SD3.Tema5.2-Permainan Tradisional di Daerahku #4

Bacalah teks berikut!

Kelereng

Kelereng adalah mainan berbentuk bola kecil yang terkenal di seluruh dunia. Awalnya, kelereng terbuat dari batu atau tanah liat.
Sekarang, kebanyakan kelereng terbuat dari kaca. Kelereng dapat dimainkan oleh anakanak maupun orang dewasa di segala waktu. Waktu terbaik, tentunya ketika cuaca cerah.

Salah satu cara bermain kelereng yaitu setiap pemain membawa dua buah kelereng, kelereng pertama dikumpulkan dalam satu lingkaran. Kumpulan kelereng tersebut kemudian dilempar dengan kelereng lain yang kita miliki hingga ke luar dari lingkaran.

Dahulu, orang yang berhasil mengeluarkan kelereng dari lingkaran akan mendapatkan kelereng tersebut. Sebaiknya cara ini tidak dilakukan, karena itu sama saja seperti berjudi. Selain merugikan teman kita, cara ini
membuat kita dijauhi teman.

Permainan kelereng memiliki banyak manfaat. Salah satunya adalah melatih semangat berkompetisi dan sikap sportif. Bermain kelereng juga dapat melatih gerakan tangan untuk melempar ke arah yang tepat. Selain itu, dengan bermain kelereng bersama-sama, akan banyak teman yang kita dapatkan.

Sumber bacaan : Disarikan dari berbagai sumber.

PERMAINAN KELERENG LAINNYA !

Tahukah kamu permainan membawa kelereng dengan sendok yang digigit? Permainan tersebut biasa dilakukan ketika peringatan HUT kemerdekaan RI tanggal 17 Agustus. Kali ini, kita akan melakukan permainan estafet kelereng dengan gerakan non lokomotor.

Masih ingatkah kamu beberapa gerakan nonlokomotor yang telah dipelajari sebelumnya?

  1. Kumpulkan kelereng yang telah dibawa oleh setiap anggota kelompok di atas tanah.
  2. Peganglah sendok dengan dua tangan dengan posisi lurus.
  3. Berdirilah membentuk sebuah garis. Pastikan posisi tanganmu tidak terlalu jauh dan dapat menerima kelereng yang diberikan temanmu dengan mudah.
  4. Posisi setiap anggota kelompok harus berselang seling berjongkok untuk pemain 1, 3 dan 5.  Berdiri untuk posisi 2 dan 4. Perhatikan gambar.
  5. Pindahkan kelereng dari satu anggota satu ke anggota lainnya. Anggota yang semula berjongkok boleh berdiri. Posisi dapat berubah apabila kelereng telah diterima. Setiap anggota kelompok tidak boleh berpindah tempat.
  6. Bila kelereng terjatuh, permainan harus diulang dari awal.
  7. Pemenangnya adalah kelompok yang berhasil memindahkan seluruh kelereng dengan waktu tercepat.
BACA JUGA :   SD3-7.2-Perubahan Energi

kelereng

 

Setelah melakukan lomba estafet kelereng, lakukan gerakan serupa menggunakan bola sepak takraw. Kamu dapat melakukan variasi gerak non-lokomotor lain yang pernah kamu pelajari seperti menekuk, mengayun, dan membungkuk.

Estafet kelereng dilakukan secara berkelompok. Setiap anggota kelompok memiliki sifat yang berbeda-beda. Seperti halnya bangsa Indonesia yang beranekaragam karakter masyarakatnya.

Cobalah jawab pertanyaan berikut.

  1. Sikap apa yang harus dimiliki setiap anggota kelompok untuk memenangkan perlombaan?  Bekerjasama, Sportif, bekerjakeras.
  2. Sikap apa yang sebaiknya tidak dimiliki oleh anggota kelompok untuk memenangkan perlombaan? Saling bertengkar, malas.
  3. Apa yang seharusnya dilakukan apabila ada salah satu anggota kelompok yang melakukan kesalahan? Memberitahu Kesalahannya agar tidak diulangi.
  4. Apa yang akan terjadi jika setiap anggota kelompok berebut ingin menjadi pemain pertama saja? Menjadi kalah karena tidak kompak.
  5. Sikap apa yang sebaiknya dilakukan apabila mengalami kekalahan dalam permainan estafet kelereng? Sportif, yaitu mengakui kekalahan.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *