet bermula dari kebutuhan untuk menghubungkan komputer yang berada di berbagai tempat terpisah agar dapat saling berbagi data. Internet menyediakan berbagai fasilitas yang mempermudah manusia untuk bisa berkomunikasi, seperti website, e–mail, dan chatting.

 

BACA JUGA :   Literasi – SD Kelas 6 Tema 1 - Selamatkan Hewan dan Tumbuhan.

4. Bidang Sosial Budaya.

Globalisasi juga membawa pengaruh di bidang sosial budaya. Dapatkah kamu menyebutkannya? Globalisasi terlihat pada perubahan sistem nilai sosial budaya masyarakat. Perubahan tersebut antara lain meliputi beberapa hal berikut ini.

a. Nilai.

Nilai berfungsi untuk membatasi gerak manusia dalam bertindak. Nilai bersumber dari agama, adat kebiasaan, ilmu pengetahuan, dan hukum yang berlaku. Adanya globalisasi membawa masuk nilai dan budaya asing. Nilainilai tersebut harus kita seleksi. Nilai positif yang bisa kita ambil dari pengaruh budaya Barat, misalnya disiplin, mandiri, dan berpikir kritis.

 

b. Gaya hidup.

Kamu tentu sering melihat tayangan di televisi, seperti sinetron atau film. Tayangan tersebut sering menjadi contoh perilaku masyarakat kita. Misalnya penyalahgunaan narkoba, tawuran pelajar, dan gaya hidup mewah.

 

c. Makanan

Saat ini kamu bisa dengan mudah memperoleh makanan atau minuman yang berasal dari luar negeri di tempat tinggalmu. Misalnya minuman ringan (soft drink), pizza dari Italia, dan fried chicken dari Amerika. Kamu tidak perlu ke negara asalnya untuk memperolehnya. Makanan dan minuman itu telah mendunia. Kamu sudah tidak asing lagi dengan makanan dan minuman itu.

 

d. Pakaian.

Pakaian merupakan salah satu kebutuhan pokok manusia. Pakaian melindungi dari panas dan dingin serta menjaga kesopanan. Seiring arus informasi, kebutuhan berpakaian mengikuti mode yang tren di negara Barat. Bahkan, masyarakat Indonesia cenderung lebih memilih pakaian produk luar negeri daripada produk dalam negeri. kamu mungkin salah satunya. Kamu boleh saja memilih dan menggunakan mode pakaian dari luar negeri. Akan tetapi harus sesuai dengan kepribadian bangsa Indonesia.

 


 

Dampak Globalisasi.

Bila kamu perhatikan dengan saksama, kamu telah menjadi bagian dari globalisasi. Kamu telah memakai baju, telepon, komputer, sepatu, dan lain-lain. Contoh mudahnya, perhatikan pensil dan bolpoin yang kamu pakai. Hampir semua pensil dan bolpoin yang kamu pakai merupakan buatan luar negeri, yaitu Cina dan Jepang. Nah, itu menunjukkan bahwa kamu telah menjadi bagian dari globalisasi.

Di era globalisasi, ilmu pengetahuan dan teknologi menjadi pendorong hubungan antarbangsa. Oleh karena itu, sudah seharusnyalah bangsa kita untuk membuka diri bergaul dengan bangsa lain di dunia. Sebab, bangsa yang tertutup akan ketinggalan dari kemajuan bangsa lain.

Globalisasi yang melanda dunia saat ini memberikan pengaruh yang besar bagi kehidupan manusia. Baik dampak atau pengaruh yang positif maupun negatif.

1. Dampak Positif :

Di era globalisasi ini, perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek) memberikan kemudahan dan kemajuan bagi kehidupan manusia. Misalnya kemajuan di bidang teknologi komunikasi. Saat ini, teknologi komunikasi mengalami perkembangan yang sangat pesat. Kamu pasti mengalami kesulitan untuk  menghitung jenisnya. Bahkan, sekarang sudah banyak sarana komunikasi yang menggunakan teknologi modern dan canggih. Dapatkah kamu menyebutkan contoh alat komunikasi modern yang ada di sekitarmu? Benar sekali, misalnya telepon. Sekarang telepon mengalami perkembangan dengan adanya telepon selular atau yang dikenal dengan istilah handphone. Handphone merupakan salah satu jenis alat komunikasi. Kamu pasti sering melihat orang di sekelilingmu, mungkin ayah, ibu, atau saudaramu menggunakan handphone untuk berkomunikasi dengan orang lain.

Dengan alat komunikasi tersebut, kamu bisa berbicara secara langsung dengan orang lain tanpa harus bertatap muka. Kamu bisa berbicara, mungkin dengan saudaramu yang ada di luar pulau atau bahkan luar negeri. Kawan-kawan, selain di bidang teknologi komunikasi, pengaruh globalisasi juga dapat kamu lihat dalam makanan.

Sekarang, jenis makanan dari luar negeri dapat dengan mudah kamu ditemui di negara kita. Apakah kamu bisa menyebutkan contohnya? Ya, pizza, hamburger, dan fried chicken merupakan beberapa contoh  makanan luar negeri yang mudah kamu temui di negara kita.

Globalisasi juga melanda di bidang pertanian. Dahulu petani membajak sawah menggunakan bajak dan binatang sapi atau kerbau. Adanya globalisasi membawa kemajuan, di mana peralatan pertanian juga semakin modern. Petani menggarap sawah tidak lagi menggunakan bajak, melainkan traktor.

Dalam gaya berpakaian, baju jas yang merupakan budaya dari Barat saat ini banyak dijumpai di negara kita. Baju jas sudah menjadi baju internasional. Contoh lain adalah celana jin. Celana jenis jin banyak
dijumpai di seluruh dunia. Bahkan di pelosok desa, semua orang mengenal dan mengenakan celana jin.

2. Dampak Negatif.

Selain memberikan dampak positif, globalisasi ternyata juga menimbulkan dampak yang negatif. Oleh karena itu, kamu harus tetap berhati-hati, jangan sampai terlena oleh arus globalisasi. Lalu, apakah dampak negatif dari globalisasi itu? Di sini, kita akan mengambil satu contoh yang paling dekat dengan kita, yaitu televisi. Televisi merupakan sumber berita dan hiburan. Acara apa yang paling kamu sukai dari televisi? Pasti film kartun, bukan? Film kartun berfungsi untuk memberikan hiburan kepadamu. Namun apabila kamu menonton terus-menerus, maka kamu jadi malas belajar. Kamu malas mengerjakan tugas sekolah. Kamu juga malas membantu orang tuamu mengerjakan tugas-tugas rumah.

Contoh lainnya adalah masuknya berbagai budaya asing yang tidak sesuai dengan kepribadian bangsa Indonesia. Misalnya kebiasaan berpesta, pakaian yang tidak sesuai dengan budaya Timur, dan lain-lain.


 

BACA JUGA :   Panas dan Perpindahannya - SD Kelas 5 Tema 6 - Sub Tema 2-2 - K2013 Rev 2017

Menyikapi Pengaruh Globalisasi.

Globalisasi terus berjalan tanpa bisa kita tolak. Arus informasi mengalir begitu cepat. Satu hal yang perlu kamu pahami, bahwa globalisasi bukanlah sesuatu yang harus ditakuti. Memang, kamu tidak dapat menghindar dari globalisasi. Kamu harus tetap mengikutinya. Kamu perlu mengadakan seleksi terhadap segala bentuk perubahan dan pengaruh yang menyertainya.

Kawan-kawan, globalisasi membawa banyak pengaruh terhadap kehidupan masyarakat. Kamu dapat mengambil budaya dan nilai-nilai yang bermanfaat demi kehidupan yang lebih baik. Tahukah kamu, budaya apa saja itu? Benar sekali, budaya itu di antaranya adalah sebagai berikut.

  • 1. Giat bekerja.
  • 2. Disiplin.
  • 3. Tanggung jawab.
  • 4. Berorientasi ke masa depan.
  • 5. Menghargai waktu.

Sebaliknya, terhadap hal-hal yang bersifat negatif kamu harus mampu membatasi dan menolaknya. Budaya apa sajakah yang dimaksud? Budaya-budaya negatif itu antara lain sebagai berikut.

  • 1. Kekerasan
  • 2. Individualisme, yaitu adalah suatu paham yang menganggap diri sendiri lebih penting daripada orang lain.
  • 3. Materialisme, yaitu paham yang mencari dasar segala sesuatu itu berupa kebendaan, seperti uang, harta, dan sebagainya.
  • 4. Pergaulan bebas.
  • 5. Minum-minuman keras.

 

Indonesia mempunyai Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa. Pancasila bisa digunakan sebagai landasan untuk menyaring segala pengaruh globalisasi. Secara umum, cara-cara yang dapat dilakukan untuk mengantisipasi dampak negatif globalisasi adalah sebagai berikut.
1. Mempertebal ideologi bangsa.
2. Menanamkan pendidikan agama agar meningkatkan ketakwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa.
3. Pemerintah dan masyarakat bekerja sama untuk menghambat laju peredaran obat-obatan terlarang (narkoba).
4. Mengembangkan rasa bangga menggunakan produk sendiri.

 


 

Bentuk Peran Aktif Indonesia di Era Global.

Indonesia merupakan bagian dari masyarakat dunia. Indonesia berpartisipasi dalam pergaulan dunia internasional. Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi mendorong Indonesia berhubungan dengan
bangsa lain di dunia. Bangsa Indonesia membuka diri terhadap kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi. Hal ini bertujuan supaya bangsa Indonesia tidak ketinggalan dari kemajuan bangsa lain.

Dalam bidang komunikasi dan informasi, di Indonesia telah berdiri banyak stasiun radio dan televisi. Dapatkah kamu menyebutkan stasiun televisi nasional dan swasta di Indonesia? Ya, tepat. Stasiun televisi di Indonesia antara lain TVRI, SCTV, RCTI, Indosiar, Metro TV, Trans TV, Global TV, Trans 7, ANTV, TV One, dan sebagainya.

Semua sarana dan prasarana komunikasi yang dibangun oleh bangsa Indonesia bertujuan untuk emajukan bangsa. Salah satu contohnya yaitu dengan diluncurkannya Satelit Palapa. Melalui satelit kita dapat menyerap informasi yang bermanfaat sebagai modal membangun bangsa.

Dalam bidang budaya, bangsa Indonesia selalu bersikap selektif. Hal ini dimaksudkan agar budaya bangsa kita tidak punah dengan masuknya budaya asing. Kita harus menjaga kelestariannya. Mungkin kamu pernah mendengar berita tentang kesenian budaya bangsa kita yang diakui sebagai kesenian budaya negara tetangga. Dalam bidang iptek, kamu harus dapat menerapkan teknologi yang memberikan manfaat. Misalnya teknologi yang tidak merusak lingkungan, teknologi yang bisa menghemat waktu seperti traktor, dan teknologi yang bisa menjaga kelestarian sumber daya alam. Dapatkah kamu memberikan contoh yang lain?

 

BACA JUGA :   SD4.7.1 - SD Kelas 4 Tema 7 - Indahnya Keragaman di Negeriku - Sub Tema 1-2

RANGKUMAN.

1. Globalisasi berarti proses semakin menyatunya dunia.

2. Globalisasi membawa banyak pengaruh pada berbagai aspek kehidupan masyarakat.

3. Pengaruh globalisasi di bidang ekonomi, antara lain:

  • a. bergesernya kedudukan pasar tradisional dengan munculnya pasar-pasar modern.
  • b. banyaknya perusahaan asing yang berdiri.

 

4. Pengaruh globalisasi di bidang politik, antara lain:

  • a. penegakan hukum,
  • b. pelestarian lingkungan hidup,
  • c. masalah gender dan kesetaraan,
  • d. masalah anak dan pekerja di bawah umur,
  • e. terorisme internasional.

5. Pengaruh globalisasi di bidang sosial buadaya, meliputi:

  • a. nilai,
  • b. komunikasi,
  • c. gaya hidup,
  • d. makanan,
  • e. pakaian.

6. Globalisasi berdampak bagi kehidupan masyarakat.

  • a. Dampak positif, antara lain kemajuan di bidang transportasi, komunikasi, informasi, dan sosial budaya.
  • b. Dampak negatif, antara lain adanya perubahan gaya hidup, makanan, cara berpakaian, dan sebagainya.

7. Budaya luar yang dapat kita ambil, antara lain:

  • a. Giat bekerja,
  • b. Disiplin,
  • c. Tanggung jawab,
  • d. Berorientasi ke masa depan,
  • e. Menghargai waktu.

8. Budaya luar yang harus dihindari atau dibuang, antara lain:

  • a. Kekerasan,
  • 2. Individualisme,
  • 3. Materialisme,
  • 4. Pergaulan bebas,
  • 5. Minum-minuman keras.

9. Cara-cara yang dapat dilakukan untuk mengantisipasi dampak negatif globalisasi adalah sebagai berikut.

  • a. Mempertebal ideologi bangsa.
  • b. Menanamkan pendidikan agama agar meningkatkan ketakwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa.
  • c. Pemerintah dan masyarakat bekerja sama untuk menghambat laju peredaran obat-obatan terlarang (narkoba).
  • d. Mengembangkan rasa bangga menggunakan produk sendiri.

10. Peran aktif Indonesia di era global antara lain:

  • a. Mendirikan sarana dan prasarana komunikasi.
  • b. Mempertahankan dan melestarikan budaya daerah.
  • c. Bersifat terbuka terhadap kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi di segala bidang.

Sekian.