BSE 2013 – SD Kelas 6 Tema 1.2.3 Selamatkan Mahkluk Hidup Revisi 2018

BSE 2013 – SD Kelas 6 Tema 1.2 Selamatkan Mahkluk Hidup Revisi 2018.

Pembelajaran 3.

Ikan sangat bermanfaat bagi tubuh. Apabila tubuhmu sehat, kamu dapat mengikuti kegiatan dengan semangat.
Sudahkah kamu makan ikan hari ini?

Ikan sangat bermanfaat bagi tubuh. Apabila tubuhmu sehat, kamu dapat mengikuti kegiatan dengan semangat.
Sudahkah kamu makan ikan hari ini?

Melempar dan Menangkap Bola :

1.Kelas dibagi menjadi 4 regu atau sesuai kebutuhan. Setiap regu dibagi menjadi dua kelompok dan berdiri saling berhadapan dengan jarak empat meter.
2.Setiap regu memiliki 2 bola kecil.
3.Bola A dipegang oleh pemain di ujung kanan baris pertama.
4.Bola B dipegang oleh pemain di ujung kiri baris ke dua.
5.Saat terdengar peluit, lempar dan tangkap bola secara silang.

Bagaimana melempar dan menangkap bola yang benar?

TEKNIK MELEMPAR BOLA.

Keterampilan melempar bola sangat menentukan keberhasilan dalam suatu permainan. Pemain harus mampu melempar dengan cermat, kuat, dan tepat.

Tiga jenis lemparan bagi pemain di lapangan adalah sebagai berikut.

a.lemparan melambung.
b.lemparan mendatar.
c.lemparan menyusur tanah.

Lemparan melambung :

1.Berdiri tegak sambil kaki maju satu langkah ke depan, tangan yang memegang bola ditarik ke belakang atas, siku sedikit ditekuk sehingga badan agak condong ke belakang, lutut kaki belakang ditekuk sedikit, pandangan ke arah sasaran.
2.Ayunkan lengan ke depan dan disertai dengan lecutan pergelangan tangan melalui atas bahu.

Lemparan Mendatar :

1.Berdiri tegak sambil kaki maju satu langkah ke depan, tangan yang memegang bola ditarik ke belakang melalui samping badan, badan sedikit diputar, lutut kaki belakang sedikit ditekuk sehingga badan agak condong ke belakang. Pandangan ke arah sasaran.

2.Ayunkan tangan ke depan melalui samping badan secara mendatar. Setelah bola terlepas dari tangan, langkahkan kaki belakang ke depan sebagai gerak lanjut.

BACA JUGA :   Soal SD6 IPS Bab 1 - Perkembangan Sistem Administrasi Indonesia

Lemparan Menyusur Tanah :

1.Berdiri tegak sambil maju satu langkah ke depan, tangan yang memegang bola ditarik ke belakang melalui samping badan, badan sedikit diputar, lutut kaki belakang ditekuk sehingga badan agak condong ke belakang, pandangan ke arah sasaran.
2.Ayunkan tangan ke depan melalui samping badan menyusur tanah/ mengarah ke bawah.
3.Segera setelah bola lepas dari tangan, langkahkan kaki belakang ke depan sebagai gerak lanjutan.

TEKNIK MENANGKAP BOLA.

Keterampilan menangkap bola sangat menentukan keberhasilan tim. Untuk itu pemain harus terampil, cermat, dan cepat dalam menangkap bola, baik bola yang datangnya melambung, mendatar, maupun menyusur tanah.

Cara Menangkap Bola yang Datangnya melambung (Vertikal)

  1. Berdiri, kedua kaki dibuka selebar bahu, kedua tangan lurus ke atas. Arah pandangan tertuju ke arah datangnya bola.
  2. Kedua telapak tangan direnggangkan dan lemas, membentuk.
  3. Saat bola menyentuh telapak tangan, tarik kedua tangan ke arah dad

Cara Menangkap Bola yang Datangnya Mendatar :
1.Berdiri, kedua kaki dibuka selebar bahu, kedua tangan diluruskan ke depan setinggi bahu.
2.Kedua telapak tangan dibuka dan saling berdekatan (menempel), arah pandangan tertuju ke arah datangnya bola.
3.Saat bola menyentuh telapak tangan, tarik kedua tangan ke arah dada.



Cara Menangkap Bola yang Datangnya Menyusur Tanah :
1.Sikap sambil berlutut kedua tangan diletakkan di depan lutut, telapak tangan menghadap ke depan.
2.Sikap sambil berdiri kaki rapat, badan dibungkukkan, kedua tangan diletakkan di depan kedua kaki.
3.Sikap sambil berdiri pada salah satu lutut, sedang kaki yang lain di depan, dan kedua tangan diletakkan di antara kedua kaki tersebut.

Setelah selesai berlatih, kamu bisa merefleksikan kegiatanmu dengan gurumu.

Kamu sudah banyak mengetahui jenis-jenis hewan dan perkembangbiakannya. Jelaskan cara perkembangbiakan hewan secara ovipar, vivipar, dan ovovivipar.
Tuliskan dalam bentuk peta pikiran perkembangbiakan hewan. Tulisanmu harus memuat cara perkembangbiakan, penjelasan, ciri-ciri, dan contoh dengan detail. Kamu dapat melengkapi dengan menempel gambar agar lebih menarik.

BACA JUGA :   BSE 2013 – SD Kelas 6 Tema 1.3 Ayo Selamatkan Hewan dan Tumbuhan Part 4

Indonesia memiliki berbagai jenis hewan. hewan tersebut memberikan bahan makanan yang berlimpah dan manfaat lainnya.
Bagaimana kita mensyukurinya?

Hari ini kamu akan mendengarkan lagi guru membaca teks laporan dan mencatat fakta-faktanya dan ide pokoknya.
Simaklah lagi dengan saksama teks yang dibacakan. Gunakan diagram berikut untuk mencatat ide pokok.

Setelah belajar hari ini, tulislah beberapa hal berikut.
-Hal apa yang paling menarik yang kamu pelajari hari ini? Mengapa?
-Apakah ada hal yang masih membingungkan?
-Apa yang akan kamu lakukan terkait hewan sebagai sumber kehidupan?

Setelah belajar hari ini, tulislah beberapa hal berikut.
-Hal apa yang paling menarik yang kamu pelajari hari ini? Mengapa?
-Apakah ada hal yang masih membingungkan?
-Apa yang akan kamu lakukan terkait hewan sebagai sumber kehidupan?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *