SD Kelas 4 – PJOK – Gerakan Dasar Senam Irama

SD Kelas 4 – PJOK – Gerakan Dasar Senam Irama

  1. Senam yang dikenal dalam bahasa Indonesia sebagai salah satu cabang olahraga, merupakan terjemahan langsung dari bahasa Inggris yaitu Gymnastics.
  2. Gymnastics sendiri dalam bahasa aslinya merupakan serapan dari bahasa Yunani.
  3. Gymnastiek dipakai untuk menunjukkan kegiatan-kegiatan fisik yang memerlukan keleluasaan gerak sehingga perlu dilakukan dengan telanjang atau setengah telanjang, pengertian tersebut dikemukakan oleh Bangsa Yunani.
  4. Dalam bahasa Yunani sendiri, gymastics diturunkan dari kata kerja yaitu ? gymnos. 
  5. Senam dapat diartikan sebagai bentuk latihan tubuh pada lantai atau pada alat dirancang untuk meningkatkan daya tahan tubuh, kekuatan, kelentukann, kelincahan, koordinasi, serta kontrol tubuh.
  6. Merupakan bentuk-bentuk gerakan senam yang diikuti dengan irama. Irama yang mengiringi berupa musik, tepukan tngan, hitungan, atau ketukan yang diberikan oleh pemberi aba-aba. Tekanan dalam senam irama ada pada irama, fleksibilitas , kontinuitas gerak, dan irama pengiringnya. Keempat hal tersebut dapat dukungan dengan melakukan latihan-latihan senam irama secara teratur dan disiplin. Latihan senam irama yang baik dilakukan secara bersama-sama sehingga akan terlihat gerakan yang kompak dan serasi. Latihan-latihan pada tahap awal berupa teknik-teknik dasar senam irama.
  7. Gerakan Senam Irama, antara lain gerak langkah kaki, ayunan tangan, serta kombinasi gerak langkah kai dan ayunan tangan.
  8. Untuk lebih jelasnya ikuti pembahasan berikut ini. Lakukan gerakan-gerakan jalan ditempat kemudian melangkah ke samping, ke depan, ke belakang, dan serong berulang-ulang sehingga tercipta koordinasi gerak yang baik.

 

1.Gerakan langkah kaki.

Gerakan langkah kami meliputi :
a. Langkah biasa (looppas),
b. Langkah rapat,
c. Langkah keseimbangan (ballanspas)
d. Langkah depan (galoppas).

2. Gerakan Ayunan Tangan.
a. Ayunan satu lengan depan belakang.
b. Ayunan satu lengan ke samping bersamaan dengan memindahkan berat badan.
c. Variasi ayunan satu lengan ke samping bersamaan dengan memindahkan beran badan.
d. Ayunan dua lengan depan belakang.
e. Ayunan dua lengan silang depan di muka badan.

BACA JUGA :   SD Kelas 4 Tema 9.2.3 – LKS - Kayanya Negeriku – Pemanfaatan Kekayaan Alam di Indonesia

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *