BSE 2013 – SD Kelas 6 Tema 1.2.2 Selamatkan Mahkluk Hidup Revisi 2018

BSE 2013 – SD Kelas 6 Tema 1,2, Selamatkan Mahkluk Hidup Revisi 2018.

Pembelajaran 2.

Ayam adalah unggas yang biasa dipelihara orang untuk diambil telurnya. Memelihara ayam diharapkan dapat memberikan penghasilan dan memenuhi kebutuhan pemiliknya seperti kebutuhan telur dan daging.
Pernahkah kamu mengunjungi peternakan ayam?

Ayam potong dipelihara untuk dimanfaatkan dagingnya dan ayam petelur dipelihara agar telurnya dapat dimanfaatkan.
Pernahkah kamu pergi ke peternakan ayam? Apa yang kamu rasakan saat pergi ke sana?

Pahami Isi Pancasila : 

1.Ketuhanan yang Maha Esa.
2.Kemanusiaan yang adil dan beradab.
3.Persatuan Indonesia.
4.Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/ perwakilan.
5.Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

Kamu akan belajar penerapan sila keempat Pancasila. Bacalah teks berikut dalam hati.

Santi sangat sedih. Ayahnya baru saja bercerita bahwa penduduk setempat mengeluhkan keberadaan peternakan ayamnya. Mereka tidak tahan dengan bau yang berasal dari peternakan ayamnya. Santi bingung.
Peternakan ayam Santi adalah peternakan keluarga. Usaha dari peternakan dapat menghidupi keluarga dan membiayai sekolahnya. Santi memiliki peternakan ayam petelur. Secara teratur ia mengirimkan telur ayamnya ke pasar untuk disimpan di salah satu toko di sana.
Santi tidak mau peternakan ayamnya digusur. Ia akan berusaha agar penduduk mau menerima keberadaan peternakannya. Apapun yang terjadi, Santi akan membela keluarganya agar peternakannya tetap beroperasi.

Berdasarkan bacaan di atas, jawablah pertanyaan berikut terkait penerapan sila keempat dari Pancasila. Diskusikan jawabanmu bersama teman sekelas.
1.Apa pendapatmu tentang sikap Santi?
2.Apa pendapatmu tentang sikap penduduk?
3.Apa yang sebaiknya Santi lakukan dalam menghadapi masalahnya?
4.Apa yang sebaiknya penduduk lakukan terhadap keberadaan peternakan ayam?

Penerapan sila keempat dari sila Pancasila sangat penting dilakukan. Dalam kehidupan sehari-hari, kamu mungkin menyaksikan beberapa permasalahan dan akan teratasi saat sila ke empat dijalankan.

Berikut adalah contoh pelaksanaan sila keempat :
1.tidak memaksakan keinginan,
2.bermusyawarah,
3.mengutamakan kepentingan orang banyak, dan
4.menjalankan keputusan yang telah disepakati bersama.

Carilah tiga contoh perilaku atau sikap lain dalam kehidupan sehari-hari yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila pada sila keempat.
– Pelaksanaan pilihan RT secara musyawarah.
– Pertemuan Orangtua Murid dengan Guru Sekolah.
– Pemilihan Kepala Desa.

Pilihlah dua dari contoh tersebut yang akan kamu terapkan. Jelaskan bagaimana kamu akan menerapkannya.

Sebagai sahabat manusia, hewan banyak memberikan inspirasi dalam karya seni, salah satunya adalah seni patung. Berikut adalah beberapa contoh patung yang idenya terinspirasi dari hewan.

Di pertemuan sebelumnya, kamu sudah berlatih membentuk model sederhana dengan bahan yang kamu miliki.
Diskusikan patung yang telah kamu buat. Tentukan apakah kamu akan melanjutkan patungmu atau kamu akan membuat model yang berbeda. Mintalah pendapat teman dan gurumu.

Setelah kamu menentukan model, buatlah patung ukuran kecil dengan teliti.
Kamu dapat bertanya kepada gurumu apabila ada hal yang belum kamu pahami.

Kamu baru saja mencoba membuat patung dengan modelmu sendiri. Berlatihlah terus agar kamu menghasilkan patung yang indah.

Hewan banyak memberikan manfaat bagi manusia. Susu merupakan produk hewani yang dihasilkan dari sapi. Telur yang dihasilkan ayam petelur dapat kita nikmati.

Berikut Aturan untuk Operasi Hitung Matematika, Ingat!
Langkah operasi hitung adalah sebagai berikut.
1.Selesaikan operasi di dalam kurung.
2.Selesaikan perkalian dan pembagian.
3.Selesaikan penjumlahan dan pengurangan.

Tinggalkan komentar