SD Kelas 4 Tema 9.2.5 – LKS – Kayanya Negeriku – Pemanfaatan Kekayaan Alam di Indonesia

SD Kelas 4 Tema 9.2.5 – LKS – Kayanya Negeriku – Pemanfaatan Kekayaan Alam di Indonesia.

A. Tempo dan Tangga Nada  Do = F

Perhatikan tanda tempo dan tangga nada agu “Desaku yang Kucinta” berikut. (lihat gambar di buku).

Pada teks lagu tertulis tanda tempo moderato artinya sedang. Tanda tempo tersebut ditulis agar penyanyi atau pemain musik mengetahui kecepatan lagu yang dhnginkan komposer/ pencipta lagu.
Selain tanda tempo, dalam teks lagu juga terdapat simbol yang menunjukkan tangga nada do = f. Artinya, tinggi nada do sama dengan nada f. Untuk mengetahui tinggi nada f kita dapat menggunakan alat musik piano. Berikut tangga nada do = 7.

 

B. Pemanfaatan Sumber Daya Alam.

Pemanfaatan sumber daya alam berarti menggunakan atau mengambil manfaat dan sumber daya alam yang ada untuk kepentingan manusia. Manfaat sumber daya alam bagi masyarakat dapat dirasakan secara langsung, misalnya hash pertanian dan perkebunan. Sayur-sayuran, buah-buahan, padi, merupakan contoh hasH sumber daya alam yang dapat dimanfaatkan secara Iangsung. Ada juga kekayaan alam yang dimanfaatkan secara tidak langsung. Artinya, kekayaan alam tersebut harus diolah terlebih dahulu agar dapat dimanfaatkan untuk kepentingan masyarakat. Misalnya minyak bumi yang harus diolah terlebih dahulu menjadi minyaktanah, solar, bensin, maupun aspal agar bisa dimanfaatkan oleh masyarakat. Berikut mi contoh pemanfaatan sumber daya alam balk Iangsung çnaupun tidak Iangsung.

1. Hash Pertanian.
Indonesia adalah negara yang subur sehingga sektor agraris berkembang pesat. Hasil pertanian cukup melimpah di Indonesia. Berikut beberapa hash tanaman pertanian dan manfaatnya di Indonesia.
a. Padi, jagung, dan sagu sebagai bahan makanan pokok.
b. Kedelai sebagai bahan bakutahu dan tempe, bahan baku kecap, dan bahan baku susu.
c. Kapas sebagai bahan baku benang untuk membuat kain.

BACA JUGA :   SD Kelas 4-2 Agama Katolik - Bab 4 Gereja

2. Hasil Perkebunan.
Lahan perkebunan merupakan lahan usaha pertanian yang luas, biasanya terletak di daerah tropis atau subtropik. Lahãn perkebunan biasanya digunakan untuk menghasilkan komoditas perdagangan (pertanian) dalam skala besar dan dipasarkan ke tempat yang jauh, bukan untuk konsumsi lokal. Berikut contoh beberapa hasil perkebunan dan manfaatnya.
a. Kelapa sawitdiolah menjadi minyak kelapa dan margarin.
b. Kopi, cokelat, dan teh untuk bahan baku pémbuatan minuman.
c. Cengkih dan tembakau untuk bahan pembuatan rokok.
d. Karet menjadi bahan baku untuk pémbuatan ban.
e. Tebu menjadi bahan dasar pembuatan gula pasir.
f. Rosela menjadi bahan dasar pembuatan karung goni.
g. Kina digunakan sebagai bahan dasar pembuatan obat malaria.

3. Hasil Peternakan.
Di Indonesia berkembang kegiatan peternakan, baik peternakan hewan besar, seperti sapi dan kerbau; peterñakan sedang, seperti kambing, domba, dan peternakan kecil unggas, seperti ayam dan bebek. Kegiatan peternakan mi mempunyai peranan sebagai berikut.
a. Sumber pangan,antara lain sapi, kerbau, ayam, itik, ikan lele, dan ikan mujair.
-b. Sumber sandang, antara lain bulu domba dan ulat sutra.
c. Sumber obat-obatan, antara lain ular kobra dan lebah madu.
d. Piaraan, antara lain kucing, burung, dan ikan hias.

4. Hasil Laut dan Perikanan.
Laut dan perairan darat merupakan sumber daya air yang apabila dimanfaatkan dan dikelola secara maksimal akan memberikan keuntungan. Laut dan perairan dapat dikembangkan untuk aneka budi daya perikanan dan pengembangan kelautan. Berikut contoh hash manfaat hasil kegiatan budi daya perikanan dan pengembangan kelautan.
a. Rumput laut untuk bahan makanan,.obat-obatan, dan bahan kosmetik.
b. Pesisir dan pantai dikembangkan sebagai objek wisata bahari.
c. Aneka ikan laut dan kerang sebagai sumber protein hewani.
5. Hash Tambang.
Sumber daya tambang adalah salah satu sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui. Proses pembentukannya selama jutaan tahun. Sumberdaya ml apabila diolah akan rnenghasilkan manfaat yang sangat dibutuhkan oleh manusia dalam kehidupannya. Berikut contoh beberapa hasil tambang dan bentuk pemanfaatannya.
a. Minyak bumi dapat diolah kembali dan menghasilkan bahan bakar yang kita kenal selama mi yaitu minyak tanah, diesel, premium, dan lain-lain.
b. Batu bara digunakan untuk keperluan industri dan pembangkit listrik tenaga uap dan pembakaran batu gamping serta genting.
a. Gas alam sebagai sumber bahan bakar seperti gas elpiji.
d. Emaé, perak, dan intan sebagai bahan perhiasan dan campuran logam lain.
e. Tembaga digunakan untuk kabel-kabel listrik, telepon, lemari es, pesawat terbang, membuat perunggu, kuningan, industri kimia, bahan celup, rayon, serta digunakan juga untuk perlengkapan dapur.
f. Bijih bauksitjika diproses dengan benar, maka akan rnenghasilkan aluminium yang digunakan untuk membuat aneka barang rumah tangga.
g. Batu gamping digunakan untuk bahan bangunan seperti batu, serbuk kapur, pengeras jalan, bangunan dam-dam, pembuatan gelas, dan untuk industri. –
h. Timah hitam digunakan untuk bahan-bahan industri cat, keramik, kilang minyak, karet, dan industri kimia.
i. Timah putih digunakan untuk pelapis logam-logam seperti baja, tembaga, dan lain-lain. Timah putih dapat digunakan untuk pembuatan petunggu, pembuatan kuningan, gelas, keramik, pipa, dan pengawet kayu.

BACA JUGA :   SD4 - Bahasa Indonesia 1 - Peristiwa - Membuat Denah sesuai dengan petunjuk yang didengar

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *