SD Kelas 4 Tema 9-3-4 Pelestarian Kekayaan Sumber Daya Alam Indonesia

SD Kelas 4 Tema 9-3 Pelestarian Kekayaan Sumber Daya Alam Indonesia.

Pembelajaran 4.

A. Menjalin Persatuan dan Kesatuan dalam Kehidupan Sehari-hari.

Pernahkah kamu melakukan kegiatan seperti pada gambar (gotong royong membersihkan lingkungan) ?  Kerja bakti membersihkan halaman dan membuat taman sekolah merupakan bentuk pelaksanaan kewajiban menjaga kelestarian lingkungan. Menjaga kelestarian Iingkungan dapat dilakukan secara bersama-sama dan bahu-membahu demi tetap tersedianya sumber daya alam yang dibutuhkan manusia, misalnya air. Dengan bekerja sama membuat taman sekolah berarti para siswa telah turut mengadakan penghijauan Iingkungan yang dapat mempertahankan kandungan air dalam tanah. Dengan demikian, ketérsediaan air bersih di Iingkungan sekolah akan tetap terjaga. Hak warga sekolah atas air bersih pun tetap dapat terpenuhi dengan baik. Selain itu, kebersamaan dalam menjaga kelestarian Iingkungan sekolah dapat menjalin persatuan dan kesatuan antar warga sekolah sehingga tercipta kerukunan antar warga sekolah.
Menjalin persatuan dan kesatuan angat penting kamu biasakan dalam kehidupan sehari – hari, baik di Iingkungan rumah, sekolah, maupun masyarakat. Berikut beberapa contohnya.

Kerja bakti mencerminkan sikap menjalin persatuan dan kesatuan dalam menjaga kelestarian Iingkungan.

1. Sikap Persatuan dan Kesatuan di Rumah
Sikap persatuan dan kesatuan di rumah dapat kamu biasakan datam berbagai kegiatan seperti berikut.
a: Kerjabakti membersihkan Iingkungan rumah.
b. Bersama-sama anggota keluarga mengadakan penghijauan di Iingkungan rumah.
c. Saling mengingatkan antar anggota keluarga saat terjadi kelalaian dalam berhemat, baik hemat dalam penggunaan air, listrik, maupun gas.
d. Menghargai pendapat dalam musyawarah keluarga dan melaksanakan hasil keputusan musyawarah secara bertanggung jawab.
e. Mematuhi peraturan dalam keluarga.

2. Sikap Persatuan dan Kesatuan di Sekolah.
Sikap persatuan dan kesatuan di sekolah dapat kamu biasakan dalam berbagai kegiatan  seperti berikut.
a. Melaksanakan tugas piket bersama-sarna teman satu kelompok yang telah disepakati.
b. Belajar secara kelompok menyelesaikan tugas dari Bapak/Ibu Guru.
c. Membiasakan musyawarah mufakat dengan teman satu kelas dalam menyelesaikan masalah bersama.
d. Bersama-sama teman satu kelas menengok teman yang sakit di rumah atau di rumah
sakit.

3. Sikap Persatuan dan Kesatuan Lingkungan dalam Masyarakat

Sikap persatuan dan kesatuan dalam Iingkungan masyarakat dapat kamu biasakan dalam berbagai kegiatan seperti berikut.
a. Mematuhi peraturan dalam masyarakat.
b. Gotong royong membersihkan Iingkungan dan selokan.
c. Hidup rukun dalam bertetingga tanpa mempermasalahkan perbedaan asal usul antar tetangga.
d. Melaksanakan kegiatan ronda bersama warga lain dalam satu kelompok sesuai  kesepakatan bersama.

Menjalin persatuan, baik di lingkungan rumäh, sekolah, maupun masyarakat hendaknya kamu biasakan dalam kehidupan sehari-hari: Dengan membiasakan sikap persatuan dan kesatuan di berbagai lingkungan akan tercipta suasana aman, damai, tertib, dan tenteram dalam pergaulan hidup sehari-hari. terjalin kerukunan antar warga masyarakat, pembangunan di Iingkungan masyarakat berjalan lancar, dan terhindar dan perpecahan antar warga masyarakat. Sudahkah kamu membiasakan menjalin persatuan dan kesatuan, baik dengan anggota keluarga, teman di sekolah, maupun dengan warga masyarakat tempat tinggalmu? Lakukan kegiatan berikut.

Ayo, kerjakan dengan baik.

Lakukan pengamatan terhadap kegiatan warga masyarakat di lingkungan masyarakat tempat tinggalmu. ldentiflkasilah keqiatan-kegiatan warga masyarakat yang mencerminkan sikap menjalin persatuan dan kesatuan antarwarga setempat. Tuliskan hasil identifikasimu dalam selembar kertas dan presentasikan di depan kelas. Kumpulkan hasil akhirnya kepada Bapak/Ibu Guru untuk dinilai.

 

BACA JUGA :   Agama Katolik - 10 Perintah Allah - Aku Percaya - Tobat

B. Kerja Bakti Mempererat Persatuan.

Masyarakat harus bèkerja sama menjaga kelestarian Iingkungan alam. Kita perlu melakukan kerja sama dalam menjaga kelestarian Iingkungan alam. Kerja sama dapat dilakukan dalam bentuk kerja bakti. Dengan bekerja sama semua pekerjaan berat menjadi ringan.

Bacalah bacaan berikut!

Kerja Bakti Warga Kampung Mulyasari.

Pak Jaka tinggal di Kampung Mulyasari. Setiap hari Minggu warga Kampung Mulyasari melaksanakan kerja bakti. Kerja bakti bertujuan menjaga kebersihan. Selain itu, kerja bakti dapat mempererat persaudaraan antarwarga Kampung Mulyasari.

Hari Minggu pagi semua warga Kampung Mulyasari telah berkumpul di lapangan kampung. Sebelum kerja bakti, semua warga senam bersama. Setelah senam, warga melaksanakan kerja bakti.
Warga Kampung Mulyasani melaksanakan kerja bakti dengan gembira. Warga bekerja sama membersihkan jalan. Mereka membersihkan saluran air agar tidak ada sampah yang menyumbat. Mereka juga membersihkan bak sampah. Pak RT mengimbau masyarakat agar tidak membuang sampah sembarangan. Masyarakat juga harus memisahkan sampah organik dan sampah nonorganik.

Bu RTdibantu ibu-ibu menyiapkan camilan dan minuman untuk warga yang kerja bakti. Sebagian ibu melakukan penghijauan. Mereka menanam tanaman bunga dan apotek hidup di sudut-sudut kampung dan halaman rumah.

Kerja bakti di Kampung Mulyasari selesai pukul 11.00. Lingkungan tempat .tinggal warga menjadi bersih. Lingkungan bersih adalah Iingkungan yang sehat. Kerja bakti dapat mempererat hubungan antarwarga. Kampung Mulyasani pun menjadi bersih, rapi, asri, dan nyaman.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *