BSE 2013 – SD Kelas 6 Tema 1.3 Ayo Selamatkan Hewan dan Tumbuhan Part 2

BSE 2013 – SD Kelas 6 Tema 1.3 Ayo Selamatkan Hewan dan Tumbuhan. Pembelajaran 2.

Kamu sudah belajar tentang hewan selama satu minggu. Banyak hal yang kamu pelajari.
Kamu sudah tahu bagaimana hewan berkembang biak dan jenis hewan yang hidup di negara-negara ASEAN. Menarik bukan?

Cermati beberapa sikap yang mencerminkan nilai-nilai Pancasila berikut ini! Buatlah hubungan dengan menggunakan tanda panah yang menghubungkan antara sikap dengan sila Pancasila yang sesuai.

Membantu teman saat jatuh dari sepeda, pengamalan sila berapa ?

Menghargai karya orang lain, pengamalan sila berapa ?

Tidak memaksakan kehendak saat berdiskusi, pengamalan sila berapa?

Menghormati teman saat beribadah, pengamalan sila berapa?

Bangga saat mengenakan batik, pengamalan sila berapa?

Sampaikan kepada temanmu tentang sikapmu yang sudah menunjukkan kelima sila dari Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.
Kita memiliki kewajiban untuk melindungi dan menyayangi hewan. Pernahkah kamu mengobati hewan yang luka?
Bacalah cerita berikut dengan saksama.

Lina memiliki seekor kucing. Ia sangat menyayanginya. Kucing Lina senang bermain. Terkadang Lina mengajaknya bermain di taman atau di halaman rumah. Kalau Lina sedang bersekolah atau sedang berpergian, kucing Lina bermain sendiri. Memanjat atap rumah, berguling, atau bermain dengan bola adalah hal yang disukainya.
Pagi ini Lina sangat sedih. Kucingnya terjatuh dari atap rumah. Saat Lina mendekati kucingnya, Lina melihat kaki kiri kucing terluka. Lina panik.
Tetangga Lina adalah seorang dokter hewan. Lina membawa kucingnya ke sana. Dokter hewan sangat teliti mengobati kucing Lina. Ia memasang perban untuk menutupi luka kucing.
Setelah diobati, Lina membawa kucingnya pulang. Ia senang karena kucingnya sudah bisa berjalan kembali.

Tulislah pendapatmu tentang sikap Lina terkait penerapan sila Pancasila. Jelaskan!

Apa yang akan kamu lakukan apabila menjadi Lina terkait penerapan sila Pancasila?

Diskusikan tulisanmu dengan teman kelompokmu.

Sebelumnya kamu telah membuat patung Nusantara dari tanah liat, lilin malam, atau adonan plastisin buatanmu.
Sekarang kamu akan memberi motif dan warna pada patung tersebut agar terlihat menarik.
Siapkan peralatan dan bahan yang kamu perlukan berikut ini.

Bahan:
1.Cat akrilik atau cat minyak, berbagai warna sesuai selera
2.Koran bekas untuk alas bekerja
3.Air untuk campuran
4.Patung Nusantara yang telah kering

Peralatan:
1.Kuas (besar kuas tergantung kebutuhan)
2.Palet atau wadah lain untuk mencampur cat

Langkah Pewarnaan:
1.Campurkan warna cat yang kamu pilih dengan air, secukupnya.
2.Aduk dalam palet atau wadah lain.
3.Pastikan patung nusantaramu sudah kering sempurna.
4.Warnai patungmu sesuai selera.

Kamu baru saja mempercantik patung dengan kreasimu. Selesaikan patungmu agar teman dan gurumu dapat menikmati keindahannya.

Limbah yang disebabkan oleh kulit/ cangkang telur ayam semakin hari semakin banyak. Apabila dibiarkan terus menerus akan memengaruhi lingkungan. Untunglah ada pengusaha pengguna cangkang telur. Para pengusaha memanfaatkan kulit telur untuk menghasilkan produk kerajinan.

Dayu dan Siti membeli 3 kotak kerajinan dari cangkang telur ayam. Setiap kotak berisi 9 kerajinan berwarna merah dan 9 berwarna hijau. Berapa jumlah kerajinan telur yang dibawa pulang oleh Dayu dan Siti?

Tulislah operasi hitung dari soal di atas. Temukan jawabannya.

Jelaskan hasil jawabanmu dalam kalimat.

Tukarkan jawabanmu dengan teman sebelahmu.

Sebagai pengusaha kerajinan cangkang telur, Pak Seno rajin membeli cangkang dari penduduk.
Hari ini Ia membeli dua karung besar cangkang telur seharga Rp250.000,00 dan satu karung sedang seharga Rp150.000,00. Berapa uang kembali yang diterimanya apabila ia membayar dengan uang sebesar Rp700.000,00?

Tulislah operasi hitung dari soal di atas. Temukan jawabannya.

Jelaskan hasil jawabanmu dalam kalimat. Tukarkan jawabanmu dengan teman sebelahmu.

  • Apa yang telah kamu pelajari hari ini?
  • Sudahkah kamu mempraktikkan peduli lingkungan dengan menyayangi hewan dan tumbuhan yang kamu temui di manapun kamu berada?
  • Amatilah lingkunganmu. Contoh baik apa yang dapat kamu terapkan dari orang-orang di sekitarmu terkait penerapan sila Pancasila tentang melestarikan hewan?
  • Sampaikan hasilnya kepada gurumu.

Tinggalkan komentar