SD3 -Tema8.2 -Ketampakan Rupa Bumi – Pembelajaran 1 – 2

SD3 -Tema8.2 -Ketampakan Rupa Bumi – Pembelajaran 1 & 2.

Bumi adalah tempat berlangsungnya beragam kehidupan.
Bumi juga rumah bagi umat manusia.
Di bumi semua orang bisa melakukan berbagai aktivitas.
Tahukah kamu seperti apa rupa bumi kita?
Tuhan telah menciptakan bumi dengan lengkap dan sangat indah.
Bumi menyediakan segala kebutuhan kita.
Mari terus kita jaga kelestariannya.

Bumi dipersiapkan Tuhan untuk kehidupan manusia dan makhluk hidup lainnya.
Semua hal yang dibutuhkan manusia sudah tersedia di bumi.
Baik di muka bumi atau di dalam perut bumi.
Pernahkah kamu melihat permukaan bumi dari tempat yang sangat tinggi?
Atau pernahkah kamu memperhatikan bola dunia?
Apa saja yang kamu lihat?
Apakah permukaan bumi terlihat datar atau rata? Mengapa?
Adakah hal lain yang ingin kamu ketahui tentang bumi?
Tuliskan hal apa saja yang ingin kamu ketahui.
Kemudian tanyakan pada guru atau diskusikan dengan temanmu.

Bacalah dialog berikut. Kemudian, tampilkan di depan kelas bersama temanmu.

  • Siti : Udin, liburan kemarin katanya kamu ikut pamanmu jalan-jalan ya? Pergi ke mana Din?
  • Udin : Iya, benar. Aku diajak paman jalan-jalan ke Sumatera Barat.
  • Siti : Apa saja yang kamu lakukan di sana?
  • Udin : Banyak. Tapi aku paling senang jalan-jalan menemani paman ke berbagai tempat. Kamu tahu tidak, di sana banyak bukit-bukit dan gunung. Ada gunung, ngarai, danau dan laut juga. Aku sempat memotret beberapa tempat yang menarik di sana.
  • Siti : Asyik ya…bolehkah aku lihat foto-fotonya Din?
  • Udin : Boleh. Ini. Foto ini kuambil saat aku berdiri di atas perbukitan lho…
    Kita bisa melihat danau jauh di bawah dari tempat yang sangat tinggi. Indah kan?
  • Siti : Wah, mengagumkan! Ternyata memang bentuk permukaan bumi itu beragam ya… Ada muka bumi yang terlihat melengkung ke atas seperti kubah atau melengkung. ke bawah membentuk cekungan. Ada yang berbukit-bukit, bahkan menjulang tinggi membentuk bukit dan gunung.
  • Udin : Betul sekali… permukan bumi juga ada perairan seperti danau, sungai dan laut. Ada juga daratan seperti dataran tinggi, dataran rendah, bukit, gunung ngarai dan lembah. Semuanya menarik untuk dikunjungi.
  • Siti : Ah, aku jadi ingin ikut jalan-jalan melihat tempat-tempat yang indah di bumi.

 

Ternyata permukaan bumi kita tidak rata. Ada yang tinggi, rendah dan bergelombang. Ada juga permukaan bumi yang membentuk sudut.  Coba perhatikan gambar. Carilah beberapa bentuk permukaan bumi yang membentuk sudut. Misalnya puncak gunung membentuk segitiga.

Amati sekelilingmu. Adakah benda-benda di sekitarmu yang juga memiliki sudut?
Coba sebutkan benda apa saja itu. Bandingkan benda mana yang memiliki sudut lebih besar? Benda mana yang sudutnya lebih kecil? Menurutmu apakah sudut itu?
Cobalah menggambar sudut.

BACA JUGA :   SD3.Tema8.1.Bumi Bagian Dari Alam Semesta - Pembelajaran 5

Sudut terbentuk karena dua buah garis yang saling berpotongan.
Ada 3 jenis sudut yang dikelompokkan sesuai dengan ukurannya.
Perhatikan gambar tiga jenis sudut di bawah ini : sudut lancip, sudut tumpul, dan sudut siku-siku.

Sekarang perhatikan kembali gambar permukaan bumi sebelumnya.
Adakah muka bumi yang membentuk sudut tumpul, lancip dan siku-siku?

Bumi kita memiliki permukaan yang beragam. Ada pegunungan, dataran tinggi, dataran rendah, laut, danau dan lain-lain. Pernahkah kamu mengunjungi tempat-tempat tersebut?
Adakah benda-benda dan cendera mata yang menarik yang kamu temukan di sana? Mari mencoba membuat cendera mata khas daerahmu.
Kamu bisa menggunakan bahan-bahan yang banyak terdapat di sekitar tempat tinggalmu. Jika kamu tinggal di dekat pantai, kamu dapat menggunakan pasir dan kerang. Jika kamu tinggal di pegunungan atau dataran tinggi, kamu dapat menggunakan aneka dedaunan dan biji-bijian. Kamu dapat menghias pigura, tempat pensil, pot, buku, atau benda lain dengan bahan-bahan tersebut.

Mari mencoba menghias pigura atau tempat pensil menggunakan pasir.
Pertama, siapkan pigura atau tempat pensil dari bahan kayu.
Gambarlah pola pada bagian yang akan ditempeli pasir.
Beri lem sesuai pola, kemudian taburkan pasir di atasnya.
Setelah selesai, kamu bisa menambahkan hiasan lain seperti daun kering, kerang, manik-manik atau biji-bijian.

PEMBELAJARAN 2.

Di setiap tempat di muka bumi ini terdapat kehidupan.
Sekarang, mari perhatikan tempat tinggal kita.
Di manakah sebagian besar manusia tinggal dan membangun rumah?
Di daratan atau perairan?
Umumnya penduduk bumi hidup dan tinggal di darat.

 Manusia menetap dan menyebar di daratan yang berbeda-beda.
Manusia ada yang menetap di gunung, perbukitan,
dataran tinggi, dataran rendah, lembah, dan ngarai.
Gunung adalah permukaan daratan yang tertinggi, berbentuk mirip kerucut.
Bukit dan perbukitan lebih rendah dari gunung.
Daerah yang luas dan rata di pegunungan atau bukit disebut dataran tinggi.
Dataran rendah biasanya terletak dekat dengan laut atau pantai.
Lembah dan ngarai merupakan dataran yang dikelilingi oleh tebing terjal, pegunungan ataupun perbukitan.

Dengarkan teks yang dibacakan teman atau gurumu.

Dataran Tinggi Dieng.

Dataran Tinggi Dieng terletak di Kabupaten Banjarnegara dan Kabupaten Wonosobo, Provinsi Jawa Tengah. Dieng sendiri berasal dari bahasa Sanskerta yaitu Di yang artinya tempat tinggi dan Hyang artinya dewa-dewi. Dieng kemudian diartikan sebagai tempat kediaman para dewa dewi.

Penduduk setempat kadang mengartikannya sebagai tempat yang indah penuh suasana keagamaan.
Dataran Tinggi Dieng bagaikan negeri di atas awan. Terhampar di ketinggian 2000 meter di atas permukaan laut. Hal ini membuat udaranya sejuk dan menyegarkan serta ditutupi kabut tebal.

BACA JUGA :   SD Kelas 4 Tema 9.2.1 – LKS - Kayanya Negeriku – Pemanfaatan Kekayaan Alam di Indonesia

Menurut kepercayaan masyarakat, Dieng dipilih sebagai tempat suci dewa-dewi karena keindahannya yang menakjubkan. Di tempat ini kita akan melihat lumpur mendidih yang mengeluarkan gelembung dan danau belerang yang berwarna cerah. Selain itu, kita dapat melihat kabut tebal yang menyelimuti Dataran Tinggi Dieng.

Kawasan Dieng juga memiliki banyak candi bercorak Hindu dengan arsitektur yang indah dan unik. Kawasan Dataran Tinggi Dieng adalah sebuah tempat yang istimewa dengan budayanya yang memikat. Di sana tersimpan keindahan yang harus kita jaga dan lestarikan.

Di daerah berpermukaan apakah tempat tinggalmu?
Pegunungan, dataran tinggi ataukah dataran rendah?
Masing-masing daerah tentu memiliki ciri yang istimewa.
Amatilah daerah sekitar tempat tinggalmu.
Apa saja yang istimewa dari tempat tinggalmu?
Bagaimana keadaan alam dan suhu udaranya?
Bagaimana kebiasaan masyarakatnya?
Tanaman apa yang paling banyak tumbuh di sana?
Buatlah sebuah cerita tentang keistimewaan daerahmu.

Tuhan memberikan kekayaan alam yang melimpah pada negeri kita, Indonesia.
Setiap daerah memiliki ciri alam yang berbeda dengan daerah lain.
Keragaman tempat tinggal, bahasa, dan budaya yang dimiliki termasuk kekayaan bangsa Indonesia.
Bangsa Indonesia tinggal di wilayah yang berbeda dan memiliki rumah adat yang berbeda-beda pula.
Rumah adat dari daerah mana sajakah yang ada di gambar berikut?
Tanyakan pada teman atau orang tuamu.

  1. Provinsi Nanggro Aceh Darussalam – Rumah Adat Krong Bade.Rumah Adat Krong Bade
  2. Provinsi Sumatera Utara – Rumah Adat Bolon.Rumah Adat Bolon
  3. Provinsi Sumatera Barat – Rumah Adat Gadang.Rumah Adat Gadang
  4. Provinsi Riau – Rumah Adat Selaso Jatuh Kembar.Rumah Adat Selaso Jatuh Kembar
  5. Provinsi Kepulauan Riau – Rumah Adat Selaso Jatuh Kembar.Rumah Adat Selaso Jatuh Kembar
  6. Provinsi Jambi – Rumah Adat Panjang.Rumah Adat Panjang
  7. Provinsi Sumatera Selatan – Rumah Adat Limas.Rumah Adat Limas
  8. Provinsi Bangka Belitung – Rumah Adat Rakit dan Limas.Rumah Adat Rakit
  9. Provinsi Bengkulu – Rumah Adat Rakyat.Rumah Adat Rakyat
  10. Provinsi Lampung – Rumah Adat Nowou Sesat.Rumah Adat Nowou Sesat
  11. Provinsi DKI Jakarta – Rumah Adat Kebaya.Rumah Adat Kebaya
  12. Provinsi Jawa Barat – Rumah Adat Kasepuhan Cirebon.Rumah Adat Kasepuhan Cirebon
  13. Provinsi Banten – Rumah Adat Badui.Rumah Adat Badui
  14. Provinsi Jawa Tengah – Rumah Adat Joglo.Rumah Adat Joglo
  15. Provinsi Daerah Istimewa Yogjakarta – Rumah Adat Bangsal Kencono dan Joglo.Rumah Adat Bangsal Kencono
  16. Provinsi Jawa Timur – Rumah Adat Joglo Situbondo.Rumah Adat Joglo Situbondo
  17. Provinsi Bali – Rumah Adat Gapura Candi Bentar.Rumah Adat Gapura Candi Bentar
  18. Provinsi Nusa Tenggara Barat – Rumah Adat Dalam Loka Samawa.Rumah Adat Dalam Loka Samawa
  19. Provinsi Nusa Tenggara Timur – Rumah Adat Musalaki.Rumah Adat Musalaki
  20. Provinsi Kalimantan Barat – Rumah Adat Istana Kesultanan Pontianak.Rumah Adat Istana Kesultanan Pontianak
  21. Provinsi Kalimantan Tengah – Rumah Adat Betang.Rumah Adat Betang
  22. Provinsi Kalimantan Selatan – Rumah Adat Banjar Bubungan Tinggi.Rumah Adat Banjar Bubungan Tinggi
  23. Provinsi Kalimantan Timur – Rumah Adat Lamin.Rumah Adat Lamin
  24. Provinsi Sulawesi Utara – Rumah Adat Pewaris.Rumah Adat Pewaris
  25. Provinsi Sulawesi Barat – Rumah Adat Tongkonan.Rumah Adat Tongkonan
  26. Provinsi Sulawesi Tengah – Rumah Adat Tambi.Rumah Adat Tambi
  27. Provinsi Sulawesi Tenggara – Rumah Adat Istana Buton / Malige.Rumah Adat Istana Buton / Malige
  28. Provinsi Sulawesi Selatan – Rumah Adat Tongkonan.Rumah Adat Tongkonan
  29. Provinsi Gorontalo – Rumah Adat Dulohupa dan Rumah Pewaris.Rumah Adat Dulohupa dan Rumah Pewaris
  30. Provinsi Maluku – Rumah Adat Baileo.Rumah Adat Baileo
  31. Provinsi Maluku Utara – Rumah Adat Baileo.Rumah Adat Baileo
  32. Provinsi Papua Barat – Rumah Adat Honai.Rumah Adat Honai
  33. Provinsi Papua – Rumah Adat Honai.Rumah Adat Honai

Walaupun berbeda, kita harus tetap bersatu dan saling menghormati.
Masih ingatkah kamu dengan makna semboyan Bhinneka Tunggal Ika?
Artinya, walaupun berbeda-beda tetapi tetap satu.
Cari tahu salah satu contoh perbedaan bahasa dan budaya daerahmu dengan daerah lain di Indonesia.
Menurut pendapatmu, mengapa kita harus menghargai perbedaan?
Apa manfaatnya saling menghargai perbedaan?
Diskusikan dengan guru atau temanmu.

BACA JUGA :   SD Kelas 4 Tema 9-3-3 Pelestarian Kekayaan Sumber Daya Alam Indonesia

1. Mempelajari budaya dari daerah lain  (Benar).
2. Membantu tetangga yang berbeda agama (Benar).
3. Menertawakan logat bahasa teman yang baru datang dari daerah lain (Salah).
4. Gotong royong membersihkan lingkungan RT (Benar).
5. Mengadakan pementasan lagu-lagu dari berbagai daerah (Benar).
6. Tawuran dengan sekolah lain (Salah).
7. Mengatakan budaya sendiri lebih baik dari budaya lain kepada teman yang berbeda suku (salah).

Beni tinggal di daerah dataran rendah.
Ia senang bermain di lapangan luas bersama teman-teman.
Permainan apa yang sering dimainkan di daerah tempat tinggalmu?
Apakah permainan itu dapat dimainkan di air dan di darat?
Beberapa permainan hanya dapat dimainkan di air.
Misalnya berenang dan bermain rakit.
Beberapa permainan hanya dapat dimainkan di darat seperti sepak bola, lompat tali, sepak takraw dan lain-lain.
Ayo bermain lompat tali bersama teman-teman.
Kamu dapat memainkan permainan ini sendiri atau berkelompok.
Jika kamu bermain sendiri, peganglah kedua ujung tali dan putarkan melewati kepala.
Kemudian lompati tali saat melewati kakimu.
Sekarang coba mainkan permainan lompat tali dengan temanmu.
Minta dua orang temanmu memegang dan memutar kedua ujung tali.
Kamu dan teman-teman lain melompati tali yang sedang diputar.
Selain itu kamu juga dapat bermain lompat tinggi menggunakan tali.
Pertama, regangkan dan letakkan tali di bawah pinggang.
Lompatilah secara bergantian.
Naikkan tinggi tali bertahap, setinggi pinggang,
dagu, telinga, kepala, dan sejengkal di atas kepala.
Seberapa tinggi kamu bisa melompat?
Silahkan bermain bergantian dengan temanteman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *