Bahasa Indonesia – SD Kelas 5 – Tema 3 – Kurikulum 2013 Rev 2017

Bahasa Indonesia – SD Kelas 5 – Tema 3 – Kurikulum 2013 Rev 2017.

RANGKUMAN MATERI KELAS 5.

TEMA                                    : 3 (MAKANAN SEHAT).

SUB TEMA                           : 1, 2, 3, 4.

 

 

KOMPETENSI DASAR :

BAHASA INDONESIA.

3.4 Menganalisis informasi yang disampaikan paparan iklan dari media cetak atau elektronik.

 

MATERI.

Pengertian Kata Kunci :

  • Kata kunci adalah kata atau frasa yang digunakan untuk mencocokkan iklan dengan istilah yang dicari/ dibaca oleh orang-orang.

 

Pengertian Iklan :

  • Sebuah informasi yang tujuannya untuk mendorong, menyampaikan sesuatu, membujuk/memberikan pengaruh kepada khalayak ramai atau banyak orang agar tertarik pada barang/jasa yang ditawarkan.
  • Sebuah pengumuman yang berisi informasi produk dan di sebarkan kepada khalayak ramai.
  • Mempromosikan sesuatu kepada pembaca.

 

Tujuan Iklan

  1. Memberitahukan kepada khalayak ramai tentang suatu produk.
  2. Mempengaruhi khalayak ramai tentang suatu produk.
  3. Menyarankan seseorang untuk membeli suatu produk yang di iklankan.
  4. Memberikan informasi tentang produk.
  5. Menarik khalayak ramai.
  6. Dan lain-lain.

 

 

 

Sasaran Iklan.

Secara umum  iklan di tujukan kepada khalayak ramai, dan harus sesuai antara target pasar dengan produk yang ingin di tawarkan.

Misalnya, jika ingin mengiklankan sebuah produk kendaraan, maka target orang yang akan melihat iklan tersebut adalah orang kalangan atas atau orang yang membutuhkan kendaraan.

 

Syarat-syarat Iklan.

 

Dari segi isi iklan :

  1. Harus objektif dan jujur.
  2. Singkat, jelas dan mudah dipahami .
  3. Tidak menyinggung pihak lain.
  4. Menarik perhatian orang banyak.
  5. Informatif.
  6. komunikatif.

 

Dari segi bahasa iklan :

  1. Menggunakan pilihan kata yang tepat, menarik, logis dan sopan
  2. Ungkapan/majas yang digunakan memikat dan memiliki daya sugesti bagi khalayak
  3. Bahasa disusun untuk menonjolkan informasi yang dipentingkan
  4. Teks iklan harus menuju sasaran
BACA JUGA :   Macam-macam Usaha dan Kegiatan Ekonomi di Indonesia - Materi Pelajaran SD Kelas 5

 

Jenis-jenis Iklan :

  1. Iklan Pemberitahuan / Pengumuman :Iklan yang bertujuan untuk memberitahukan sesuatu kepada khalayak. Salah satu contoh iklan pemberitahuan adalah iklan keluarga. contoh : kelahiran, ulang tahun, perkawinan, kematian, dsb.
  1. Iklan Undangan :Iklan yang berisi ajakan/himbauan untuk mendatangi suatu acara.
  1. Iklan Layanan Masyarakat :Iklan yang bertujuan memberikan penerangan/penjelasan kepad amasyarakat. Contohnya adalah iklan KB dan iklan bahaya narkoba.
  1. Iklan Permintaan : Iklan yang berisi permintaan sesuatu, seperti lowongan kerja.
  1. Iklan Penawaran/ reklame :Iklan yang berisi menawarkann sesuatu seperti menawarkan suatu barang/ produk. Iklan ini dipasang oleh perusahaan-perusahaan. Contoh : barang-barang niaga. Misalnya : dikontrakkan rumah di Griya  Asri Indah. Fasilitas lengkap. Hubungi (0342) 336542..
  1. Iklan artikel :Iklan yang berisi informasi/ penawaran panjang yang diawali dengan perkenalan isi, keunggulan dan penutup.

 

Bentuk Iklan :

  1. Iklan baris :Yaitu iklan kecil (singkat) berisi penawaran/ informasi tentang sesuatu yang terdiri atas beberapa baris saja, iklan baris disebut juga iklan kolom.Ciri iklan baris :
    • Menggunakan bahasa yang singkat, padat dan jelas.
    • Menggunakan bahasa yang memikat.
    • Menggunakan kaa konotasi positif.
    • Isi iklan berisi objektif, jujur, singkat, dan menarik perhatian.
    • Contoh iklan baris pada Koran :

 

  1. Iklan kolom :Yaitu iklan yang muatannya memanfaatkan beberapa bagian kolom dari halanan surat kabar.
    Ciri iklan kolom :

    • Menyampaikan informasi secara jujur pada pembaca.
    • Menjelaskan karakteristik produk barang/ jasa yang ditawarkan.
    • Meyakinkan pembaca untuk meggunakan produk barang/ jasa yang ditawarkan.
    • Menarik dan mudah diingat oleh pembaca.
    • Contoh iklan kolom : lihat gambar berikut.

 

Berdasarkan penggunaannya media iklan dapat dogolongkan menjadi :

  1. Iklan radio dengan menggunakan efek suara.
  2. Iklan media cetak dengan menggunakan efek gambar atau teks.
  3. Iklan televise dengan menggunakan efek gambar, suara dan teks.
BACA JUGA :   SD5. Tema 1 - Wujud Benda dan Cirinya - Pembelajaran 4

 

Manfaat Iklan.

Adapun manfaat iklan yaitu :

  • Produk menjadi lebih terkenal di mata masyarakat.
  • Keuntungan yang diperoleh dalam bisnis dapat melonjak naik karena produk dipromosikan.

 

 

 

Contoh Teks Iklan.

Berikut contoh teks iklan.

contoh iklan produk
contoh teks iklan penjualan
contoh teks iklan jasa

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *