SD6 Tema 3-3 – Ayo Menjadi Penemu


SD6 Tema 3-3 – Ayo Menjadi Penemu.

Kita sudah mempelajari tokoh-tokoh dunia dengan penemuannya. Lalu, sikap-sikap seperti apakah yang harus dimiliki untuk menjadi seorang penemu? Ayo, kita belajar dari Pak Habibie!

 

Judul : Disiplin dan Kerja Keras Awal dari Sebuah Inovasi yang Cemerlang.

Prof. DR. Ing. Bacharuddin Jusuf Habibie adalah Presiden ketiga RI yang menjadi kebanggaan bangsa Indonesia. Beliau dilahirkan di Pare-Pare, Sulawesi Selatan, tanggal 25 Juni 1936.

Masa kecil Habibie dilalui di Pare-Pare. Sikap hidup disiplin dan kerja keras telah ditunjukkan Habibie sejak kanak-kanak. Ia memiliki semangat tinggi pada ilmu pengetahuan dan teknologi. Ia melanjutkan SMA di Bandung dan prestasinya selalu menonjol terutama pada pelajaran IPA dan Matematika.

Perjuangan Keras di Perantauan.
Didukung oleh kemauan keras untuk belajar, selepas SMA beliau masuk di ITB (Institut Teknologi Bandung) kemudian mendapatkan beasiswa untuk melanjutkan kuliah di Jerman jurusan Konstruksi Pesawat Terbang. Ia bertekad bulat untuk bekerja keras dan harus sukses. Habibie selalu menggunakan musim liburannya dengan bekerja mencari uang untuk membeli buku sebagai pendukung sekolahnya.
Tahun 1960, Habibie mendapat gelar Diploma Ing di Jerman dengan nilai sempurna. Ia bekerja di industri kereta api Jerman dan berhasil menemukan cara untuk membuat 1.000 wagon kereta api berkekuatan tinggi. Di pagi buta, Habibie harus berjalan kaki cepat ke tempat kerja yang jauh untuk menghemat kebutuhan hidup, kemudian pulang pada malam hari dan belajar untuk kuliahnya. Tahun 1965 Habibie mendapat gelar Dr. Ingenieur dengan nilai sangat sempurna.

Buah dari Kerja Keras.
Habibie kemudian bekerja di industri pesawat terbang Jerman. Karena sikap disiplin dan kerja keras, karirnya terus naik hingga dipercaya menjadi Vice President sekaligus Direktur dan Penasihat Senior bidang teknologi. Ia menjadi satu-satunya orang Asia yang berhasil menduduki jabatan bergengsi di perusahaan pesawat terbang Jerman.

Kecintaan pada Tanah Air.
Tahun 1968, Habibie mengundang 40 insinyur Indonesia untuk bekerja di Jerman guna mempersiapkan keterampilan dan pengalaman mereka dalam membuat produk industri dirgantara, maritim, dan darat di tanah air. Tahun 1974, Habibie diminta pulang ke tanah air dan menjadi penasihat pemerintah di bidang teknologi pesawat terbang. Ia menjadi Menteri Negara Riset dan Teknologi hingga menjadi Wakil Presiden dan Presiden RI ke-3.

Prestasi Cemerlang Buah dari Disiplin dan Kerja Keras.
Habibie menyumbang berbagai penemuan dan sejumlah teori di bidang konstruksi pesawat terbang, seperti “Habibie Factor“, “Habibie Theorem” dan “Habibie Method“ yang dipakai oleh universitas di seluruh dunia. Ia dijuluki sebagai “Mr. Crack” karena menemukan rumus untuk menghitung cacat badan pesawat terbang. Ia juga menerima banyak penghargaan dan prestasinya diakui berbagai lembaga internasional seperti di Jerman, Inggris, Swedia, Prancis, dan Amerika Serikat serta menerima penghargaan yang hampir setara dengan Hadiah Nobel.

Habibie: Bapak Teknologi Indonesia.
Tahun 1976, Habibie mendirikan industri pesawat terbang pertama di kawasan Asia Tenggara yaitu PT Nurtonio dan industri strategis lainnya. Industri binaannya berhasil memproduksi pesawat terbang, helikopter, senjata, amunisi, kapal, tank, panser, water cannon, kendaraan RPP-M, kendaraan tempur dan masih banyak lagi baik untuk keperluan sipil maupun militer.
Ditingkat dunia, Habibie terlibat dalam berbagai proyek desain dan konstruksi pesawat terbang seperti Fokker, pesawat angkut militer, jet eksekutif, Airbus, pesawat angkut dengan teknologi mendarat dan lepas landas secara vertikal, CN-235, dan CN-250. Selain itu, Habibie secara tidak langsung ikut terlibat dalam proyek perhitungan dan desain helikopter, pesawat tempur multifungsi, beberapa peluru kendali dan satelit di tingkat dunia.
Disarikan dari berbagai sumber.

Jawab pertanyaan berikut:
1.Apa topik masalah dari teks tersebut?
2.Apakah teks tersebut adalah jenis teks eksplanasi ilmiah? Jelaskan dan berikan contoh!
3.Apa pesan yang ingin disampaikan penulis melalui teks tersebut? Diskusikan pertanyaan tersebut bersama teman, dan tuliskan jawabannya.

Cermati kembali teks eksplanasi “Pensil, si Kecil yang Amat Penting”, pada pembelajaran sebelumnya.

Perhatikan kata bercetak miring yang terdapat pada teks tersebut. Diskusikan pertanyaan berikut bersama teman:
1. Apakah kosakata tersebut telah sesuai dengan Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI)? Jelaskan alasannya!
2.Di mana dan kapan biasanya kamu menemukan penggunaan kosakata tersebut?
3.Kapan saat-saat kita dapat menggunakan kosakata tersebut? Dan saat kapan kita sebaiknya tidak menggunakan kata-kata tersebut? Jelaskan alasannya!

Cermati hasil diskusimu, sesuaikan dengan pernyataan berikut ini:

Kosakata baku adalah kosakata yang penulisannya telah sesuai dengan Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI). Sebaliknya, kosakata non-baku adalah kosakata yang penulisannya tidak sesuai dengan Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI).
Kosakata baku wajib digunakan dalam tulisan, atau percakapan pada acara-acara formal. Kosakata non baku boleh digunakan dalam bahasa percakapan pada acara non-formal, seperti saat berbicara kepada teman dalam kehidupan sehari-hari.

Cermati kosakata non-baku pada teks eksplanasi “Pensil, si Kecil yang Amat Penting” dalam tabel berikut.

Habibie dengan penemuannya telah memberikan manfaat yang cukup besar terhadap dunia transportasi,
khususnya pada transportasi udara. Bagaimana pengaruh alat transportasi terhadap kehidupan ekonomi masyarakat Indonesia?

Tampak dalam gambar alur distribusi barang :

  • Barang di produksi oleh suplier di pabrik.
  • Dengan alat distribusi Truk ataupun pesawat barang di kirim ke Agen.
  • Agen mengirim barang ke pedagang besar.
  • Pedagang besar mengirim barang ke Pengecer.
  • Pengecer menjuad barang ke konsumen.

Diskusikan pertanyaan berikut:
1.Bagaimana pengaruh alat transportasi modern terhadap penyebaran barang-barang hasil produksi pertanian, perikanan, dan industri? Berikan beberapa contohnya!
2.Apa yang akan terjadi pada kehidupan masyarakat, jika tidak terdapat beragam alat transportasi modern, seperti pesawat terbang, kapal laut, kereta api, dan truk kargo?

Buatlah cerita proses perjalanan satu benda yang dijual di lingkungan sekitar sekolah, yaitu dari benda tersebut dihasilkan, disebarkan hingga sampai pada dirimu.

Ceritamu dapat dalam bentuk tulisan atau gambar. Buatlah dengan jelas, rapi, dan menarik.
Kamu dapat memajang hasil karyamu di kelas sebagai bahan belajar teman yang lain.

Amati rangkaian seri dan rangkaian paralel yang telah dibuat pada pertemuan sebelumnya.
Diskusikan bersama teman untuk menemukan persamaan dan perbedaannya. Tuliskan dalam Diagram Venn berikut:

Rangkaian Seri :

  • Disusun secara berurutan.
  • Hemat kabel dan saklar.
  • Padam satu padam semua.
  • berpijar tidak sama terang.
  • lebih besar dari hambatan terbesar rangkaian seri.

 

BACA JUGA :   BSE 2013 – SD Kelas 6 Tema 1.2.5 Selamatkan Mahkluk Hidup Revisi 2018

Rangkaian Paralel :

  • Disusun secara bersusun atau sejajar.
  • Boros kabel dan saklar.
  • Padam satu yang lain tetap menyala.
  • Berpijar sama terang.
  • Lebih kecil dari hambatan terkecil rangkaian paralel.

•Tekun, kerja keras, dan pantang menyerah adalah modal utama untuk menjadi seorang penemu.
•Sudahkah kamu disiplin mengerjakan tugas-tugas dengan tekun?
•Sudahkah kamu bekerja keras untuk menemukan jawaban dari beragam masalah saat mengerjakan tugas-tugas?
•Sudahkah kamu berpendirian teguh dan pantang menyerah saat beberapa kali percobaanmu gagal?

 


Pembelajaran 2.

“Kamu pasti suka mendengar radio, bukan? Ayo, kita cari tahu bagaimana radio ditemukan dengan membaca kisah di bawah ini!”

Guglielmo Marconi, Sang Penemu Radio.

Lahir di Balogna, Italia, pada 25 April 1874. Sejak kecil ia menunjukkan minat pada bidang fisika dan elektro. Pada tahun 1895, ia memulai penelitiannya sampai menemukan telegraf tanpa kabel. Ini merupakan cikal bakal radio. Pada tahun 1897, Marconi mempresentasikan hasil temuannya. Alat komunikasi dengan menggunakan sinyal tanpa kabel yang mampu menjangkau jarak 19,3 km. Itulah radio yang hingga saat ini dirasakan manfaatnya oleh kita.
Tahun 1901, Marconi berhasil membuktikan bahwa gelombang tanpa kabel temuannya tidak akan terganggu oleh lekukan bumi. Ia menyebarkan sinyal radio pertama sejauh 3.380 km sampai menyeberangi Samudra Atlantik. Penelitian Marconi terus berkembang. Selain pemancar radio, ia menemukan perangkat komunikasi lain yang menggunakan gelombang tanpa kabel, yaitu telegram, radio, dan teknologi radar.
Atas jasa yang sangat bermanfaat bagi perkembangan ilmu pengetahuan, Marconi menerima banyak penghargaan. Penghargaannya antara lain nobel di bidang fisika dan gelar kehormatan dari Kaisar Rusia.

Berdasarkan teks di atas, jawablah pertanyaan berikut!

  • Menurutmu apa dampak penemuan Guglielmo Marconi bagi warga dunia?
  • Apa yang akan terjadi jika Guglielmo Marconi tidak menemukan radio? Diskusikan jawabanmu dengan seorang teman!
  • Guglielmo Marconi menemukan radio dan membawa banyak manfaat bagi penduduk dunia. Lalu, bagaimana kita memanfaatkan temuannya dengan bijak? Ayo, kita pelajari.

Pernahkan kamu mendengarkan radio? Apa yang biasanya kamu dengarkan melalui radio?
Lani suka sekali mendengarkan berbagai lagu dari stasiun radio.
Ketika Lani mendengarkan radio di kamarnya, volume suara radio itu keras hingga adiknya yang sedang belajar merasa terganggu.
Menurutmu, apakah Lani sudah menggunakan hak dan kewajibannya secara seimbang? Jelaskan alasanmu!

Ya, meskipun Lani punya hak mendengarkan radio, Adik Lani juga mempunyai hak untuk belajar dengan nyaman. Hak Lani dibatasi oleh hak orang lain. Lani harus bertanggung jawab menggunakan haknya.
Selain itu, setiap anggota keluarga mempunyai kewajiban untuk menjaga kenyamanan di rumah.

Berilah pendapatmu tentang kegiatan berikut!
Apakah dia sudah melaksanakan hak dan kewajibannya dengan tanggung jawab?

Tampak gambar siswa SD naik sepeda motor bertiga :  Ketiga siswa belum berhak untuk naik sepeda motor, syarat naik sepeda motor adalah berusia 17 tahun; naik sepeda motor hanya boleh berboncengan 1 orang. Kegiatan tersebut jelas melanggar kewajiban dalam berlalulintas.

Tampak gambar siswa mencontek saat ujian;  Dia tidak melaksanakan hak untuk memperoleh pendidikan secara baik; melanggar kewajibannya sebagai seorang siswa untuk belajar; sehingga mestinya tidak perlu mencontek saat ujian.

Menurutmu, mengapa kita harus melaksanakan hak dan kewajiban dengan tanggung jawab? Agar pelaksanaan hak dan kewajiban tersebut tidak berbenturan dan hak dan kewajiban orang lain.

Apa yang akan terjadi jika kita tidak melaksanakannya? Akan melanggar hak dan kewajiban orang lain; kita bisa dikatakan melanggar hak dan kewajiban orang lain, bahkan dapat melanggar hukum.

Tahukah kamu mengapa tombol radio berbentuk lingkaran? Apa yang terjadi jika bentuknya bukan lingkaran?
Ayo, kita pelajari lebih lanjut tentang lingkaran.

Pada pertemuan sebelumnya, kamu sudah belajar tentang luas dan keliling lingkaran. Sekarang kita akan berlatih soal-soal tentang lingkaran.
1.Sebuah lapangan berbentuk lingkaran memiliki keliling 88 m. Tentukan luas lapangan tersebut.

2.Sebuah ban mobil memiliki jari-jari 30 cm. Ban tersebut berputar sebanyak 100 kali. Tentukan jarak yang ditempuh oleh mobil tersebut.

3.Pak Edi akan membangun sebuah taman yang berbentuk lingkaran. Taman tersebut mempunyai diameter 56 m. Di sekeliling taman akan ditanami pohon dengan jarak 2 m. Harga setiap pohon adalah Rp50.000,00. Berapa biaya yang harus dikeluarkan oleh Pak Edi untuk membeli pohon?

Dari radio kamu juga dapat belajar musik. Lagu-lagu yang kamu dengarkan akan semakin memperkaya pengetahuanmu tentang musik. Sekarang kita akan berlatih kembali memainkan lagu “Mariam Tomong” dengan menggunakan alat musik.

Berlatihlah kembali memainkan lagu “Mariam Tomong” dengan menggunakan alat musik. Perhatikan partitur lagu tersebut.
Mainkan lagu tersebut sesuai dengan interval nada, ya.
Berlatihlah dalam kelompok. Mintalah pendapat temanmu tentang caramu memainkan lagunya.


Pembelajaran 3.

Untuk menjadi seorang penemu, kita harus memiliki tubuh yang sehat. Sekarang
kita akan melanjutkan latihan kebugaran, supaya tubuh kita lebih sehat dan kuat, juga meningkatkan kecepatan, kekuatan, dan kelincahan.
Temukan jenis permainan lain dan praktikkan bersama teman-teman!

Kamu akan melakukan latihan lari jarak sedang.
Dengan bantuan guru, kamu akan menghitung kemampuan berlari jarak sedang.
Saat menunggu giliran, kamu dapat melakukan variasi olahraga berikut secara bergantian:
1. Lomba melompati rintangan kardus.

2.Lomba melompati ban.

3.Lomba balap karung maju-mundur.

Berdoalah dahulu sebelum memulai kegiatan. Lakukan dengan teknik yang benar dan ingat untuk selalu bermain dengan sportif dan jujur!
Lakukan peregangan dan pemanasan sebelum melakukan kegiatan inti guna menghindari cedera.

Setelah berlatih, diskusikanlah hal berikut dengan bersama beberapa teman di kelas!
1.Apakah kamu berhasil melakukan semua latihan? Jelaskan alasannya!

2.Apa kesulitan yang kamu hadapi saat melakukan beragam latihan tersebut?

3.Bagaimana rencanamu selanjutnya untuk meningkatkan kebugaran tubuhmu?

Rangkaian Lampu di Kelasku.

Rangkaian listrik seri dan paralel (lihat gambar) banyak dipake buat penerangan di berbagai tempat. Rangkaian seri sering banget kita lihat pada hiasan pohon natal, atau hiasan pada pohon-pohon besar di sepanjang jalan raya. Pada dasarnya dalam kehidupan sehari-hari, terutama di rumah, rangkaian listrik yang mengakomodir arus energi buat penerangan adalah merupakan gabungan dari rangkaian listrik seri dan paralel. Rangkaian ini dikenal dengan nama rangkaian listrik campuran. Dengan demikian, kedua jenis rangkaian ini akan saling melengkapi satu sama lainnya.

Seperti halnya lampu di kelasku yang menggunakan rangkaian listrik campuran. Terdapat 3 buah sakelar dengan 4 buah lampu di kelas. Saat sakelar 1 (S1) dinyalakan, maka yang menyala adalah hanya lampu 1 (L1). Saat sakelar 2 (S2) dinyalakan, maka hanya lampu 2 (L2) yang menyala. Saat sakelar 3 (S3) dinyalakan, maka lampu 3 (L3) dan 4 (L4) menyala. Dengan kondisi tersebut, maka rangkaian seri pada lampu di kelas adalah L3 dan L4, sedangkan rangkaian paralel adalah L1, L2, dan L3-L4.

Rangkaian paralel akan sangat membantu sekali penghematan biaya listrik. Karena kita tidak perlu menyalakan semua lampu saat cuaca tidak terlalu gelap. Kita hanya perlu untuk dapat menyalakan lampu sesuai kebutuhan.

Temukan jenis rangkaian lampu yang terdapat pada satu ruangan yang ada di sekolahmu.
Perhatikan langkah-langkah berikut:
•Pilih satu ruangan di sekolah yang kamu sukai.
•Amati jenis rangkaian yang digunakan dengan memperhatikan jumlah sakelar dan jumlah lampu di ruangan tersebut.
•Nyala dan matikan sakelar untuk mengetahui posisi lampu yang menyala dan yang mati.
•Catat hasil pengamatanmu.
•Gambar rangkaian lampu tersebut sesuai dengan hasil pengamatan. Simpan hasil kerjamu untuk digunakan pada pertemuan berikutnya!

 

BACA JUGA :   SD6 Kelas 6 - IPA - Pelestarian Makhluk Hidup

Pembelajaran 4.

Kita semua pasti sudah mengenal lampu lalu lintas. Kita sering ngelihat lampu lalu lintas di perempatan atau persimpangan jalan. Lampu lalu lintas terdiri dari tiga warna, yaitu merah, kuning, dan hijau.
Tahukah kamu siapa yang nemuin lampu lalu lintas? Ia adalah Garret Augustus Morgan, seorang warga Amerika berkulit hitam yang peduli dengan keselamatan orang lain.

Morgan terpanggil untuk menciptakan sistim lampu lalu lintas setelah ngelihat terjadinya kecelakaan antara mobil dengan kereta kuda. Ia enggak ingin kejadian itu terus berulang.
Hingga saat ini, penemuan Morgan sangat bermanfaat untuk mengatur lalu lintas dan menyelamatkan pengguna jalan dari kecelakaan.

Sampaikan hasilmu kepada gurumu! Kapan kita menggunakan kosakata baku?

Mengapa kita menggunakannya?

Cermatilah tulisanmu sebelumnya!
Carilah kosakata non baku yang masih kamu tulis! Ubahlah ke dalam kosakata baku!

Setelah membaca teks “Rambu Lalu Lintas”, tulislah pertanyaan tentang hal yang ingin kamu ketahui lebih lanjut tentang lampu lalu lintas terkait dengan tanggung jawab melaksanakan hak dan kewajiban sebagai warga negara.

Diskusikan pertanyaan yang telah kamu tulis dengan teman yang ada di sebelahmu!
Kamu telah mengetahui bahwa lampu lalu lintas ditemukan untuk menciptakan keamanan dan kenyamanan bagi pengguna jalan. Selain lampu lalu lintas, masih banyak lagi rambu-rambu lainnya yang mempunyai tujuan masing- masing.

Setiap warga negara mempunyai kewajiban untuk mematuhi rambu-rambu lalu lintas tersebut agar hak orang lain untuk mendapatkan keamanan dan kenyaman terjamin.

Berdasarkan pengalamanmu, diskusikan dalam kelompok tentang contoh sikap warga yang sudah menunaikan kewajiban sebagai warga yang baik di jalan raya. Berikan pula contoh pengguna jalan yang tidak melaksanakan kewajibannya.

Ketika seseorang tidak melaksanakan kewajibannya di jalan raya, apakah hal tersebut dapat mengganggu hak orang lain? Ya, bahkan dapat membahayakan orang lain.

Selain lampu lalu lintas, terdapat juga rambu-rambu lalu lintas lainnya. Amati rambu-rambu berikut!

Tampak rambu lalu lintas ; tanda berhenti / stop, tanda pertigaan, persimpangan kereta api, akhir dari larangan sepeda motor lewat; Arah Cibitung, Rumah sakit, Arah dieng 10 Km.

Diskusikan dengan seorang temanmu mengenai rambu-rambu tersebut untuk menjawab pertanyaan berikut!
1.Apa arti dari masing-masing rambu tersebut?
2.Apa manfaat rambu-rambu tersebut bagi pengguna jalan?
3.Jika rambu-rambu tersebut tidak ada, apa pengaruhnya terhadap pengguna jalan?
4.Apakah kamu pernah melihat rambu-rambu lain di jalan? Jelaskan tentang rambu-rambu tersebut!

Sekarang bagaimana dengan kamu? Apakah kamu sudah melaksanakan hak dan kewajibanmu dengan tanggung jawab saat di jalan raya? Ayo, ceritakan.
Hal-hal yang perlu kamu tulis adalah:
1.Contoh hak yang sudah kamu dapatkan.
2.Contoh kewajiban yang sudah kamu laksanakan.
3.Penilaianmu mengenai hak dan kewajiban tersebut. Apakah hak yang kamu dapatkan sudah seimbang dengan kewajiban yang kamu laksanakan?
4.Manfaat dari melaksanakan hak dan kewajiban secara tanggung jawab.
5.Hal-hal yang masih perlu kamu perbaiki dalam melaksanakan hak dan kewajiban dengan tanggung jawab.
6.Apa yang dapat kamu perbaiki dari dirimu di masa yang akan datang?
7.Menurutmu, kenapa lampu rambu lalu lintas berbentuk lingkaran? Apa yang terjadi jika bentuknya bukan lingkaran?

Ayo, terus berusaha untuk menjadi penemu. Seorang penemu mempunyai sikap pantang menyerah. Sekarang kita akan menemukan luas dan keliling lingkaran ketika digabungkan dengan bangun lainnya.

Bekerjalah dalam kelompok. Satu kelompok terdiri dari 4 siswa. Setiap kelompok akan diberikan satu soal. Carilah luas dan keliling dari bentuk yang diarsir berikut.

•Menunjukkan perilaku patuh terhadap tata tertib dan peraturan yang terdapat di jalan raya adalah cerminan sikap warga negara yang menjalankan kewajiban. Jelaskan pendapatmu tentang hal ini! Berikan contoh!
•Apa yang telah kamu lakukan dalam rangka menghargai orang lain?
•Tuhan menginginkan umatnya tertib dan taat kepada aturan dalam kehidupan sehari-hari. Berikan contoh perilakumu dalam menaati aturan dalam kehidupan sehari-hari.

 

BACA JUGA :   SD6 Tema 3-1 - Tokoh dan Penemuan yang mengubah Dunia

Pembelajaran 5.

Guglielmo Marconi menemukan radio yang membawa banyak manfaat bagi warga dunia.
Tulislah kembali manfaat yang kamu rasakan dari radio!

Dalam bidang ekonomi, radio membawa banyak manfaat. Coba diskusikan dengan temanmu manfaat radio dalam bidang ekonomi!

Sampaikan hasilmu di depan kelas!

Ya, dengan penemuan radio membawa banyak perubahan bagi masyarakat. Kita dapat memasang iklan untuk mempromosikan barang yang kita jual.
Selain radio, banyak sekali penemuan yang membawa perubahan masyarakat di bidang ekonomi.
Coba diskusikan penemuan-penemuan berikut dan manfaat yang dirasakan di bidang ekonomi! Carilah fakta-fakta dari berbagai sumber!

 Pesawat Telepon ; mempermudah komunikasi jarak jauh menjadi cepat dan dekat.

Laptop mempermudah pekerjaan ; bahkan laptop atau komputer bisa di gunakan untuk berbagai bidang disiplin ilmu.

Dengan kendaraan angkutan roda 4; transportasi menjadi lancar.

Apa yang dapat kamu simpulkan? Penemuan-penemuan mempermudah pekerjaan manusia.

Apakah penemuan yang ada membawa perubahan yang besar dalam bidang ekonomi? Sangat membawa perubahan ke arah yang lebih baik, asal tidak disalah gunakan.

Apakah penemuan yang ada membawa dampak positif dalam bidang ekonomi?

Apakah penemuan yang ada membawa dampak yang kurang baik di bidang ekonomi?

Ketika penemuan digunakan dengan tepat, maka akan membawa dampak yang positif bagi masyarakat.
Penemuan-penemuan tersebut bertujuan membawa kehidupan masyarakat yang lebih modern. Maukah kamu menjadi penemu? Ayo, berpikirlah untuk bisa menemukan hal baru yang positif. Penemuanmu akan membawa perubahan positif bagi masyarakat.

 


Pembelajaran 6.

Tahukah kamu? Bahwa untuk menjadi seorang penemu, kita perlu memiliki badan yang sehat dan jiwa yang kuat “mens sana in corpore sano” Ayo, melatih kebugaran kita!

Sebelum berolahraga, baca informasi berikut untuk memperkaya penge- tahuanmu tentang para penemu beberapa cabang olahraga.

Judul Bacaan : Sejarah Penemuan Bola Voli.

Permainan bola voli telah dikenal sejak abad pertengahan, Romawi. Kemudian permainan ini diperkenalkan di Jerman pada tahun 1893 dengan nama “faustball”, dua tahun kemudian olahraga ini diciptakan William
G. Morgan pada tahun 1895.

William G. Morgan adalah Direktur YMCA (Young Men Christian Association) di Kota Holyoke, negara bagian
Massachusetts, Amerika Serikat mencoba permainan semacamnya yang diberi nama minonette. Dasar yang digunakan permainan minonette adalah memukul-mukul bola hilir mudik di udara, maka permainan minonette ini kemudian diubah menjadi bola voli. Bola voli masuk ke Indonesia pada tahun 1928 di masa penjajahan Belanda.

Kamu akan melakukan latihan lari jarak sedang.

Dengan bantuan guru, kamu akan menghitung kemampuan berlari jarak sedang.
Saat menunggu gilran, kamu dapat melakukan variasi olahraga berikut secara bergantian:
• Awali kegiatan dengan doa bersama.
• Perhatikan dua gerakan untuk melatih kebugaran, lakukanlah dengan teknik yang benar.

1.Skipping (lompat tali).

2.Squat thrust : Squat thrust adalah mengubah posisi tubuh : berdiri – jongkok – posisi sit up – jongkok – berdiri – dan seterusnya.

Bayangkan seandainya Tuhan tidak memberi karunia akal dan kecerdasan pada para penemu.

Cermati kembali kisah perjuangan Bapak Habibie.
Jawab pertanyaan berikut!
1.Apa saja penemuan Habibie yang diakui oleh dunia internasional?
2.Sikap apa yang dimiliki Habibie sejak beliau kanak-kanak hingga saat ini?
3.Apa yang dilakukan Habibie untuk menunjukkan sikap cinta tanah airnya?
4.Adakah hubungan antara sikap hidup disiplin, kerja keras, dan bertanggung jawab dengan prestasi yang dicapai dalam hidup manusia? Jelaskan dengan singkat!

•Setiap orang memiliki kesempatan untuk menjadi seorang penemu. Terapkan nilai-nilai tersebut dalam sikap keseharian kalian.
Nah, sekarang tuliskan pengalamanmu dalam melaksanakan tanggung jawab terhadap hak dan kewajiban! Jelaskan manfaat dari memiliki sikap bertanggung jawab terhadap hak dan kewajiban kita!

Ayo, kita terapkan sikap hidup para penemu tersebut!

 

1.Buatlah sebuah poster yang berisi ajakan untuk mempraktikkan sikap hidup bertanggung jawab. Perhatikan kriteria yang harus terdapat dalam poster kalian:
•Terdapat ajakan untuk selalu melakukan sikap hidup bertanggung jawab.
•Terdapat keterangan singkat tentang pentingnya memiliki sikap hidup bertanggung jawab.
•Terdapat contoh sikap melaksanakan sikap hidup bertanggung jawab.
•Menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif.
•Poster jelas, menarik, tulisan rapi, dan bersih.

2.Cermati kembali catatanmu tentang hasil pengamatan rangkaian listrik di satu ruangan sekolah.
Tuliskan kembali dalam bentuk gambar berseri. Perhatikan kriteria yang harus terdapat dalam gambar seri:

•Terdapat gambar rangkaian seri/paralel/campuran berdasarkan fakta yang didapat saat pengamatan.
•Terdapat keterangan singkat tentang fungsi setiap bagian komponen.
•Terdapat keterangan singkat tentang proses jalannya arus listrik pada rangkaian tersebut.
•Menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif.
•Gambar berseri jelas, menarik, tulisan rapi, dan bersih.

3.Presentasikan poster dan gambar berseri tersebut di depan kelas atau kepada kelas lain di sekolah.