SD Kelas 4 Tema 9.2.4 – LKS – Kayanya Negeriku – Pemanfaatan Kekayaan Alam di Indonesia

SD Kelas 4 Tema 9.2.4 – LKS – Kayanya Negeriku – Pemanfaatan Kekayaan Alam di Indonesia.

A. Hak dan Kewajiban Warga Negara atas Sumber Daya Alam.

Kamu telah memahami beberapa hak dan kewajiban warga negara Indonesia berdasarkan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945. Salah satunya hak warga negara untuk menikmati kekayaan alam atau sumber daya alam (SDA). Hak menikmati SDA hendaknya dilaksanakan secara bertanggung jawab. Bentuk tanggung jawab warga negara Indonesia dalam melaksanakan hak menikmati SDA dengan cara ikut serta menjaga kelestarian SDA.

SDA merupakan kekayaan alam Indonesia yang sangat dibutuhkan manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya: OIeh karena itu, pemerintah mengatur pengelolaan SDA yang penting bagi orang banyak
dikuasal oleh negara. Selanjutnya, hasil pengelolaan SDA oleh pemerintah digunakan untuk sebesar-besar kemakmuran rakyat. SDA yang penting bagi kehidupan manusia banyak bentuknya antara lain minyak bumi, batu bara, gas, dan air.

Setiap warga negara mempunyai hak dan kewajiban atas SDA yang dimiliki Indonesia. Apa hak dan kewajiban warga negara Indonesia atas SDA? Mari pahami satu per satu dalam uraian berikut.

 

1. Kewajiban Warga Negara atas Sumber Daya Alam.

Sumber daya alam (SDA) yang penting bagi kehidupan manusia ada yang dapat diperbarul dan adayang tidak dapat diperbarul. SDA yang tidak dapat diperbarui Iama-kelamaan semakin berkurang dan akhirnya akan habis jika manusia tidak bisa ‘melestarikannya. Oleh karena itu, demi menjaga ketersediaan SDA setiap warga negara Indonesia mempunyai kewajiban menjaga kelestarian SDA. Banyak cara yang dapat dilakukan warga negara untuk melestarikan SDA di antaranya menghemat pemakaian SDA. Menghemat pemakaian SDAjuga penting untuk mengurangi bahaya kerusakan Iingkungan. Contohnya penggantian solar dengan bensin sebagai bahan bakar kendaraan dapat mengurangi polusi atau pencemaran udara.

BACA JUGA :   Sumber Energi di Bumi dan Energi Alternatif serta penghematan energi

Dengan melakukan pelestarian SDA berarti warga negara Indonesia telah melaksanakan kewajibannya terhadap SDA. Cara lain yang dapat dilakukan warga negara Indonesia sebagai bentuk pelaksanaan kewajiban terhadap SDA sebagai berikut.
a. Menghindarikegiatanyangmenggunakan banyak SDA.
b. Memanfaatkan teknologi dan peralatan yang ramah Iingkungan.
c. Melakukan reboisasi untuk menjaga ketersediaan SDA terutama air.
d. Menggunakan energi alternatif.
e. Mencegah terjadinya kebakaran hutan, penebangan liar, dan illegal loging.
f. Tidak mengganggu kelestarian flora dan fauna di dalam hutan.

2. Hak Warga Negara atas Sumber Daya Alam.
Memanfaatkan SDA bisa dilakukan baik secara Iangsung maupun tidak langsung. Contoh pemanfaatan SDA secara langsung antara lain memanfaatkan hasil pertariian, perkebunan, dan ikan tangkapan nelayan. Selanjutnya, pemanfaatan SDA secara tidak langsung artinya hasil SDA masih harus diolah terlebih dahulu sebelum dimanfaatkan masyarakat. Contohnya minyak bumi, gas, dan batu bara.

 

B. Menentukan Gagasan Pokok dan Gagasan Pendukung Bacaan.

Gagasan pokok atau gagasan utama adalah gagasan yang menjadi dasar pengembangan
sebuah paragraf. Sementara itu, gagasan penjelas adalah gagasan yang fungsinya menjelaskan
gagasan utama. Gagasan penjelas umumnya dinyatakan Iebih dari satu kalimat. Kalimat yang
mengandung gagasan penjelas disebut kalimat penjelas.
Langkah-Iangkah menentukan gagasan pokok sebagai berikut.
1. Bacalah dengan cermat keseluruhan bacaan.
2. Temukan kalimat utamanya.

Manfaat Minyak Bumi dan Gas Alam.

Minyak bumi dan gas alam berperan penting dalam kehidupan manusia. Banyak manfaat
minyak bumi dan gas alam yang dapat digunakan dalam aktivitas sehari-hari manusia. Minyak
bumi dan gas alam dimanfaatkan sebagai bahan bakar dan bahan baku industri. Hampir semua produk minyak bumi dan gas alam dimanfaatkan sebagai bahan bakar. Bahan
bakar minyak bumi dan gas alam digunakan dalam rumah tangga dan industri. Bahan bakar yang biasanya digunakan untuk kebutuhar rumah tangga adalah bahan bakar minyak tanah dan gas elpiji. Minyak tanah merupakan hasil olahan kerosin. Sementara itu, gas elpiji berasal dan pengolahan gas. Bahan bakar yang berasal dart minyak bumi juga banyak dimanfaatkan sebagai bahan bakar kendaraan. mulai dari sepeda motor, mobil, pesawat. dan kapal.

BACA JUGA :   SD Kelas 4 - Tema 5.3 - Pahlawanku - Sikap Kepahlawanan

Pemanfaatan minyak bumi untuk kegiatan industni sangat banyak. Pemanfaatan ini berhubungan
dengan perkembangan kehidupan manusia. Beberapa hash produksi yang dihasilkan dan minyak
bumi yaitu plastik, serat sintetis. karet sintetis. pelarut, Pupuk, dan beberapa jenis obat. Jadi, hasil pengolahan minyak bumi dapat kita temui dalam kehidupan sehari-hari.
Meskipun minyak bumi bermanfaat bagi kehidupan manusia. minyak bumi termasuk sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui. Minyak bumi terbentuk selama jutaan tehun, ketika tanaman dan hewan terkubur di lapisan kerak bumi. Oleh karena proses tersebut, minyak bumi tidak dapat diperbaharut kembali.

A. Tentukan gagasan pokok dan gagasan penjelas tiap-tiap paragraf bacaan di atas!
B. Berdasarkan bacaan di atas, kembangkan informasi mengenai pemanfaatan sumber daya
alam selain minyak bumi. misalnya batu bara! Kamu dapat mericari informasi dan data
pendukung dan buku, majalah koran. dan artikel.

 

Bacaan.

Gas alam merupakan salah satu bahan bakar yang dihasilkan dart fosil tanaman dan hewan yang terkubur dalam tanah selarna jutaan tahun. Proses pembentukan gas alam dimulai ketika fosil tajiaman dan hewan masuk ke lapisan dalam bumi di bawah tekanan batu dan tanah. Kedalaman fosi yang masuk dalarn tanah sekitarribuan meter dan bawah lapisan batu. Fosil yang terkena tekanan panas selama jutaan tahun akan diubah menjadi gas alam.

Gas alam menjadi sumber energi yang sangat aman. Selain itu, sumber gas alam memiliki sifat yang bersih sehingga tidak menyebabkan masalah emisi udara. Bahkan, dalam sebuah proses pengolahan gas alam terbukti Iebih bersih daripada sumber energi lain, seperti batu bara atau minyak.

Akan tetapi, gas alam dapat rnembahayakan karena sifatnya mudah terbakar dan menimbulkan ledakan. Gas alam lebih ringan dan udara sehingga cenderung mudah tersebar di atmosfer. Bila gas slam berada di ruang tertutup, seperti dalam rumah, konsentrasi gas dápat mencapai titik campuran yang mudah meledak. Oleh kareha itu, pemanfaatan gas slam harus dilakukan dengan cermat.

BACA JUGA :   SD4.7.2.3 - SD Kelas 4 Tema 7 - Indahnya Keragaman Budaya di Negeriku. Sub Tema 2 - Pembelajaran 3

 

Bacaan 2.

Indonesia adalah negara yang kaya sumber days alam Jenis sumber days slam yang ada di Indonesia yaitu sumber days alam hayati dan sumber days alam nonhayati. Sumber daya slam hayati yang  ada di Indonesia misalnya hewan dan tumbuhan: Sumber daya alam nonhayati yang ada di Indonesia berupa benda-benda tidak hidup, seperti tanah, air, udara, dan bahan-bahan tambang.

Berbagal jenis sumber days alam hayati di Indonesia, seperti kopi, timah, dan rempah-rempah, telah diekspor ke luar negeri. Selain hasil bumi, Indonesia jugs mengekspor minyak bumi dan batu bara. Fakta tersebut membçiktikan bahwa Indonesia dapat dianggap sebagai salah satu negara yang memiliki sumber days alam paling berpengaruh di dunia.
Sumber-sumber daya slam tersebut, baik yang hayati maupun nonbayati harus dilestarikan. Usaha pelestarian tersebut untuk mencegah kepunahan sumber days slam. Salah satu upaya pelestarian tersebut adalah pengendalian penggunaan sumber days alam. Jika tidak dikendalikan, sumber
slam habis pada mass mendatang.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *