SD Kelas 4 – Tema 6.1 – Cita-citaku – Aku dan Cita-citaku – Bagian 2

SD Kelas 4 – Tema 6.1 – Cita-citaku – Aku dan Cita-citaku – Bagian 2.

Pembelajaran – 3.

Pernahkah kamu mendengar ucapan berikut? “Gantungkan cita-citamu setinggi langit.” Kalimat itu mengajak kita agar kita berusaha sekuat tenaga untuk mencapai cita-cita. Artinya, kita harus selalu bersemangat dan tidak mudah menyerah.

Beni berjalan beriringan dengan Made menuju ke kelas. Made tertarik dengan sebuah gulungan koran anak yang dibawa Beni.
“Apa yang kamu bawa, Ben? Apakah hari ini kita diminta membawa sesuatu dari rumah?” Tanya Made.
“Ah, tidak, Made. Hari ini rasanya kita tidak diminta untuk membawa sesuatu. Akan tetapi, aku ingin menunjukkan sebuah artikel di koran ini kepada Bu Guru.” Jawab Beni sambil tersenyum.
“Artikel tentang apakah itu, Ben? Aku jadi penasaran!” Kata Made tidak sabar.
“Ini tentang seorang pemuda yang berani, kawan! Masih muda ia telah menjadi peternak dan pengusaha yang hebat!” Kata Beni bangga.
“Wah! Hebat! Bolehkah aku membacanya sekarang?” Pinta Made tidak sabar.
“Hanya untuk kawanku, kau boleh membacanya sekarang sebelum aku memberikannya kepada Bu Guru,” jawab Beni sambil mengulurkan gulungan koran anak tersebut kepada Beni.

Peternak Muda dari Malang.

Menjadi pengusaha di usia muda, mungkin bukan tujuannya. Ia hanya ingin membangun usaha mandiri seusai kuliah. Seorang pemuda bernama Triyono merintis usaha peternakan bebek potong sejak tahun 2006 dengan modal seadanya. Berbekal ilmu peternakan yang didapatnya dari tempat ia belajar di Universitas Sebelas Maret, ia memulai usahanya.

Usaha peternakan bebek potong ia kembangkan hingga pada tahun 2007 ia mendapat inspirasi baru. Ketika ia melihat hewan-hewan kurban, ia berpikir untuk mulai membangun sebuah peternakan sendiri. Untuk mendapatkan dana, ia membentuk sebuah kelompok bersama untuk mengumpulkan dana dari teman-teman semasa kuliah.

Setahun kemudian, Triyono berhasil memiliki sebuah lahan. Meski lahan itu tak terlalu besar, ia dapat membangun beberapa kandang untuk mulai beternak sapi. Setelah usahanya berjalan, setahun berikutnya, ia mengembangkan usahanya untuk membangun peternakan dan pemotongan ayam.
Usaha Triyono kian membesar. Kini ia telah memiliki usaha ternak ayam, bebek, sapi berikut pemotongannya. Ia pun mengolah limbah peternakannya untuk dijadikan pupuk. Meskipun kini usahanya kian membesar, ia tidak cepat puas. Ia bermimpi bisa memenuhi pasokan daging sapi di Jakarta yang saat ini masih impor dari luar negeri.

Sumber : www.economy.okezone.com dengan penyesuaian.

Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini berdasarkan artikel!
1. Siapakah Triyono? Pengusaha muda yang memulai usaha sejak lulus kuliah.

2. Apa saja yang telah dilakukannya untuk menjadi pengusaha? mulai usaha dari ternak bebek, kemudian di kembangkan ke ternak kambing, sapi, ayam ; dengan menghimpun dukungan dari teman-teman kuliahnya.

3. Kendala apa sajakah yang dihadapinya? kendala biaya

4. Apakah mimpinya? Mempunyai Usaha Mandiri pada bidang peternakan.

 

Hewan-hewan tersebut dipelihara oleh manusia dan dimanfaatkan manusia sesuai dengan tujuannya. Para peternak berusaha agar hasil peternakannya memiliki kualitas yang baik.

Selain beternak, kegiatan pertanian merupakan kegiatan yang paling banyak dilakukan masyarakat Indonesia. Sebagai negara agraris, Indonesia memiliki lingkungan alam yang mendukung tumbuhnya macam-macam tanaman produk pertanian dengan kualitas baik.

Gambar : Mangga, Apel, Brokoli, Wortel, Kembang Kol.

Tumbuhan dapat tumbuh subur bila dirawat dengan baik. Selain perawatan, tumbuhan juga memerlukan lingkungan yang sesuai. Menurutmu, di lingkungan seperti apakah pohon apel dan mangga itu dapat tumbuh dengan subur? Di lingkungan seperti apakah sayuran brokoli, wortel, dan kol dapat tumbuh dengan subur?

Peta konsep adalah gambar yang menghubungkan satu ide utama dengan  ide lainnya pada sebuah bacaan. Peta konsep biasanya digunakan untuk meringkas suatu bacaan menggunakan bagan atau diagram.

Indonesia memiliki wilayah yang sangat luas dengan kondisi alam yang berbeda-beda. Perbedaan lingkungan alam itu menyebabkan perbedaan kegiatan penduduk dan sumber daya alam yang ada.

Sumber daya alam ada berbagai macam. Ada sumber daya alam yang dapat diperbarui, juga ada sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui. Sumber daya alam yang dapat diperbarui adalah sumber daya alam yang dapat dihasilkan kembali. Tumbuhan dan hewan termasuk sumber daya alam yang dapat diperbarui. Kita dapat menghasilkan kembali tumbuhan dan hewan yang lain untuk dimanfaatkan. Tumbuhan dapat dihasilkan melalui usaha pertanian. Hewan dapat dihasilkan melalui usaha peternakan.

1. Buatlah kelompok yang terdiri atas 4-5 siswa.

2. Diskusikan mengenai hal-hal  berikut :
a. Di antara lingkungan-lingkungan berikut, termasuk lingkungan apakah daerah tempat tinggalmu?
1)  Pegunungan;
2) Pantai,
3) Lainnya (tuliskan menurut pengamatanmu).
b. Tuliskan potensi sumber daya alam yang ada di daerahmu!
c. Mata pencaharian (pekerjaan) penduduk di sekitar tempat tinggalmu!

3. Buatlah laporan hasil diskusimu. Tuliskan laporanmu dalam bentuk tabel seperti berikut!

4. Buatlah kesimpulan hasil diskusimu dengan menjawab pertanyaan berikut
a. Apakah potensi sumber daya alam yang ada di daerahmu sesuai dengan lingkungannya?
Sumber Daya Alam di Blitar, Tanah yang subur, tambang pasir dan batuan, Wisata alam, bendungan  sungai brantas,
b. Apakah mata pencaharian atau pekerjaan penduduk di sekitarmu sesuai dengan lingkungannya?
petani, pedagang, pegawai pemerintah, pegawai swasta, dan lain-lain.

 

Mata pencaharian atau pekerjaan penduduk di sekitar tempat tinggalmu ada berbagai macam. Apakah pekerjaan yang kamu cita-citakan sesuai dengan lingkunganmu? Apakah pekerjaan yang kamu cita-citakan berguna bagi masyarakat di sekitarmu? Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut, lakukan kegiatan di bawah ini!

1. Kegiatan dilakukan secara berpasangan dengan teman sebelahmu!
2. Bertanyalah kepada temanmu mengenai hal-hal berikut.
a. Apa cita-citamu?
b. Apa manfaat cita-citamu bagi kehidupan di sekitarmu?
3. Laporkan hasil jawabanmu pada diskusi kelas. Tuliskan hasil diskusi dengan mengisi tabel seperti berikut.

 

 

 

 

 

 

Kamu sudah tahu beragam cita-cita teman-teman sekelasmu! Dapatkah kamu membuat kesimpulan tentang cita-cita mereka yang beragam tersebut?

 

Keragaman sumber daya alam, lingkungan, pekerjaan dan cita-cita memperkaya masyarakat Indonesia. Kini kamu tahu bahwa keragaman itu membuat hidupmu semakin berwarna. Keindahan keragaman dituangkan dalam puisi berikut ini. Ayo, simaklah puisi berikut!

Hidupku Penuh Warna
Karya: D. Karitas

Bukit-bukit itu membiru dari jauh
Laut itu pun membiru dari jauh
Mereka  terlihat sama
Walaupun berbeda

Keduanya indah
Keduanya memesona
Walaupun berbeda
Keduanya tak terpisah

Aku, kamu, dan kalian
Cita-cita kita mungkin berbeda
Bukan siapa yang berlebihan
Tapi kita akan bersama meraihnya

Hidupku penuh warna
Seperti pelangi di bawah langit
Berbeda itu indah
Yang membuat kita bersyukur pada Ilahi

Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini.
1. Apakah judul puisi tersebut?  Hidupku Penuh Warna  Siapakah pengarangnya? D.Karitas 

2. Apakah yang kamu bayangkan ketika kamu membaca judul puisi  tersebut?

3. Menurutmu, apakah isi puisi  tersebut?
4. Berapakah jumlah bait dalam puisi tersebut?


5. Berapakah jumlah baris di setiap baitnya?
6. Tentukanlah rima setiap bait pada puisi tersebut!

  1. Apakah manfaat keragaman bagimu?
  2. Sikap apakah yang perlu dikembangkan untuk menghadapi keragaman?
  3. Hal baru apa saja yang kamu temukan pada pembelajaran hari ini?

 

BACA JUGA :   SD Kelas 5 Tema 6 - Pahlawan Buku - Penulis Ganda Rudolf - Literasi 2
Pembelajaran 4.

Perhatikan gambar di atas! Apa yang dapat kamu ceritakan dari gambar tersebut? Ya, kamu dapat memiliki lebih dari satu cita-cita. Cita-citamu pun tidak harus berupa profesi tertentu. Cita-cita seseorang tentu merupakan impian yang ingin dicapai karena ia memiliki minat dan kesukaan. Tentu saja minat dan kesukaanmu terhadap bidang tertentu akan membantumu meraih cita-citamu.

Siti ingin menjadi peneliti di bidang tumbuhan. Ia suka berkebun. Halaman rumahnya ditumbuhi berbagai tanaman. Siti juga suka membaca buku tentang tumbuhan. Bagaimana dengan kegiatanmu di rumah?


1. Apakah cita-cita atau mimpimu?
2. Kegiatan apa saja yang kamu suka lakukan di rumah?
3. Kegiatan apa sajakah yang kamu sukai di  sekolah?
4. Kegiatan apa yang menurutmu paling sulit dilakukan?


5. Jelaskan kegiatan apa saja yang dapat membantumu untuk meraih cita- citamu!

 

Cari tahulah megenai kegiatan-kegiatan yang disukai dan kegiatan yang sulit dilakukan oleh temanmu! Lakukan tanya jawab dengan teman sebelahmu! Sebelum melakukan tanya jawab, buatlah pertanyaan-pertanyaan untuk membantumu menemukan informasi yang kamu perlukan!

Pertanyaan untuk mencari tahu tentang kegiatan yang disukai dan kegiatan yang sulit dilakukan oleh teman, misalnya adalah sebagai berikut.

1. Apakah kegiatan yang kamu sukai?
2. Mengapa kamu menyukai kegiatan itu?
3. Apakah kegiatan penting yang sulit kamu  lakukan?
4. Mengapa kegiatan itu sulit bagimu?
5. Pekerjaan apakah yang  kamu  cita-citakan?
6.
7.
8.

 

Apakah kegiatanmu sama dengan kegiatan temanmu? Apa kesimpulanmu tentang cita-cita temanmu?Terdapat banyak kisah tentang orang-orang yang meraih mimpi besarnya dengan menghadapi kegagalan terlebih dahulu.

Banyak kegiatan yang bermanfaat untuk kamu lakukan! Semuanya memiliki manfaat untuk mencapai cita-citamu! Oleh karenanya, kamu harus terus berusaha mengatasi kesulitan-kesulitan dalam melakukan kegiatan yang bermanfaat tersebut!

Kisah Sukses Mengatasi Kegagalan

Michael Jordan, Pemain Basket Dunia.
Saat duduk di bangku SMA, Michael pernah gagal masuk tim basket sekolahnya. Ia dianggap tidak cukup tinggi untuk memenuhi persyaratan masuk tim kebanggaannya. Dengan usaha yang sangat keras ia terus berlatih dan berlatih.

Pada saat menjadi pemain basket kelas dunia pun, ia banyak mengalami kegagalan. Ini pengakuannya: “Sepanjang karir saya, lebih dari 9.000 tembakan saya meleset. Saya pernah kalah dalam 300 pertandingan. Paling tidak, 26 kali saya dipercaya untuk melakukan tembakan penentu kemenangan, dan saya gagal. Saya telah berkali-kali mengalami kegagalan. Tetapi karena kegagalan itulah saya berhasil.”

 

Thomas Alva Edison, Penemu Lampu Listrik.

Semasa sekolah ia pernah dikeluarkan dari sekolahnya karena dianggap tidak dapat mengikuti pelajaran di sekolah. Thomas kecil bermasalah dengan pendengarannya. Ia harus berusaha lebih keras dari teman- temannya yang lain dengan belajar sendiri di rumah dan membantu ibunya yang miskin.

Dengan belajar sendiri di rumah, Thomas membaca banyak buku yang memacunya melakukan berbagai macam percobaan di bidang sains. Beribu kali ia gagal. Dua ribu kali ia mencoba kembali. Ia tak pernah menyerah. Kegigihannya berbuah manis, sehingga kita dapat menikmati terangnya lampu pijar ciptaannya. Dapatkah kamu bayangkan jika ia menyerah?

Thomas menceritakan rahasia keberhasilannya. “Jika saya ditanya apakah yang dapat membuat seseorang berhasil dalam hidupnya. Jawaban saya sama. Orang itu harus terus menambah kegagalannya. Jika kamu takut gagal, kamu tidak berani mencoba dan berusaha.”

Sumber: www.life.com dengan penyesuaian

 

Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini

  1. Apakah mimpi Michael Jordan dan Thomas Alva Edison?
  2. Kegiatan apa saja yang senang dilakukan oleh keduanya?
  3. Tantangan apa saja yang dihadapi Michael Jordan dan Thomas Alva Edison untuk meraih mimpinya?
  4. Bagaimana cara mereka menghadapi kegagalannya?

Bagaimana denganmu?

1. Tantangan apa saja yang akan kamu hadapi untuk meraih mimpimu?

2. Bagaimana kamu akan menghadapi tantangan tersebut?

Beni yang berbadan kecil sangatlah gesit dan tangkas. Dayu yang gemulai, pandai menari. Lihatlah Siti yang lincah, sungguh sigap gerakannya. Lani yang senang berolahraga pun sangat bugar. Kenampakan luar mereka sangatlah beragam.  Namun semuanya memberikan manfaat!

Perhatikan  gambar berikut!

 

Negara Indonesia yang terletak di titik persilangan antara berbagai bangsa menyebabkan beragamnya ras yang ada di Indonesia. Ras berkaitan dengan ciri-ciri fisik atau ciri tubuh. Setiap suku di Indonesia mempunyai ciri fisik yang berbeda. Masyarakat yang tinggal di Pulau Papua dan Pulau Aru merupakan satu kelompok ras tertentu yang berbeda dengan kelompok lainnya. Kelompok masyarakat Sakai dari Riau, suku Kubu dari Sumatra Selatan, suku Tomuna dari Pulau Muna, masyarakat Enggano di Bengkulu dan masyarakat Mentawai memiliki kemiripan satu dengan yang lain. Masyarakat Batak, Toraja, dan Dayak ada dalam kelompok ras tersendiri. Demikian juga dengan kelompok masyarakat Madura, Jawa, dan Bali memiliki ciri fisik yang hampir serupa.

Sumber : http://www.guruips.com


Bersama dengan teman sekelompokmu diskusikan beberapa pertanyaan berikut!

1. Bagaimana keragaman orang-orang yang ada di sekitarmu? Adakah ciri fisik berdasarkan suku asal yang membedakannya? Ciri Fisik Rambut ada yang keriting, ada yang lurus; Warna kulit ada yang gelap ada yang terang.

2. Apakah manfaat mengetahui keragaman ras dan ciri fisik suku-suku yang ada di Indonesia?
Jawab : Tahu bahwa indonesia kaya akan berbagai adat dan budaya dari beragam ras dan suku-suku tersebut dan bisa saling menghargai.
3. Apakah manfaat mengetahui keragaman ras dan ciri fisik masyarakat di sekitar kita?
Dengan tahu keragaman tersebut maka bisa saling menghargai, dan tidak mempertentangkannya.

4. Jelaskan hasil diskusimu di depan kelas!
Perbedaan ciri fisik yang khas antar ras dan suku bangsa memperkaya keragaman masyarakat Indonesia. Keragaman yang menguatkan satu dengan yang lain sebagai bangsa Indonesia yang berbesar hati hidup rukun dalam perbedaan.  Keunikan tersebut disampaikan pada sebuah puisiBaca dan simaklah puisi berikut!.


Perbedaan ciri fisik yang khas antarras dan suku bangsa memperkaya keragaman masyarakat Indonesia. Keragaman yang menguatkan satu dengan yang lain sebagai bangsa Indonesia yang berbesar hati hidup rukun dalam perbedaan.  Keunikan tersebut disampaikan pada sebuah puisi.

Baca dan simaklah puisi berikut!.


Tanah Airku, Tanah yang Beragam

Karya: D. Karitas

Kamu menyebut dirimu orang Toraja
Dia menyebut dirinya orang Papua
Aku menyebut diriku orang Madura
Kami menyebut diri kami, orang Indonesia

Kamu bersyukur dilahirkan di tanah para raja
Dia berterima kasih bergelar Mutiara Hitam
Aku bangga disebut sebagai Punggawa
Kami bersujud dikenal sebagai Nusantara Tanah airku, tanah titipan para dewa

Tanah airku, tanah pusaka
Tanah airku, tanah yang beragam Segalanya ada untuk manusia Indonesia
Mari kita rawat ibu pertiwi ini
Mari kita sayangi jagad Nusantara ini Mari kita pelihara pusaka ini
Demi kita, bangsa Indonesia

Sudahkah kamu menyimak puisi tersebut? Tahukah kamu makna puisi tersebut?

Lakukanlah kegiatan ini secara berpasangan.

1. Bacalah kembali dengan saksama bait pertama puisi tersebut.
2. Secara bergantian, ceritakan apa yang kamu bayangkan pada saat kamu membacanya kepada teman sebangkumu. Berdiskusilah.
3. Tuliskan hasil diskusimu pada bait pertama dalam sebuah paragraf.
4. Lakukanlah hal yang sama dengan bait-bait yang lain. Gunakan diagram di bawah untuk mencatatnya.
5. Bacalah kembali makna setiap bait di dalam puisi tersebut. Lalu ringkaslah menjadi satu paragraf yang lain untuk mewakili makna keseluruhan puisi tersebut.
6. Bacakan hasil diskusimu dengan teman sebangkumu di depan kelas.

 

BACA JUGA :   SD Kelas 4 - Tema 6.2 - Hebatnya Cita-citaku - Pembelajaran 2

Keragaman di Indonesia tidak melulu tentang budaya dan tradisinya. Adanya keragaman alam juga mengakibatkan beragamnya sumber daya alam yang ada. Salah satu sumber daya alam yang tidak terbarukan adalah sumber daya berupa pertambangan. Bahan yang ditambang adalah berbagai jenis mineral dan logam, seperti emas, timah, nikel, batu bara, dan bauksit.

Perhatikan di lingkungan tempat tinggalmu! Carilah informasi tentang sumber daya alam tak terbarukan di daerahmu!  Lalu, lakukan kegiatan   berikut!

1. Buatlah kelompok yang terdiri atas 4 sampai 5 siswa.
2. Carilah informasi mengenai sumber daya alam yang terdapat di daerahmu.
3. Tuliskan sumber daya alam yang dapat diperbarui di daerahmu.
4. Tuliskan sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui di daerahmu.
5. Dimanfaatkan untuk apakah sumber daya alam itu bagi penduduk di daerahmu.
6. Buatlah laporan hasil diskusi kalian tersebut.

 

 

Siswa dengan dibantu oleh orang tua membuat puisi tentang sumber daya alam yang terdapat di daerahnya. Siswa dibantu mengenai penentuan sumber daya alam yang akan dibuat puisi.

 

 

Pembelajaran 5.

Kegiatan yang kita sukai dapat menentukan jenis kegiatan dan pekerjaan yang kita cita-citakan. Cobalah baca kembali puisi tentang Cita-Cita pada pembelajaran yang telah lalu.

 

 


Cita-Citaku
Karya: Angelica

Suara indah alat musik
Alunannya tenang mendayu
Seakan selalu berbisik
Aku selalu ada untukmu

Aku suka alat musik itu
Karena itu aku ingin menjadi pemain
Inilah cita-citaku
Menjadi pemain biola

Langkah-langkah kujalani
Semua cobaan kulewati
Untuk mendapatkan apa yang kuinginkan
Semua akan kuperjuangkan

1. Apa isi dari bait kesatu puisi tersebut?

2. Apa isi dari bait kedua puisi tersebut?
3. Apa isi dari bait ketiga puisi tersebut?
4. Apa cita-cita yang disebutkan dalam puisi tersebut?
5. Berilah judul lain yang sesuai dengan puisi tersebut!

Puisi “Cita-Citaku” menunjukkan bahwa cita-cita sebagai pemain musik biola dapat diraih apabila rajin berlatih. Tidak mudah menyerah bila mengalami kesulitan.

Adakah di antara kalian yang mempunyai cita-cita sebagai pemain musik? Seorang pemain musik pasti tahu tentang notasi lagu, tempo, dan tinggi rendah nada.

 

 


Nyanyikan lagu di bawah ini dengan tempo yang sesuai!

Aku Ingin Jadi Penerbang
Lagu dan Syair

ciptaan: AT  Mahmud

ku ingin menjadi penerbang
Langit biru tempat bermain
Melayang-melayang
Terbang setinggi mungkin

Tangkas berani laksana elang
Jauh terbangku di ruang angkasa
Melayang-melayang
Antara bintang-bintang

 

1. Apa judul lagu itu?
2. Tempo apakah yang digunakan untuk menyanyikan lagu tersebut?
3. Nyanyikan bait lagu yang pertama!
Tandailah nada-nada yang memiliki nada tinggi!
4. Nyanyikan bait lagu yang kedua!
Tandailah nada-nada yang memiliki nada rendah!

 


Bacalah syair lagu “Aku Ingin Jadi Penerbang”!

Tuliskan isi syair lagu pada bait pertama!
Tuliskan isi syair lagu pada bait kedua!
Menurutmu, kegiatan apa yang harus dilakukan agar cita-cita menjadi penerbang dapat tercapai?

 

 

 

 

 

Kita akan membuat puisi berdasarkan isi puisi yang sudah kita tentukan. Sebelumnya, cobalah baca bait puisi berikut dan tentukan isinya!

Aku memandang bintang bertaburan
Betapa indah kerlip bintang di tengah langit malam
Ingin kulukis indahnya pemandangan malam
Pada kertas gambarku

Isi bait puisi di atas adalah

Menari Kupu-Kupu
Karya: Aisy Asma Nadia

Gadis kecil berselendang warna-warni
Dengan bibir yang mungil menari-nari
Parasmu nan ayu
Jemari lentikmu mendayu
Ikuti irama kupu-kupu
Yang  menari-nari indah
Di tepian panggung, tepuk tanganpun terdengar meriah

 

 

 

Isi bait puisi tersebut adalah

Kamu harus menguasai semua keterampilan yang diajarkan di sekolah. Semua keterampilan itu dapat membantumu meraih cita-citamu! Kegemaranmu mengerjakan sesuatu tentu juga dapat membantumu meraih cita-citamu, jika cita-citamu sesuai dengan kegemaran atau hobimu.

Amatilah gambar di bawah ini!
Manfaat apa saja yang didapatkan mereka dengan melakukan kegiatan tersebut? Bagaimanakah kegiatan tersebut dapat membantu mereka meraih cita-cita mereka?

Keterangan gambar :
– Dayu gemar menari, ia bercita-cita  menjadi pelukis.
– Lani gemar menyanyi, Ia bercita-cita menjadi ahli komputer.
– Siti gemar membaca, Ia bercita-cita menjadi ilmuwan.
– Udin gemar melukis, ia bercita-cita ingin menjadi guru.
– Beni gemar berolahraga, ia bercita-cita menjadi seorang olahragawan.

Apakah kesimpulanmu?

 

BACA JUGA :   SD Kelas 4 - Tema 6.2 - Hebatnya Cita-citaku - Pembelajaran 1

 

 

Tidak semua kegiatan yang sesuai kegemaran akan menjadi mata pencaharianmu kelak seperti yang kamu cita-citakan. Akan tetapi, kegemaran melakukan kegiatan tertentu akan membantumu mencapai cita-citamu. Pada saat melakukan kegiatan tertentu, kamu sedang melatih sebuah keterampilan dan sikap yang baik. Keterampilan dan sikap yang baik itulah yang akan membantumu mencapai cita-citamu.

Mari lakukan kegiatan berikut ini untuk mencari tahu.

1.        Buatlah kelompok yang terdiri atas 4–5 siswa.
2.        Buatlah data kegemaran setiap anggota kelompok dan cita-citanya.
3.        Laporkanlah data tersebut dalam bentuk tabel seperti    berikut.

1.  Apakah kegemaran siswa tersebut dapat membantunya mencapai cita- citanya?
2. Adakah kegemaran siswa yang tidak sesuai dengan cita-cita? Apabila ada, mintalah temanmu untuk menjelaskan alasannya!
3.Apa kesimpulan hasil diskusi kelompok. Tuliskan hasil diskusi itu pada kertas tugas dan dikumpulkan kepada   guru


Siswa bertanya kepada orang tua tentang kegemarannya semasa kecil. Apakah kegemaran orang tua sesuai dengan pekerjaannya sekarang? Siswa berdiskusi mengenai kesesuaian cita-cita dengan kegiatan yang digemari seseorang

 

 

Pembelajaran 6.


Saatnya untukmu melakukan sesuatu untuk meraih cita-citamu. Setelah kamu memiliki cita-cita dan mimpi, kamu pasti tahu apa yang harus kamu lakukan. Jika kamu tidak melakukan apa-apa, mimpi itu tidak akan pernah terwujud.
Kamu telah banyak belajar tentang puisi dan menjelaskan maknanya. Pilihlah salah satu puisi yang ada pada kegiatan pembelajaran sebelumnya. Kamu juga dapat mengambil puisi dari majalah atau koran anak.

Bacalah puisi itu di depan kelas secara bergiliran.

1.        Amatilah dengan cermat isi puisi pilihanmu dan pilihan temanmu ketika dibacakan di depan kelas.
2.        Tuliskan isi puisi temanmu pada tabel yang kamu buat.
3.        Siapkan tabel pengamatan seperti contoh berikut.
Isi puisi tersebut menunjukkan makna puisi yang terkandung di dalamnya. Puisi merupakan karya sastra yang diungkapkan dengan bahasa yang indah. Kita dapat menuangkan curahan hati dan pikiran kita dalam sebuah puisi.
Sebuah lagu juga memiliki makna yang terkandung di dalamnya. Makna lagu tercermin dari isi syair lagunya.
Makna lagu menentukan juga tempo yang digunakan untuk menyanyikan lagu tersebut.

1.  Buatlah kelompok yang terdiri atas 4-5 siswa!
2.   Bacalah syair lagu-lagu berikut!
3.   Diskusikan tempo lagu yang sesuai dengan syair lagu tersebut!

Indonesia tanah air beta
Pusaka abadi nan jaya
Indonesia sejak dulu kala
Tetap dipuja-puja bangsa

(Dicuplik dari lagu Indonesia Pusaka, ciptaan Ismail Marzuki)

Isi lagu

Tempo lagu yang sesuai …

Waktu kukecil hidupku amatlah senang
Senang dipangku-pangku dipeluknya
Serta dicium-cium dimanjakan
Namanya kesayangan

(Dicuplik dari Lagu Kesayangan, Ciptaan Daljono)

Isi lagu

Tempo lagu yang sesuai …

Udara cerah berlangit biru
Indonesia tanah air beta
Pusaka abadi nan jaya Indonesia sejak dulu kala T
etap dipuja-puja bangsa
Ingin aku bersenang-senang bersamamu
Bernyanyi-nyanyi dan menari
Di alam bebas dan segar seperti  ini

(Dicuplik dari lagu Hati Gembira, ciptaan AT Mahmud)

Isi lagu

Tempo lagu yang sesuai ….

Ibu guru kami pandai bernyanyi
Pandai bercerita asyik sekali
Kami dibimbingnya dengan tulus hati
Jadi orang berguna di kemudian  hari

(Dicuplik dari lagu Ibu Guru Kami, ciptaan Mochtar Embut)

Isi lagu
Tempo lagu yang sesuai ….

Ayo kawan kita bersama
Menanam jagung di kebun kita
Ambil cangkulmu ambil pangkurmu
Kita bekerja tak jemu-jemu

(Dicuplik dari lagu Menanam Jagung, ciptaan Ibu Sud)

Isi lagu…
Tempo lagu yang sesuai ….

4.Setiap anggota kelompok mencoba membuat satu bait syair lagu.
5.Diskusikan tempo lagu yang cocok dengan isi lagu  tersebut.
6.Buatlah daftar isi lagu dan tempo yang sesuai dengan isi syair lagu tersebut.

 

 

 

 

 

Tempo lagu yang sesuai menentukan keindahan lagu tesebut. Selain itu, keindahan lagu juga ditentukan oleh ketepatan kita menyanyikan lagu sesuai dengan nadanya. Keindahan lagu ditentukan juga oleh ketepatan menyanyikan lagu sesuai tinggi rendahnya nada.

Carilah contoh lagu anak yang kamu sukai.
Tuliskan syair lagu berserta notasinya.
Kemudian, tandailah notasi yang memiliki nada tinggi dengan lingkaran biru.
Tandailah  notasi nada rendah dengan lingkaran   hijau

……………………………………………. (Judul lagu)
Ciptaan: ……….

1. Tuliskan apa saja yang telah kamu pelajari dari kegiatan hari ini.
2. Apa yang ingin kamu ketahui lebih lanjut?
3. Bagaimana perasaanmu selama belajar?
4.Hal baik apa yang dapat kamu  pelajari?

Mintalah orang tuamu menjelaskan tentang salah satu lagu kesukaan mereka. Tuliskanlah syair lagu tersebut dan nyanyikanlah bersama-sama.

Berilah tanda ü bila jawabanmu ya!
1.  Apakah aku sudah paham tentang ciri-ciri puisi!                                                          

2. Apakah aku sudah paham tentang daur hidup hewan?                                                 

3.  Apakah aku sudah paham tentang sumber daya alam yang ada di sekitarku?            

4. Apakah aku sudah paham bahwa terdapat keragaman kegiatan yang dapat
membantu menyelesaikan pekerjaan dengan baik?                                                          
5. Apakah aku sudah paham tentang tempo lagu dan tinggi rendah nada?                        

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *