SD Kelas 4 – Tema 4 – Berbagai Pekerjaan – Bagian 1 – Jenis-jenis Pekerjaan.
Perhatikan lingkungan berdasarkan letak geografis tempat tinggalmu! Apakah kamu tinggal di
pegunungan? Di dataran rendah? Ataukah di wilayah pantai? Bagaimana jenis tumbuhan yang terdapat di sana?
Untuk memahami, ayo kita pelajari.
Kakek Lani tinggal di daerah pegunungan. Ketika liburan tiba, Lani mengunjungi kakeknya. Udara di sana terasa sejuk, berbeda dengan udara di tempat tinggal Lani. Setiap pagi, Lani tidak pernah absen menemani kakeknya berjalan pagi. Tempat tinggal Kakek Lani dikelilingi kebun teh. Oleh karena itu, kakeknya sering mengajaknya berjalan mengitari kebun teh di sekitar rumahnya.
Lani diberi tahu oleh kakeknya bahwa teh merupakan salah satu tanaman yang dapat tumbuh dengan baik di dataran tinggi.
Tempat Hidup Tanaman Teh.
Selain segelas air putih, secangkir teh merupakan minuman yang banyak dikonsumsi di berbagai belahan dunia. Di Indonesia tanaman teh tumbuh subur di wilayah pegunungan di seluruh Indonesia.
Teh merupakan salah satu tanaman tropis yang tumbuh pada ketinggian antara 200 sampai dengan 2.000 meter di atas permukaan laut. Suhu yang dibutuhkannya untuk dapat tumbuh dengan baik antara 14°– 25°C, yang diikuti oleh cahaya matahari yang cerah. Sinar matahari sangat mempengaruhi pertumbuhan teh. Makin banyak sinar matahari, pertumbuhan tanaman teh akan terhambat. Tanaman teh juga tidak tahan terhadap kekeringan. Curah hujan sangat dibutuhkan tanaman teh.
Di Indonesia, perkebunan teh tersebar di beberapa wilayah pegunungan di Pulau Jawa dan Sumatera. Ada pula yang berada pada ketinggian 800– 1200 meter di atas permukaan laut. Namun pada ketinggian ini, hasil perkebunannya tidak sebaik hasil dari perkebunan di daerah yang lebih tinggi. Aroma teh yang dihasilkan di sini tidak sewangi teh di perkebunan yang lebih tinggi. Pada ketinggian ini, kebun teh memerlukan pohon pelindung tetap dan memerlukan material penutup tanah untuk menjaga kelembapan tanah.
Pohon teh juga berfungsi untuk mencegah terjadinya erosi. Tanaman teh yang ditanam berjajar rapi dengan jarak satu meter menahan derasnya aliran air sehingga tanah tidak terkikis terbawa air. Di balik secangkir teh yang biasa kita minum setiap hari, dapat diketahui bahwa lingkungan mempengaruhi pertumbuhan dan rasa teh. Lingkungan yang tepat akan memberikan hasil yang baik.
Setelah membaca teks di atas, Lani semakin paham. Tak heran pohon teh di kebun dekat rumah kakeknya tumbuh subur. Iklim di sana memang sangat mendukung untuk tumbuh kembang tananam teh.
Jawablah pertanyaan berikut!
1. Di mana tanaman teh hidup?
Teh merupakan salah satu tanaman tropis yang tumbuh pada ketinggian antara 200 sampai dengan 2.000 meter di atas permukaan laut.
2. Bagaimana caranya agar tanaman teh bisa bermanfaat menahan erosi?
Tanaman teh yang ditanam berjajar rapi dengan jarak satu meter menahan derasnya aliran air sehingga tanah tidak terkikis terbawa air.
3. Apa yang terjadi apabila tanaman teh terus menerus dikonsumsi besar- besaran? Apabila tanaman teh dikonsumsi terus menerus dan secara besar-besaran tanaman teh akan terganggu kelestraiannya.
4. Apa yang sebaiknya dilakukan oleh petani teh agar tumbuhan teh tetap bertahan?
- Pengolahan tanah adalah mengusahakan tanah menjadi subur, gembur dan bersih dari sisa-sisa akar dan tunggul, serta mematikan gulma yang masih tumbuh,
- Dalam penanaman, hal-hal yang harus diperhatikan adalah penentuan jarak tanam yang tepat, pengajiran, pembuatan lubang tanam, teknik penanaman dan penanaman tanaman pelindung yang diperlukan,
- Didalam budidaya teh, tanaman harus bersih dari gulma dan dilakukan pemangkasan agar tanaman tidak terserang penyakit.
5. Apa yang dapat kamu lakukan agar tanaman teh tidak cepat habis dan tanah yang digunakan untuk menanam tetap subur? Setiap tanaman yang kita konsumsi harus dijaga kelestariannya. Tanaman teh dapat dijaga kelestarianya dengan pemberian pupuk dan perawatan tanaman yang teratur.
Mengapa menjaga keseimbangan alam dan kelestarian sumber daya alam penting?
Setiap tanaman yang kita konsumsi harus dijaga kelestariannya. Begitu juga tanah yang ditanaminya. Tanaman dan tanah adalah sumber daya alam yang harus kita jaga keberadaannya. Penggunaan yang berlebihan akan merugikan kita.
Banyak masyarakat yang menikmati teh. Akan tetapi, tahukah kamu tentang proses pembuatan teh? Amati gambar di bawah ini!
- Menanam dan merawat tanaman teh di perkebunan,
- Memetik daun teh,
- Melayukan dan mengeringkan teh,
- Pengepakan teh,
Untuk mengolah teh menjadi minuman, banyak jenis pekerjaan yang terlibat. Ada penanam teh, pemetik teh, penggiling daun teh dan pengemas teh. Apalagi yang kamu ketahui tentang jenis pekerjaan di sekitarmu? Bandingkan temuanmu dengan informasi yang dimiliki temanmu.
Tulislah hasilnya dalam diagram Venn. Diagram Vennmu harus memuat dua jenis pekerjaan, daerah mereka bekerja, apa yang dikerjakan, hasil yang diperoleh, dampak dari pekerjaan mereka bagi masyarakat dan bagi pekerja.
Bertani, Daerah bekerja di pedesaan, mengolah tanah dan menanam tumbuhan pangan, hasil yang hasilkan bahan pangan, dampaknya mencukupi pangan masyarakat.
Berdagang : salah satunya berdagang bahan pangan, yang dikerjakan adalah membeli hasil pangan dari pak tani kemudian di jual kepada masyarakat, hasilnya adalah jasa jual beli, dampak : masyarakat mudah mendapatkan hasil pangan.
Keduanya sama-sama mengolah hasil pangan tetapi pekerjaannya berbeda.
Tanaman memberikan manfaat bagi manusia dan hewan. Namun, apabila tidak berhati-hati dalam menjaganya, manusia dan hewan akan mengalami kesulitan. Oleh sebab itu, kita wajib menjaga keberadaannya dengan menanamnya kembali serta menjaga lingkungan.
Bacalah teks berikut dalam hati!
Buatlah peta pikiran yang berisikan informasi tentang pentingnya menjaga keseimbangan alam dan kelestarian sumber daya alam bagi manusia.
Banyak masyarakat yang menikmati teh. Akan tetapi, tahukah kamu tentang proses pembuatan teh? Amati gambar di bawah ini!
Gambar apa yang kalian lihat? (Perkebunan teh, pemetik teh) (Apa tugas masing-masing pekerja tersebut?). Untuk mengolah teh menjadi minuman, banyak jenis pekerjaan yang terlibat. Ada penanam teh, pemetik teh, penggiling daun teh dan pengemas teh.
- Penanam teh bertugas menanam tanaman teh ketika perkebunan mulai ditanami.
- Pemetik teh bertugas memetik teh yang ada di kebun teh
- Pengolah teh bertugas mengolah teh di dalam pabrik
- Pengemas teh bertugas memasukan teh kedalam kemasan yang siap untuk dijual.
Taman Bermain yang Hilang
Malam hari merupakan malam yang ditunggu oleh Kupi, kepiting kecil. Ia menikmati saat-saat berjalan perlahan di gundukan pasir bersama ayahnya. Mereka menanti datangnya air pasang, yang akan membawa mereka ke dunia yang berbeda. Ya, Kupi selalu menanti saat-saat mereka terhempas oleh air pasang, lalu tiba di hutan bakau. Nanti di sana ia pasti akan bertemu dengan teman-teman kecilnya yang lain. Upi, si udang kecil, Kuro, si kura-kura, dan teman-teman yang lebih besar seperti Bangau Cilik dan Momo si monyet. Di antara akar bakau mereka bisa bermain kejar-kejaran, petak umpet, atau tidur di sela akar yang melintang. Seru sekali saat-saat itu.
Ada kalanya mereka berpisah, terbawa oleh pasang surut, kembali ke laut bebas. Namun, suatu hari mereka bertemu lagi dan bermain bersama lagi. Suasana di hutan bakau tentu berbeda dengan suasana di laut lepas. Airnya pun berbeda. Tidak asin seperti air laut, tetapi tidak juga tawar. Kupi tidak tahu apa namanya. Berbeda, tetapi Kupi dan teman-teman tetap bisa bermain dengan nyaman.
Malam itu, di pesisir pantai, Kupi bertanya pada ayahnya. “Ayah, mengapa kita tidak lagi pernah bisa bertemu dengan Bangau Putih, teman ayah? Aku juga sudah rindu bertemu dengan sahabat-sahabat kecilku. Aku sudah lama sekali tidak bertemu dengan Upi, Kuro, Bangau Cilik, dan Momo. Mengapa sekarang susah sekali kita bertemu dengan mereka ya?”
Sambil berjalan pelan di gundukan pasir, ayah kepiting menjelaskan perlahan. “Kupi, sayang sekali hutan bakau tempatmu bermain sudah rusak. Ayah dengar dari Paman Nelayan, manusia di pesisir pantai sana ingin membuat bangunan-bangunan yang tinggi menjulang. Butuh lahan yang lebih luas. Oleh karenanya mereka menebang habis hutan bakau. Mereka bangun gedung tinggi menjulang ke langit di atas taman bermainmu dulu.” Ayah menjelaskan perlahan. Sesungguhnya ia tidak ingin Kupi sedih. Tetapi bagaimana lagi? Ayah tidak ingin Kupi terus menanti tanpa pasti.
Kupi tertunduk sedih. Pupus sudah harapannya bertemu lagi dengan sahabat- sahabat kecilnya.
“Mengapa manusia begitu jahat, ayah? Mengapa manusia tidak memikirkan kita, makhluk kecil di pesisir pantai? Mengapa manusia hanya memikirkan dirinya sendiri?” Kupi meratap pelan, namun penuh amarah.
Ayah ingin menenangkan hati Kupi. Ia menambahkan, “Sebenarnya, ketika hutan bakau tempatmu bermain ditebang, manusia pun menerima akibat buruknya, Kupi. Air laut akan semakin mudah mencapai daratan. Tidak ada lagi pohon bakau yang menahan. Lama-kelamaan, air tanah di sekitar pantai akan menjadi air asin. Manusia ‘kan tidak bisa minum air asin, Kupi.” Ayah berusaha menjelaskan panjang lebar.
Ayah kemudian menambahkan, “Dengan rusaknya pantai akibat penebangan bakau, kegiatan manusia pun menjadi terganggu. Sekarang wisatawan yang berkunjung ke pantai ini semakin berkurang. Para pedagang yang dulu berjualan di sekitar sini tidak ada lagi. Pemandu wisata yang biasa menjelaskan tentang keindahan pantai dan hijaunya bakau pun sudah jarang terlihat. Nelayan yang biasa menjual hasil tangkapan mereka pun tinggal sedikit.”
Kupi tidak terhibur oleh penjelasan ayah. Pikirnya, biarkan saja manusia menerima akibat dari perbuatannya sendiri. Manusia memang sering tidak bijak. Kupi hanya ingin berdoa, dan berdoa semoga suatu saat nanti hutan bakau akan kembali. Semoga suatu saat nanti ada lagi taman tempatnya bermain. Semoga suatu saat nanti ia masih bisa bertemu dengan sahabat-sahabat kecilnya. Kupi hanya bisa berdoa, semoga kelak manusia bisa bertindak lebih bijaksana. Semoga!
Jawablah pertanyaan berikut berdasarkan cerita di atas!
1. Siapa yang tinggal di dalam hutan bakau? Kupi dan Ayahnya.
2. Apa yang biasa dilakukan Kupi dengan Ayahnya? Malam itu, di pesisir pantai, Kupi berjalan pelan di gundukan pasir.
3. Mengapa Kupi sedih dan marah? Kupi sedih karena tidak bisa bertemu teman-teman kecilnya lagi, kupi marah karena manusia merusak hutan bakau.
4. Gambarlah salah satu tokoh. Tulislah pendapatmu tentang tokoh tersebut.
Betapa tumbuhan sangat besar perannya dalam kehidupan kita. Kehidupan yang nyaman tercipta dengan adanya berbagai tumbuhan penjaga lingkungan di sekitar kita. Selain bermanfaat untuk manusia, tumbuhan juga bermanfaat bagi kehidupan binatang. Salah satu contohnya adalah tanaman bakau.
- Melindungi pantai dari erosi dan abrasi. Adanya bakau di pesisir pantai bermanfaat untuk menjaga agar garis pantai tetap stabil dan tidak terkikis oleh terpaan ombak. Rumpun -rumpun bakau mampu menyerap energi gelombang yang datang sehingga hanya riak gelombang yang sampai di sisi pantai.
- Menahan rembesan air laut ke darat.
- Sebagai perangkap zat-zat pencemar dan limbah industri. Selain dapat menjaga daratan, bakau juga memiliki peran penting dalam mengurangi polutan di air laut.
- Menciptakan udara pesisir yang bersih dan segar. Daun bakau dapat menyerap gas karbondioksida dan melepaskan oksigen ke lingkungan. Dengan demikian, udara di sekitar pantai tetap bersih dan segar.
- Menjadi habitat alami berbagai biota darat dan laut. Kelestarian hewan laut dan darat seperti udang, kepiting, berbagai jenis ikan, burung, monyet, serta biawak terjaga dengan adanya hutan bakau di pesisir pantai.
- Mengurangi dampak bencana akibat gelombang laut, seperti badai dan gelombang pasang.
Mengapa kita harus menjaga kelestarian tanaman bakau? Tanaman bakau memiliki manfaat yang banyak bagi kehidupan.
Apa yang terjadi kalau hutan bakau rusak? Jika hutan bakau rusak maka keseimbangan alam akan terganggu.
Bagaimana hutan bakau dapat menjaga keseimbangan alam? Jelaskan. Hutan bakau menciptakan udara pesisir yang bersih dan melindungi pantai dari abrasi.
Apa saranmu agar hutan bakau tetap lestari? Hutan bakau harus dijaga kelestarianya agar keseimbangan alam dan keselamatan manusia tetap terjaga. Di sekitarmu terdapat sumber daya alam yang harus kamu jaga. Sebutkan dua sumber daya alam yang ada di lingkunganmu dan tulislah paling sedikit tiga kegiatan untuk menjaganya.
Cara Menjaga Tumbuhan :
- Tidak menebang pohon sembarangan
- Melakukan tebang pilih artinya menebang dengan memilih ukuran dan usia tumbuhan.
- Penanaman kembali tanaman yang telah dimanfaatkan atau peremajaan tanaman
- Pemeliharaan tanaman dengan benar
Cara Menjaga Hewan :
- Tidak berburu hewan sembarangan
- Melindungi hewan hewan langka
- Hewan langka dibudi dayakan
- Mencari alternatif pemanfaatan hewan-hewan langka dengan menciptakan pengganti berbahan sintetis
Kita harus bersyukur kepada Tuhan Yang Esa dengan diciptakannya beragam tumbuhan. Yuk, membuat poster untuk menginformasikan pada temanmu di sekolah tentang pentingnya menjaga dan menyayangi tumbuhan yang ada di lingkungan kita.
Satu manusia serakah bisa membuat hutan lebat menjadi semakin tak terlihat
PEMBELAJARAN 2.
Tahukah kalian apa yang dikerjakan oleh seorang arsitek? Seorang arsitek bekerja untuk membuat desain bangunan. Mereka harus sangat paham tentang luas dan keliling bangunan yang akan mereka bangun. Salah satu luas bangun datar yang sering kita jumpai adalah bangun persegi.
Luas persegi adalah perkalian dari panjang sisinya. Jika panjang sisi s dan Luas sama dengan L, maka L = s x s atau s². Perhatikan juga satuannya, jika panjang sisi dalam satuan cm, maka satuan luasnya adalah cm x cm atau cm².
Untuk mengetahui luas suatu bangun dapat dilakukan dengan menggunakan persegi satuan. Potonglah kertas menjadi persegi satuan satuan dengan panjang sisi 1 cm. Letakkan persegi satuan sehingga menutupi seluruh permukaan persegi. Perhatikan gambar berikut.
- Ada berapa banyak persegi satuan yang menutupi salah satu sisi persegi? 6 persegi
- Ada berapa banyak persegi satuan yang menutupi seluruh permukaan persegi? 36 persegi
- Bagaimana hubungan antara banyak persegi satuan yang menutupi sisi dengan persegi satuan yang menutupi seluruh permukaan? Banyaknya persegi yang menutup seluruh permukaan adalah hasil kali banyaknya persegi yang menutup sisi.
- Jika seluruh persegi satuan yang menutupi persegi menyatakan luas persegi, apa yang bisa kamu simpulkan tentang luas persegi? Luas persegi = sisi x sisi
- Panjang sisi persegi kita namakan s. Luas persegi dinamakan L. Tulislah rumus luas persegi. Luas persegi = s x s.
- Banyaknya persegi satuan yang menutupi seluruh permukaan persegi menyatakan luas persegi.
Perhatikan Soal Berikut.
1. Sebuah persegi mempunyai sisi 6 cm. Hitunglah luasnya. L= s x s = 6 x 6 = 36.
2. Sebuah persegi mempunyai luas 64 cm², hitunglah panjang sisinya. Sisi = ²√64 = 8
3. Panjang sisi persegi B adalah dua kali panjang sisi persegi A. Panjang sisi persegi A adalah 7 cm, hitunglah luas persegi B.
Diketahui: Panjang sisi B = 2 x Panjang sisi A = 14
Ditanya: Luas B = s x s = 14 x 14 = 196
4. Pak Budi mempunyai tanah berbentuk persegi. Panjang tanah pak Budi adalah 40 m. Pak Budi ingin menjual tanahnya dengan harga Rp.500.000,00/m². Hitunglah uang yang didapatkan oleh pak Budi!
Diketahui luas tanah Pak Budi 40 x 40 = 1.600 m². Harga per meter Rp500.000,00
Ditanyakan uang yang didapat pak Budi
1.600 m² x Rp500.000,00 = Rp800.000.000,00
5. Terdapat dua persegi. Persegi A dan persegi B. Panjang sisi persegi B adalah 3 kali panjang sisi persegi A. Jika luas persegi A adalah 16 cm², hitunglah luas persegi B.
Sisi persegi A = ²√16 = 4
Panjang sisi b = 3 x panjang sisi A = 3 x 4 = 12
Luas persegi B = s x s = 12 x 12 = 144 cm²
6. Terdapat dua persegi yaitu persegi A dan persegi B. Panjang sisi persegi B adalah 5 cm lebihnya dari panjang persegi A. Jika luas persegi A adalah 25 cm², hitunglah luas persegi B.
Diketahui :
Panjang sisi persegi A = ²√25 = 5
Panjang persegi B = 5 + 5 = 10 cm
Luas persegi B = s x s = 10 x 10 = 100 cm²
Seorang arsitek dalam pekerjaannya juga memerlukan keterampilan menggambar. Mereka menggambar bangunan yang akan dibangunnya. Bangunan yang dirancang adalah rumah atau gedung-gedung.
Bekerja menjadi arsitek haruslah mempunyai nilai-nilai baik. Salah satu nilai-nilai itu adalah jujur. Ketika akan membangun sebuah bangunan, mereka harus menyampaikan ukurannya dengan benar. Jujur merupakan salah satu sikap yang mencerminkan Sila Pancasila. Sila pertama Pancasila adalah Ketuhanan yang Maha Esa. Sila ini bermakna:
Makna | Contoh dalam kehidupan sehari-hari |
---|---|
Makna : Percaya adanya Tuhan sehingga setiap warga negara rela untuk diatur. | Contoh : Membina kerukunan hidup di antara sesama umat beragama |
Makna : Setiap orang dibebaskan memeluk agama masing-masing, maka setiap orang bertanggung jawab untuk taat dengan aturan agamanya. | Contoh : Menjalani perintah agama sesuai ajaran agama yang dianut masing-masing. |
Makna : Semua yang Tuhan berikan harus dijaga. | Contoh : Menjaga kelestarian sumber daya alam di sekitar kita |
Makna : Toleransi antarumat beragama dan sesama umat beragama. | Contoh : Mengembangkan sikap saling menghormati kebebasan menjalankan ibadah sesuai dengan agama dan kepercayaannya masing-masing. |
Kegiatan 1 | Kegiatan 2 |
---|---|
Pendapat : Tidak setuju Alasan ; Dengan teman tidak boleh saling mengejek |
Pendapat : Sangat setuju Alasan : Kita gharus bekerja keras untuk memperoleh apa yang kita harapkan |
Kegiatan 3 | Kegiatan 4 |
Pendapat : Tidak setuju Alasan : Mencuri merugikan orang lain dan melanggar hukum |
Pendapat : Sangat setuju Alasan : Kita harus giat belajar untuk mencapai cita-cita |
Kegiatan 5 | Kegiatan 6 |
Pendapat : Sangat setuju Alasan : Apapun pekerjaan kita harus dilaksanakan dengan ikhlas |
Pendapat : Sangat setuju Alasan : Kita perlu berolah raga agar badan sehat |
Contoh pengalaman sila pertama Pancasila dalam kehidupan sehari-hari yang sesuai dengan sila pertama (2, 4, 5, dan 6)
Pembelajaran 3.
Warisan budaya Indonesia yang dikenal dunia tidak hanya batik. Dibidang olahraga, pencak silat, salah satu ilmu bela diri khas nusantara juga merupakan warisan budaya yang mendunia.
Iko Uwais adalah salah satu atlet silat Indonesia. Ia telah menekuni dunia silat lebih dari 10 tahun. Iko Uwais berhasil menduduki urutan ketiga dalam gelaran Turnamen Silat Provinsi Jakarta 2003. Dua tahun kemudian ia berhasil menjadi juara. Iko adalah juara diKejuaraan Silat Nasional kategori demonstrasi. Iko beberapa kali mengikuti kegiatan pencak silat di luar negeri seperti di Inggris, Rusia, Laos, Kamboja, dan Perancis.
Pencak silat merupakan seni bela diri bangsa Indonesia. Hampir tiap daerah di Nusantara memiliki tokoh pendekar silat kebanggaan. Pencak silat memiliki gerakan unik yang mengalir dengan koreografi layaknya tarian. Dalam tiap gerakan juga terkandung filosofi. Hal ini membuat pencak silat menjadi salah satu ilmu bela diri yang menarik minat dunia.
Sebagai generasi penerus, kamu mempunyai tanggung jawab untuk melestarikan pencak silat. Salah satu caranya adalah dengan mempelajarinya. Amati gambar berikut!
Amati gambar tentang pola langkah dalam pencak silat berikut:
Bacalah cerita tentang ‘Semut dan Belalang’. Cerita ini memberikan contoh akibat seseorang tidak mau bekerja.
Semut dan Belalang
Di tengah hutan, hiduplah seekor semut yang sangat rajin. Setiap hari semut itu selalu bekerja mengumpulkan makanan dan menyimpannya di dalam lumbung. Teriknya matahari dan derasnya air hujan tidak mengurangi semangat Sang Semut untuk mengumpulkan makanan. Dengan bersusah payah, Sang Semut bekerja keras untuk membawa makanan yang dikumpulkan dan disimpan di dalam lumbung rumahnya.
Pada suatu hari ketika Sang Semut sedang bekerja, ia bertemu dengan seekor belalang yang sedang asyik berjemur sambil bermalas-malasan.
“Hai Mut, kamu sedang apa?” tanya belalang. “Aku sedang mengumpulkan makanan untuk persiapan musim dingin,” jawab Semut. “Ah, buat apa kamu melakukannya sekarang. Musim dingin masih lama, lebih baik kita bermalas malasan dahulu,” kata belalang lagi. Sang Semut tidak memedulikan belalang itu. Dia tetap saja bekerja mengumpulkan makanan yang dijumpainya. Demikianlah sepanjang hari Sang Semut sibuk bekerja, sementara Sang Belalang bermalas-malasan.
Akhirnya musim dingin tiba. Sang Semut yang rajin itu duduk dengan nyaman di dalam rumahnya yang hangat. Ia menikmati makanannya yang berlimpah. Belalang termenung sedih di rumahnya karena ia tidak memiliki makanan sedikit pun. Saat Belalang hampir mati kelaparan, Sang Semut datang dan memberinya makanan. Sejak saat itu, Sang Belalang rajin bekerja mengumpulkan makanan seperti Sang Semut.
Tulislah pendapatmu tentang sikap yang diperlihatkan oleh Semut dan Belalang.
Pendapatku tentang sikap semut | Pendapatku tentang sikap belalang |
---|---|
Sangat setuju dengan sikap semut.Setiap hari semut itu selalu bekerja mengumpulkan makanan dan menyimpannya di dalam lumbung untuk persiapan musim dingin |
Tidak setuju terhadap sikap belalang Belalang malas bekerja sehingga pada saat musim dingin tiba mereka keurangan makanan |
Sikap yang perlu kita contoh adalah sikap semut, dengan bekerja kita dapat menyimpan persediaan makanan yang dibutuhkan pada saat tertentu.
Siswa membuat rencana kegiatan dalam rangka menjaga sumber daya alam di sekitar sekolah tetap terjaga. Siswa harus memilih paling sedikit dua sumber daya alam yang ada di sekitar sekolah. Mereka harus merencanakan tiga kegiatan untuk menjaganya dengan mengisi tabel berikut.
Sumber daya alam | Rencana kegiatan | Alat yang Dibutuhkan |
---|---|---|
Sungai |
|
Keranjang sampah, cangkul |
Air sumur |
|
Keranjang sampah, alat-alat kebersihan |
Tulislah laporanmu. Laporan harus memuat dua sumber daya alam yang dipilih, kegiatan untuk menjaganya, alat yang dibutuhkan dan rencana selanjutnya.
Nama kegiatan : | Kegiatan membersihkan sumur |
Tujuan kegiatan: | Memelihara sumur agar ketersediaan air bersih tetap terjaga |
Alat-alat yang dibutuhkan: | Sapu Keranjang sampah Sikat |
Langkah kerja: |
|
Rencana selanjutnya | Kegiatan membersihkan sumur dilakukan rutin setiap bulannya bersama anggota keluarga yang lain. |
Jika kelak ingin menjadi seorang pencinta lingkungan, kamu memerlukan tidak hanya keinginan yang kuat untuk menjaga lingkungan, namun juga keterampilan dan pengetahuan tentang macam-macam tumbuhan dan hewan yang hidup di wilayah yang berbeda.
PEMBELAJARAN 4.
Saat seseorang bekerja mereka harus mempunyai nilai-nilai yang baik. Jujur dan kerja keras adalah nilai yang harus dimiliki. Apa itu Jujur? Apa contohnya? Ayo simak cerpen berikut.
Pemimpin Idola, Pemimpin yang Jujur.
Ida, temanku sebangku. Mungil, berkulit hitam manis, tidak banyak bicara, dan pandai. Ia seorang anak yang sederhana. Ayahnya sudah lama meninggal. Ia tinggal bersama ibu dan adiknya.
Ida anak yang sangat pandai. Nilai-nilainya yang selalu bagus, memberinya kesempatan meneruskan sekolah tanpa biaya. Semua buku pelajaran dan perlengkapan ditanggung oleh sekolah. Ida tak pernah malu dengan kondisi keluarganya. Bahkan ia semakin rajin belajar dan terus berprestasi.
Ida juga selalu menjadi tempat bertanya jika teman-temannya mengalami kesulitan dalam pelajaran. Teman-teman memilih Ida sebagai ketua kelas. Pandai, tenang, dapat berkomunikasi dengan baik, serta mampu menjaga ketertiban kelas menjadi modal utamanya.
Ulangan tetap berlangsung. Gugut resah. Ia menengok ke kiri dan ke kanan. Tiba-tiba, ditendangnya kursi Ida dari belakang. “Ssstt..Ida! Bantu aku dong! Geser sedikit ke kiri, agar aku bisa melihat jawaban di kertas ulanganmu!” pinta Gugut.
“Maaf ya, Gugut. Aku bukan tidak ingin membantumu. Menyontek dan memberi contekan kepada teman, adalah perbuatan tidak jujur. Bahkan, perbuatan tersebut bisa dianggap sebagai korupsi kecil-kecilan” katanya kepada Gugut.
Aku dan teman-teman sekelas yang ikut mendengarkan percakapan Ida dan Gugut terdiam setuju. Memang tidak salah kami memilih Ida sebagai pemimpin di kelas. Tidak sekedar pandai, Ida juga patut dijadikan teladan.
PEMBELAJARAN 5
Banyak cara yang dilakukan oleh pelukis untuk mencari inspirasi. Salah satunya adalah dengan mengamati kegiatan dan peristiwa yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Lukisa 3 Dimensi merupakan sebuah lukisan yang tampak seperti nyata, seakan-akan gambar atau lukisan tersebut hidup. Hal yang perlu diingat jika ingin melukis gambar 3 dimensi yaitu tentukan terlebih dahulu objek atau gambar yang akan dilukis, saran cari terlebih dahulu gambar 3 dimensi yang sederhana dan mudah untuk dilukis.
Kita juga menggambar pekerjaan yang ada di lingkungan sekolah beserta kegiatan yang dilakukan. Sebelumnya menggambar, amati berbagai pekerjaan yang kamu temukan di lingkungan sekolahmu. Tuliskan jenis pekerjaan yang beserta kegiatan yang terkait dengan pekerjaan tersebut pada tabel berikut.
No. | Jenis Pekerjaan | Kegiatan |
---|---|---|
1. | Guru | Mengajar dan mendidik siswa di sekolah |
2. | Penjaga Sekolah | Membersihkan lingkungan sekolah |
3. | Kepala Sekolah | Menyusun Kurikulum, kalender pendidikan, dan kegiatan pembelajaran; |
4. | Tenaga Administrasi | Mengurus administrasi di sekolah |
5. | Petugas Perpustakaan | Melayani siswa dan guru yang berkunjung ke perpustakaan |
Pilihlah salah satu pekerjaan berdasarkan tabel di atas. Kemudian, gambarlah pekerjaan tersebut beserta kegiatan terkait.
Perhatikan kertas gambar yang tadi kamu gunakan. Apakah kamu bisa menghitung luas dan keliling kertas tersebut?
Luas = p x l = 13 x 17 = 221 persegi satuan
Keliling = 2 (p+l) = 2 (30) = 60 persegi satuan.
Selesaikan soal cerita berikut.
Ibu, Hartini guru kelas 4 di SD Nusantara memesan papan tulis berbentuk persegi kepada tukang kayu. Ibu Hartini memesan 4 papan tulis berbentuk persegi dengan panjang 1 m. Ibu Hartini meminta papan tulis tersebut diberi bingkai dari kayu.
- Berapa panjang kayu yang diperlukan untuk membuat bingkai? Keliling = 4 x sisi = 4 x 1 m = 4 m. Karena ada 4 bingkai maka 4 x 4 m = 26 m.
- Berapa luas seluruh papan tulis? Luas = sisi x sisi = 4 x 4 = 16 m. Karena ada 4 papan tulis maka luas seluruh papan tulis adalah 4 x 16 = 64 cm²
Hitunglah luas dan keliling bangun-bangun berikut!
- Bangun 1 Luas = 9 x 7 = 63 cm²
- Bangun 2 Luas = 8 x 8 = 64 cm²
- Bangun3 Luas = 11 x 6 = 66 cm²
- Bangun 4 Luas = 12 x 12 = 144 cm²
- Bangun5 Luas = 15 x 9 = 135 cm²
Selesaikan soal cerita berikut.
1. Di tempat tinggal Udin terdapat sebuah tanah lapang yang biasa digunakan oleh anak-anak untuk bermain. Tanah lapang tersebut persegi panjang,
Panjang tanah tersebut adalah 81 m dan lebar 52 m. Berapakah luas dan keliling lapangan tersebut?
Luas = p x l = 81 x 52 = 4.212 cm²
Keliling = 2 (p + l) = 2 (81+52) = 2 x 133 = 266 cm
2. Kebun Pak Tarno berbentuk persegi. Panjangnya sisinya 95 m. Berapa luas dan keliling kebun tersebut?
Keliling = 4 x s = 4 x 95 = 380m
Luas = s x x = 95 x 95 = 9.025cm²
3. Buatlah 2 soal yang melibatkan luas dan keliling persegi. Mintalah temanmu untuk menyelesaikannnya.
No. | Soal | Jawaban |
---|---|---|
1. | Sebuah lantai berbentuk persegi dengan panjang sisinya 6 m. Lantai tersebut akan dipasang ubin berbentuk persegi berukuran 30 cm x 30 cm. Tentukan banyaknya ubin yang diperlukan untuk menutup lantai. |
Cari terlebih dahulu luas lantai yang berbentuk persegi dengan panjang 6m = 600 cm (ingat: karena ubin satuannya cm maka lantai satuannya juga cm), maka L.Lantai = s x s L.Lantai = 600 cm x 600 cm L.Lantai = 360.000 cm² Cari luas ubin dengan persamaan yang sama seperti mencari luas lantai: L.Ubin = s x s L.Ubin = 30 cm x 30 cm L.Ubin = 900 cm² Banyak ubin = Luas Lantai/Luas Ubin Banyak ubin = L.Lantai/L.Ubin Banyak ubin = 360.000 cm² /900 cm² Banyak ubin = 400 buah Jadi banyaknya ubin yang diperlukan untuk menutup lantai adalah 400 buah |
2. | Sebuah taman berbentuk persegi. Di sekeliling taman itu ditanami pohon pinus dengan jarak antarpohon 4 m. Panjang sisi taman itu adalah 65 m. Berapakah banyak pohon pinus yang dibutuhkan? |
Keliling taman yang berbentuk persegi tersebut adalah K = 4 s K = 4 x 65 m K = 260 m Karena tiap 4 m ditanami pohon maka banyak pohon yang diperlukan adalah Banyak pohon = 260 m/4 m Banyak pohon = 65 Jadi, banyak pohon pinus yang dibutuhkan adalah 65 buah pohon. |
Menggali informasi dari berbagai sumber adalah salah satu cara untuk mengetahui sesuatu secara lebih lengkap. Kamu akan menggali informasi lebih lanjut tentang berbagai kegiatan ekonomi yang terdapat di sekitarmu serta kegiatan ekonomi yang terkait dengan kegiatan ekonomi tersebut.
Tulis informasi yang kamu peroleh pada tabel berikut.
No. | Kegiatan Ekonomi | Pekerjaan |
---|---|---|
1. | Rumah makan | Pelayan, kasir, tukang masak (koki) |
2. | Jasa Catering | Tukang masak, Sopir, Tukang pengantar makanan, penyaji makanan |
3. | Pasar | Pedagang, Kuli angkut, Penarik retribusi, Tukang parkir |
4. | Bank | Kasir, Marketing, Customer services, Cleaning Service, Satpam, |
5. | Pabrik Sepatu | Quality Control, Karyawan, Satpam, Tukang Parkir |
PEMBELAJARAN 6.
Pemimpin Idola, Pemimpin Yang Jujur
Ida, teman sebangku aku. Mungil, berkulit hitam manis, tidak banyak bicara, dan pandai. Ia seorang anak yang sederhana. Ayahnya sudah lama meninggal. Ia tinggal bersama ibu dan adiknya.
Ida anak yang sangat pandai. Nilai-nilainya yang selalu bagus, memberinya kesempatan meneruskan sekolah tanpa biaya. Semua buku pelajaran dan perlengkapan ditanggung oleh sekolah. Ida tak pernah malu dengan kondisi keluarganya. Bahkan ia semakin rajin belajar dan terus berprestasi.
“Ayo dong, Ida. Sekali ini saja. Nanti aku beri kamu uang sepuluh ribu rupiah. Kamu bisa jajan kue di kantin” rayunya.
Gugut tahu benar Ida tidak pernah jajan di kantin. Ibunya tidak memberinya bekal uang jajan. Ida selalu membawa sebungkus nasi dan lauk dari rumah.
Namun, di luar dugaan Gugut, Ida tidak terusik. Sekali lagi ia menggeleng pelan. Sampai waktu berakhir, Gugut terpaksa menyerahkan kertas ulangannya dengan lunglai.
Pada waktu istirahat Ida menghampiri Gugut.
“Maaf ya, Gugut. Aku bukan tidak ingin membantumu. Menyontek dan memberi contekan kepada teman, adalah perbuatan tidak jujur. Bahkan, perbuatan tersebut bisa dianggap sebagai korupsi kecil-kecilan” katanya kepada Gugut.
Kita membiasakan diri bertingkah laku lurus, mudah-mudahan ketika besar nanti kita tidak akan tergoda untuk melakukan korupsi. Dalam bentuk apapun!” Ida menambahkan dengan panjang lebar.
Aku dan teman-teman sekelas yang ikut mendengarkan percakapan Ida dan Gugut terdiam setuju. Memang tidak salah kami memilih Ida sebagai pemimpin di kelas. Tidak sekedar pandai, Ida juga patut dijadikan teladan.
1. Tuliskan pendapatmu tentang masing-masing tokoh yang terdapat dalam cerita.
2. Tuliskan pendapatmu tentang konflik yang terjadi.
3. Tuliskan pendapatmu tentang pesan moral yang terdapat dalam cerita.
Posisi tangan saat memukul lurus dan mengepal ke depan tepat di dada lawan
Posisi tangan kanan memukul tegak lurus dan mengepal dengan sasaran tepat ke bahu bagian kanan lawan.
3. Pukulan bandul
Pukulan yang diambil dari bawah dengan sasaran tepat ke arah ulu hati.4. Pukulan melingkar
Pukulan berbentuk lingkaran dengan sasaran ke arah pinggang lawan.

• Setelah belajar selama satu pekan, renungkanlah!
• Hal-hal penting apa saja yang kamu pelajari dalam satu pekan ini?
• Apa manfaat pelajaran tersebut untuk dirimu, orang lain, dan lingkungan?
• Nilai-nilai apa yang dapat kamu terapkan dalam kehidupan sehari-hari?
sangat membantu sbg seorg guru