SD Kelas 4 – PJOK – Pengertian Lari Jarak Pendek dan Lari Estafet – Free Audiobuku Pendidikan
Site Loader
Get a Quote
SD Kelas 4 – PJOK – Pengertian Lari Jarak Pendek – lari Estafet.

 

Lari jangka pendek disebut juga dengan istilah Sprint atau lari cepat. Pelari jarak pendek disebut Sprinter yang artinya pelari cepat. Lari jangka pendek adalah jenis lari yang mulai dari awal lari (start) hingga akhir lari (finish) dilakukan dengan kecepatan yang maksimal.

Lari jarak pendek yang biasa diperlombakan adalah lari 100meter, 200 meter, 400 meter.

Teknik dasar yang harus dikuasi oleh seorang pelari jarak pendek adalah :
a. star atau pertolakan,
b. teknik gerakan berlari,
c. teknik memasuki garis finish.

Start.

Berdasarkan kegunaannya dibagi menjadi 3 macam, yaitu :
a. start berdiri (standing start).
b. start melayang (flying start).
c. start jongkok (crouching start).
Start berdiri digunakan untuk lari jarak jauh.

Start melayang digunakan untuk lari sambung (es-tafet) khususnya pelari ke-2, ke-3 dan ke-4, sedangkan start jongkok digunakan untuk lari jarak pendek. Sesuai dengan istilahnya, start jongkok dilakukan dengan cara berjongkok.

Start jongkok berdasarkan cara pelaksanaannya dibedakan menjadi tiga, yaitu sebagai berikut :
a. Start Pendek ( The Short Start ).
b. Start Menengah (The medium Start).
c. Start Panjang (The Long Start).

 

Aba-aba start Jongkok.

a. Bersedia : setelah mendengar aba-aba “bersedia”, pelari melangkahkan salah satu kaki ke depan di belakang garis start, dan berjongkok sesuai dengan start yang digunakan (start pendek, menengah, atau panjang), serta meletakkan kedua tangan (ujung jari-jari) ke tanah.

b. Siap : setelah mendengar aba-aba siap, pelari mengangkat pantat sehingga posisi panggul lebih tinggi daripada bahu, sedangkan kepala menunduk dan rileks.

c. Ya atau bunyi pistol : setelah mendengar aba-aba ya pelari mendorong kaki depan ke balok start dan bersamaan dengan itu kaki belakang digerakkan ke depan dalam keadaan lutut tertekuk (lutut diangkat ke depan atas).

BACA JUGA :   SD4.2.4. Agama Katolik : Masyarakat - Cinta Kepada Sesama.

 

LARI SAMBUNG.

Lari sambung atau estafet adalah bagian dari nomor lari yang diperlombakan dengan beregu. Tiap regu dalam lari sambung (Estafet) terdiri dari 4 orang pelari. Lari sambung dibagi 3 nomor lomba :
a. 4×100 meter, putra dan putri.
b. 4×400 meter, putra.

Latihan teknik memberi dan menerima Tongkat :
Pada lari sambung, terdapat beberapa macam cara dalam pemberian tongkat estafet dari pelari pertama kepada pelari berikutnya.

a. Cara Visual : pada cara ini, ketika tongkat diberikan penerima melihat atau menoleh ke arah pemberi tongkat estafet. Bentuk pelaksanaannya dapat dibagi menjadi beberapa macam. Sekarang ini yang biasanya dan sering dipakai hanya ada tiga macam.

b. Cara Non Visual : dengan cara ini pada saat tongkat diberikan, si penerima tidak melihat ke arah pemberi. Ada beberapa cara melakukan, tetapi sampai saat ini hanya ada dua macam yang bisa digunakan.

 

 

 

 

Post Author: admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *