SD4 – Tema 1- SubTema 1 – Indahnya Kebersamaan

SD4 – Tema 1 – SubTema 1 – Indahnya Kebersamaan.

Kami akan mulai belajar keanekaragaman suku bangsa Indonesia.
Pemahaman berbagai ragam  budaya, upacara adat, dan kesenian akan menambah
kecintaan kami pada tanah air Indonesia.

Belajar dari Lingkungan.

Saat bertemu orang di sekitar rumah, ajaklah mereka untuk bercerita tentang keunikan
makanan khas, rumah adat, kesenian, atau yang lainnya yang menjadi ciri khas daerahnya.

Kerja Sama dengan Orang Tua.

Ceritakan latar belakang budaya ayah bunda, lalu diskusikan apa yang menarik dan menjadi ciri khasnya.

Sub Tema 1 – Keberagaman Budaya Bangsaku.

Pembelajaran 1.

Tahukah kamu bahwa Indonesia terdiri atas banyak pulau, suku bangsa, tarian, rumah adat, serta agama? Ayo, kita cari tahu lebih jauh tentang keberagaman itu. 

Tahukah Kamu? 
Indonesia terdiri atas berbagai macam suku bangsa dan budaya yang berbeda-beda, namun
tetap dalam satu wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Keberagaman tersebut
merupakan anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa sehingga kita wajib mensyukurinya. Kita
tidak boleh merendahkan suku bangsa lain dan menganggap suku bangsa sendiri sebagai
suku bangsa yang terbaik.

Pawai Budaya

 Pawai Budaya sangat menarik bagi warga Kampung Babakan. Pawai ini selalu menampilkan keragaman budaya Indonesia. Udin dan teman- teman tidak pernah bosan menanti rombongan pawai lewat. Tahun ini mereka datang ke alun-alun untuk melihat pawai tersebut. Kakek Udin pun terlihat sabar menanti. Terdengar suara gendang yang menandakan rombongan pawai semakin dekat.

Di barisan pawai terdepan terlihat  rombongan  dari Maluku. Rombongan laki-laki mengenakan kemeja putih, jas merah, dan topi tinggi dengan hiasan keemasan. Rombongan perempuan mengenakan baju Cele. Baju ini terdiri dari atasan putih berlengan panjang serta rok lebar merah. Langkah mereka diiringi oleh suara Tifa, alat musik dari Maluku. Bunyinya seperti gendang, namun bentuknya lebih ramping dan panjang. Budaya Maluku sangat unik dan menarik.

Budaya Bali terkenal karena bunyi musiknya yang berbeda. Rombongan dari Bali membunyikan alat musik daerahnya, Ceng-Ceng namanya. Alat ini berbentuk seperti dua keping simbal yang terbuat dari logam. Nyaring bunyinya ketika kedua keping  ini dipadukan. Rombongan dari Bali diikuti oleh rombongan dari Toraja. Wanita Toraja memakai pakaian adat yang disebut baju Pokko. Rombongan  laki-laki menggunakan pakaian adat yang disebut Seppa Tallung Buku. Rombongan Toraja membunyikan alat musik khas mereka, Pa’pompang namanya. Alat musik ini berupa suling bambu besar yang bentuknya seperti angklung. Unik bentuknya, unik pula bunyinya. Budaya Toraja sangat menarik untuk dipelajari. Udin dan teman-teman senang melihat pawai budaya. Selalu ada hal baru yang mereka perhatikan setiap tahun. Pakaian adat dari berbagai suku di Indonesia selalu menyenangkan untuk diamati. Benar kata Ibu Udin, kebudayaan Indonesia memang sangat beragam. Kaya dan mengagumkan.

Setiap bacaan biasanya terdiri atas beberapa paragraf. Setiap paragraf memiliki gagasan pokok yang didukung oleh gagasan pendukung. Gagasan pokok adalah ide utama yang dibahas dalam suatu bacaan, dapat berupa kalimat inti atau berupa pokok paragraf. Gagasan pendukung adalah uraian atau tambahan informasi untuk gagasan pokok.

Indonesia terdiri atas berbagai macam suku bangsa dan budaya yang berbeda-beda, namun tetap dalam satu wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Keberagaman tersebut merupakan anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa sehingga kita wajib mensyukurinya. Kita tidak boleh merendahkan suku bangsa lain dan menganggap suku bangsa sendiri sebagai suku bangsa yang terbaik.

Dibanding dengan negara-negara lain, Indonesia paling kaya akan keragaman suku bangsa dan budayanya. Bermacam-macam suku bangsa tinggal dari Sabang sampai Merauke. Bermacam-macam pula kebudayaan yang tersebar di seluruh pelosok Nusantara, mulai pakaian adat, tari, dan lagu daerah, bahasa daerah, alat musik sampai rumah adat dan upacara adat. Semuanya mempunyai keunikan tersendiri.

Keragaman suku bangsa dan budaya terjadi karena letak wilayah Indonesia yang terdiri atas wilayah kepulauan. Bahkan ada beberapa pulau yang letaknya terpencil dan tidak dapat berhubungan dengan daerah lain. Wilayah yang terpisah-pisah itu menyebabkan berbagai perbedaan dan hal itu menimbulkan keragaman suku bangsa dan budaya.

Salah satu suku bangsa yang ada di Indonesia adalah suku Minang. Suku Minang sering disebut sebagai orang Padang atau Urang Awak. Mereka adalah kelompok etnis Nusantara yang berada di Sumatera Barat.

Selain bahasa Padang, orang Minang juga menggunakan bahasa Melayu. Alat musik tradisional Minang adalah talempong. Talempong dimainkan dengan cara dipukul. Alat musik khas Minang lainnya yang dimainkan dengan cara ditiup adalah saluang. Masyarakat Minang juga memiliki banyak jenis tarian, di antaranya adalah tari Pasambahan dan tari Piring. Tari Pasambahan biasanya ditampilkan dalam pesta adat. Rumah adat Minang disebut rumah gadang yang terbuat dari bahan kayu.

Rendang merupakan salah satu masakan tradisional suku Minang yang terkenal, bahkan telah dikenal di negara lain. Makanan khas masyarakat suku Minang lainnya yang juga digemari adalah sate padang dan dendeng balado.

Orang Minang gemar berdagang dan merantau ke daerah lain. Legenda yang terkenal adalah cerita “Si Malin Kundang”.

Temukan informasi penting dari bacaan tadi. Buatlah kesimpulanmu dalam bentuk peta pikiran! Suku Minang

Nama rumah adat suuku Minang ?  Rumah Gadang.
Bahasa yang digunakan oleh suku Minang ? Padang dan Melayu.
Masakan tradisional minang ? Sate Padang dan Dendeng Balado.
Tarian Tradisional suku Minang ? Tari Pasambahan dan Tari piring.
Apa alat musik tradisional suku Minang ?  Saluang dan Talempong.

Setelah membuat peta pikiran, jawablah pertanyaan berikut!

1. Jelaskan perasaanmu setelah membaca tentang Mengenal Suku Minang!
Setelah membaca tentang suku minang saya merasa sangat senang dan bangga karena keberagaman suku bangsa, bahasa, dan budaya memperkaya budaya bangsa Indonesia.

2. Bagaimana cara memperkenalkan budaya Minang kepada orang di sekitarmu?
Cara memperkenalkan budaya minang kepada orang lain yaitu dengan  dengan cara memberitahu keragaman dan kelebihan budaya minang serta mengenalkan tentang adat suku minang tersebut.

Indonesia adalah negara yang sangat beragam budaya, agama, dan bahasa daerahnya. Sebagai warga negara yang baik, kita wajib menghargai keberagaman tersebut.

No. Nama Siswa Daerah Asal Ciri Khas Daerah Agama
1. Siti Padang (Sumatera Barat) Rendang Islam
2. Endi Ruskendi Bandung (Jawa Barat) Tari Jaipong Islam
3. Novalia Metiaman Jayapura (Papua) Tari Yospan Kristen
4. Butet Manurung Medan (Sumatera Utara) Bika Ambon Kristen
5. Ni Putu Erni Andiani Denpasar (Bali) Tari Kecak Hindu
6. Joko Susilo Semarang (Jawa Tengah) Lumpia Islam

1. Apakah kalian semua berasal dari daerah yang sama? Jelaskan!
Ternyata teman-teman berasal dari beberapa daerah ada yang dari Jawa, Sumatera, dan Papua.

2. Apakah kalian mempunyai ciri khas daerah yang sama?
Setiap daerahmemiliki ciri khas yang berbeda,

3. Bagaimana sikap yang seharusnya kalian tunjukkan terhadap perbedaan yang ada?
Kita harus menghargai keberagaman yang ada, dengan menghargai keberagaman persatuan dan kesatuan tetap terjaga.

Perbedaan yang ada pada setiap daerah di Indonesia merupakan suatu anugerah dari Tuhan yang patut kita syukuri. Sikap menghormati keragaman budaya bangsa dapat dilakukan dengan cara-cara berikut
1. Bangga dengan kebudayaan daerah ataupun kebudayaan nasional.
2. Melestarikan nilai-nilai budaya yang telah ada.
3. Menghormati kebudayaan daerah bangsa Indonesia.
4. Tidak menjelek-jelekkan kebudayaan suku bangsa lain.
5. Lebih senang dengan kebudayaan nasional daripada budaya luar negeri.
6. Tidak menonjolkan kebudayaan daerah sendiri.
7. Mempelajari dan menikmati kebudayaan daerah lain,
8. Selalu bersikap positif dan selektif terhadap budaya luar

Sedangkan sikap yang kurang menghargai keberagaman antara lain sebagai berikut
1. Mengejek agama lain,
2. Tidak menghargai perbedaan agama,
3. Selalu menyombongkan budaya milik daerah sendiri,
4. Menjelek jelekkan budaya lain,
5. Membeda bedakan teman yang berbeda suku, agama,, dll.

Selain kaya akan budaya, tarian, dan makanan khas daerah, Indonesia juga kaya akan jenis alat musik. Berikut adalah contoh alat musik yang dimiliki oleh berbagai suku di Indonesia. Cara memainkannya berbeda-beda. Kecapi yang berasal dari Jawa Barat dimainkan dengan cara dipetik. Angklung yang berasal dari Jawa Barat dimainkan dengan cara digoyangkan. Saluang yang berasal dari Sumatra Barat dimainkan dengan cara ditiup. Kendang yang berasal dari Jawa barat dan Tifa dari Papua dimainkan dengan cara dipukul.

sd4-alat-musik

Contoh Alat Musik : Angklung, Seruling, Kecapi, Kendang, Tifa.

BACA JUGA :   SD Kelas 4 - Tema 4 - Berbagai Pekerjaan - Sub Tema 3 - Pekerjaan Orang Tuaku

Alat musik merupakan suatu instrumen yang dibuat atau dimodifikasi untuk tujuan menghasilkan musik. Pada prinsipnya, segala sesuatu yang memproduksi suara, dan dengan cara tertentu bisa diatur oleh musisi, dapat disebut sebagai alat musik.

Selain kaya akan budaya, tarian, dan makanan khas daerah, Indonesia juga kaya akan jenis alat musik. Berikut adalah contoh alat musik yang dimiliki oleh berbagai suku di Indonesia. Cara memainkannya berbeda-beda.  Berikut ini contoh lain alat musik berdasarkan cara memainkannya.

  1. Alat musik tiup, yaitu alat musik yang dimainkan dengan cara ditiup. Contoh: recorder, flute, horn, tuba, seruling, harmonika, trompet, pianika, saksofon, klarinet, dan lain-lain.
  2. Alat musik gesek, yaitu alat musik yang dimainkan dengan cara digesek. Contoh: cello, biola, rebab, kontra bas, dan lain-lain.
  3. Alat musik petik, yaitu alat musik yang di mainkan dengan cara dipetik. Contoh: gitar, bas, mandolin, sasando, ukulele, harpa, siter, banjo, dan lain-lain.
  4. Alat musik pukul, yaitu alat musik yang dimainkan dengan cara dipukul. Alat musik pukul ada dua macam: Pertama, Alat musik pukul bernada Contoh: kolintang, perangkat gamelan, calung, arumba, bellira, vibraphone, xylophone, glockenspiel, dan lain-lain. Kedua Alat musik pukul tak bernada Contoh: gendang, ketipung, rebana, gong, tamborin, symbal, triangle, tympani, kastanyet, pauken, drum set, dan lain-lain.
  5. Alat musik tekan, yaitu alat musik yang dimainkan dengan cara ditekan. Contoh: piano, organ, keyboard dan lain-lain.

Alat Musik
Tulislah nama alat musik tradisional lain yang kamu ketahui! Jelaskan asal alat musik itu dan cara memainkannya!

No. Alat Musik Daerah Asal Cara Memainkannya
1 Seruling, Jawa Barat, Ditiup.
2 Anglung, Jawa Barat, Digoyang.
3 Gamelan, Jawa, Bali Lombok, Dipukul.
4 Kacapi, Jawa Barat, Dipetik.
5 Sasando, Nusa Tenggara Timur, Dipetik.
6 Talempong, Sumatera Barat, Dipukul.
7 Triton, Papua, Ditiup.
8 Sampek, Kalimantan Timur, Dipetik.
9 Saluang, Sumatera Barat, Ditiup.
10 Akordeon, Sumatera Selatan, Ditekan.
11 Kolintang, Sulawesi Utara, Dipukul.
12 Gendang Melayu, Bangka Belitung, Dipukul.
13 Ceng Ceng, Bali, Dipukul.
14 Serunai, Nusa Tenggara Barat, Ditiup.
15 Serunai Kalee, Nangroe Aceh Darussalam, Ditiup.
16 Aramba, Sumatera Utara, Dipukul.
17 Doli, Bengkulu, Dipukul.
18 Bende, Lampung, Dipukul.
19 Gambus Jambi, Jambi, Dipukul.
20 Tehyan, DKI Jakarta, Digesek.
21 Rebab, Jawa Tengah, Digesek.
22 Tuma, Kalimantan Barat, Dipukul.
23 Lado-Lado, Sulawesi Tenggara, Dipukul.
24 Fu, Maluku Utara, Ditiup.
25 Gendang Panjang, Kepri, Dipukul.
26 Japen, Kalimantan Tengah, Dipetik.
27 Katambung, Kalimantan Tengah, Dipukul.
28 Kuriding, Kalimantan Tengah, Dipukul.
29 Ganda, Sulawesi Tengah, Dipukul.
30 Tutuba, Sulawesi Tengah, Digesek.
31 Geso Geso, Sulawesi Tengah, Digesek.
32 Talindo atau Popondi, Sulawesi Selatan, Dipetik.
33 Lalove, Sulawesi Tengah, Ditiup.
34 Santu, Sulawesi Tengah, Dipetik.
35 Panting, Kalimantan Selatan, Dipetik.
36 Kecapi, Sulawesi Selatan, Dipetik.
37 Keso, Sulawesi Utara, Digesek.
38 Puik Puik, Sulawesi Selatan, Ditiup.
39 Karinding, Jawa Barat, Ditiup.
40 Tatali, Sulawesi Tengah, Ditiup.
41 Pare’e, Sulawesi Tengah, Dipukul.
42 Bansi, Nangroe Aceh Darussalam, Ditiup.
43 Canang, Nangroe Aceh Darusslam, Dipukul.
44 Tambo, Nangroe Aceh Darussalam, Dipukul.
45 Pangora, Sumatera Utara, Dipukul.
46 Gordang, Sumatera Utara, Dipukul.
47 Doli-Doli, Sumatera Utara, Ditiup.
48 Hapetan, Sumatera Utara, Dipetik.
49 Sarune Bolon, Sumatera Utara, Ditiup.
50 Garantung, Sumatera Utara, Dipukul.
51 Taganing, Sumatera Utara, Dipukul.
52 Tambua dan Tansa, Sumatera Barat, Dipukul.
53 Gendang OKU, Sumatera Selatan, Dipukul.
54 Tenun, Sumatera Selatan, Dipukul.
55 Gambus, Sumatera Selatan, Dipetik.
56 Kenong Basemah, Sumatera Selatan, Dipukul.
57 Terbangan, Sumatera Selatan, Dipukul.
58 Genggong, Sumatera Selatan, Ditiup.
59 Dol, Bengkulu, Dipukul.
60 Tasa, Bengkulu, Dipukul.
61 Serangko, Jambi, Ditiup.
62 Cangor, Jambi, Dipetik.
63 Puput Kayu, Jambi, Ditiup.
64 Sekdu, Jambi, Ditiup.
65 Gambangan, Bangka Belitung, Dipukul.
66 Rebana, Bangka Belitung, Dipukul.
67 Pikon, Papua, Ditiup.
68 Yi, Papua, Dipukul.
69 Krombi, Papua, Dipetik.
70 Amyen, Papua, Ditiup.
BACA JUGA :   SD3-7.2-Perubahan Energi

sumber: www.tematiku.blogspot.co.id.

Kamu telah mengetahui cara memainkan berbagai alat musik dan cara memainkannya. Tahukah kamu bahwa di sekitar kita juga banyak sekali benda yang dapat menghasilkan bunyi?

Ayo, kita pelajari lebih lanjut tentang bunyi!
Amati benda-benda yang ada di sekitarmu. Ambillah lima benda yang kamu anggap sebagai sumber bunyi. Pastikan bahwa benda yang kamu temukan berbeda cara membunyikannya (ditiup, digesek, dipetik, dipukul, atau ditekan).

Tuhan Yang Maha Esa menganugerahkan kita indera pendengar. Melalui indera ini, kita dapat mendengar dan menikmati hasil karya seni budaya yang beragam. Ayo kita cari tahu lebih lanjut tentang hal tersebut.

Bagaimana cara menghasilkan bunyi yang lebih keras atau lebih pelan?

Segala macam bentuk bunyi berasal dari benda yang bergetar. Getaran dari suatu benda akan mengakibatkan udara di sekitarnya bergetar. Getaran tersebut menimbulkan gelombang bunyi di udara. Benda-benda yang bergetar dan menghasilkan bunyi disebut sumber bunyi.

Secara berkelompok, bunyikanlah berbagai jenis barang seperti botol, sendok, ember, dan tutup panci. Usahakanlah agar bunyi yang dihasilkan enak didengar.

Apakah bunyi yang dihasilkan dari benda-benda itu sudah enak di dengar? Mengapa?

Apa yang kalian lakukan dalam kelompok sehingga alat-alat yang kalian mainkan menghasilkan bunyi?

Bagaimana caramu dan anggota kelompokmu bekerja sama agar menghasilkan bunyi yang enak didengar dengan alat yang beragam  itu?

Dalam kehidupan sehari-hari, banyak perbedaan yang kita temui, mulai dari perbedaan agama, suku, ras, hingga warna kulit. Sebagaimana halnya sebuah permainan musik yang terdiri atas berbagai alat musik, kehidupan nyata yang penuh dengan perbedaan pun dapat berdampingan dengan baik, asalkan setiap orang dapat saling menghargai keberagaman.

Menghargai perbedaan akan memperkuat persatuan dan kesatuan. Semua orang harus hidup rukun meskipun memiliki perbedaan.

 

PEMBELAJARAN 2.

Menyaksikan pawai budaya membuat Edo semakin kagum akan keberagaman budaya di Indonesia. Inginkah kamu tahu keberagaman budaya Indonesia lainnya? Ayo kita cari tahu bersama.

Pada saat menyaksikan Pawai Budaya, Udin sangat kagum dengan keindahan keberagaman budaya

Segi banyak adalah bangun tertutup yang seluruh sisinya dibatasi oleh garis. Jumlah sudut yang ada sama banyak dengan jumlah sisi yang dimilikinya.

Kurva tertutup sederhana yang memiliki sisi berupa ruas garis disebut dengan Segi Banyak. Segi banyak terjadi dengan menghubungkan beberapa titik satu sama lain yang tidak terletak pada satu garis lurus.

Apabila sisi dan sudut segi banyak berukuran sama, segi banyak tersebut dinamakan segi banyak beraturan. Segi banyak juga disebut bangun datar karena bangun datar merupakan sebuah bangun berupa bidang datar yang dibatasi oleh beberapa ruas garis dan di dalam bangun datar juga disebutkan mengenai segitiga, segi empat, segi lima dan segi enam.

Bangun datar dalam matematika disebut bangun geometri. Jumlah dan model ruas garis yang membatasi bangun tersebut menentukan nama dan bentuk bangun datar tersebut. Misalnya:  Bidang yang dibatasi oleh 3 ruas garis, disebut bangun segitiga. Bidang yang dibatasi oleh 4 ruas garis, disebut bangun segiempat. Bidang yang dibatasi oleh 5 ruas garis, disebut bangun segilima dan seterusnya. Jumlah ruas garis serta model yang dimiliki oleh sebuah bangun merupakan salah satu sifat bangun datar tersebut. Jadi, sifat suatu bangun datar ditentukan oleh jumlah ruas garis, model garis, besar sudut, dan lain-lain
Suku Minang
Manakah yang termasuk segi banyak?
Segi Banyak

BACA JUGA :   SD4.7.2.3 - SD Kelas 4 Tema 7 - Indahnya Keragaman Budaya di Negeriku. Sub Tema 2 - Pembelajaran 3

Tunjukkan sudut pada segi banyak berikut dan ukurlah besar sudutnya dengan menggunakan busur derajat!
Besar Sudut
Hitunglah banyak sudut pada setiap segi banyak berikut!
Jumlah Sudut
Jam Gadang adalah nama untuk menara jam yang terletak di pusat kota Bukittinggi, di Provinsi Sumatra Barat. Dinamai Jam Gadang karena menara ini memiliki jam dengan ukuran besar di empat sisinya. Selain sebagai penanda kota Bukittinggi, Jam Gadang juga dijadikan sebagai objek wisata dengan diperluasnya taman di sekitar menara ini. Taman tersebut menjadi ruang bertemu masyarakat baik pada hari kerja maupun hari libur. Acara-acara yang sifatnya umum biasanya diselenggarakan di sekitar taman dekat menara ini.

Indahnya Kota Jam Gadang
Liburan kali ini menjadi pengalaman yang tak terlupakan bagiku. Bagaimana nggak, aku diajak ayah dan ibu mengunjungi nenek di Bukittinggi, Sumatera Barat. Sudah lama banget aku tidak ke sana. Seingatku, terakhir ke sana aku masih berumur delapan tahun. Seperti apa ya, Bukittinggi sekarang?

Bukittinggi merupakan salah satu kota di Provinsi Sumatera Barat. Selain sebagai kota perjuangan, Bukittinggi juga ngetop sebagai kota wisata yang berhawa sejuk. Hari pertama aku tiba, hawa sejuk sudah menusuk kulitku. Kota Bukittinggi terletak pada rangkaian Bukit Barisan yang membujur sepanjang Pulau Sumatra, dikelilingi oleh dua gunung berapi, yaitu Gunung Singgalang dan Gunung Marapi. Kota ini berada pada ketinggian 909–941 meter di atas permukaan laut. Sebagian besar luas wilayah kota Bukittinggi diperuntukkan menjadi lahan budi daya, sedangkan sisanya merupakan hutan lindung.

Tidak hanya itu, Bukittinggi juga merupakan kota tujuan wisata. Tempat wisata yang rame dikunjungi adalah Jam Gadang. Jam ini adalah sebuah menara yang terletak di jantung kota, sekaligus menjadi simbol Bukittinggi. Jam Gadang berada di tepi sebuah lembah bernama Ngarai Sianok. Kedalaman Ngarai Sianok bervariasi antara 75 –110 meter. Di dasarnya mengalir sebuah sungai yang disebut dengan Batang Masang. Pemandangan kota ini benar-benar cakep, berbukit-bukit, dan berlembah. Beberapa bukit tersebut tersebar dalam wilayah perkotaan.

Perhatikan kata–kata pada bacaan di atas. Tuliskan 5 kata tidak baku dari teks. Pakailah Kamus Besar Bahasa Indonesia untuk mencari kata baku dan artinya.

Kata Tidak Baku Kata Baku Arti Kata
Nggak Baku : Tidak partikel untuk menyatakan pengingkaran, penolakan, penyangkalan, dan sebagainya; tiada:
Banget Baku : Sangat Terlebih-lebih (halnya, keadaannya, dan sebagainya); amat; terlalu:
Ngetop Baku : Terkenal Dikenal atau diketahui umum; termasyhur; tersohor
Rame Baku : Ramai Riuh rendah (tentang suara, bunyi):banyak kendaraan berlalu-lalang: riang gembira; meriah:
Cakep Baku : Indah Dalam keadaan enak dipandang; cantik; elok

Tahukah kamu bahwa sarang lebah juga terdiri atas segibanyak?

sd4-sarang-tawonSungguh menakjubkan bahwa Tuhan menciptakan sarang lebah yang tersusun dari sekumpulan bentuk segienam. Ahli matematika meneliti bahwa bentuk segienam adalah bentuk geometris yang paling sesuai untuk memanfaatkan setiap bagian secara maksimum. Seandainya sarang lebah dibangun dengan bentuk

lain akan banyak bagian yang tidak terpakai. Akan lebih sedikit madu yang dapat disimpan dan lebih sedikit lebah yang mendapat manfaatnya.

Setelah kamu belajar tentang segibanyak, kini saatnya kamu mengisi diagram berikut.

Keberagaman budaya Indonesia sangat Indah. Diantaranya tarian, rumah adat, makanan, dan lain-lain. Keberagaman tersebut memperkaya budaya Indonesia.

Tahukah kamu, bahwa kita bisa mendesain keberagaman budaya Indonesia dari tangram?

Perhatikan bentuk keberagaman budaya  Indonesia! Keberagaman budaya Indonesia sangat Indah. Diantaranya tarian, rumah adat, makanan, dan lain-lain. Keberagaman tersebut memperkaya budaya Indonesia. Tahukah kamu, bahwa kita bisa mendesain keberagaman budaya Indonesia dari tangram?

Perhatikan bentuk keberagaman budaya  Indonesia!

sd4-tangram

TANGRAM

Tangram adalah permainan yang paling tua yang dikenal dalam matematika. Perminan ini dikembangkan pertama kali di negeri Cina dan sering disebut dengan puzzle china. Tangram berasal dari kata Tang dan Gram. Istilah ini pertama kali dikenalkan oleh Thomas Hill dalam bukunya Geometrical Puzzle for the Youth pada tahun 1848.

sd4-tangram2-png

 

Buatlah satu bentuk (rumah, tarian, keunikan keberagaram Indonesia lainnya) dari tangram. Mintalah pendapat temanmu.

Keberagaman budaya Indonesia juga terlihat dari tarian  daerah.

Tari Bungong Jeumpa dari Aceh. Bungong Jeumpa berarti bunga cempaka.

Sekarang saatnya kamu berlatih menarikan tarian Bungong Jeumpa. Tarian ini dibagi ke dalam dua gerakan, yaitu gerakan saat berdiri dan gerakan saat duduk. Kali ini kita akan mempelajari gerakan berdiri. Lakukan gerakan ini dengan aba-aba hitungan dari gurumu.

Pak Sammy, Pak Encep, Pak Made, Pak Udin, dan Pak Nur tinggal di Kampung Babakan. Mereka berasal dari suku yang berbeda-beda. Mereka juga mempunyai kesukaan makanan yang berbeda-beda. Makanan kesukaan mereka adalah makanan khas daerahnya. Mereka juga sangat ahli dalam memainkan alat musik daerah   masing-masing.

Mereka menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa sehari-hari meskipun masih sangat terpengaruh dengan logat bahasa daerah  mereka.

sd4-pakaian-adat

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *