SD Kelas 4 – Tema 6.2 – Hebatnya Cita-citaku – Pembelajaran 4

SD Kelas 4 – Tema 6.2 – Hebatnya Cita-citaku.

 

Ayah, jika sudah besar nanti, aku bercita-cita menjadi seorang arsitek seperti teman ayah, Paman Fadli. Apa, sih, hebatnya menjadi seorang arsitek?

Kamu mau tahu? Ayah akan menjelaskan padamu kehebatan seorang arsitek itu.

Candi Borobudur.

Candi Borobudur merupakan candi Buddha terbesar di Indonesia. Arsiteknya bernama Gunadharma. Candi tersebut amat indah dan megah, dibangun tanpa perekat dan tanpa bantuan alat modern. Tak heran jika Candi Borobudur pernah menjadi salah satu.
Sumber: www.id.wikipedia.org keajaiban dunia.

 

Waduk Jatiluhur.

Seorang arsitek juga berperan dalam menjaga lingkungannya. Misalnya, saat bekerja sama dengan insinyur teknik sipil untuk merancang Waduk Jatiluhur. Waduk Jatiluhur adalah kolam besar tempat menyimpan air untuk berbagai kebutuhan. Hasil karya kumpulan arsitek Indonesia ini memiliki banyak kegunaan, diantaranya menampung dan mengalirkan air ke sebuah Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) sehingga dapat menghasilkan listrik. Waduk juga bermanfaat sebagai penyedia air bersih dan irigasi yang diperlukan untuk mengairi sawah. waduk juga sebagai pengendali banjir.

 

Jembatan Suramadu.

Jembatan Suramadu adalah jembatan yang menghubungkan Pulau Jawa dan Pulau Madura. Berkat jembatan ini, masyarakat dapat lebih mudah dan cepat melakukan perjalanan darat. Dengan panjang 5.438 meter, jembatan ini merupakan jembatan terpanjang di Indonesia saat ini.

 

Arsitek Masjid Istiglal.

Seorang arsitek juga berperan dalam usaha mempersatukan umat beragama. Lihatlah Mesjid Istiqlal Jakarta yang berdiri megah berdampingan dengan Gereja Katedral Jakarta tempat umat katolik beribadah. Mesjid Istiqlal dibangun pada masa pemerintahan presiden pertama Indonesia, Sukarno pada tahun 1961. Pembangunan mesjid ini memerlukan waktu selama 17 tahun hingga digunakan pertama kali pada tahun 1978. Perancangnya bernama Frederich Silaban.

BACA JUGA :   SD4.7.3.4 - SD Kelas 4 Tema 7 - Indahnya Persatuan dan Kesatuan dalam Keragaman. Sub Tema 3 - Pembelajaran 4

Kehebatan lain seorang arsitek: …

Jenjang pendidikan apa saja yang harus ditempuh untuk menjadi seorang arsitek? …

Keterampilan yang harus dimiliki seorang arsitek: …

Dari zaman dahulu, nenek moyang kita telah membangun berbagai bangunan adat yang mencirikan kebudayaan mereka masing-masing. Setiap suku memiliki ciri bangunan dan tempat tinggal yang berbeda sesuai dengan kebutuhan dan kebiasaan masing-masing. Pernahkah kamu melihat bentuk rumah adat dari suku yang berbeda-beda?

Perhatikan gambar rumah adat dari Kampung Naga, Jawa Barat berikut ini! Bacalah dengan seksama keterangan tentang rumah adat mereka.

Rumah-rumah adat di Kampung Naga dibangun dengan cara yang unik dan memiliki tujuan dan makna sesuai kebiasaan masyarakat setempat. Rumah dibangun di atas bebatuan agar tidak longsor bagian bawahnya. Masyarakat Kampung Naga sangat erat kekerabatannya, sehingga mereka membangun rumah mereka secara berdekatan, tetapi mengarah ke arah yang sama, yaitu arah timur-barat. Semua rumah akan menghadap ke arah Sungai Ciwulan yang berada di depan gerbang masuk kampung tersebut. Semua bahan bangunan dibuat dari bahan-bahan alami, seperti bambu dan dedaunan karena kehidupan masyarakatnya yang sangat dekat dengan alam.

Sekarang, mari lakukan kegiatan berikut ini dalam kelompokmu!
1. Buatlah kelompok yang terdiri atas tiga orang siswa. Kamu dapat bekerja dalam kelompok yang sama pada kegiatan sebelumnya.
2. Tentukan dua suku asal dari orang-orang sekitarmu, bisa orang tuamu, atau temanmu.
3. Carilah informasi tentang rumah adat dari suku-suku tersebut.
4. Carilah informasi tentang kegunaan dan bagaimana masyarakat menggunakan rumah adat mereka.
5. Bandingkan keterangan yang kamu peroleh di antara keduanya. Carilah persamaan dan perbedaan dan kegunaan dan manfaat rumah adat tersebut.
6. Buatlah dalam bentuk diagram seperti pada contoh berikut.
7. Presentasikan hasil kerja kelompokmu di depan kelas. Dapatkah kamu mengambil kesimpulan dari hasil presentasi teman-temanmu?

BACA JUGA :   SD3-Tema6.1-Matematika

Nenek moyang kita merupakan arsitek yang hebat, ya! Mereka membangun rumah adat yang sesuai dengan keadaan alam dan nilai-nilai budaya!

Ya! Mereka senantiasa ingin menyatu dengan alam sekitarnya. Mereka menganggap alam adalah sumber daya mereka, sehingga mereka pelihara dan jaga.

 

Manfaat Sumber Daya Alam di sekitar kita.

Masyarakat memanfaatkan sumber daya alam di sekitarnya untuk memenuhi kebutuhan hidupnya melalui berbagai cara. Sumber daya berupa lahan, air, tumbuhan, dimanfaatkan dalam bentuk kegiatan bertani dan perkebunan. Sedangkan sumber daya berupa hewan dimanfaatkan dalam bentuk kegiatan bernelayan dan beternak. Kegiatan-kegiatan lain seperti perindustrian dan kerajinan merupakan kegiatan pemanfaatan sumber daya alam lanjutan setelah pertanian, perkebunan, peternakan, dan perikanan. Oleh karenanya kamu dapat mengetahui sumber daya alam di sekitarmu dan cara pemanfaatannya dengan mengetahui pekerjaan orang-orang yang tinggal di sekitarmu.

Perhatikanlah kehidupan masyarakat di sekitarmu! Lalu, lakukanlah kegiatan berikut ini!
1. Lakukanlah survei sederhana kepada teman-teman sekelasmu untuk mengetahui pekerjaan orang tua mereka.
2. Lakukanlah wawancara singkat kepada temanmu tentang bagaimana orang tua mereka bekerja.
3. Cari tahu sumber daya alam apa yang mereka olah atau gunakan.
4. Catatlah hasilnya ke dalam tabel seperti contoh di bawah ini.

– Nama Teman ? …
– Pekerjaan orang tua ? …
– Sumber daya alam yang dimanfaatkan ? …

5. Bekerjalah bersama teman dalam kelompok untuk melihat hasil identifikasi yang dibuat bersama-sama.
6. Buatlah kesimpulan tentang:
a. Pekerjaan apa yang paling banyak dilakukan oleh orang tua temanmu
b. Sumber daya alam apa sajakah yang paling banyak dimanfaatkan.
c. Dari mana asal sumber daya alam tersebut.
7. Presentasikanlah hasil indetifikasimu di depan kelas.
Membuat Puisi dan Menjelaskan Makna.
Perhatikanlah rangkaian puisi berikut ini. Lengkapilah puisi ini dengan menggunakan kata-katamu agar puisi ini lebih bermakna.

BACA JUGA :   SD Kelas 4 - Tema 6.3 - Giat Berusaha Meraih Cita-cita - 1

Kawan Sejatiku
Karya: Lani
Untuk Beni, Made, dan Siti

Wahai, ………. sejatiku,
Kamu selalu bermain bersamaku
Selalu menemaniku mengerjakan ………. sekolahku
Selalu ………. saat aku pilu

Wahai, kawan sejati
Walau kita ………. suku dan agama
Kau selalu mengingatkanku untuk ……….
Dan mengucapkan s………. saat hari raya

Wahai, kawanku
Tak akan pernah kulupa ……….
Kita akan selalu bersama-sama
Untuk meraih ……….

Bacakanlah puisimu dengan percaya diri secara bergantian di kelasmu.
Tanggapilah pernyataan-pernyataan di bawah ini dengan kata ya atau tidak, sesuai isi puisi di atas.
1. Puisi ini berkisah tentang kawan yang tidak setia ( ).
2. Lani memberikan pendapat yang baik terhadap kawannya ( ).
3. Kita yang dimaksud dalam puisi ini adalah Lani dan Siti ( ).
4. Kawan yang dimaksud memiliki suku yang berbeda dengan Lani ( ).
5. Lani akan melupakan kawannya ( ).
6. Mereka ingin meraih cita-cita bersama ( ).
Berdasarkan jawaban di atas, jelaskanlah isi puisi dalam paragraf di bawah ini. Bekerjalah bersama temanmu untuk menyelesaikan kalimat yang telah dibuat berikut ini!
a. Apa saja hal yang menurutmu menarik tentang arsitek? Apakah kamu ingin menjadi seorang arsitek suatu saat nanti? Mengapa?
b. Manfaat apa sajakah yang kamu dapatkan dengan mempelajari keanekaragaman budaya masyarakat melalui pengenalan rumah adat suku yang berbeda-beda?
c. Sebutkan dan jelaskan paling sedikit dua hal yang paling kamu sukai dari kegiatan belajar hari ini!

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *