SD4 – Tema 3 – Peduli terhadap Makhluk Hidup – Bagian 2 – Keberagaman Makhluk Hidup di Lingkunganku.

SD Kelas 4 – Tema 3 – Peduli terhadap Makhluk Hidup – Bagian 2 – Keberagaman Makhluk Hidup di Lingkunganku.

Selain tumbuhan, hewan juga merupakan sumber daya alam yang perlu terus dijaga keseimbangan dan
kelestariannya. Jika tidak, maka hewan-hewan tersebut akan menjadi langka dan punah. Seperti yang terjadi pada burung cendrawasih. Ayo, kita cari tahu lebih lanjut!

hewan-di-lingdungi

Hewan dilindungi.

Burung cendrawasih disebut juga sebagai burung surga. Burung yang menjadi maskot Papua ini memiliki warna bulu yang indah. Bahkan, kabarnya karena keindahannya itu juga burung ini jarang turun ke tanah atau seringnya terbang di udara dan hinggap di dahan pohon.

Warna bulu cendrawasih yang mencolok biasanya merupakan kombinasi beberapa warna seperti hitam, cokelat, oranye, kuning, putih, biru, merah, hijau dan ungu. Burung ini semakin molek dengan keberadaan bulu memanjang dan unik yang tumbuh dari paruh, sayap atau kepalanya.

Warna yang bermacam-macam menjadi salah satu penanda dalam mengelompokkan jenis mereka. Habitat aslinya di hutan-hutan lebat, yang umumnya terletak di daerah dataran rendah dan hanya dapat ditemukan di Indonesia bagian timur.

Burung cendrawasih mati kawat adalah jenis yang menjadi identitas provinsi Papua. Masyarakat di Papua sering menggunakan bulu cendrawasih sebagai pelengkap atau hiasan dalam pakaian adat mereka.

Keberadaan burung cendrawasih kian lama kian terancam. Perburuan dan penangkapan liar serta kerusakan habitat menjadi beberapa penyebab utama. Bulu cendrawasih juga diperdagangkan, digunakan sebagai penghias topi wanita di Eropa. Tapi kini burung cantik ini menjadi jenis satwa yang dilindungi.

Beberapa jenis cendrawasih yang masuk dalam daftar dilindungi antara lain cendrawasih kuning kecil, cendrawasih botak, cendrawasih raja, cendrawasih merah, dan toowa.

Sumber: indonesia.travel (dengan pengubahan).

Jawablah pertanyaan berikut.

* Jelaskan mengapa burung cendrawasih menjadi salah satu sumber daya alam yang menjadi kebanggaan rakyat Papua dan dilestarikan?
Karena Burung ini sangat indah bulunya.

* Keberadaan burung cendrawasih kian lama kian terancam?
Apa yang menyebabkan hal tersebut terjadi? Karena banyak di buru untuk diambil bulunya, atau di pelihara di rumah-rumah, dan diperdagangkan. Kerusakan habitat juga mendi sebabnya.

*  Apa yang bisa dilakukan untuk menjaga kelestarian burung cendrawasih?
Dijadikan hewan yang dilindungi dan tidak boleh diburu, perburuan burung ini dapat dikenai hukuman.

*  Bagaimana kaitan antara perilaku manusia dengan kelangkaan burung cendrawasih? Deskripsikan!
Manusia berusaha memburu burung sebanyak-banyaknya bahkan menjualnya untuk kepentingan diri sendiri, sehingga karena banyaknya pemburu, burung tersebut terancam habis atau punah.

–  Bagaimana pendapatmu tentang perilaku manusia tersebut? Perbuatan yang keliru.

– Apa akibatnya jika burung cendrawasih punah? Genereasi penerus mendatang tidak lagi bisa menikmati keindahan burung tersebut.

 Pilihlah hewan yang paling menarik buatmu. Buatlah daftar pertanyaan. Daftarmu harus memuat:
– Tempat tinggal hewan (dataran tinggi, dataran rendah, pantai).
– Manfaat.
– Cara melestarikan dan menjaga keseimbangan hewan sebagai sumber daya alam.
– Ciri-ciri hewan atau bagian hewan.

Selain cendrawasih, masih banyak hewan lainnya yang harus kita lindungi. Di sekitarmu tentunya banyak hewan yang menarik perhatianmu. Ayo, kita belajar lebih banyak mengenai hewan.

Kupu-kupu.

Kupu-kupu merupakan serangga. Kupu-kupu biasanya memiliki warna yang indah cemerlang. Kupu-kupu merupakan salah satu dari sedikit jenis serangga yang tidak berbahaya bagi manusia. Daur hidup kupu-kupu bermula dari telur yang melekat di daun, kemudian matang dan menetas setelah 5 sampai dengan 10 hari dan menjadi larva (ulat).

Setelah 2 minggu, larva (ulat) membentuk kepompong dan menjadi pupa yang bergantung di ranting atau daun selama 2 sampai dengan 3 minggu. Setelah beberapa waktu, kupu- kupu dewasa keluar dari kepompong.

Kupu-kupu dikenal sebagai serangga penyerbuk tanaman yang membantu bunga-bunga berkembang menjadi buah. Bagi petani dan orang pada umumnya, kupu-kupu ini sangat bermanfaat untuk membantu jalannya penyerbukan tanaman.

Kupu-kupu hidup di dataran tinggi dan di dataran rendah. Kupu-kupu Indonesia banyak ragamnya dibandingkan dengan kupu-kupu dari negara tetangga.

kupu-kupu

Kupu-kupu Sayap Burung Peri, ditemukan di Papua. 
Kupu-kupu Raja, ditemukan di Jawa dan Sumatra. 
Kupu-kupu Trogon, ditemukan di Kalimantan.

Tidak sedikit penggemar kupu- kupu. Warnanya yang indah sangat menarik perhatian banyak orang. Oleh sebab itu, perburuan kupu-kupu sering terjadi. Hal ini tentunya sangat merugikan bagi kelangsungan kupu-kupu maupun makhluk lainnya.

Tahukah kamu manfaat kupu-kupu?
Kupu-kupu membantu penyerbukan tanaman. Hal ini tentunya bermanfaat untuk kelestarian tanaman tersebut.
Bersama temanmu, jawablah pertanyaan berikut.
1. Apa akibatnya apabila kupu-kupu punah? Jawab : Penyerbukan Tanaman terganggu, sehingga tanaman tidak berbuah, dan bisa juga punah karena tidak ada bibit baru.

2. Apa yang bisa kamu lakukan untuk melindungi kupu-kupu?  Jawab : tidak menanngkap , tidak membunuh, membiarkan telur dan ulat-ulat kupu-kupu. 

3. Di mana kupu-kupu hidup? Jelaskan!  di udara dan darat yaitu daun dan dahan tanaman.

Kamu telah mengetahui tentang manfaat penting hewan bagi keseimbangan lingkungan. Nah, sekarang kamu bisa ikut berperan serta untuk menjaga kelestarian hewan dengan membuat poster. Buatlah sebuah poster yang berisi ajakan untuk menyayangi dan merawat hewan. 
Pilihlah satu jenis hewan yang kamu sukai.
Buat posternya dengan memperhatikan kriteria berikut: Poster berisi informasi tentang:
– Nama hewan dan ciri-ciri khususnya.
– Habitat hewan (pantai, dataran rendah, dataran tinggi)
– Manfaat hewan tersebut bagi masyarakat sekitarnya.
– Keberadaan hewan saat ini, penyebab hewan menjadi langka (jika hewan pilihanmu adalah hewan langka).
– Ajakan berupa upaya-upaya untuk menjaga kelestarian hewan.
– Kalimat yang digunakan harus menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif.

Kamu dapat menggunakan karton dengan ukuran yang cukup besar untuk dapat terbaca dari jarak yang cukup jauh. Jika tidak terdapat karton, kamu bisa menggunakan bagian belakang dari kalender bekas. Buatlah postermu semenarik mungkin. Kamu bisa menambahkan gambar ilustrasi atau foto hewan pilihanmu. Kamu bisa melakukan kampanye untuk teman-teman di sekolah menggunakan postermu, dan kemudian dipajang di sekitar sekolah sehingga teman-teman akan terinspirasi untuk ikut serta menyayangi dan merawat hewan.

Untuk mengetahui daur hidup tumbuhan kacang, tanamlah biji kacang hijau di rumah bersama orang tuamu! Letakkan dalam gelas plastik bening bekas yang telah diberi kapas, lalu letakkan beberapa butir kacang hijau di atasnya.
Tingkatkan rasa tanggung jawabmu dengan menyiram dan merawatnya setiap hari. Catatlah pertumbuhan biji kacang hijau tersebut selama 6 hari dalam tabel berikut.

Pembelajaran 2.

Apakah kamu punya hewan peliharaan? Apa yang harus kita lakukan terhadap hewan peliharaan kita?

Dayu dan si Mungil. 
Sudah sejak lama Dayu ingin punya binatang peliharaan. Dayu ingin memelihara kucing. Dulu, ibu berjanji Dayu boleh memelihara kucing ketika Dayu sudah cukup besar. Kata ibu, Dayu bisa mempunyai binatang peliharaan jika sudah mandiri dan bisa bertanggung jawab.

Sekarang Dayu sudah kelas 4 SD. Senang sekali hatinya ketika suatu hari ibu memberinya ijin untuk memelihara seekor kucing. Setiap sore, kucing belang berwarna hitam-putih itu berkeliaran di halaman rumah Dayu. Dayu memberinya nama Si Mungil, sesuai dengan tubuh mungilnya.

Benar kata ibu, ternyata memelihara binatang membutuhkan tanggung jawab. Pantas saja. Seandainya Dayu masih kecil, belum mandiri dan belum bisa mengurus dirinya sendiri, tentu Si Mungil menjadi tidak terurus. Setiap hari, Dayu bertanggung jawab untuk memberi makan Si Mungil. Dayu juga harus menjalankan kewajiban untuk membersihkan kotoran si Mungil. Ibu juga meminta Dayu untuk rutin membersihkan keranjang tidur Si Mungil.

Dayu pun menjalankannya dengan senang hati. Ia sayang pada Si Mungil. Dayu tahu, ia harus memberi hak Si Mungil untuk hidup terurus, nyaman, dan senang tinggal bersama Dayu. Ibu memberi Dayu hak memelihara binatang. Dayu pun harus menjalankan kewajiban untuk mengurus kebutuhan Si Mungil.

Berdasarkan teks di atas diskusikan pertanyaan berikut.
1. Hewan apa yang dipelihara Dayu?  kucing.
2. Bagaimana perasaan Dayu ketika memelihara hewan peliharaan? senang.
3. Apa yang dilakukan Dayu terhadap hewan peliharaannnya? rajin merawat, memberi makan, membuang kotorannya.
4. Apakah Dayu sudah mendapatkan haknya?Jelaskan. Ya; bisa memelihara kucing, dan merasa senang.
5. Apakah Dayu sudah melaksanakan kewajibannya? Jelaskan. Ya, dengan memelihara, dan memiliki tanggung jawab.
6. Apakah Dayu sudah melaksanakan hak dan kewajibannya secara seimbang? Hooh. ya.

Tulislah hak dan kewajiban kita terhadap hewan peliharaan.

Tulislah hak-hak kamu ketika memelihara hewan :

  • Bisa memelihara Hewan.
  • Mendapat kesenangan karena memelihara hewan.
  • Mendapat tanggung jawab.

Tulislah kewajibanmu ketika memelihara hewan :

  • Membersihkan kandang.
  • Memberi makan dan minum
  • Memberi tempat tinggal yang layak.
  • Tidak menyiksa hewan.

 Kewajiban – Dampak bagi hewan – Dampak bagi lingkungan sekitar.

  • Memberi makan-minum ,
    Dampak bagi hewan : Hewan tumbuh dengan baik dan tidak sakit.
    Dampak bagi Lingkungan : Bila hewan sehat, maka lingkungan juga menjadi sehat.
  • Memberi tempat tinggal yang layak,
    Dampak bagi hewan : Hewan dapat beristirahat dengan baik, dan terjaga kesehatannya.
    Dampak bagi lingkungan : hewan tidak berkeliaran di lingkungan, lingkungan menjadi sehat.
  • Membersihkan Kandang,
    Dampak bagi hewan : hewan menjadi nyaman dan sehat.
    Dampak bagi lingkungan : hewan sehat, lingkungan juga sehat.

Ketika kita mempunyai hewan peliharaan kita wajib merawatnya. Ketika kita merawatnya dengan baik akan membuat hewan peliharaan kita sehat. Misalkan memberi makan, membersihkan, memberikan tempat yang bersih, mengobati jika sakit, dan menyayanginya. Bayangkan jika hewan peliharaan kita kotor pasti akan mengganggu lingkungan.

Bagaimana dengan kamu, apakah kamu mempunyai hewan peliharaan. Apakah kamu sudah merawatnya. Tulislah ceritamu.
Hal-hal yang kamu tulis:
1. Hewan peliharaanmu. : Hamster
2. Kenapa kamu merawatnya : Supaya hewan tumbuh sempurna dan tidak sakit.
3. Bagaimana kamu merawatnya : memberi makan minum, mengganti alas kandang, membersihkan.
4. Apakah kamu sudah melaksanakan kewajiban : Ya.
5. Dampak bagi hewan peliharaan dan lingkunganmu : Hewan sehat dan tidak sakit, lingkungan tidak berbau dan sehat.
6. Apakah kamu sudah mendapatkan hak : Ya. bisa melihat hewan lucu.
7. Apakah kamu sudah melaksanakan hak dan kewajiban secara seimbang. Ya. Tentu saja, Oke Dong.

Dayu selalu memberikan minum untuk kucing peliharaannya. Setiap kali minum kucingnya menghabiskan 3/4 gelas kecil. Jika kucing Dayu minum selama 5 kali. Berapa banyak air yang dibutuhkan. 3/4 x 5 = 15/4  = 3 3/4.

Apa yang bisa kamu simpulkan. Bagaimana cara menaksirkan perkalian pecahan?

patokan adalah 0   0,5  dan 1

bila mendekati 0 maka taksiran adalah 0.
Bila mendekati 0,5  maka taksiran  adalah 0,5 .
Bila mendekati 1 maka taksiran adalah 1.

Ingat yang di taksir adalah pecahannya saja, Nilai bilangan bulatnya tidak.

 muzaik

1. Apa itu mozaik? Mosaik adalah seni menciptakan gambar dengan menyusun kepingan-kepingan kecil berwarna dari kaca, batu, biji-bijian, atau bahan lain.

2. Bagaimana teknik membuatnya?  dengan menempel menurut pola tertentu.

3. Hal-hal apa saja yang perlu diperhatikan saat membuat mozaik? sesuai pola, dan pilihan biji dan warna yang cocok.

Mozaik merupakan karya seni rupa dua atau tiga dimensi. Mozaik ini menggunakan bahan dari keping-keping yang dipotong-potong atau utuh (misalkan biji-bijian). Teknik membuatnya dengan ditempel dengan lem pada bidang datar. Bahan-bahan yang bisa digunakan untuk mozaik adalah kertas tebal, daun, biji- bijian, kepingan kaca, pecahan keramik dll. Pada umumnya mozaik tidak diwarnai. Pembuat mozaik mengkreasikan komposisi warna dari bahanbahan yang ditempel.

Sekarang, berkreasilah membuat mozaik bertema hewan dari biji-bijian. Ikuti langkah-langkah berikut.
Bahan: Biji-bijian: Kacang hijau, kacang kedelai, kacang hitam dan kacang- kacang lainnya yang berukuran hampir sama

Langkah pembuatan Mozaik :

1. Siapkan Bahan dan Gambar pola gambar tentang keberagaman Indonesia di kertas gambar (A4).
2. Berilah lem pada bidang gambar.
3. Tempelkan biji-bijian dengan rapi.
4. Pehatikan komposisinya warnanya.

Sampaikan kepada orangtua pentingnya memelihara hewan peliharaan. Mintalah pendapatnya apakah kamu sudah memelihara hewan peliharaanmu dengan baik.

 

BACA JUGA :   SD Kelas 4 Tema 9.2.3 – LKS - Kayanya Negeriku – Pemanfaatan Kekayaan Alam di Indonesia

Pembelajaran 3.

Sebelumnya kita telah belajar tentang keragaman hewan yang ada di Indonesia. Sekarang, kita tingkatkan kesehatan kita dengan berolahraga lompat seperti katak, yuk!

Ketika pulang sekolah bersama teman-temannya, Edo melewati sebuah kolam kecil yang ditinggali beberapa ekor katak. Mereka berhenti di kolam itu dan melihat katak-katak berlompatan. Edo memberitahu teman-temannya bahwa katak adalah hewan pelompat yang ulung.

Katak memiliki kaki- kaki yang panjang dan kuat. Hewan ini dikenal sebagai pelompat yang ulung. Jenis katak tertentu dapat melompat hingga sejauh 20 kali panjang tubuhnya.

Permainan Bola :

Bahan : – Bola kecil 2, Kardus 2.

Cara Bermain :
– Kelas dibagi menjadi dua kelompok.
– Setiap kelompok berbaris.
– Letakkan bola sekitar 3 meter di depan setiap barisan.
– Letakkan kardus sekitar 3 meter dari bola.
– Setiap anggota kelompok harus melompat katak menuju ke arah bola.
– Siswa mengambil bola dan melemparkan bola ke dalam kardus yang berjarak 3 meter dari siswa.
– Anggota kelompok yang telah memasukkan bola berjalan ke arah belakang barisan.
– Anggota berikutnya mendapat giliran.
– Kelompok yang bisa memasukkan bola lebih sering adalah pemenangnya.

Setelah bermain lompat katak, jawab pertanyaan berikut.
– Apa keterampilan yang diperlukan dalam permainan lompat katak?

Bagaimana perasaanmu setelah bermain lompat katak?
Katak adalah hewan yang berada di sekitar kita. Selain katak, hewan apa yang berada di lingkunganmu?

Rumah Edo banyak ditumbuhi beraneka ragam pohon. Banyak serangga dan burung yang berdatangan. Hari ini Edo menuju halaman untuk mengamati burung. Suatu hari, ketika Edo sedang asyik melihat burung-burung tersebut, tiba-tiba Edo dikagetkan oleh suara seekor burung yang terjatuh tidak jauh dari pohon. Edo menghampirinya. Ternyata burung itu adalah burung merpati yang mengalami luka pada sayapnya. Edo menduga burung merpati itu terkena tembakan pemburu. Edo merawatnya dengan kasih sayang. Sambil merawat, Edo mengamati bagian-bagian tubuh burung yang terluka.

Bantulah Edo menuliskan bagian-bagian tubuh burung merpati dan lengkapi tabel di bawahnya.

bagian-burung

Paruh : Untuk Mengambil makanan.
Sayap : Untuk Terbang.
Ekor : Keseimbangan badan.
Cakar : untuk mempertahankan diri, untuk berdiri, untuk menerkam mangsa.
Mata : untuk melihat.

Amatilah hewan laba-laba dan serangga. Jika sulit menemukannya, kamu dapat menggunakan gambar atau video. Temukan perbedaan antara laba- laba dan kumbang dengan melengkapi gambar dan tabel di bawah ini..

laba-kumbang

Persamaan : Memerlukan makanan, memiliki sepasang mata, sama-sama serangga.

Perbedaan : 
– Laba-laba tidak memiliki antene, kumbang memiliki antena
– Laba-laba tidak memiliki sayap, kumbang memiliki antena.
– Laba-laba berkaki 4 pasang, kumbang 3 pasang
– Tidak memiliki kelenjar khusus untuk mencari pasangan, kumbang memiliki.
– memiliki 2 bagian, kumbang  3 bagian.

Kamu sudah mengetahui bahwa kupu-kupu perlu dilestarikan agar tercipta keseimbangan, begitu pula dengan serangga seperti laba-laba dan kumbang. Tuhan menciptakan sumber daya alam tentunya mempunyai maksud dan tujuan tertentu.

BACA JUGA :   SD Kelas 4 Tema 9.2.5 - Kayanya Negeriku - Pemanfaatan Kekayaan Alam di Indonesia

Jenis Hewan Berdasarkan Makanannya

A. Jenis Makanan Hewan
Makanan hewan bermacam-macam jenisnya. Hewan makan dengan cara mencari atau memburu makanannya. Makanan hewan pada umumnya berupa tumbuhan dan daging yang berasal dari hewan lain.
1. Tumbuhan Makanan Hewan
rumput | makanan hewan
Ada jenis hewan yang makan tumbuh-tumbuhan. Tumbuhan yang menjadi makanan hewan itu biasanya berupa rumput, buah-buahan, dan biji-bijian.
a. Rumput
Beberpaa hewan memakan rumput dan daun-daun segar. Misalya rumput gajah, daun pisang, daun jagung, dau daun tebu. Hewan yang makan rumput dan daun-daun segar misalnya sapi, kerbau, kambing, dan kelinci.
b. Buah-buahan
Buah-buahan yang menjadi makanan hewan misalnya mangga, jambu, pisang, dan kersen. Hewan yang makan buah-buahan misalnya kera dan bangsa burung.
c. Biji-bijian
Biji-bijian yang menjadi makanan hewan misalnya padi, jagung, dan kacang. Hewan yang makan biji-bijian misalnya beberapa bangsa burung.
2. Daging
daging | makanan hewan
Daging makanan hewan
Ada hewan yang makan daging. Daging itu berasal dari hewan lain. Misalnya ular makan tikus, harimau makan kijang, dan serigala makan kelinci.
B. Menggolongkan Hewan Berdasarkan Makanan
Di dunia terdapat ribuan jenis hewan. Salah satu cara untuk memudahkan mempelajarinya ialah dengan menggolongkannya berdasarkan jenis makanannya. Hewan dapat dibedakan menjadi tiga golongan, yaitu hewan pemakan tumbuhan (herbivora), hewan pemakan daging (karnivora), dan hewan pemakan segala (omnivora).
1. Hewan Pemakan Rumput
sapi | hewan pemakan rumput
Sapi hewan pemakan rumput
Hewan pemakan tumbuhan disebut herbivora. Hewan pemakan tumbuhan banyak jenisnya. Ada herbivora pemakan buah dan herbivora pemakan biji-bijian.
a. Herbivora pemakan rumput. Herbivora pemakan rumput makan banyak rumput dan daun-daun segar. Herbivora pemakan rumput antara lain sapi, kerbau, kambing, dan kelinci.
b. Herbivora pemakan buah. Herbivora pemakan  buah terdiri dari bangsa kera dan bangsa burung, misalnya burung jalak.
c. Herbivora pemakan biji-bijian. Herbivora pemakan biji-bijian kebanyakan adalah bangsa burung. Hewan itu mempunyai paruh yang runcing dan kuat. Misalnya burung pipit dan burung betet.
2. Hewan Pemakan Daging
harimau | hewan pemakan daging
Harimau hewan pemakan daging
Hewan pemakan daging disebut karnivora. Hewan jenis ini mempunyai taring tajam dan kuat. Karnivora bangsa burung mempunyai paruh dan kuku yang tajam dan kuat. Beberapa hewan pemakan daging adalah sebagai berikut :
  • Bangsa burung : burung rajawali, burung elang
  • Bangsa reptil : buaya, ular, biawak
  • Bangsa ikan : hiu, arwana, piranha
  • Bangsa binatang buas : harimau, serigala
3. Hewan Pemakan Segala
ayam | hewan pemakan segala
Ayam hewan pemakan segala
Hewan pemakan segala disebut omnivora. Hewan ini memakan tumbuhan dan hewan lain. Beberapa hewan pemakan segala ialah ayam, itik, babi, dan beruang. Hewan omnivora lain ialah musang. Musang bisa memakan buah-buahan, tapi juga bisa memakan anak ayam tetangga.
Cukup sekian penjelasan sederhana tentang penggolongan jenis-jenis hewan berdasarkan makanannya. Ini merupakan kelanjutan dari bagian-bagian tumbuhan dan fungsinya yang merupakan bagian dari kumpulan pelajaran IPA Sekolah Dasar (SD) yang semakin lengkap.
Pembelajaran 4.

Apa dampak dari perburuan hewan liar?  Sikap apa yang harus kita lakukan dengan hewan-hewan liar?

Perburuan hewan liar akan membawa dampak yang tidak baik. Dampak tersebut bisa menyebabkan hewan punah dan kerusakan lingkungan. Ayo kita pelajari lebih lanjut.

Harimau Masuk Desa, Warga Cemas
Beberapa minggu belakangan ini, warga Desa Badung hidup dalam kecemasan. Hal ini terjadi karena beberapa kali terlihat beberapa ekor harimau masuk ke area pemukiman warga. Desa Badung memang terletak tak jauh dari hutan. Harimau-harimau tersebut memang belum mengganggu warga. Mereka hanya berkeliaran, seperti sedang mencari makan. Warga Desa Badung berupaya mengamankan ternak peliharaan mereka. Ketika malam tiba, warga pun bergantian melakukan ronda untuk menjaga agar harimau-harimau tersebut tidak mengganggu.
Sesungguhnya, apa yang terjadi pada warga sudah lebih dahulu dirasakan oleh harimau-harimau penghuni hutan tersebut. Warga memang sering masuk ke hutan dan melakukan penebangan hutan untuk memperluas ladang kopi mereka. Tentu saja hal ini mengakibatkan habitat hewan hutan semakin sempit. Hak hidup hewan yang menjadi penghuni hutan terganggu. Pohonpohon yang menjadi sumber makanan hewan-hewan kecil dirusak. Akibatnya hewan-hewan kecil tersebut mencari makan di

tempat lain. Nah, hewan besar seperti harimau yang memangsa hewan kecil pun kehilangan hak-nya untuk mencari makan di habitatnya sendiri. Naluri untuk meneruskan kehidupanlah yang membuat harimau-harimau tersebut kemudian mencari makan ke tempat lain. Itulah sebabnya harimau pun masuk ke Desa Badung.
Jika demikian, apakah harimau yang mengganggu hak hidup warga Desa Badung atau justru warga Desa Badung yang mengganggu hak hidup harimau di hutan? Manusia di karuniai akal, budi pekerti, dan kebijaksanaan. Sudah seharusnya manusialah yang memahami kewajibannya untuk menjaga hak hidup makhluk lain di sekitarnya, termasuk harimau.

BACA JUGA :   SD4 2-1 Subtema 3: Energi Alternatif - Bagian 2 Bacaan

Berdasarkan teks di atas jawablah pertanyaan berikut.
1. Apa yang dilakukan warga terhadap hutan?
2. Apa yang terjadi dengan harimau?
3. Apa yang terjadi dengan penduduk desa ketika harimau masuk ke desa?
4. Mengapa harimau masuk ke desa?
5. Setujukah kamu dengan warga yang menebang kayu di hutan? Mengapa?
6. Apakah yang dilakukan warga melanggar hak-hak hewan? Jelaskan?
7. Apakah yang dilakukan penebang pohon juga melanggar hak-hak masyarakat sekitar? Jelaskan?
8. Jika kamu menjadi warga tersebut apa yang akan kamu lakukan?
9. Apa kewajiban yang seharusnya dilakukan oleh warga?

Beberapa orang berburu hewan liar dengan berbagai alasan : Dijadikan pakaian ; Pemburu  ; Kegiatan upacara adat.

Dengan alasan apapun perburuan hewan liar tidak dibenarkan. Hewan- hewan yang diburu akan menjadi punah.

Pembelajaran 5.

Tahukah kamu bahwa hewan yang berbeda mempunyai tempat yang berbeda untuk hidup? Ayo, kita cari tahu!.

Karateristik :
– Ayam : Pemakan segala, berkaki 2, hidup di darat,
– Bebek :Pemakan segala, berkaki 2, hidup di darat,
– Kucing : Berkaki 4, hidup di darat,
– Ikan : tidak berkaki, bersirip, hidup diair.

Tahukah kamu, bahwa Tuhan menciptakan hewan dengan bentuk dan jenis yang berbeda-beda. Setiap jenis hewan memiliki tempat hidup dengan karakteristik masing-masing. Tempat hidup tergantung kepada ciri-ciri khusus yang dimiliki oleh hewan tersebut. Ciri-ciri khusus hewan mempunyai hubungan yang erat dengan karakteristik tempat hidupnya.

Hewan Cicak :

Apakah kamu pernah mengamati cicak merayap di dinding rumahmu?
Mengapa cicak tersebut bisa merayap di dinding? Bagaimana cicak tersebut menangkap mangsanya?
Cicak mempunyai perekat pada telapak kakinya, sehingga dapat merayap di dinding atau langit- langit rumah.
Cicak juga memiliki lidah yang panjang dan lengket, sehingga dapat menangkap serangga.
Cicak mempunyai ukuran rata-rata 7 hingga 10 cm.
Cicak dapat melepaskan ekornya untuk melindungi diri.
Terdapat beberapa jenis cicak, yaitu cicak rumah, cicak pohon hijau, dan tokek.
Cicak pohon hijau dan tokek mempunyai ukuran yang lebih besar dari cicak rumah.

Kelelawar :

Kelelawar hidup di tempat yang gelap, seperti di atap rumah dan gua.
Kelelawar mengeluarkan suara dengan frekuensi tinggi.
Selain itu, kelelawar juga memiliki pendengaran yang baik dan peka menerima bunyi pantulan. Kelelawar mampu mendeteksi benda-benda di sekitarnya.
Kelelawar adalah hewan nokturnal karena melakukan kegiatan di malam hari.
Ada dua jenis kelelawar, yaitu kelelawar pemakan buah dan kelelawar pemakan serangga.

Bunglon :

Bunglon dapat mengubah warna kulitnya sesuai dengan warna
benda-benda yang ada di sekitarnya, misalnya ketika berada di atas
daun yang berwarna hijau, maka warnanya bisa berubah menjadi hijau. Ketika berada di batang pohon yang berwarna coklat, maka warnanya bisa berubah menjadi coklat.
Bunglon mengubah warna kulitnya untuk melindungi diri.
Bunglon mempunyai lidah yang panjang melebihi ukuran tubuhnya.

Kondisi dan karakteristik alam yang berbeda mempengaruhi jenis hewan yang hidup di sekitar wilayah tersebut. Ayo, cari tahu tentang kondisi dan karakteristik alam yang ada di sekitarmu (iklim, lapisan tanah, dan bentuk muka bumi). Hewan apa saja yang cocok tumbuh di wilayah tersebut?
Kelompokkan hewan tersebut berdasarkan karakteristik tempat hidupnya. Kamu dapat menggali informasi dari berbagai sumber (buku perpustakaan, internet atau narasumber).

Hewan di sekitar kita memberi banyak manfaat bagi manusia. Hewan juga dapat menjadi inspirasi untuk karya seni, seperti karya seni mozaik yang telah kamu buat  sebelumnya.

Pada pertemuan sebelumnya kamu dan teman-temanmu telah membuat karya seni mozaik tentang hewan. Pamerkan mozaik tersebut di meja masing-masing.
Jelaskan hasil karyamu kepada teman satu kelompok secara bergiliran.
Amati hasil karya teman-temanmu tersebut dan beri komentar sebagai bentuk apresiasimu. Tuliskan pada potongan kertas yang telah disediakan di setiap meja.
Pilih salah satu hasil karya temanmu. Tulis apresiasimu atas hasil karya tersebut dengan menjawab pertanyaan berikut.

Apa yang kamu ketahui tentang hasil karya temanmu tersebut?

Hewan di sekitar kita mempunyai nilai ekonomis. Hewan-hewan tersebut banyak diperjualbelikan di pasar. Coba taksir berat hewan berikut.

Pembelajaran 6.

Format Menulis Laporan Hasil Wawancara :

I. Latar Belakang
Menuliskan alasan melakukan wawancara. Contoh:
Kami siswa kelas 4 mendapat tugas untuk melakukan wawancara tentang tumbuhan dan hewan kepada masyarakat di sekitar tempat tinggal kami.

II. Maksud dan Tujuan
Menuliskan maksud dan tujuan dilakukan wawancara. Contoh:
Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk menggali informasi lebih lanjut dan memperdalam pemahaman kami tentang berbagai hewan dan tumbuhan di sekitar tempat tinggal kami, yang meliputi karakteristik tumbuhan dan hewan dan kaitannya dengan tempat hidupnya serta hak dan tanggung jawab terhadap lingkungan.

III. Topik Wawancara Menuliskan topik wawancara Contoh:
Tumbuhan dan Hewan di Sekitarku

IV. Waktu dan Tempat Kegiatan
Menuliskan waktu dan tempat wawancara. Contoh:
Wawancara ini dilaksanakan pada:
Hari / Tanggal : Sabtu, 5 November 2105 Waktu : pukul 08.00 – 09.00
Tempat : Kampung Mekar Jaya

V. Laporan Hasil Wawancara
Menuliskan narasumber, pewawancara dan hasil wawancara. Contoh:
– Narasumber : Bapak Kurniawan
– Pewawancara:
– Hasil Wawancara
Pada hari Sabtu, 5 Desembr 2015, pukul 08.00 – 09.00, saya melakukan wawancara kepada Bapak Kurniawan tentang tumbuhan di sekitar tempat tinggalku …..

VI. Kesimpulan
Menuliskan kesimpulan.

Lestarikan Hewan Langka. :
Pelestarian hewan langka bertujuan agar hewan tersebut tidak mengalami kepunahan. Kelestarian hewan sangat bermanfaat untuk kelangsungan hidup manusia.
Sebagai warga negara kita mempunyai kewajiban dan tanggung jawab untuk melindungi dan melestarikan hewan-hewan langka tersebut.
Beberapa upaya yang bisa dilakukan untuk menjaga hewan langka, antara lain:
1. melakukan penangkaran hewan langka.
2. mendirikan tempat-tempat perlindungan hewan langka, misal: suaka margasatwa, cagar alam, kebun binatang, dan taman nasional.
Dengan melindungi hewan langka kita dapat:
1. menjaga keseimbangan ekosistem agar kehidupan di muka bumi tetap berjalan dengan baik;
2. melestarikan keanekaragaman hayati yang bermanfaat bagi ilmu pengetahuan dan masyarakat;
3. memenuhi kebutuhan masyarakat, misalnya untuk bahan pangan dan obat-obatan.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *