SD4 1-1 Agama Katolik – Pribadi Peserta Didik

Pembahasan meliputi :
A. Aku Bangga Diciptakan sebagai Perempuan atau laki-laki.
B. Lingkungan Turut Mengembangkan Diriku sebagai Perempuan atau Laki-laki.
C. Mensyukuri Diri sebagai Perempuan atau Laki-laki.
D. Kemampuan dan Keterbatasanku.
E. Mengembangkan Kemampuan Diri.
F. Aku Butuh Orang Lain untuk Mengembangkan Diri.
G. Mengembangkan Diri dengan Bekerja Sama.

 

A. Aku Bangga Diciptakan sebagai Perempuan atau Laki-Laki.

Pada hakikatnya manusia diciptakan Tuhan sebagai laki-laki dan perempuan. Laki-laki dan perempuan memiliki perbedaan atau keunikannya masing-masing. Tetapi keduanya diciptakan Tuhan sebagai citra Allah. Laki-laki dan perempuan diciptakan Tuhan untuk saling melengkapi.

 1. Mengenal Diri sebagai Laki-laki atau Perempuan.

 sd4 laki perempuan

• Gambar 1 adalah gambar seorang anak….
• Gambar 2 adalah gambar seorang anak….
• Mengapa kamu berpendapat seperti itu? Beri alasan atas jawabanmu!

2. Mengenal Berbagai Pandangan Masyarakat tentang Laki-laki dan Perempuan.
Dalam masyarakat kita, terdapat banyak pandangan atau pendapat tentang jati diri seorang laki-laki dan seorang perempuan.

Pendapat itu bisa berdasarkan latar belakang tradisi, suku, agama, dan sebagainya. Tentu kamu pernah mendengar pendapat orang-orang di sekitarmu mengenai laki-laki dan perempuan. Catat beberapa pandangan masyarakat tentang laki-laki dan perempuan yang pernah kamu dengar!

Refleksi :

Apabila kita mencermati kehidupan masyarakat Indonesia dari Sabang sampai Merauke, dengan beraneka ragam suku dan budaya, tradisi, agama dan kepercayaan, kita dapat menemukan banyak pandangan masyarakat tentang perempuan dan laki- laki. Ada orang yang berpendapat bahwa perempuan dan laki-laki itu sama saja tidak ada bedanya. Sebagian masyarakat memandang bahwa laki-laki merupakan manusia sejati yang memiliki derajat lebih tinggi dari perempuan. Pandangan ini melatarbelakangi sikap keliru terhadap diri sendiri dan orang lain yang berbeda jenis kelamin. Ada sebagian kecil masyarakat yang berpendapat bahwa perempuan merupakan manusia nomor dua. Perempuan dipandang lebih rendah derajatnya dari laki-laki. Hal ini tentu membuat kaum perempuan kurang dihargai, bahkan cenderung dihina. Selain itu, sebagian besar masyarakatmemilikipandanganbahwalaki-lakidanperempuan itusamaderajatnya, karenakeduanyaadalahciptaanTuhan,yang memiliki keistimewaan serta kedudukan yang lebih tinggi apabila dibandingkan dengan jenis makhluk ciptaan yang lain. Perempuan dan laki-laki memang berbeda, tetapi Tuhan menghendaki agar perempuan dan laki-laki bisa bekerja sama dan saling melengkapi.
Apakah aku merasa bangga diciptakan Tuhan sebagai laki- laki atau perempuan?

BACA JUGA :   SD Kelas 4 Tema 8.2.4 - Daerah Tempat Tinggalku - Sub.Tema 2 - Keunikan Daerah Tempat Tinggalku

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *