SD Kelas 4 – Tema 4 – Berbagai Pekerjaan – Sub Tema 2 – Pekerjaan di Sekitarku.

SD Kelas 4 – Tema 4 – Berbagai Pekerjaan – Sub Tema 2 – Pekerjaan di Sekitarku.

Pembelajaran 1.  

Mengapa orang harus bekerja? Apa manfaat yang diperoleh dari pekerjaan itu?

Setiap orang memiliki tujuan saat bekerja. Banyak yang memiliki tujuan mulia saat memilih suatu pekerjaan. Pernahkah kamu bertemu dengan seseorang yang bekerja untuk kepentingan orang lain? Kamu akan belajar tentang hal tersebut melalui cerita pendek berikut.
Bacalah cerita di bawah ini dalam hati!

Pak Welly adalah Kepala Sekolah Dasar Cemara di pelosok Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah. Beliau lahir di Labuha, Maluku Utara. Di sekolah ini, muridnya juga berasal dari berbagai daerah. Pak Welly senang melihat murid- muridnya dapat belajar dan bermain bersama tanpa mempersoalkan asal- usul. Semua unik, baik sifat maupun kecerdasannya.

Sudin adalah penduduk asli Grobogan. Ia seorang anak yang suka membaca, percaya diri, dan pandai berpidato. Pak Welly ingin Sudin memperoleh pengalaman berharga melalui lomba pidato yang sebentar lagi akan diadakan di tingkat nasional.

Sambil berpikir bagaimana memperoleh Dana, Pak Welly mendaftarkan Sudin sebagai peserta lomba. Ia melatih Sudin setiap hari. Semakin dekat ke hari lomba, Pak Welly risau. Andai saja gajinya cukup untuk mendanai Sudin ke kota, pikirnya.

Hingga suatu sore terlintas ide dibenaknya. Dipandangnya kebun pisang di belakang sekolah. Hampir semua pohon sudah berbuah dan siap panen. Esok paginya ia mengumpulkan guru, penjaga sekolah, serta murid kelas 4, 5 dan 6. Mereka bergotong royong memanen pisang. Kemudian dihari Senin pagi, ia mengundang pejabat setempat untuk hadir pada upacara bendera. Bapak Lurah, Kepala Dinas Pendidikan serta Ketua RW dan Ketua RT dimintanya datang. Apa yang direncanakan Pak Welly?

Rupanya Pak Welly ingin menyelenggarakan lelang pisang di sekolah. Murid kelas 4, 5 dan 6 sudah dilatihnya untuk menjadi petugas lelang. Siapa calon pembelinya? Para bapak dan ibu pejabat daerah yang diundangnya. Sebelum lelang dimulai, ia sampaikan bahwa dana hasil lelang akan digunakan untuk mengirim Sudin mengikuti lomba pidato di kota. Para pejabat kagum dan terharu menyaksikan usaha Pak Welly, sang kepala sekolah dari timur negeri. Tekad serta usaha mendukung kemajuan muridnya sungguh menyentuh hati. Dalam sekejap pisang habis dilelang. Dana yang terkumpul lebih dari cukup untuk memberangkatkan Sudin.

Didampingi Pak Seto, guru kelasnya, Sudin pun berangkat ke kota. Tak terkira bangga dan syukurnya. Sudin berhasil mempersembahkan piala juara pertama lomba pidato untuk sekolahnya. Tak sia-sia usaha Pak Welly dan teman-teman sekolahnya.

Jawablah pertanyaan berikut.
1. Sebutkan tokoh-tokoh yang ada didalam cerita! Jawab : Pak Wely, Murid, Pak Lurah, Sudin,

2. Apa yang diharapkan oleh Bapak Welly?

3. Mengapa Bapak Welly memiliki harapan tersebut?

4. Apa yang dilakukan oleh Bapak Welly dan siswa di sekolahnya?

5. Tokoh mana yang paling kamu sukai? Mengapa?

Diskusikan jawaban di atas bersama kelompokmu.

Apakah kamu menyukai cerita di atas? Mengapa? Bagian mana yang paling kamu sukai?

Tulis pendapatmu tentang cerita tersebut di bawah ini.

Pekerjaan ayahku adalah seorang nelayan. Aku sangat bangga dengan ayahku. Kamu tahu alasannya?

Ayah bekerja sebagai seorang nelayan tradisional. Ia tinggal di kampung nelayan. Ia pergi melaut pada malam hari. Ayah membawa sampan dan jaring untuk pergi berlayar.
Saat ayahku berlayar, ia harus menghadapi ombak dan badai di laut. Karena hanya menggunakan sampan, ayahku tidak dapat pergi melaut terlalu jauh. Tangkapan ikan ayah kadang banyak kadang sedikit. Semua bergantung pada cuaca. Sampan ayahku tidak bermesin, jadi ayah tidak perlu membeli bahan bakar.
Aku mendengar sekarang ada juga nelayan yang lebih modern. Kapalnya lebih besar dan menggunakan bantuan mesin sehingga tidak mudah terkena guncangan ombak. Kapal ini menggunakan mesin sehingga memerlukan bahan bakar. Banyak pemilik kapal yang tidak mempedulikan penggunaan bahan bakar bahkan ada yang boros sehingga dapat mencemari lingkungan perairan. Mereka bisa berlayar ke laut lepas sehingga tangkapan ikannya banyak. Alat penangkap ikan mereka berupa jaring dan juga radar yang bisa mendeteksi kumpulan ikan, bahkan ada yang menggunakan bom.

Jawablah pertanyaan berikut.
1. Apa yang digunakan oleh nelayan tradisional untuk menangkap ikan?

2. Apa yang digunakan oleh nelayan modern untuk menangkap ikan?

3. Tulislah persamaan dan perbedaaan dari nelayan modern dan tradisional dalam diagram venn berikut!

sd4-tema4-2

4. Menurutmu apa yang akan terjadi dengan laut jika semua nelayan menggunakan perahu besar dan perlengkapan modern?

5. Bagaimana seharusnya para nelayan mencari ikan supaya kelestarian ekosistem tetap terjaga?

Diskusikan hasilnya dengan kelompokmu.
Aku cukup sedih melihat sekarang ini banyak yang menangkap ikan dengan pukat harimau dan bahan peledak. Pukat harimau adalah jaring sangat besar sehingga semua makhluk hidup laut dapat terjaring.

BACA JUGA :   SD5. Tema 1 - Wujud Benda dan Cirinya - Pembelajaran 4

bom-ikanGambar : Bom Ikan – Pukat Harimau

Sedangkan bom ikan adalah cara penangkapan ikan dengan bahan peledak. Cara ini dapat menyebabkan hancurnya terumbu karang dan habitat ikan.
Apakah kamu setuju dengan pengambilan ikan dengan cara di atas? Jelaskan! Apakah akibat buruk yang akan terjadi jika pengambilan ikan menggunakan cara di atas?

Tahukah kamu bagaimana ikan yang ditangkap bisa kita makan? Amati gambar berikut!
Hasil tangkapan ikan dijual ke pedagang ikan di pelelangan ikan. Dari tempat pelelangan itulah dikirim ke pasar-pasar dan akhirnya dijual. Oleh penjual ikan dan oleh konsumen. Penjual ikan dan konsumen wajib menjaga kebersihan pangan dengan cara mencuci ikan dengan bersih.

alur-makanan-ikan

1. Nelayan menangkap ikan ,
2. Ikan di kumpulkan dan diberi es batu atau garam agar awet,
3. Pengepul Ikan datang dan membelinya, serta di bawa ke kota atau pasar.
4. Di pasar ikan di jual oleh pedagang.
5. Ibu membeli dan mengolah ikan tersebut.
6. Ikan masak disajikan dan dimakan.

Dari gambar tersebut, diskusikan dengan teman kamu tentang
1. Jenis kegiatan ekonomi  : Nelayan menangkap ikan, Ikan di jual ke pengepul, pengepul menjual ke pengecer ikan, ikan di jual oleh pengecer ke pembeli.
2. Jenis barang yang dijualbelikan : ikan.
3. Jenis pekerjaan yang terlibat pada kegiatan tersebut, dan
4. Hasil dari setiap pekerjaan.
– Nelayan menghasilkan ikan, Pengepul Jasa jual beli ikan, Pengecer : jasa jual beli ikan.

Kegiatan jual beli ada yang berupa barang dan ada pula yang berupa jasa. Apakah kamu dapat menyebutkan contoh yang kamu temui di sekitarmu kegiatan jual beli yang berkaitan dengan barang dan jasa?

Pekerjaan yang Menghasilkan Barang :
Pekerjaanyangmenghasilkanbarangadalahpekerjaanyangmenghasilkan sesuatu barang yang bisa digunakan oleh orang lain misalnya penjual makanan, petani, nelayan, peternak, dan lain-lain.
Pekerjaan yang Menghasilkan jasa :
Pekerjaan yang menghasilkan jasa adalah suatu pekerjaan yang pelayanannya bisa dinikmati oleh orang lain. Pekerjaan ini tidak menghasilkan barang, misalnya guru, petugas kebersihan, dokter, tukang cukur rambut, polisi, dan lain-lain.

Berdasarkan kegiatan di atas, kamu bisa menuliskan tentang kegiatan ekonomi yang terjadi di sekitarmu. Tulisanmu harus memuat
1. Jenis kegiatan ekonomi
2. Lapangan pekerjaan
3. Hasil dari setiap pekerjaan
4. Penyebaran barang
Sampaikan tulisanmu kepada gurumu.

Pembelajaran 2.

Pekerjaan apa yang paling baik? Bagimana sikap kita dengan pekerjaan- pekerjaan yang berbeda?

Pak Made adalah seorang pelukis. Lukisannya banyak dijual di galeri. Pak Made sering mendapatkan pesanan untuk melukis wajah atau bentuk-bentuk lain.
Berbeda dengan Pak Made, Pak Toni adalah penjahit. Pak Toni menerima pesanan orang- orang yang ingin membuat baju. Meskipun pekerjaan mereka berbeda, mereka berteman baik. Tidak pernah terpikir oleh Pak Made bahwa pekerjaannya lebih baik dibandingkan pekerjaan Pak Toni. Begitu pula sebaliknya.
Ya, meskipun pekerjaan setiap orang berbeda, jangan pernah merasa bahwa pekerjaan kita yang lebih baik. Setiap pekerjaan sama, yang penting memberikan manfaat bagi orang lain. Hal ini sesuai dengan makna sila kedua Pancasila. Ayo kita pelajari lebih lanjut.

Sila kedua Pancasila : Kemanusiaan yang adil dan beradab.
Mata rantai berbentuk segiempat melambangkan laki- laki. Mata rantai berbentuk lingkaran melambangkan perempuan. Mata rantai yang saling berkaitan melambangkan hubungan manusia satu dengan yang lainnya yang perlu bersatu dan saling membantu sehingga menjadi kuat seperti rantai.

Apa simbol sila kedua?
Apa makna simbol sila kedua?

Sila Kemanusiaan yang adil dan beradab bermakna
1. Setiap manusia setara, sejajar
2. Beradab dalam rasa, pikiran, dan tindakan
3. Anti penjajahan
4. Mengutamakan kebenaran dan keadilan.

Jelaskan hubungan simbol sila kedua dengan makna sila kedua.

Apakah sikap pak Made dan pak Toni menunjukkan sila kedua Pancasila? Jelaskan alasanmu.

Tulislah contoh-contoh sikap yang menunjukkan sila kedua Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

Dayu tidak Mau Sekolah.

Dayu adalah temanku. Ia anak yang ramah. Meskipun lama tinggal di Jakarta, logat bahasa Dayu masih sangat kental dengan logat Bali. Hal itu membuat Dadu sering menertawakan Dayu. Dadu sering mengejek Dayu. Hal itu membuat Dayu sangat sedih. Ia menjadi tidak percaya diri untuk bicara di depan kelas. Ia takut ditertawakan Dadu. Hari ini Dayu tidak mau masuk sekolah karena malu.

Apa yang dilakukan Dadu terhadap Dayu?

Bagimana perasaan Dayu terhadap sikap Dadu?

Setujukah kamu dengan apa yang dilakukan Dadu? Jelaskan

Apakah sikap yang dilakukan Dadu sesuai dengan sila kedua Pancasila? Jelaskan.

Mengejek orang lain artinya menganggap diri kita lebih baik. Menganggap bahwa orang lain lebih buruk. Hal itu sangat bertentangan dengan sila kedua Pancasila, bahwa setiap orang sama. Ejekan Dadu sangat tidak beradab. Itu menyakiti perasaan Dayu.

BACA JUGA :   SD Kelas 4 - Tema 6.3 - Giat Berusaha Meraih Cita-cita - 1

Sebagai seorang pelukis, Pak Made mempunyai keterampilan melukis yang sangat bagus. Ia juga mempunyai ide-ide yang kreatif sehingga lukisannya sangat indah dan unik.
Gambarlah salah satu sikap yang menunjukkan sila kedua Pancasila. Sampaikan kepada temanmu.
Sebagai seorang penjahit, Pak Toni harus sangat paham tentang luas dan keliling. Ini akan membantu dalam hal memperkirakan bahan.
Ayo kita pelajari lebih lanjut.

Luas dan Keliling Persegi Panjang.
Sebelumnya kamu telah membuktikan luas dan keliling persegi. Sekarang dengan kelompokmu, diskusikan pembuktian luas dan keliling persegi panjang. • Panjang persegi panjang dinamakan p. Lebar persegi panjang dinamakan l. Luas persegi panjang dinamakan L (besar).

Luas = panjang x lebar;  tau Luas = p kali l;

Keliling adalah :  2 kali ( panjang + lebar);

Pembelajaran 3.

Di kegiatan olah raga hari ini Kamu akan melanjutkan latihan pencak silat. Setelah bugar nanti, kamu akan melanjutkan kegiatan diskusi tentang berbagai pekerjaan.

Sebelumnya kamu telah mempelajari keterampilan dasar pukulan dalam pencak silat.
Sekarang kamu akan mempelajari lebih lanjut tentang gerakan tangkisan. Amati gambar dan penjelasan berikut.

Tangkisan dalam Pencak Silat
1. Tangkisan Dalam
Tangkisan dari luar ke dalam sejajar dengan bahu.

sd4-tangkisan-dalam-silat

2. Tangkisan Luar : Tangkisan dari dalam ke luar sejajar dengan bahu.

sd4-tangkisan-luar

3. Tangkisan Atas
Tangkisan dari bawah ke atas, untuk melindungi kepala dari serangan.

sd4-tangkisan-bawah-atas

4. Tangkisan Bawah : Tangkisan dari atas ke bawah.

sd4-tangkisan-bawah-4
Sekarang kamu akan mempraktikkan keterampilan dasar tangkisan tersebut dengan dipandu oleh guru.
Perhatikan peragaan yang dilakukan oleh guru dan ikuti aba-aba yang diberikan.
Seorang pesilat membutuhkan kerja keras dan kesabaran dalam melatih setiap gerakan. Kamu pasti bisa melakukannya apabila terus berlatih.

Aku ingin mengetahui pekerjaan apa yang berjasa bagi kita untuk memanfaatkan sumber daya alam sehingga kita bisa menikmatinya. Termasuk kelompok profesi apakah hasil kerja mereka?
Mari kita pelajari bersama.

Bacalah teks dengan membaca senyap!
Pernahkah kamu berpikir bagaimana para pekerja pembuat pensil? Pensil awalnya adalah sebuah alat tulis dan lukis yang terbuat dari grafit murni atau karbon yang berasal dari alam. Sayangnya, grafit murni cenderung rapuh dan mudah patah.
Seiring perkembangan zaman, saat ini dibuat pensil yang merupakan campuran dari grafit dan tanah liat sehingga dahulu lebih keras. Proses pencampuran ini dibalut oleh media kertas atau kayu. Cara membuat pensil saat ini adalah dengan menghancurkan grafit dan tanah liat menjadi bentuk bubuk, kemudian dibakar selama kurang lebih 3 hari. Setelah itu, pensil ini dibentuk panjang dan tipis serta dilapisi kayu.
Kayu yang telah ditebang untuk pembuatan pensil atau benda-benda lain yang terbuat dari kayu harus dibudidayakan kembali agar terjaga kelestariannya, yaitu dengan menanam kembali bibit baru dari tanaman sejenis. Selain itu, kita harus menghemat penggunaan pensil sebagai salah satu cara menghargai lingkungan.
1. Berdasarkan teks bacaan tadi, ceritakan proses pembuatan pensil di dalam kolom berikut!

2. Sumber daya alam apa yang digunakan untuk pembuatan pensil?

3. Apa yang terjadi bila penggunaan pensil dan barang-barang lain yang terbuat dari kayu tidak dibatasi?

4. Berikan saranmu agar dapat menggunakan pensil secara hemat sebagai salah satu cara untuk melestarikan lingkungan!

Barang-barang yang kita butuhkan merupakan hasil dari suatu pekerjaan. Beberapa pekerjaan yang menghasilkan barang antara lain petani, peternak, nelayan, dan tukang jahit. Selain pekerjaan yang menghasilkan barang, ada juga pekerjaan yang menghasilkan jasa atau pelayanan, seperti dokter, polisi, guru, dan pemangkas rambut (tukang cukur).
Barang-barang yang dihasilkan dari setiap pekerjaan sangat beragam. Banyak diantaranya yang memanfaatkan sumber daya alam di Indonesia. Sumber daya alam merupakan kekayaan alam yang diciptakan oleh Tuhan untuk kesejahteraan manusia.

sd4-macam-2-pekerjaan

Masih ingatkah kamu cerita tentang Bapak Welly, Kepala Sekolah Teladan? Bacalah kembali cerita tersebut. Sampaikan pendapatmu tentang cerita melalui tulisan. Tulisanmu harus memuat pendapatmu tentang cerita secara keseluruhan.

Pembelajaran 4.

Sikap apa lagi ya yang harus dimiliki oleh seorang dokter?

Seorang yang bekerja harus memiliki sikap melayani, disiplin, rendah hati dan bekerja sepenuh hati. Kita juga bisa belajar nilai-nilai tersebut dari seorang dokter yang bekerja untuk masyarakat.

Hebatnya Dokter Kami.

Ia adalah Dokter Rana, seorang dokter muda yang sederhana dan terampil. Ayahnya adalah mantan kepala desa kami yang telah meninggal dunia. Dokter Rana baru kembali ke desa kami dua tahun yang lalu, setelah sepuluh tahun lebih merantau ke ibukota. Ia memperoleh beasiswa di Fakultas Kedokteran dan setelah lulus ia praktik di Rumah Sakit Umum Kabupaten.
Semenjak ia pulang dan praktik di balai kesehatan desa, aku sering mendengar perbincangan warga yang heran atas keputusan Dokter Rana untuk kembali ke desa. Bukankah penghasilan sebagai dokter di kota jauh lebih besar?

BACA JUGA :   SD Kelas 4 Tema 9.2.5 - Kayanya Negeriku - Pemanfaatan Kekayaan Alam di Indonesia

Pada ayahku, Dokter Rana bercerita bahwa cita-citanya menjadi dokter dulu muncul karena melihat kesadaran hidup sehat masyarakat desa yang sangat rendah. Sungai dipakai untuk mandi, cuci kakus lalu airnya dikonsumsi. Hasil bumi dan peternakan tidak dimanfaatkan untuk membentuk pola makan sehat. Warga lebih suka menjualnya ke kota dan uangnya dipakai untuk membeli makanan instan.
Selama praktik di kota, Dokter Rana terbayang terus kondisi desanya. Ia merasa bahwa seharusnya ilmu yang dimilikinya sebagai seorang dokter bisa bermanfaat untuk kampung halamannya sendiri.
“Jadi Pak Andri, saya ini pulang untuk memenuhi niat saya ketika menerima beasiswa, yaitu menyejahterakan warga desa dimana saya lahir dan dibesarkan,” ujar Dokter Rana pada ayahku.
Sejak pulang, Dokter Rana memang aktif membina para remaja dan keluarga muda. Ia memberikan penyuluhan tentang pentingnya mencuci tangan, memasak air, pola makan sehat, dan imunisasi. Baginya, generasi muda adalah perantara terbaik untuk menyampaikan misi meningkatkan kesadaran hidup sehat masyarakat desa.
Sebagai anak kepala desa, Dokter Rana sering mendengar cerita almarhum ayahnya bahwa banyak warga takut berobat karena tidak mampu membayar. Tak ingin hal ini terjadi, maka diumumkannya bahwa warga dapat membayar jasanya dengan sampah. Ya, sampah! Sampah kering jenis apa saja yang bisa didaur ulang. Botol plastik, botol kaca, koran bekas, bahkan kemasan bekas, diterima oleh Dokter Rana. Cara ini membuat warga aktif dan bijak mengelola sampah. Sungguh kreatif dan cerdas cara Pak Dokter mendidik warga.
Seperti mendiang ayahnya, Dokter Rana menjadi sosok yang dicintai warga desa. Ia menjadi teladan melalui dedikasi, tanggung jawab, dan kerendah- hatiannya dalam menolong warga. Apabila aku besar nanti, aku ingin seperti Dokter Rana. Akan kukejar cita-citaku menjadi guru, dan aku akan kembali untuk membangun kampung halamanku.

Berdasarkan teks di atas jawablah pertanyaan berikut.
1. Apa yang dilakukan Dokter Rana untuk warga Desa?

2. Mengapa Dokter Rana melakukan itu?

3. Apa dampak dari hal yang dilakukan oleh Dokter Rana bagi masyarakat?

4. Bagaimana perasaan masyarakat terhadap Dokter Rana? Tulislah.
– Sikap dari Dokter Rana;
– Pendapatku tentang sikap Dokter Rana.

5. Hal-hal baik yang bisa aku contoh dari Dokter Rana.

Dari seorang Dokter Rana kita belajar bahwa ketika kita bekerja haruslah bermanfaat bagi orang lain.
Menjadi seorang dokter juga harus rendah hati dan menghargai orang lain.

Masih ingatkah kamu dengan cerita
Dayu yang diejek oleh Dadu. Apa yang perlu kalian lakukan supaya hal itu tidak terjadi?
Buatlah kesepakatan kelas dengan
teman-teman supaya antar teman tidak saling menyakiti. Tulislah ide-idemu.

sd4-kesepakatan-kelas

Kesepakatan Kelas 4C : tertib, jujur, peduli, berbagi, menghargai, tepat waktu, percaya diri, bekerja sama, bicara bergantian, bertanggung jawab, bermain bersama, kelas bersih dan rapi, berusaha melakukan yang terbaik.

Diskusikan kesepakatan kelas kalian ya.
Ketika kesepakatan kelas itu dilakukan maka setiap warga kelas akan merasanya nyaman. Mereka merasa dihargai. Ketika kamu menghargai semua orang, maka kamu sudah mengaplikasikan sila kedua Pancasila.
Tidak hanya Dokter Rana yang mempunyai sikap baik. Paman Udin juga mempunyai sikap yang perlu kita contoh.

PEMBELAJARAN 5.

Paman Udin adalah seorang petani. Ia memiliki ladang yang ditanami dengan berbagai jenis tanaman. Salah satunya adalah jagung.
Paman memagari ladang jagungnya menggunakan batang-batang bambu.
Jika 1 meter persegi2 membutuhkan 5 kantong biji jagung, berapa banyak kantong biji jagung yang diperlukan?
Untuk menentukan banyaknya kantong biji jagung yang akan ditanam, kamu harus mengetahui luas ladangnya.
Luas ladang paman Udin adalah….
Banyak kantong biji jagung yang diperlukan adalah ….

Hasil tangkapan ikan dijual ke pedagang ikan di pelelangan ikan. Dari tempat pelelangan itulah dikirim ke pasar-pasar dan akhirnya dibeli. Diskusikan dengan teman kamu tentang:
1. Jenis barang yang dijualbelikan,
2. Jenis pekerjaan yang terlibat pada kegiatan di atas, dan
3. Hasil dari setiap pekerjaan.
Kegiatan jual beli yang dilakukan oleh pemilik barang dan pembeli barang dikenal dengan istilah kegiatan ekonomi.

Pada pembelajaran sebelumnya kamu telah membuat gambar tentang sikap yang mencerminkan sila ke-2 Pancasila. Ayo, kita diskusikan!

Pajang gambar yang telah kamu buat di sekeliling meja.
Perhatikan setiap gambar dengan saksama. Tulislah komentar pada setiap gambar pada secarik kertas.
Sekarang tukarkan hasil karyamu dengan salah seorang teman dan jawab pertanyaan berikut.
Bagaimana pendapatmu tentang hasil karya temanmu tersebut?

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *