SD Kelas 4 – Tema 2 – Sub Tema 2 – Selalu Berhemat Energi

SD4 Tema 2 – Sub Tema 2 – Selalu Berhemat Energi.

Kami akan mulai belajar mengenal macam- macam sumber energi yang ada dikehidupan. hal ini akan membuat kami lebih mengerti dan pandai memahami hubungan antara gaya, gerak, dan energi serta manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari.

Belajar dari lingkungan :
Pada saat berjalan-jalan, ajaklah ananda untuk lebih peduli terhadap pengurangan energi dengan cara berdiskusi, menghitung  pemakaian daya listrik, pengurangan air, dan memberikan ide tentang cara hemat energi.

Kerjasama dengan Orang Tua : Diskusikan dan ajak ananda untuk mengamati penggunaan energi di lingkungan sekitar, agar tumbuh kepedulian terhadap pentingnya penggunaan energi secara benar.

 

Pembelajaran 1 : Sumber Energi.

Energi sangat penting bagi kehidupan kita. Semua mahhluk hidup membutuhkan energi. Tahukah kamu sumber-sumber energi yang ada?
Ayo, kita pelajari!

Matahari memiliki peran yang besar dalam kehidupan karena merupakan sumber energi terbesar di bumi. Panas matahari berpengaruh terhadap aktivitas manusia dan makhluk hidup lainnya di bumi.

Sinar matahari berguna : untuk mengeringkn jemuran pakaian, penerangan, Memberikan sinar bagi Bayi untuk kesehatannya, penerangan, fotositensis tumbuhan dan lain-lain.

Beni ingin membuktikan panas matahari sebagai sumber energi yang penting bagi kelangsungan makhluk hidup. Ayo kita bantu Beni untuk membuktikannya! Lakukan percobaan ini di luar kelas!

1. Siapkan 2 selai sapu tangan, 2 lembar tisu, 2 lembar kertas.
2. Jemurlah sehelai sapu tangan, selembar tisu, dan selembar kertas di tempat panas dan sisanya letakkan di tempat teduh.
3. Amati dan tuliskan perubahan yang terjadi pada benda-benda tersebut setelah 15 menit, 30 menit, dan 60 menit!

Hasil percobaan membuktikan bahwa yang terkena sinar matahari lebih cepat kering. Hal ini karena energi matahari sangat kuat dan menjadi sumber utama energi  di bumi.

• Apakah ada perbedaan antara benda-benda yang dijemur di bawah sinar matahari dan yang diletakkan di tempat teduh? Ya, yang terkena panas mahari lebih cepat kering, ini membuktikn bhwa sinar mahari merupakan salah satu bentuk energi.

Kisah Ali Si Biji Energi.

Aku Ali Si Biji Energi. Aku menanam biji-biji energi di sebuah ladang yang luas di peternakanku. Saat matahari bersinar ada energi pada cahaya matahari. Cahaya matahari membantu biji-bijiku tumbuh menjadi tanaman-tanaman yang tinggi.

Tanaman-tanamanku menyimpan energi itu di dalam akar, batang, daun, dan butiran biji yang baru. Dengan segera, aku akan tumbuh tinggi dengan daun-daun yang lebar dan biji-biji yang baru. Kamu bisa memasak dan memakan aku supaya kamu memiliki energi. Energi itu akan membantumu tumbuh, bergerak, dan berpikir. Aku juga memberi makan hewan-hewan ternak dengan beberapa bagian dari tubuhku sehingga mereka tumbuh besar dan sehat.
(sumber: dengan terjemahan dari http://www.eia.gov/kid)

Energi panas matahari adalah salah : satu sumber daya alam yang melimpah. Tumbuhan, seperti jagung juga merupakan sumber daya alam yang harus dibudidayakan. sumber daya alam tersebut diberikan Tuhan untuk umat manusia.

Sebagai sumber daya alam, jagung banyak dimanfaatkan oleh enduduk Indonesia. Salah satunya adalah dengan mengolah dan menjualnya.
Amati gambar berikut dan sampaikan hasil pengamatanmu kepada teman di sebelahmu!

 
Diskusikan pertanyaan berikut bersama teman sebelahmu!
1. Apa yang terjadi apabila permintaan terhadap jagung tinggi? Penduduk kekurangan jagung, jagung akan mahal.
2. Apa yang harus dilakukan agar permintaan terpenuhi? Mennam jgung sebanyak mungkin, lebih dari biasanya.

 

Indonesia memiliki sumber daya alam berlimpah. Disebut sumber daya alam karena berasal dari alam. Penduduk Indonesia dapat menikmati sumber daya alam tersebut untuk memenuhi kebutuhannya. Laut Indonesia terkenal karena ikannya. Lahan yang subur menghasilkan padi, jagung serta tumbuhan lainnya yang sangat berguna bagi penduduk. Gas bumi, minyak serta logam banyak memberikan manfaat bagi masyarakat.

Sumber daya alam terbagi dua. Sumber daya alam yang dapat diperbaharui dan sumber alam yang tidak dapat diperbaharui. Sebagai anak Indonesia, kamu harus tahu apa yang termasuk ke dalam keduanya, dan apa dampaknya apabila kita kekurangan keduanya. Penggunaan sumber daya alam berlebihan akan mempengaruhi kehidupan manusia. Kita harus menghemat penggunaannya.
Sumber daya alam yang bisa diperbaharui misalnya; tumbuhan, hewan, sinar matahari, angin dan air. Sumber tersebut termasuk kelompok sumber daya alam yang bisa diperbaharui karena terus tersedia. Jumlah sumber daya alam ini sangat berlimpah. Agar sumber daya alam ini tetap tersedia, kita harus menggunakannya dengan teratur dan membatasinya.

Sumber daya alam ini sangat penting untuk dijaga keberadaannya. Minyak bumi, emas, besi dan berbagai tambang termasuk ke dalam kelompok sumber daya alam tidak dapat diperbaharui. Mengapa demikian? Karena jumlahnya sangat terbatas. Untuk menghasilkan minyak bumi diperlukan waktu yang sangat lama. Oleh sebab itu, kita harus hemat menggunakan sumber daya alam ini.

Setelah memahami sumber daya alam, jawablah pertanyaan berikut!

  1. Berdasarkan teks, berikanlah masing-masing 3 contoh sumber daya alam yang dapat diperbaharui dan yang tidak dapat diperbaharui.
  2. berilah contoh lain (di luar teks) sumber daya alam yang dapat dan tidak dapat diperbaharui.
  3. Berilah contoh kegiatan ekonomi yang memanfaatkan kedua jenis
    sumber daya alam tersebut.
  4. Tulislah pendapatmu tentang kegiatan ekonomi tersebut. Apakah ada dampaknya? Apa yang harus dilakukan untuk menyelamatkan sumber daya alam yang digunakan?

 

BACA JUGA :   SD3-Tema5.1-Karapan Sapi

Pembelajaran 2.

Selain Matahari, apa lagi ya sumber energi di bumi? Ayo kita cari tahu.

Kalian sudah mempelajari manfaat energi panas matahari. Salah satu manfaat energi panas adalah untuk membantu pertumbuhan tanaman.

Lagu Menanam Jagung :

sd4-menanam-jagung

Menanam Jagung,

Ayo Kawan kita bersama,
menanam jagung di kebun kita,
Ambil cangkulmu ambil pangkurmu,
Kita bekerja tak jemu-jemu,
Cangkul cangkul cangkul yang dalam,
tanahnya longgar jagungku tanam,

beri pupuk supaya subur,
tanamkan benih dengan teratur,
jagungnya besar lebat buahnya,
tentu berguna bagi semua,
cangkul-cangkul aku gembira,
menanam jagung di kebut kita.

 

Tahukah kamu tinggi rendah nada?

a.  Berikut adalah urutan tinggi rendah nada .   (do, re, mi, fa, sol, la, si, do). diberi titik bawah nada rendah, tanpa titik nada sedang, diberi titik atas nada tinggi.

Semakin ke kanan nada akan semakin tinggi. Cobalah bersama gurumu. Pada teks lagu menanam jagung, tandailah :
1.  Nada tinggi,
2.  Nada rendah.

b.  ketukan.
Birama lagu adalah 4/4 . Itu menunjukkan bahwa dalam satu birama terdapat 4 ketukan. Satu  ketukan akan bernilai  1/4 (satu per empat).

c.  Tanda  penghubung atas di kedua not   menunjukkan bahwa kedua nada dalam satu ketukan. Masing-masing  1/8 (satu per delapan) ketukan.

Cobalah dengan gurumu untuk menyanyikan notasi lagu menanam jagung sesuai dengan tempo dan tinggi rendah nada. Gurumu akan memberikan tanda dengan ketukan.

Tanaman jagung bisa tumbuh karena air.

 

Energi Air

Air merupakan salah satu sumber energi. Tubuh kita membutuhkan air untuk beraktivitas. Tidak hanya manusia, tumbuhan, dan hewan juga membutuhkan air. Selain diminum air juga kita gunakan untuk memasak, mencuci, mandi, dan lain-lain.

Air juga bisa dimanfaatkan sebagi sumber energy listrik. Salah satunya dengan menggunakan kincir air.

Air di gunakan digunakan untuk minum, manusia minum untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh.

Air juga di gunakan untuk mandi, agar tubuh menjadi bersih dan sehat.

  1. Mengapa anak tersebut minum? Karena tubuh kita memerlukan air untuk proses didalam darah, tanpa air tumbuh kita menjadi dehidrasi (kekurangan air) dan kita menjadi sakit , lemas, dan bisa meninggal dunia.
  2. Mengapa anak tersebut mandi? Agar bersih dan sehat.
  3. Apakah mandi dan minum adalah kebutuhan? Ya.
  4. Apa yang terjadi jika ia tidak mempunyai air bersih? Kebutuhan kita menjadi tidak terpenuhi. Kita bisa sakit.
  5. Apakah kita semua harus mendapatkan air bersih? Ya, kita butuh air bersih.
  6. Apa yang dimaksud dengan hak? Hak adalah sesuatu yang bisa kita terima setelah kita melaksanakan kewajiban kita.
  7. Carilah contoh hak-hak kita dalam kehidupan masyarakat berikut alasannya. Setiap orang berhak mendapatkan air bersih. Untuk itu, setiap anggota masyarakat juga harus melaksanakan kewajibannya dengan baik menjaga kebersihan air tersebut.
    Selain itu penggunaan air harus di hewat dan sesuai kebutuhan , sehingga setiap warga masyarakat akan mendapat hak akan air.
  8. Air merupakan salah satu energi yang paling penting bagi manusia. Setiap orang berhak mendapatkan air bersih. Kita wajib menghemat penggunaannya.
  9. Jadi apa perbedaan hak dan kewajiban. Hak = sesuatu yang bisa kita dapatkan, kewajiban sesuatu yang harus kita lakukan; manusia mendapatkan Hak setelah melakukan kewajiban.

 

BACA JUGA :   SD4 1-1 - Ramling - Lingkungan Hidup Tumbuhan dan Hewan.

Matematik : Apa itu penaksiran?

Kamu    bisa melakukan penaksiran untuk mempercepat hasil perhitunganmu. Untuk melakukan penaksiran kamu perlu memahami aturan pembulatan kepuluhan terdekat, ratusan terdekat atau ribuan terdekat.

Penaksiran dilakukan dengan melakukan pembulatan ke :

  • Puluhan,
  • Ratusan,
  • Ribuan,
  • Puluhan ribu,
  • Ratusan ribu,
  • Jutaan.

Pembulatan ada 3 macam cara :

  • di bulatkan ke atas, contoh : 11 di bulatkan 20,  16 dibulatkan ke 20.
  • di bulatkan ke bawah, contoh : 11 di bulatkan 10, 16 dibulatkan ke 10.
  • pembulatan baik, contoh : 11 di bulatkan 11, 16 dibulatkan ke 20.
    pada pembulatan baik, maka angka satuan 1-4 dibulatkan kebawah, sedangkan satuan 5-9 dibulatkan menjadi puluhan diatasnya. Taksiran umumnya menggunakan taksiran / pembulatan baik ini.

 

PEMBELAJARAN 3.

Saat berada di lapangan, rambutku sering bergerak. Sumber energi apa yang membuat rambutku bergerak? (ANGIN).

Aturan Permainan :  Ayo, Tangkap Bola

Perlengkapan : Bola besar

Aturan bermain:

  1. Kelas dibagi menjadi dua kelompok, kelompok A dan    B.
  2. Setiap kelompok berbaris menghadap ke depan.
  3. Anggota kelompok A paling depan memegang bola. Begitu juga dengan kelompok B.
  4. Masing-masing anggota kelompok harus memantulkan bola sambil berjalan ke arah target. Sampai ditarget, pemain mengelilingi target dan berbalik arah.
  5. Bola kemudian diberikan kepada anggota kedua dan pemain pertama cepat berlari ke belakang barisan.
  6. Anggota kedua melakukan hal yang sama. Begitu seterusnya sampai semua anggota mendapat giliran.
  7. Barisan yang paling cepat menyelesaikan tugas adalah pemenangnya.

Sebelum melakukan permainan, lakukan pemanasan terlebih dahulu bersama gurumu.

Perhatikan arahan dari gurumu tentang teknik melempar dan menangkap bola dengan baik, khususnya teknik melempar bola dengan melambung.

Setelah kamu melakukan permainan melempar dan menangkap bola dengan guru dan temanmu. Bacalah lagi cara bermainnya dan diskusikanlah teknik gerakan dengan gurumu.

Apakah kamu dapat melakukan teknik melempar dan menangkap bola dengan baik?

Apa rencanamu untuk lebih meningkatkan keterampilanmu dalam melempar dan menangkap bola? Berlatih terus.

Apabila kamu diberi kesempatan untuk mengulangi kegiatan, perbaikan apa yang harus dilakukan? Melakukan sesuai petunjuk, dan tidak mengulang kesalahan, kalau perlu berlatih terus.

 

Sumber energi apakah yang membuat kincir angin bergerak?

Siti memiliki kincir yang terbuat dari kertas. Ia senang memainkannya. Kincirnya berputar jika tertiup angin.

Siti belajar membuat kincir angin dari ayahnya. Menurut ayahnya, kincir angin yang sebenarnya bisa digunakan untuk menggerakkan alat penumbuk padi atau gandum. Selain itu, juga bisa digunakan untuk menggerakan alat untuk memompa air.

Maukah kamu memiliki kincir seperti kepunyaan Siti?

Ayo kita membuat kincir sederhana dari bahan kertas atau plastik! Ikuti langkah-langkah pembuatannya di bawah ini!

Kincir angin dari Kertas.

Alat dan bahan:

  • Lidi/sumpit kayu
  • Gunting
  • Lem
  • Kertas berbentuk persegi
  • Jarum/pin/paku payung Langkah-langkah pembuatan:
  • Ambil kertas lalu ikuti instruksi pada  gambar
  • Setelah  baling-baling   kertas siap, tempelkan ke ujung sumpit menggunakan jarum. Pastikan baling-baling bisa berputar.

 

Kincir angin dari Plastik :

Alat dan bahan:

  • Botol plastik bekas
  • Gabus bekas tutup botol
  • Lidi/sumpit
  • Gunting

Langkah-langkah pembuatan:

  • Gunting botol plastik menjadi 4 bentuk persegi untuk baling-baling
  • Buatlah 4 sayatan sepanjang baling-baling plastik, atur agar jaraknya sama.
  • Masukan baling-baling ke dalam setiap sayatan tersebut.
  • pasang     sumpit/lidi     di    bagian tengah gabus.
  • Kincir siap digunakan.
  • Tambahan:Potongan bagian dasar botol, buat dua lubang di sisi kanan dan kiri badan botol. Masukan dan pasangkan baling- baling plastik ke dalamnya.

 

BACA JUGA :   SD Kelas 4 Tema 8.3.1 - Daerah Tempat Tinggalku - Sub.Tema 3 - Bangga Terhadap Daerah Tempat Tinggalku

Panduan Keselamatan Kerja dalam Kegiatan :

Dengan berhati-hati, kamu dapat menjaga keselamatan diri dalam melakukan percobaan.

Berikut ini adalah petunjuk keselamatan kerja yang biasa kamu lakukan, yaitu:

  1. Berhati-hatilah dalam penggunaan benda tajam.
  2. Minta bantuan guru jika benda-benda yang digunakan membahayakan keselamtanmu.
  3. Jangan melakukan kegiatan selain yang diperintahkan guru.
  4. Perhatikan setiap peringatan khusus yang terdapat pada setiap percoban.
  5. Laporkan hal sekecil apapun yang membahayakan kepada guru.

Bawa kincir anginmu yang terbuat dari kertas ke luar kelas. Buatlah kincirmu berputar dengan cara membawanya berlari atau ditiup.

Bawa kincir airmu yang terbuat dari plastik ke luar kelas, tuangkan air ke bagian  atas baling-baling.

  • Apa sumber energi kincir angin? (Udara yang bergerak dan disebut Angin).
  • Bagaimana kincir angin bisa berputar? Karena mendapat dorongan atau energi dari udara yang bergerak tadi.
  • Apa manfaat kincir angin dalam kehidupan sehari-hari? untuk mainan, untuk penanda seberapa kuat angin berhempus, kincir dapat di hubungkan untuk menggerakan alat tertentu;  bahkan ada kincir angin yang bisa menggerakan generator listrik, dan menghasilkan listrik.

 

PEMBELAJARAN 4.

Sumber energi apa yang membuat lampu bisa menyala? LISTRIK.

Salah satu sumber energi yang banyak digunakan  di  sekitar  kita  adalah  listrik. Sumber energi listrik digunakan manusia sehari-hari untuk membantu aktivitasnya.

Setiap hari kita menggunakan listrik, diantaranya untuk :

  • Memutar TV,
  • Almari Es,
  • AC,
  • Jam Dinding (listrik dari bateraio),
  • Komputer,
  • HP, dan sebagainya.

Listrik merupakan sumber energi yang membantu kita melakukan aktivitas sehari-hari. Energi listrik bisa membantu kita untuk menyalakan lampu, televisi, radio mensetrika dan lain-lain. Kita semua berhak mendapatkan energi listrik.

Kewajiban kita adalah menghemat penggunaannya.

Contoh penghematan listrik :

  • Sebelum tidur mematikan komputer atau laptop yang menyala.
  • Mematikan lampu yang tidak dipakai.
  • Mematikan TV ketika tidak ada yang menonton.
  • dan lain-lain.

1. Apa yang akan terjadi jika kita tidak menghemat energi listrik? Akan kekurangan pasokan listrik, sehingga akhirnya listrik menjadi padam karena kelebihan muatan pemakaian.

2. Apakah ketika kita tidak menghemat energi listrik akan mempengaruhi hak orang lain untuk mendapatkan energi listrik? Jelaskan? Ya, ketika memakai berlebih, generator listrik menjadi panas dan bisa rusak, bila rusak akan mati semua listriknya. Bahkan karena berlebih pemakaiannya bisa di lakukan pemadaman listrik secara bergilir.

3. Mengapa kita perlu melaksanakan hak dan kewajiban kita secara seimbang? Agar hak orang lain dan hak kita sama-sama dapat terpenuhi, karena dengan kita melakukan kewajiban maka hak orang lain terpenuhi, demikian sebaliknya.

4.  Apa yang harus kita lakukan untuk menghemat energi  listrik? Mematikan alat listrik yang tidak dipakai, menggunakan alat listrik yang hemat energi.

Sekedar mematikan lampu saat tidur. Menyalakan barang elektronik hanya ketika kita butuhkan adalah hal sederhana yang bisa kita lakukan untuk menghemat energi listrik. Menggunakan listrik dengan bijak adalah ketika kita menghematnya. Hemat energi listrik artinya kita sudah melaksanakan hak dan kewajiban secara seimbang.

 

Bagaimana melakukan penaksiran pada perkalian dan   pembagian?

Perkalian.

Bulatkan salah satu atau kedua bilangan kekelipatan 5 atau 10. Kenapa 5 atau 10? Karena perkalian tersebut paling mudah dihitung.

Contoh:

•           37 Î 9 (pembulatan satu bilangan) Bulatkan 9 menjadi 10, jadi 37 x 10 = 370

•           6 Î 26 (pembulatan dua  bilangan)

Bulatkan 26 menjadi 25. Bulatkan 6 menjadi 5. Jadi 5 x 25 = 125

Pembagian.

Ketika kamu ingin melakukan pembulatan pembagian, kamu harus sangat hafal perkalian. Mengapa? Karena kamu akan membulatkan ke bilangan- bilangan yang habis dibagi. Kamu bisa membulatkan pembagi, bilangan yang dibagi atau dua-duanya.

1 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *