SD6 Tema 3-1 – Tokoh dan Penemuan yang mengubah Dunia


SD6 Tema 3-1 – Tokoh dan Penemuan.

Pembelajaran 1. Subtema 1: Penemu yang Mengubah Dunia.

Lihatlah lingkunganmu di malam hari! Cahaya lampu bersinar menerangi jalan, sekolah, dan rumah kita.
Listrik telah mengubah wajah dunia.
Tahukah kamu? Siapa tokoh yang berhasil menemukan mesin pembangkit listrik? Dan bagaimana lampu-lampu di rumah dapat menyala?

Judul Bacaan : Listrik, Pengubah Wajah Dunia.

Listrik telah membawa banyak perubahan dalam kehidupan masyarakat di dunia. Michael Faraday adalah tokoh penemu arus listrik. Faraday lahir pada tahun 1791 di Newington, Inggris. Ia berasal dari keluarga miskin dan hanya sebentar merasakan pendidikan di sekolah. Dengan perjuangan keras dan semangat pantang menyerah, ia akhirnya berhasil membuat alat sederhana pertama yang dapat menghasilkan gelombang elektromagnetik. Tahukah kamu? Bagaimana perjalanan arus listrik hingga sampai ke rumahmu?

Arus listrik adalah gelombang elektromagnetik, yaitu gelombang yang dapat merambat meski tidak ada media perantara. Gelombang elektromagnetik terbentuk dari hasil perubahan medan magnet dan medan listrik yang terjadi terus menerus.

Proses tersebut kemudian memicu terjadinya arus yang kemudian kita kenal sebagai arus listrik. Arus listrik dihasilkan oleh generator raksasa pada pusat pembangkit listrik. Arus listrik tersebut disalurkan melalui jaringan listrik tegangan tinggi berupa jaringan kabel pada menara- menara tinggi yang menuju ke gardu-gardu penerima di berbagai daerah. Dari gardu-gardu penerima, arus listrik kemudian disalurkan ke rumah penduduk dan berbagai tempat yang memerlukan.

Arus listrik yang diterima di rumah kemudian disalurkan melalui rangkaian kabel listrik di dalam rumah. Rangkaian kabel tersebut umumnya berada di atap untuk tempat dudukan lampu atau di dinding rumah untuk sakelar dan colokan listrik tempat menghubungkan beragam peralatan elektronik, seperti televisi, kipas angin, dan kulkas. Rangkaian listrik di dalam rumah dapat berupa rangkaian seri atau rangkaian paralel. Rangkaian seri dan paralel merupakan jenis-jenis rangkaian yang dipakai untuk  menyambungkan dua ataupun lebih komponen listrik sehingga menjadi satu kesatuan utuh. Bila dilihat dari cara penyusunannya, rangkaian seri disusun dengan cara bersambung atau sejajar dan rangkaian paralel disusun berderet.

Contoh rangkaian seri dalam kehidupan sehari-hari adalah lampu senter. Rangkaian yang disusun seri pada lampu senter adalah baterai, karena hanya terdapat satu lampu pada senter. Hal tersebut yang menyebabkan lampu senter menyala sangat terang namun baterainya cepat habis. Rangkaian seri dan paralel juga bisa ditemui pada lampu- lampu di rumah.

Betapa penting peranan listrik bagi kehidupan manusia. Tanpa listrik, tentunya kita akan mendapatkan banyak kesulitan dalam mengerjakan aktivitas sehari-hari. Namun demikian, kita juga harus tetap bijaksana menggunakan listrik dalam kehidupan sehari-hari.

Teks tersebut terdiri atas 5 paragraf. Jawab pertanyaan berikut berdasarkan paragraf pada teks tersebut!

• Paragraf 1 : Apa topik masalah yang akan disampaikan oleh penulis?

• Paragraf 2:
a. Apa yang kamu ketahui tentang arus listrik?
b. Bagaimana proses perjalanan arus listrik dari pusat pembangkit hingga sampai di rumah penduduk? Jelaskan secara berurutan!

• Paragraf 3:
a. Apa yang terjadi dengan arus listrik saat tiba di rumah warga? Jelaskan secara berurutan!
b. Apa manfaat arus listrik setelah sampai ke setiap rumah warga?
c. Apa perbedaan rangkaian listrik seri dan paralel?

• Paragraf 4:
Apa kesimpulan dari isi teks tersebut?

• Paragraf 5:
Adakah pesan yang disampaikan oleh penulis? Jelaskan dengan singkat!

 

Jika kepala senter dibongkar, kemudian dirangkaikan kembali hanya dengan menggunakan lampu, maka akan tampak seperti berikut.

Amati rangkaian listrik sederhana pada lampu senter tersebut dengan teliti! Diskusikan pertanyaan-pertanyaan berikut bersama teman!
1.Bagaimana posisi lempengan logam untuk membuat lampu menyala?
2.Apa komponen yang sebaiknya digunakan untuk mengganti lempengan logam tersebut, yang biasanya terdapat pada rangkaian lampu di rumah?

Rangkaian listrik pada senter terdapat pada baterai yang diletakkan sebaris. Pada rangkaian seri lampu, lampu-lampu juga diletakkan sejajar dalam satu baris. Arus listrik yang mengalir pada rangkaian seri hanya berada dalam satu aliran kabel yang menghubungkan semua lampu. Rangkaian seri lampu biasa terdapat pada hiasan lampu pohon natal.

Listrik adalah salah satu penemuan yang sangat penting. Ayo, kita bahas lebih lanjut tentang penemuan listrik dan pengaruhnya terhadap kehidupan dan peradaban manusia.

 

Judul Bacaan : Manfaat Listrik.

Di era modern saat ini energi listrik bukanlah suatu hal yang asing bagi manusia. Semua orang pasti memerlukan energi listrik untuk kehidupan sehari-hari. Kehidupan manusia saat ini sangatlah bergantung dengan energi tersebut. Listrik bermanfaat sebagai pencahayaan, sumber energi, penghasil panas, dan penghasil gerak. Tanpa adanya listrik, pabrik dan industri besar yang ada di Indonesia tidak bisa berfungsi dengan baik.

ERA LAMA : Pada jaman dahulu manusia hanya memanfaatkan api, air, dan sumber alam yang mudah diambil. Fokus utama manusia hanya bertahan hidup, mencari makan, membuat tempat tinggal. Apa yang dulu mereka lakukan tidak seperti kita sekarang. Sekarang kita bisa menonton TV, bermain gadget, dan juga menggunakan barang-barang modern lainnya.

 

ERA BARU : Manusia berkembang dan memanfaatkan sumber alam itu menjadi berbagai zat salah satunya adalah listrik. Listrik yang ditemukan dan dikembangkan oleh beberapa ilmuwan ternama seperti Michael Faraday, Giovani Volta, James Watt, Andre Ampere, Luigi Galvani, Josep Swan, Thomas Edison, George Westinghouse, Nikola Tesla, dan George Ohm, dapat mengubah dunia. Dengan adanya penemuan tersebut, sekarang listrik dimaanfaatkan bagi semua orang. Listrik sangat berdampak pada kehidupan manusia di era sekarang, karena listrik dapat memberikan energi yang mempermudah kegiatan manusia.

KEGUNAAN LISTRIK SEKARANG : 

  • Penerangan.
  • Menyalakan berbagai macam peralatan rumah tangga.
  • Penghasil panas.
  • Sarana hiburan (media hiburan memerlukan energi listrik).
  • Penghasil gerak.
  • Digunakan pada alat pabrik dan industri.

 

Temukan sebanyak mungkin pengaruh listrik dalam kehidupan di bidang sosial dan budaya di lingkungan tempat tinggalmu!

  • Aktivitas pendudukan sebelum ada listrik banyak di lakukan pada siang hari; tetapi setelah ada listrik maka kegiatan masyarakat dapat di lakukan sampai dengan malam hari.
    Pekerjaan bisa di lakukan malam hari, proses belajar sampai malam.
  • Pekerjaan bisa lebih ringan dan cepat dan irit tenaga; bila di lakukan dengan alat-alat bantu yang menggunakan listrik. Misalnya sterika listrik, mesin cuci listrik, rice cocker, kulkas listrik dan mesin-mesin listrik lainnya.
  • Budaya mengalami perubahan besar terutama dengan adanya Teknologi Informasi yang digerakkan dengan tenaga listrik : Komunikasi menjadi lancar, Bermunculan Gagdet canggih, Komputerisasi, Sosial Media, dan lain-lain.
    Perubahan budaya ini bisa di katakan menjadi baik bila digunakan untuk tujuan baik; tetapi kemajuan budaya ini juga ada menjadi jelek bila digunakan untuk tujuan yang tidak benar. Misalnya Berita Bohong (Hoak) dan penipuan lannya . 

 


Pembelajaran 2.

Kamu telah belajar tentang Michael Faraday yang menemukan generator penghasil arus listrik. Banyak manfaat listrik yang mempermudah kehidupan manusia. Sikap apa yang dapat kita contoh darinya? Bagaimana kita mengaplikasikan sikap tersebut dalam kehidupan sehari-hari?

Michael Faraday menemukan generator penghasil arus listrik. Dengan adanya listrik, banyak sekali manfaat yang dapat kita peroleh. Listrik membuat orang hidup lebih nyaman karena banyak pekerjaan yang dapat terbantu. Ayo, kita pelajari lebih lanjut.

Tampak gambar sebuah kamar dengan beberapa alat-alat yang menggunakan arus listrik : lampu listrik, kipas angin, radio tape listrik. Semua alat-alat tersebut menunjang aktifitas manusia, dan semuanya menggunakan listrik.

Dalam kehidupan sehari-hari pun manusia mengandalkan listrik, mulai dari memasak, belajar dan masih banyak lagi lainnya. Manusia membutuhkan energi listrik untuk kehidupannya. Banyak sekali manfaat energi listrik untuk kehidupan ini, berikut ini berbagai macam-macam manfaatnya yang kita rasakan :

1. Sebagai Penerangan.

Saat malam hari, manfaat energi listrik bisa dijadikan sebagai sumber penerangan. Energi listrik bisa digunakan untuk menyalakan lampu. Dahulu kala saat energi listrik belum masuk ke desa-desa, penerangan hanya dilakukan menggunakan lampu minyak biasa. Saat ini harga minyak bumi mahal harganya, sehingga manfaat minyak bumi atau minyak tanah semakin langka dan semakin mahal.

2. Sumber Energi.

Energi listrik dijadikan sebagai sumber energi. Disebut sumber energi karena listrik bisa dijadikan sebagai penghasil energi. Misalnya saja adalah sumber energi untuk menghidupkan berbagai macam peralatan rumah tangga dan juga peralatan elektronik lainnya.

3. Sarana Hiburan.

Sarana hiburan bisa menggunakan energi listrik, sebabnya adalah banyak alat-alat dan media hiburan yang menggunakan energi listrik. Misalnya manfaat sosial media dari smartphone, playstation atau game elektronik lainnya yang membutuhkan listrik.

4. Penghasil Panas.

Listrik bisa dijadikan sebagai penghasil panas, manfaat energi listrik banyak digunakan berbagai macam keperluan rumah tangga. Listrik bisa dijadikan sebagai sumber panas, karena arus litrik bisa mengalir dengan manfaat nikel atau elemen-elemen pemanas yang bisa menghasilkan panas. Panas yang dihasilkan inilah yang digunakan dan juga dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari.

Energi listrik yang menghasilkan panas bisa digunakan untuk kompor listrik, penanak nasi dan juga digunakan untuk menyetrika. Semua peralatan tersebut mengubah energi listrik menjadi panas.

5. Penghasil Gerak.

Energi listrik yang ada di dalam kehidupan ini juga bisa dihasilkan sebagai penghasil gerak. Banyak kebutuhan rumah tangga yang membutuhkan listrik untuk menggerakkan sesuatu. Misalnya saja energi listrik yang diubah menjadi energi gerak bisa digunakan untuk menggerakkan motor, mobil, kipas angin dan masih banyak lagi lainnya. Saat mengubah energi gerak dibutuhkan arus listrik untuk menggerakkan alat-alat tersebut.

 

Begitu banyak manfaat listrik bagi kehidupan kita. Dengan adanya listrik kita dapat menonton televisi, menyalakan radio, menyalakan lampu dan lain-lain. Kalian pasti pernah mengalami pemadaman listrik. Apa yang kalian rasakan saat itu?

Ya, kamu berhak mendapatkan manfaat dari listrik. Dengan adanya listrik, kamu dapat menonton televisi, menyalakan radio, dan menyalakan lampu. Itu adalah hal-hal yang kamu berhak lakukan. Apa itu hak? Ayo, kita pelajari lebih lanjut.

Perhatikan gambar-gambar berikut! Apakah gambar-gambar berikut me- nunjukkan seseorang yang telah mendapatkan haknya? Diskusikan dengan temanmu!

Tampak seorang anak sedang mengenakan seragam sekolah dan sedang belajar. Apakah dia sudah mendapatkan haknya untuk memperoleh pendidikan? Ya sudah mendapatkan hak untuk belajar.

Tampak gambar anak sedang berbicara kepada orang tuanya, dan orangtua sedang mendengarkannya juga; Apakah dia sudah mendapatkan haknya untuk menyampaikan pendapat? Ya, anak tersebut sudah mendapatkan haknya.

Tampak seorang anak di ejek, di olok-2 dan di permalukan oleh kedua temannya; Apakah dia sudah mendapatkan haknya untuk memperoleh hidup yang aman?  Belum mendapatkannya haknya.

Tampak seorang anak sendang belajar, tetapi kedua orang tuanya sedang asik menonton TV dan bermain dengan gadgetnya; Apakah dia sudah mendapatkan haknya untuk memperoleh kasih sayang? Belum mendapatkan haknya. 

Sekarang, carilah contoh hak dalam kehidupan sehari-harimu!

BACA JUGA :   SD6 Tema 3-3 - Ayo Menjadi Penemu

Berikut Ini 20 Hak Dan Kewajiban Bagi Seorang Siswa Di Sekolah :

1. Hak Untuk Belajar.
Salah satu kegiatan siswa di sekolah adalah belajar, yang mana sudah menjadi kebutuhan pokok yang harus didapatkan dari sekolah. Pelajaran yang sudah disampaikan oleh guru dapat menjadi bekal untuk siswa dalam meraih masa depan yang lebih baik, tidak hanya itu saja para siswa juga berhak untuk mengikuti kegiatan yang lainnya seperti ekstrakurikuler, ujian UN, ujian harian dan sejenisnya.

2. Berhak Untuk Memakai Fasilitas Yang Ada Di Sekolah.
Fasilitas yang sudah diberikan atau disediakan oleh sekolah berhak digunakan oleh para siswanya sebagai pelengkap kegiatan belajar yaitu berupa ruang kelas, perpustakaan, wc, mushola, ruang peaktek, dan kelengkapan olahraga. Dengan memiliki fasilitas yang lengkap para siswa dapat mengembangkan kemampuannya dengan baik.

3. Berhak Untuk Mendapatkan Bantuan Beasiswa.
Bagi siswa yang masih tergolong tidak mampu atau pun siswa yang berprestasi memiliki hak untuk mendapatkan beasiswa dari sekolah, siswa yang perekonomiannya di bawah rata-rata dapat mengajukan atau merekomendasikan untuk mendapatkan bantuan beasiswa untuk meringankan biaya sekolah dan mengurangi angka siswa yang putus sekolah. Dan siswa yang berprestasi karena sudah memenangkan lomba baik tingkat kabupaten, provinsi, nasional atau internasional berhak mendapatkan beasiswa, hal ini dikarenakan sudah mengangkat nama baik sekolah tersebut.

4. Berhak untuk ikut berorganisasi.
Organisasi yang sudah ada di sekolah dapat dimanfaatkan oleh siswa untuk mengembangkan diri, menyalurkan kreativitas dan menambah wawasan. Bapak / ibu guru juga perlu memberikan pengawasan terhadap para siswa untuk menjalankan organisasi tersebut dengan sebaik-baiknya, banyak sekali organisasi yang ada di sekolah yang dapat siswa ikuti seperti Pramuka, English Club.

5. Berhak Tidak Berangkat Sekolah Apabila Ada Kepentingan Mendadak.
Setiap manusia pasti memiliki kepentingan dan keperluan yang harus dijalankan atau dilaksanakan sehingga harus membatalkan beberapa kepentingan yang lain. Seorang siswa juga berhak untuk meminta izin apabila ada sesuatu yang lebih penting, misalkan menghadiri pernikahan saudaranya atau salah satu saudara ada yang meninggal dunia. Namun apa pun alasannya guru juga berhak meminta keterangan mengapa tidak berangkat ke sekolah, oleh sebab itu siswa dianjurkan untuk mengirim surat izin.

6. Berhak Untuk Mengikuti Perlombaan
Salah satu yang dapat membuat siswa bangga adalah dapat ikut mendaftar dan mengikuti perlombaan dalam bidang pendidikan, kesenian atau olahraga. Dalam hal ini siswa juga berhak mengajukan diri untuk mendaftar agar dapat ikut serta dalam perlombaan.

7. Berhak Mendapatkan Toleransi.
Toleransi dapat diartikan sebagai “kesempatan atau memaafkan”, misalkan saat siswa berangkat menuju sekolah tidak disangka terjadi sesuatu yang tak diinginkan seperti terjadi kecelakaan ringan dan hujan sehingga membuatnya terlambat datang ke sekolah. Oleh sebab itu siswa berhak mendapatkan toleransi dari guru.

8. Berhak Mendapatkan Perlakuan Yang Sama Di Sekolah.
Guru adalah pengganti orang tua saat berada si sekolah, sehingga guru wajib memperlakukan seluruh siswanya dengan adil. Jika ada siswa yang bersalah maka wajib mendapatkan hukuman, sama seperti yang lainnya jika bersalah maka wajib diberikan sanksi.

9. Berhak Izin Pulang Bila Tiba-Tiba Sakit Saat Di Sekolah.
Semua siswa tentu menginginkan selalu sehat, hal itu dapat terjadi apabila antibody siswa dapat selalu terjaga dengan baik. Jika ada siswa yang tiba-tiba sakit, pingsan atau terjatuh saat beraktifitas di sekolah sehingga tidak memungkinkan untuk bisa mengikuti pelajaran di sekolah. Maka siswa dapat mengajukan izin untuk pulang.

10. Berhak Memberikan Saran.
Semua siswa tentu memiliki hak untuk mengeluarkan pendapat serta saran mengenai sesuatu yang ada di sekolah, namun harus menggunakan cara-cara yang lebih sopan supaya tidak terjadi hal-hal yang dapat merugikan dari pihak sekolah. Bermusyawarah dapat dengan mudah menemukan titik terang dari permasalahan tersebut.

Berikut adalah kewajiban siswa :

11. Siswa Wajib Menjaga Nama Baik Sekolah.
Menjaga nama baik di dalam atau di luar sekolah adalah hal utama yang perlu siswa dan guru jaga, karena sebagai perwujudan terhadap kualitas dari sekolah tersebut. Sekolah yang memiliki kualitas bagus dapat dilihat dari jumlah siswanya serta perilaku dan prestasi sekolahnya. Jika para siswa memiliki karakter yang baik maka akan menjadi sesuatu yang baik pula buat sekolah tersebut.

12. Siswa Wajib Taat Pada Peraturan Yang Ada Di Sekolah.
Peraturan yang sudah diterapkan atau dibuat oleh sekolah wajib ditaati oleh semua siswa tanpa terkecuali, hal ini diharapkan supaya segala sesuatu yang ada di sekolah dapat berjalan dengan baik. Dengan adanya peraturan tersebut dapat mencegah perilaku siswa bertindak semaunya.

13. Siswa Wajib Menghormati Kepala Sekolah, Guru, Dan Siswa Yang Lain.
Sebagai warga sekolah siswa wajib menghormati kepala sekolah, guru maupun siswa yang lain, misalkan saat guru sedang menjelaskan materi pelajaran siswa wajib menghormati dan menghargai apa yang sedang dijelaskan di depan kelas, menghormati kepala sekolah saat menyampaikan pesan-pesan saat upacara. Perilaku ini supaya terjadi keharmonisasian di lingkungan sekolah.

14. Bertanggung Jawab Pada Pemeliharaan Sekolah.
15. Wajib Memberikan Keterangan Saat Tidak Berangkat Sekolah.
16. Berpenampilan Rapi.
17. Mengikuti Upacara Bendera.
18. Menjaga Sikap Saat Proses Belajar Berlangsung.
19. Wajib Ikut Kegiatan Belajar.
20. Wajib Mengerjakan Tugas Yang Sudah Diberikan Oleh Guru.

 

Berikut ini adalah beberapa Hak dan Kewajiban Anak di Rumah :

  • Setiap anak berhak untuk dicintai.
  • Anak berhak mendapat pendidikan yang baik.
  • Anak harus mendapat cukup perhatian.
  • Anak berhak untuk didengarkan.
  • Anak berhak untuk diterima sebagai individu yang berbeda.
  • Anak Anda berhak mendapat kepercayaan.
  • Setiap anak berhak mendapat pujian.

Kewajiban anak di rumah :

  • Anak wajib berbakti pada orang tua.
  • Anak harus berkata-kata baik pada orang tua.
  • Anak harus berterima kasih pada orang tua.
  • Meminta izin dan restu dari orang tua adalah hal wajib.
  • Anak wajib mendoakan orang tua.

Hak sebagai Warga Masyarakat :
Hak berarti sesuatu yang mutlak menjadi milik seseorang dan penggunaannya tergantung kepada orang yang bersangkutan. Jadi, hak warga masyarakat adalah sesuatu yang mutlak menjadi milik seseorang yang berkedudukan sebagai warga masyarakat.

Bentuk hak warga masyarakat seperti berikut :

  • Mendapatkan perlindungan hukum.
  • Mendapatkan pekerjaan dan penghidupan yang layak.
  • Menikmati lingkungan bersih.
  • Hidup tenang dan damai.
  • Bebas memilih, memeluk, dan menjalankan agama.
  • Berpendapat dan berorganisasi.
  • Mengembangkan kebudayaan daerah.

Kewajiban sebagai Warga Masyarakat :
Kewajiban berarti sesuatu yang harus dilakukan dengan penuh rasa tanggung jawab. Jadi, kewajiban warga masyarakat adalah sesuatu yang harus dilakukan seseorang sebagai warga masyarakat dengan penuh rasa tanggung jawab. Bentuk kewajiban warga masyarakat seperti berikut :

  • Mematuhi aturan atau norma yang berlaku dalam masyarakat.
  • Menjaga ketenangan dan ketertiban lingkungan masyarakat.
  • Mengikuti kegiatan yang ada di lingkungan RT, RW, atau desa setempat, misalnya kegiatan kerja bakti, gotong royong, dan musyawarah warga masyarakat setempat.
  • Menghormati tetangga di lingkungan tempat tinggal.
  • Membantu tetangga yang terkena musibah.
  • Menjaga kebersihan lingkungan tempat tinggal.

Apa saja yang memengaruhi hak kita?

Ketika di sekolah maka yang mempengaruhi hak kita di sekolah adalah adanya kewajiban yang harus kita lakukan di sekolah; juga harus menghormati hak-hak warga sekolah lainnya, sehingga hak dan kewajiban kita disekolah bisa berjalan sering sejalan secara harmonis.
Demikian juga di masyarakat; hak kewajiban warga masyarakat mempengaruhi hak dan kewajiban kita dimasyrakat.
Hak dan Kewajiban di Rumah di pengaruhi oleh hak dan kewajiban warga rumah; harus saling menghormati juga.

Setiap warga negara Indonesia berhak untuk mendapatkan pendidikan, me- nyampaikan pendapat, hidup aman, serta memperoleh kasih sayang dari lingkungannya. Hak-hak tersebut sangat dipengaruhi oleh lingkungan terdekat kita.

Dari penemuan Michael Faraday, kita dapat memperoleh hak kita untuk memanfaatkan benda yang menggunakan listrik. Hal itu sangat mempermudah pekerjaan kita sehari-hari.

Dari Michael Faraday kita juga belajar untuk terus bekerja keras dan pantang menyerah. Sikap itu harus selalu kita contoh dalam keseharian kita. Mencontoh dari sikap Michael Faraday, teruslah bekerja keras dalam belajar dan menemukan pengetahuan baru.

 

Apa itu lingkaran? Amatilah bentuk berikut!

Apakah lingkaran dibatasi oleh kurva tertutup? Jelaskan!

Lingkaran adalah himpunan semua titik pada bidang dalam jarak tertentu, yang disebut jari-jari, dari suatu titik tertentu, yang disebut pusat. Lingkaran adalah contoh dari kurva tertutup sederhana, membagi bidang menjadi bagian dalam dan bagian luar.

Apa yang membedakan bentuk lingkaran dengan bentuk lainnya? Mari kita lakukan percobaan berikut.
1.Ambillah sebuah benda di sekitarmu yang berbentuk lingkaran. Ukuran bendanya jangan terlalu besar dan jangan terlalu kecil.
2.Jiplaklah benda tersebut pada kertas bekas.
3.Guntinglah kertas tersebut.
4.Lipatlah lingkaran tersebut menjadi 2 bagian sama besar.
5.Lipatlah kembali lipatan tersebut menjadi 2 bagian sama besar.

6.Berilah tanda untuk titik yang berada di tengahnya. Titik itu dinamakan titik pusat lingkaran.

7.Berilah tanda dengan huruf A, B, C, dan D pada kurva dari ujung hasil lipatan.

8.Ukurlah jarak titik pusat lingkaran dengan titik A, B, C dan D.

 

Berdasarkan percobaan yang kamu lakukan, jawablah pertanyaan berikut!
1.Berapa jarak titik pusat lingkaran dengan titik A, B, C, dan D?
2.Coba ambil lagi titik yang lain pada kurva. Ukurlah jarak titik tersebut dengan titik pusat lingkaran. Apakah sama?
3.Apa yang dapat kamu simpulkan? Bagaimana jarak titik pusat lingkaran dengan titik pada kurvanya?

Lingkaran adalah kumpulan titik-titik yang membentuk kurva tertutup dan jarak setiap titik pada kurva dengan satu titik tertentu sama. Titik tersebut dinamakan titik pusat lingkaran.

Di dalam kamar, Edo mempunyai radio yang menggunakan listrik. Edo sangat senang mendengarkan radio sambil beristirahat. Edo suka sekali mendengarkan musik daerah dari stasiun radio favoritnya. Salah satu lagu favoritnya adalah Mariam Tomong yang berasal dari Sumatra Utara. Ayo, kita ikut bernyanyi bersama Edo.

BACA JUGA :   Pembahasan SOAL -SD6 - PKN - Pemilihan Umum - Sistem Pemerintah Indonesia

Amatilah teks lagu Mariam Tomong berikut ini. Nyanyikan lagu Mariam Tomong bersama dengan gurumu.

Lirik Lagu Mariam Tomong (dari Tapanuli).

Selendang ma diginjang kain panjang ma ditoru,
Pangeol ni gonting masongon deng ke ma mangonlu,
O Mariam tomong dainang sinapang masin.

Supaya nada yang kamu nyanyikan tepat, kamu perlu berlatih bernyanyi dengan memperhatikan interval nada.
Awalnya kita akan berlatih menyanyikan solmisasi tangga nada berikut.

do-re-mi-fa-sol-la-si-do’. (lihat gambar). ulang dengan jarak nada : 1 ; 1/2 ;  1 1/2 ; 2 .

Berlatihlah berkali-kali ya, supaya nada kamu tepat.
Perhatikan teks lagu Mariam Tomong. Carilah nada-nada yang berjarak 1, ½, 2, 1 ½ .
Cobalah kembali menyanyikan solmisasi lagu Mariam Tomong dengan nada yang tepat.
Bagaimana latihanmu hari ini?

Apakah nada-nadamu sudah tepat?

Michael Faraday selalu pantang menyerah untuk mencoba hal yang baru. Jika kamu belum berhasil untuk untuk menyanyikan nada-nada tersebut dengan tepat, teruslah berlatih ya! Jangan pernah menyerah, karena dengan terus berlatih suatu saat pasti kamu akan bisa.

 


Pembelajaran 3.

 

Kita telah mengetahui beberapa tokoh yang berhasil mengubah kehidupan masyarakat dunia berkat penemuannya. Lalu, siapakah tokoh penemu di bidang olahraga?

Baca informasi berikut untuk memperkaya pengetahuanmu tentang para tokoh penemu tingkat dunia.

Tokoh : James Naismith.

James Naismith lahir di Kanada, 6 November 1861. Ia adalah penemu olahraga bola basket. Naismith saat itu ditantang mencari cara untuk menghilangkan kebosanan yang dialami murid-muridnya dalam pelajaran olahraga saat musim dingin. Terinspirasi oleh suatu permainan yang pernah ia mainkan saat kecil di Ontario, Naismith kemudian menciptakan permainan yang kemudian dikenal sebagai bola basket pada 15 Desember 1891.

Sekarang, kamu akan melakukan beberapa jenis latihan untuk meningkatkan kebugaran jasmani. Baca informasi berikut dengan teliti!

LATIHAN KEBUGARAN JASMANI

  1. Latihan Kekuatan Otot Lengan: Pull Up dan Push Up bertujuan untuk meningkatkan kekuatan otot lengan dan bahu.
  2. Latihan Kekuatan Otot Perut : Sit Up bertujuan untuk meningkatkan kekuatan dan ketahanan otot perut.
  3. Loncat Tegak dan Lompat ke Depan/ Belakang : Latihan ini bertujuan untuk meningkatkan kekuatan otot tungkai.
  4. Lari Cepat (Sprint) : Sprint bertujuan untuk meningkatkan kecepatan.
  5. Lari Jarak Sedang : Lari jarak sedang dilakukan untuk meningkatkan daya tahan paru- paru, jantung, dan pembuluh darah.

Push Up dan Sit Up adalah gerakan yang cukup berat. Oleh karena itu, terdapat sedikit perbedaan gerakan Push Up dan Sit Up bagi siswa laki-laki dan siswa perempuan. (lihat gambar).

Setelah berlatih, diskusikan hal berikut bersama beberapa teman di kelas!
1.Apakah kamu berhasil mencapai jumlah yang ditentukan saat melakukan
Push Up Dan Sit Up? Jelaskan alasannya!

2.Apa kesulitan yang kamu hadapi saat melakukan Push Up, Pull Up, Sit Up,
dan loncat tegak (Vertical Jump)?

3.Bagaimana rencanamu ke depannya untuk meningkatkan kebugaran tubuhmu?

4.Bagaimana variasi permainan yang dapat dikembangkan untuk Push Up, Pull Up, Sit Up, dan loncat tegak (Vertical Jump)?

Kamu dapat mempraktikkan variasi permainan untuk Push Up, Pull Up, Sit Up,
dan loncat tegak (vertical Jump) pada pertemuan berikutnya.

Jawablah pertanyaan berikut untuk memastikan isi tulisanmu pada diagram telah sesuai dengan isi bacaan!
1.Apakah tulisanmu di paragraf pertama telah memenuhi kriteria berikut?
a.Topik masalah yang akan disampaikan oleh penulis, yaitu tentang:
•Perjalanan arus listrik.
•Manfaat listrik pada kehidupan warga dunia.

2.Apakah tulisanmu di paragraf kedua dan ketiga telah memenuhi kriteria berikut?
a.Mendukung topik utama yang disampaikan pada paragraf pertama, dengan menuliskan data-data yang berurutan, singkat, dan jelas sehingga mudah untuk dimengerti. Data tersebut harus berisi tentang:
•Pengertian arus listrik.
•Urutan perjalanan arus listrik dari pembangkit hingga ke rumah warga.
•Pemanfaatan listrik di rumah warga.

3.Apakah tulisanmu di paragraf keempat telah memenuhi kriteria berikut?
a.Kesimpulan isi teks bacaan, yaitu tentang peran penting listrik bagi kehidupan manusia.
b.Pesan/ide/pendapat pribadi penulis mengenai topik masalah, yaitu tanpa listrik, manusia akan mengalami kesulitan dalam kesehariannya.

Diskusikan jawabanmu bersama teman! Sampaikan hasil diskusi kepada gurumu!

 

Teks Eksplanasi Ilmiah.

Teks eksplanasi ilmiah adalah teks eksplanasi yang menerangkan suatu proses yang bersifat ilmu pengetahuan alam, seperti gejala alam, terjadinya pelangi, proses arus listrik, dan sebagainya.
Teks eksplanasi berfungsi untuk memberikan penjelasan kepada pembaca tentang proses terjadinya sesuatu, yang disusun menurut prinsip sebab- akibat.

Teks eksplanasi terdiri atas: pernyataan umum (pembukaan), deretan penjelas (isi), dan penutup (kesimpulan).

Bagian pernyataan umum berisi informasi singkat tentang apa yang akan dibicarakan/diinformasikan. Bagian deretan penjelas berisi urutan uraian atau penjelasan tentang proses dari peristiwa yang terjadi dan dijelaskan secara bertahap/berurutan. Bagian penutup adalah kesimpulan yang berisi interpretasi/pendapat singkat penulis tentang topik yang dijelaskan.

Sekarang, kamu akan mencoba untuk menjadi penemu cilik! Ayo, kita lakukan!

Baca kembali daftar alat dan bahan yang telah kamu buat pada pembelajaran sebelumnya.
Siapkan alat dan bahan yang telah kamu bawa hari ini untuk percobaan membuat rangkaian lampu seri sederhana.
Amati kembali gambar rangkaian seri pada lampu.
Gambarlah rencana rangkaian lampu seri yang akan kamu buat. Sesuaikan rancanganmu dengan bahan-bahan yang kamu miliki.
Kamu dapat menambah jumlah lampu atau baterai, sehingga rangkaian lampu yang dibuat teman-teman sekelas nanti akan menghasilkan kualitas cahaya yang berbeda.

 

Membuat Gambar Rancangan Lampu Seri Sederhana.

Berikan rancanganmu kepada guru untuk diperiksa.
Jika telah disetujui guru, sekarang kamu dapat membuat rangkaian seri lampu sederhana berdasarkan rancangan tersebut. Cermati panduan keselamatan kerja berikut sebelum kamu memulai percobaan!

Panduan Keselamatan Kerja
•Pastikan semua bahan dalam kondisi baik (baterai tidak berkarat atau bocor).
•Pastikan tangan bersih dan kering saat melakukan percobaan.
•Berhati-hati saat menggunakan benda tajam (gunting).
•Gunakan alat dan bahan dengan semestinya.

Sekarang kamu akan menguji model lampu yang telah dibuat. Cermati pertanyaan berikut!
1.Apakah lampu pada rangkaian menyala dengan baik?
2.Jika ya, bandingkan terangnya lampu pada rangkaianmu dengan lampu milik teman yang lain! Analisis penyebab perbedaan tersebut!
3.Jika lampu tidak menyala, bandingkan rangkaian lampumu dengan rangkai- an milik teman yang menyala! Temukan kesalahannya dan perbaiki!
4.Jika lampu mudah putus, amati jumlah baterai yang digunakan! Temukan permasalahannya!

 

Buatlah laporan dari percobaan membuat rangkaian seri sederhana yang kamu lakukan.

Laporan Kegiatan Percobaan.

  • Nama Percobaan: …
  • Tujuan Percobaan: …
  • Alat-alat: …
  • Langkah Kerja: …
  • Kesimpulan: …

Kamu akan membuat rangkaian lampu paralel pada pertemuan berikutnya.
Diskusikan bersama teman dan guru kemungkinan susunan komponen– komponen pada rangkaian lampu paralel tersebut.
Sekarang kamu akan membuat daftar alat dan bahan untuk percobaan membuat rangkaian paralel sederhana dan membuat rangkaian lampu lalu lintas untuk minggu depan.
Kamu dapat membuatnya dalam satu kelompok kecil. Diskusikan pembagian tugas secara adil. Bekerja samalah dengan baik sehingga percobaan kalian minggu depan akan berjalan dengan lancar.

 


Pembelajaran 4.

Tahukah kamu siapa penemu bola lampu pijar?
Bagaimana ia menemukannya? Sikap apa yang harus kita contoh darinya?

Thomas Alva Edison, Sang Penemu Bola Lampu Pijar.

Pernahkah terbayang olehmu hidup tanpa penerangan? Setelah Matahari terbenam, tentu akan sulit melakukan kegiatan di luar rumah karena lingkungan yang gelap gulita. Kegiatan di dalam rumah mungkin juga terbatas. Kita patut mensyukuri salah satu penemuan besar yang mengubah dunia. Penemuan bola lampu pijar oleh Thomas Alva Edison.


Thomas Alva Edison lahir di Milan, Ohio, pada tanggal 11 Februari 1847. Ia tidak pernah menyelesaikan pendidikan resmi di sekolah. Ia hanya sempat bersekolah selama tiga bulan. Edison diajar oleh ibunya di rumah. Walaupun tidak mengikuti pendidikan formal, terlihat bahwa Edison memiliki rasa ingin tahu yang sangat tinggi. Di usia 11 tahun, Edison sudah dapat membuat telegraf sederhana. Di usia 12 tahun, ia memanfaatkan waktu luangnya untuk membaca literatur dan melakukan berbagai percobaan. Pada tahun 1861 ia dapat mencetak koran. Koran terbitannya “Weekly Herald” laris terjual.

Ia melihat dunia butuh penerangan. Ia menghabiskan waktu selama dua tahun serta dana yang cukup besar untuk mengembangkan penemuan. Melalui kerja kerasnya, pada tanggal 21 Oktober 1879 lahir lampu pijar listrik pertama yang dapat menyala selama 40 jam.
Kegigihan Thomas Alva Edison memberikan hal baru bagi dunia. Rasa ingin tahunya yang tinggi dan sikap pantang menyerahnya mampu mengubah dunia menjadi lebih baik.

Thomas Alva Edison tidak pernah menyerah walaupun sering mengalami kegagalan. Bagaimana dengan kamu? Apa yang kamu lakukan ketika kamu gagal?

Perhatikan gambar lampu pijar berikut.
1.Bagian mana dari lampu pijar tersebut yang berbentuk lingkaran? Ulir dibagian konektor/fiting.
2.Mengapa bagian tersebut berbentuk lingkaran? agar dapat dipasang copot dengan mudah.
3.Apa yang terjadi jika penampang lampu tidak berbentuk lingkaran? sulit dipasang copot.
Kamu sudah belajar tentang definisi lingkaran dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari. Sekarang kita akan belajar tentang unsur-unsur lingkaran.

 

Lampu Belajar Hadiah dari Ayah.

Setiap malam hari, pukul 19.00-20.00, Siti dan adiknya selalu belajar. Mereka belajar dengan menggunakan lampu belajar. Lampu belajar itu adalah hadiah dari ayah 6 bulan yang lalu. Ayah memberikan lampu belajar kepada Siti dan adiknya supaya mereka giat belajar.

Siti selalu menjaga lampu belajar miliknya. Ia mematikan ketika sudah selesai digunakan. Ia juga membersihkannya jika kotor. Sampai saat ini lampu belajar Siti masih dapat digunakan dengan baik. Siti terlihat nyaman saat belajar. Berbeda dengan adik Siti yang selalu mengeluh ketika belajar. Lampu belajarnya rusak.
Lampu belajarnya rusak karena sering tidak dimatikan. Terlihat juga banyak kotoran yang menempel karena jarang dibersihkan.

BACA JUGA :   BSE 2013 – SD Kelas 6 Tema 1.3 Ayo Selamatkan Hewan dan Tumbuhan Part 4

Ayah berpesan kepada Siti dan adiknya untuk merawat barang-barang mereka. Barang-barang yang dirawat dengan baik tidak mudah rusak. Hal ini membuat barang-barang tersebut dapat dimanfaatkan dalam waktu yang lama.

Berdasarkan teks di atas, diskusikan pertanyaan berikut.
1.Apakah hak yang didapatkan oleh Siti?

2.Apakah hak yang didapatkan oleh adik Siti?

3.Apakah Siti telah menggunakan haknya dengan tanggung jawab?

4.Apakah adik Siti telah menggunakan haknya dengan tanggung jawab?

5.Apa manfaatnya ketika kita menggunakan hak kita dengan tanggung jawab?

Amatilah benda-benda yang menjadi hakmu!
Apakah kamu telah menggunakannya dengan tanggung jawab?

Apa yang dapat kamu simpulkan?
•Apakah kamu sudah menggunakan barang-barangmu dengan bertanggung jawab?

•Apa manfaat ketika kamu bertanggung jawab terhadap barang-barang yang menjadi hakmu?

•Apakah kamu sudah bertanggung jawab atas hak yang sudah kamu dapatkan?

Orang tua kita telah memberikan hak kepada kita untuk menggunakan barang- barang seperti sepatu, sepeda, dan lain-lain. Kita harus bertanggung jawab ketika menggunakan barang-barang tersebut. Menggunakan dengan hati- hati, menyimpan ketika sudah digunakan, dan merawatnya adalah contoh bentuk tanggung jawab. Ketika kita bertanggung jawab maka barang-barang tersebut dapat kita manfaatkan dalam waktu yang lama.

 


Pembelajaran 5.

Masih ingatkan kamu tentang Thomas Alva Edison?
Ia menemukan bola lampu pijar. Apa dampak penemuannya bagi kehidupan kita sehari-hari?

Dengan ditemukannya bola lampu, banyak perubahan yang terjadi pada kehidupan masyarakat. Dulu malam hari terlihat gelap karena tidak ada lampu yang menyinari. Sekarang, menjadi lebih terang dan kita dapat melakukan berbagai kegiatan di malam hari.

Manfaat lampu yang utama adalah untuk penerangan, fungsi lain lampu adalah :

1. Penanda gigi pada sepeda motor.
2. Penanda lampu merah.
3. Sinyal bagi kapal laut.
4. Dekorasi.
5. Tanda kendaraan mengerem.
6. Baterai mau habis atau ada pesan masuk, pada hp.
7. Kode Morse, dan lain-lain.

 

Judul Bacaan : Terang yang Membawa Kemudahan.

Kehidupan masyarakat dunia berubah dengan ditemukannya bola lampu pijar. Dahulu, sebagian besar kegiatan terpaksa berhenti setelah matahari terbenam. Penerangan di malam hari memang mungkin dilakukan dengan cahaya api, atau sejenis lampu tempel berbahan bakar minyak. Namun demikian, jenis penerangan ini tidak praktis
dalam penggunaannya. Penemuan bola lampu pijar memberikan kemudahan bagi masyarakat dunia untuk memperluas cakupan kegiatannya.

Dulu, minimnya penerangan di jalan membuat kegiatan harus berakhir demi kenyamanan dan keselamatan pengguna jalan. Kini, di kota-kota besar khususnya, kegiatan di jalan raya terus berlangsung sepanjang hari. Pengiriman barang ke berbagai kota dapat dilakukan sepanjang hari. Toko- toko buka hingga larut malam, sehingga para pekerja masih dapat berbelanja aneka kebutuhan setelah pulang bekerja. Anak-anak dimungkinkan dapat belajar dan mengerjakan tugas dengan maksimal di malam hari. Tak ada alasan bahwa gelap menghalangi keinginan membaca buku sebelum beristirahat demi menambah wawasan.

Ketika berbagai kemudahan telah tersedia di depan mata, tidak ada alasan bagi manusia untuk menunda penyelesaian pekerjaannya. Tak ada alasan bagi manusia untuk berhenti mengembangkan diri.

1.Bagaimana perkembangan dari penerangan di dunia?

2.Apa saja dampak dari adanya bola lampu bagi kehidupan masyarakat?

Sekarang amati lingkungan sekitarmu!
Temukan sebanyak mungkin pengaruh bola lampu bagi kehidupan masyarakat di tempat tinggalmu. Kamu dapat mencari informasi dari berbagai sumber, misalnya wawancara kepada guru, staf, dan petugas sekolah lain. Kamu juga dapat mencari informasi dari berbagai sumber.

 

Dengan ditemukan teknologi baru banyak membawa perkembangan bagi kehidupan masyakat. Perkembangan tersebut membawa ke arah modernisasi. Penemuan tersebut memudahkan pekerjaan manusia.

Bola lampu pijar yang ditemukan membawa banyak manfaat bagi kehidupan manusia di dunia. Dapatkah kamu menunjukkan diameter dari dudukan bola lampu pijar yang dibawa oleh gurumu?

Pada pertemuan sebelumnya, kamu telah belajar tentang jari-jari dan diameter pada lingkaran. Sekarang kita akan mengenal unsur-unsur lingkaran yang lainnnya.
Tunjukkan dan jelaskan bagian-bagian lingkaran berikut!
1.Busur
2.Tali busur
3.Tembereng
4.Juring
Presentasikan hasilmu di depan kelas!

Lihatlah gambar lingkaran, terlihat Juring, Tembereng, Jari-jari, diameter, busur, tali busur dan Apotema.

1.Gambarlah lingkaranmu sendiri dengan menggunakan jangka!
2.Tunjukkan bagian yang merupakan jari-jari, diameter, busur, tali busur, tembereng, dan juring!
3.Berilah warna dan tanda supaya menarik!

1.Bagaimana hubungan antara titik pusat, jari-jari, dan busur pada lingkaran?

2.Bagaimana hubungan antara jari-jari, diameter, juring, dan busur pada lingkaran?

3.Bagaimana hubungan antara busur, tali busur, dan tembereng pada lingkaran?

Dengan kerja keras dan pantang menyerah, Thomas Alva Edison berhasil menemukan bola lampu. Bagaimana dengan kamu? Apakah kamu telah memiliki sikap pantang menyerah pada saat belajar lingkaran?
Sekarang kita akan berlatih kembali bernyanyi lagu “Mariam Tomong” sesuai dengan interval nada. Tetap pertahankan semangat pantang menyerahmu ya!

Nyanyikan solmisasi lagu Mariam Tomong dengan nada yang tepat. Awalnya, gurumu akan mencontohkan.
Setelah itu nyanyikan lirik lagunya dengan nada yang tepat. Berlatihlah secara berpasangan dengan temanmu.

 


Pembelajaran 6.

Untuk meningkatkan konsentrasi belajar, kita harus memelihara kebugaran jasmani. Dengan konsentrasi yang baik, banyak hal yang akan kita peroleh. Bahkan mungkin suatu hari nanti kita mampu menjadi ilmuwan yang mampu mengubah dunia. Nah, sekarang mari kita olah tubuh dengan mengulang kembali latihan untuk menjaga kebugaran jasmani.

Kita akan mengulang kembali latihan Push Up, Sit Up, dan Vertical Jump, serta Lompat ke depan-belakang, dengan variasi permainan untuk meningkatkan kebugaran.
Dengan bantuan guru, kamu akan menghitung kemampuan dalam melakukan beberapa gerakan untuk melatih kebugaran menggunakan stop watch.

Sebagai variasi latihan, kamu juga dapat melakukan permainan secara ber­ kelompok, yaitu permainan:
a.Gerobak dorong berpasangan
b.Bermain saling mendorong
c.Loncat tegak mencapai sasaran
d.Balap karung ke depan dan ke belakang

Latihan Kebugaran Jasmani melalui Permainan : Bermain Gerobak Dorong;  Bermain Saling Mendorong;  Loncat Tegak Mencapai Sasaran ;  Balap Karung Maju dan Mundur.

Setelah melakukan permainan di atas, siswa dilatih untuk melakukan Push Up, Sit Up, dan Vertical Jump.
Kamu juga dapat mempraktikkan variasi permainan yang telah kalian buat pada pertemuan sebelumnya.
Ingatlah untuk bermain dengan sportif, jujur, dan berhati-hati.

Bayangkan seandainya Tuhan tidak memberi karunia akal dan kecerdasan pada para penemu. Nah, sekarang kita akan berdiskusi untuk mengetahui penemu roda dan manfaat penemuannya tersebut bagi kehidupan warga dunia.

 

Judul : Roda, Pengubah Wajah Dunia.

Perhatikan semua benda di sekeliling kita, adakah yang memiliki roda? Banyak sekali mesin, peralatan, alat transportasi, dan benda buatan manusia menggunakan roda. Roda merupakan salah satu penemuan terbesar manusia yang membuat semua pekerjaan menjadi lebih mudah.

Awalnya roda dibuat oleh ahli menggunakan mesin pemintal. Peninggalan roda paling tua berasal dari Mesopotamia yang digunakan untuk kendaraan di sekitar tahun 3000 SM. kemudian muncul juga di Tiongkok, Arab, Eropa dan belahan dunia lainnya. Perkembangan roda dimulai dari bentuk sederhana berupa balok kayu yang digulingkan, kemudian diubah menjadi potongan melintang balok kayu, roda bundar utuh dengan pasak di tengahnya, hingga roda berjari-jari. Bagian tengah roda kemudian juga diganti besi sehingga roda menjadi semakin kuat.

Seiring dengan perkembangan zaman, roda terus mengalami perbaikan. Charles Goodyear pada tahun 1839 berhasil menciptakan ban terbuat dari karet yang lebih tahan goncangan dan lebih kuat terhadap gesekan permukaan jalan. Pada tahun 1845 Thomson dan Dunlop kemudian menciptakan ban yang berisi udara. Pada perkembangannya, saat ini roda mempunyai banyak ukuran dan jenis, ada yang terbuat dari besi, kayu, karet atau gabungan dari beberapa jenis bahan yang disesuaikan dengan fungsinya.

Berkat penemuan roda, menempuh jarak antar tempat di berbagai belahan dunia menjadi lebih mudah dan lebih cepat. Pengaruh roda sangat terasa terhadap perkembangan ekonomi masyarakat dunia, karena pendistribusian barang-barang perdagangan menjadi lebih cepat dan mudah. Tanpa roda, tentunya kehidupan manusia akan menjadi sangat sulit.

Diskusikan bersama teman tentang urutan peristiwa penemuan roda.
Analisis garis waktu sejarah perkembangan roda berikut ini! Apakah telah sesuai dengan urutan yang terdapat di dalam bacaan?

Bagaimana tanggung jawab para penemu tersebut sehubungan dengan penemuannya? Apakah mereka bertanggung jawab atas hak yang telah mereka dapatkan? Ayo,kita temukan jawabannya!

Baca kembali arti hak dan kewajiban yang telah kamu pelajari pada hari sebelumnya.
Diskusikan pertanyaan-pertanyaan berikut bersama teman:
1.Sebutkan beberapa macam hak yang dimiliki oleh para penemu tersebut!
2.Apakah mereka telah mendapatkan haknya? Jelaskan!
3.Apa manfaat hak tersebut bagi mereka?
4.Apakah mereka telah bertanggung jawab terhadap hak yang telah mereka dapatkan? Jelaskan dan berikan contoh!

 

Presentasikan hasil diskusi kepada kelompok lain. Lengkapi jawabanmu berdasarkan masukan mereka.
Baca dengan teliti cerita pendek berikut!

Hak dan Tanggung Jawab.
Ani adalah putra Bapak dan Ibu Yakob. Pak Yakob menyekolahkan Ani di sebuah sekolah yang cukup ternama di desanya. Pak Yakob memenuhi semua kebutuhan sekolah Ani, seperti buku-buku, seragam sekolah, serta peralatan lainnya. Bu Yakob juga selalu membuat bekal makanan sehat untuk Ani di sekolah. Ani sangat bersyukur dengan perhatian ayah dan ibunya. Ia selalu mematuhi nasihat ayah ibu. Ani juga rajin sekolah, rajin belajar dan mengerjakan tugas sekolah tanpa perlu diingatkan. Ani kemudian selalu naik kelas dengan nilai yang memuaskan. Bapak dan Ibu Yakob sangat bangga dengan Ani.

Jawab pertanyaan berikut berdasarkan cerita tersebut!
1.Sebutkan hak Ani dalam cerita tersebut!

2.Apakah Ani telah mendapatkan haknya? Jelaskan dan berikan contoh!

3.Apa manfaat hak tersebut bagi masa depan Ani?

4.Apakah Ani telah bertanggung jawab terhadap hak yang telah ia dapatkan? Jelaskan dan berikan contoh!
5.Apa yang akan terjadi jika Ani tidak bertanggung jawab terhadap haknya? Jelaskan dan berikan contoh!

Bagaimana dengan dirimu sendiri? Apakah kamu telah bertanggung jawab terhadap hak-hak yang telah kamu dapatkan? Nah, sekarang saatnya untuk merenung dan memperbaiki diri!