SD Kelas 4 Tema 9-3-5 Pelestarian Kekayaan Sumber Daya Alam Indonesia

SD Kelas 4 Tema 9-3 Pelestarian Kekayaan Sumber Daya Alam Indonesia.

Pembelajaran 5.

A. Perubahan Alam Akibat Kegiatan Manusia.

Tetes air hujan dengan seketika mengubah alam. Embusan angin yang menerbangkan debu juga mengubah alam. Setiap detik, alam selalu mengalami perubahan. Akan tetapi, tidak semua perubahan alam dapat dilihat atau dirasakan seketika. Perubahan tersebut baru dapat dirasakan setelah berlangsung lama.

Perubahan alam adalah berubahnya keadaan atau kenampakan alam. Perubahan alam dapat disebabkan oleh alam, dapat juga disebabkan oleh manusia. Perubahan yang disebabkan oleh alam antara lain bebatuan yang melapuk menjadi tanah atau terbentuknya kenampakan alam seperti pantai, gunung, dan danau; Perubahan alam yang disebabkan oleh alam terjadi secara alami tanpa campur tangan manusia.

Perubahan alam yang disebabkan oleh manusia dapat teriadi karena kegiatan manusia dalam memenuhi kebutuhan, perkembangan penduduk, dan kemajuan teknologi. Kegiatan manusia yang menyebabkan perubahan alam-sebagai berikut.

1. Penebangan Hutan.
Hutan menyediakan banyak sumber daya alam yang mendukung kehidupan manusia. Sumber daya alam utama yang tersedia di hutan adalah kayu. Semua .manusia membutuhkan kayu, baik untuk
membangun tempat tinggal maupun untuk membuat berbagai macam perabot. Kebutuhan manusia akan kayu membuat manusia mengeksploitasi hutan. Banyak hutan ditebang untuk diambil kayunya. Menurut data Bank Dunia, hutan di Indonesia berkurang 1,5 juta hektare per tahun.

Warna hitam pada peta menunjukkan luas hutan di Pulau Kalimantan. Dan peta tersebut dapat dilihat berkurangnya luas hutan dan tahun 1950—2010. Jika luas hutan berkurang terus-menerus, akan timbul berbagai bencana seperti banjir, tanah Iongsor, kekeringan, dan pemanasan global (global warming). Oleh karena itu, penebangan hutan, terutama penebangan liar harus dicegah.

2. Pembangunan Permukiman.
Pertumbuhan penduduk menuntut kebutuhan akan tempat tinggal. Akibatnya banyak lahan berUbah menjadi permukiman. Banyak lahan pertanian berubah menjadi kawasan permukiman. Bahkan, di kota-kota besar, banyak bantaran sungai dijadikan permukiman. Keadaan mi menyebabkan berkurangnya daerah. resapan air yang memicu terjadinya banjir. Selain itu, berkurangnya lahan pertanian menyebabkan berkurangnya produksi pangan.

BACA JUGA :   SD4 PENGERTIAN BUNYI

3. Urbanisasi.
Dalam rangka memenuhi kebutuhan hidup, manusia harus bekerja. Masa(ahnya tidak semua daerah mampu menyediakan lapangan kerja. Akibatnya, banyak penduduk melakukan perpindahan guna memperoleh pekerjaan. Salah satu daerah yang menyediakan lapangan kerja adalah kota. Banyak penduduk desa pergi ke kota untuk memperoleh pekerjaan. Penduduk kota menjadi semakin padat. Semakin padatnya penduduk menyebabkan munculnya permukiman kumuh, masalab sampah, dan pencernaran. Keadaan ini membuat kualitas Iingkungan menurun.

Perubahan alam berpengaruh terhadap keberadaan sumber daya alam. Sebagai contoh, hutan lebat merupakan habitat bagi banyak hewan. Ketika hutan ditebañg, hewan kehilangan habitatnya. Sebagian hewan tdak mampu bertahan hidup. Selain itu, hutan luga melindungi tanah dan erosi. Jika hutan ditebang, erosi mengikis lapisan tanah atas yang menyebabkan tanah kehilangan kesuburan. Akar pepohonan hutan juga berperan dalam menjaga ketersediaan air tanah. Jika hutan ditebang, cadangan air pun menghilang. Oleh karena itulah, hutan harus dijaga kelestariannya.

 

B. Menyanyikan Lagu Menggunakan Tanda Aksidental.

Tanda aksidental adalah tanda untuk mengubah ketinggian nada dalam satu birama. Tanda tersebut sudah tidak berlaku lagi pada birama berikutnya. Tanda aksidental # digunakan untuk menaikkan nada setengah, sedangkan tanda aksidental  (moi) untuk menurunkan nada setengah.

Pada birama kedua terdapat tanda # (kres). Nada tersebut semula bernada f seteiah diberi tanda # (kres) menjadi fis atau 4-. Contoh lagu yang menggunakan tanda aksidental adalah lagu “Memandang Alam”.

Lagu tersebut menceritakan tentang seseorang yang mengagumi keindahan alam dan atas bukit. Lagu mi memiliki pesán bahwa kita hendakriya menjaga aiam semesta mi agar tetap indah dan asri agar bisa dinikmati keindahannya sampai nanti.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *