Materi Ramah Lingkungan – Ramling Kelas 5 SD.

1. Bencana adalah peistiwa atau rangkaian peristiwa yang mengancam dan mengganggu kehidupan masyarakat disebabkan oleh faktor alam maupun manusia yang berakibat korban jiwa,kerusakan lingkungan, kerugian harta benda, dandampak psikologis.

2. Macam bencana: bencana alam, bencana non alam, dan bencana sosial.

3. Bencana alam adalah bencana yang disebabkan olehperistiwa alam, misal: gempa bumi, stunami gunung meletus, banj ir, tanah longsor, kekeringan, angin topan, dan sebagainya.

4. Tanah longsor bisa terjadi karena:pengundulan hutan, hujan, gempa bumi.

5. Gempa yang disebabkan aktifitas gunung berapi: gempa vulkanik, gempa yang disebabkan oleh pergeseran lempeng bumi: gempa tektonik.

6. Bencana non alam adalah bencana yang diakibatkan oleh peristiwa non alam antara lain: karena gagal teknologi, gagal modernisasi, epidemi dan wabab penyakit.

7. Bencana sosial adalah bencana yang diakibatkan oleh peristiwa yang diakibatkan oieh manusia yang meliputi konflik sosial antar kelompok atau antarkomunitas masyarakat, dan teror (misal kerusuhan masyarakat, pertikaian antar suku dan sebagainya ).

8. Bencana yang bisa terjadi di kota Blitar: banjir, letusan gunung kelud, banjir lahar, gempa bumi.

9. Ancaman yang dapat ditimbulkan oleh gunung Kelud di kota Blitar: lahar, debu, pasir dan kerikil

10. Gunung Kelud terakhir meletus: Nopember 2007, dan Tahun 2014.

11. keuntungan yang bisa diperoleh dan letusan gunung berapi: tanah menjadi subur, tersedianya material pasir bagi pembangunan.

12. Langkah menyelamatkan din jika ten adi gempa, dan kita berada dalam kelas:
• Jangan berdiri di pinggir tembok,
• Benlindung di bawah meja.

13. Langkah yang diperlukan sebeluin gunung meletus: mengenali tanda bencana, membuat peta ancaman, inembuat sistem peringatan dini, menyebarluaskan informasi, merencanakan penanganan bencana, mempersiapkan jalur pengungsian, mempersiapkan tempat pengungsian, dan sebagainya.

BACA JUGA :   SD5 Tema 7-3-6 Peristiwa Kehidupan - Peristiwa Mengisi Kemerdekaan

14. bencana yang dapat dicegah: tanah longsor (dicegah dengan penghijauan), kebakaran hutan (dicegah dengan tidak membuka lahan hutan dengan membakamya), banjir (dicegah dengan tidak membuang sampah sembarangan).

15. bencana yang tidak dapat dicegah: tsunami, gempa bumi.

16, Sumber informasi utama tentang bencana yang hams kita percayai adalah siaran resmi  pemerintah bukan isu.

17. Penyelenggara penanggulangan bencana adalah serangkaian upaya yang meliputi penetapan kebijakan pembangunan yang beresiko timbulnya bencana, kegiatan pencegahan bencana, tanggap darurat, dan rehabilitasi.

18. Kegiatan pencegahan bencana adalah serangkaian kegiatan yang dilakukan sebagai upaya untuk menghilangkan, atau mengurangi bencana.

19 Kesiapsiagaan adalah serangkaian kegiatan yang dilakukan untuk mengantisipasi bencana melalui pengorganisasian serta melalui Iangkah yang tepat guna dan berdaya guna.

20. Peringatan dini adalab serangkaian kegiatan pemberitahuan tentang kemungkinan teijadinya bencana pada suatu tempat oleh lembaga yang berwenang.

21. Mitigasi adalahserangkaian upaya untuk mengurangi resiko bencana, baik melalui pembangunan fisik maupun penyadaran dan peningkatan kemmampuan menghadapi ancaman bencana.

22. Tanggap darurat bencana adalah serangkaian kegiatan yang dilakukan dengan segera saat bencana untuk mengin-angidampak buruk beneana, misal:
• Kegiatan penyelamatan dan evakuasi kurban dan harta benda, pemenuhan kebutuhan dasar, perlindungan, pengurusan pengungsi, pemulihan sarana dan pra sarana.

23. Rehabilitasi adalah perbaikan dan pemulihan semua aspek pelayanan publik di wilayah pasca bencana.

24. Rekonstruksi adalah pembangunan kembali semua sarana prasarana segala aspek kehidupan masyarakat path wilayah pascabencana.

25. Ancaman bencana adalah suatu kejadian atau penistiwa yang bisa menimbulkan bencana.

26. Rawan bencana adalah kondisi tertentu yang mengurangi kemampuan dampak buruk bahaya tertentu.

27. ekosistem adalah hubungan timbal balik yang terjadi antara makhluk hidup dengan lingkungannya.
28. Ekositem biotik adalah makhluk hidup yang berada di lingkungan tertentu (tanaman, hewan, manusia)

BACA JUGA :   Tokoh Sejarah Hindu-Buddha dan Islam - SD Kelas 5 - IPS - Bab 2

29. Ekositem abiotik adalah semua benda mati yang berada di lingkungan tertentu (batu, tanah, dsb)

30. 3R (reuse: menggunakan kembali sarnpah tanpa mengalami perubahan bentuk untuk kegiatan lain yang bermanfaat; reduce : mengurangi volume samha; recycle : mendaur ulang sampah menjadi benda lain yang berguna).

 

 

Materi Ramah Lingkungan – Ramling Kelas 5 SD
Tag pada:    

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *