SD Kelas 4 Tema 8.2.2 – Daerah Tempat Tinggalku – Sub.Tema 2 – Keunikan Daerah Tempat Tinggalku

SD Kelas 4 Tema 8.2. – Daerah Tempat Tinggalku – Sub.Tema 2 – Keunikan Daerah Tempat Tinggalku.

Pembelajaran 2.

Aku berasal dari Bali. Banyak orang bilang Bali sangatlah unik. Keunikan Bali di antaranya terlihat dari keragaman kesenian yang ada. Bagaimana keunikan Bali dilihat dari keseniannya berupa karya tari?

Dayu berasal dari Bali. Bali terkenal dan kaya akan ragam tari-tarian yang indah. Dayu sangat menyukai tari. Oleh sebab itu, Dayu rajin berlatih tari. Kali ini, Dayu berlatih tari Pendet.

Indonesia terdiri atas berbagai suku bangsa, yang tersebar di berbagai daerah. Setiap daerah memiliki jenis tarian dengan keunikan tersendiri. Misalnya, keunikan tari dari Bali di antaranya dalam penampilannya gerak- gerak tarinya dilakukan dengan enerjik dan dinamis. Selain Bali, daerah lain juga memiliki ragam tari daerah berbeda. Tarian apa sajakah itu? Ayo, kita cari tahu bersama.

Apa saja karya tari yang kamu ketahui? Dari daerah mana karya tari itu? Coba cari tahu berbagai karya tari dan daerah asalnya. Kemudian, tuliskan dalam kolom berikut.

  • Tarian yang berasal dari daerah Provinsi Nangroe Aceh Darussalam diantaranya Tari Seudati, Tari Saman Meusekat dan lainnya.
  • Tarian yang berasal dari daerah Provinsi Sumatera Barat diantaranya Tari Piring, Tari payung dan lainnya.
  • Tarian yang berasal dari daerah Provinsi Sumatera Utara diantaranya Tari Serampang Dua Belas, Tari Tor-tor dan lainnya.
  • Tarian yang berasal dari daerah Provinsi Riau diantaranya Tari Tandak, Tari Makan Sirih dan lainnya.
  • Tarian yang berasal dari daerah Provinsi Kepulauan Riau diantaranya Tari Serampang Dua belas dan lainnya.
  • Tarian yang berasal dari daerah Provinsi Bengkulu diantaranya Tari Andun, Tari Bidadari Teminang Anak dan lainnya.
  • Tarian yang berasal dari daerah Provinsi Jambi diantaranya Tari Sekapur Sirih, Tari Selampir Delapan dan lainnya.
  • Tarian yang berasala dari daerah Provinsi Bangka Belitung diantaranya Tari Campak dan lainnya.
  • Tarian yang berasal dari daerah Provinsi Sumatera Selatan diantaranya Tari Tanggai, Tari Putri Bekhusek dan lainnya.
  • Tarian yang berasal dari daerah Provinsi Lampung diantaranya Tari Jangget, Tari Melinting dan lainnya.
  • Tarian yang berasal dari daerah Provinsi DKI Jakarta diantaranya Tari Topeng, Tari Yopong dan lainnya.
  • Tarian yang berasal dari daerah Provinsi Banten diantaranya Tari Merak, Tari Cokek dan lainnya.
  • Tarian yang berasal dari daerah Provinsi DI Yogyakarta diantaranya Tari Serimpi Sanggu Pati, Tari Bedhaya dan lainnya.
  • Tarian yang berasal dari daeraha Provinsi Jawa Tengah diantaranya Tari Serimpi, Tari Blambang Cakil dan lainnya.
  • Tarian yang berasal dari daerah Provinsi Jawa Barat diantaranya Tari Jaipong, Tari Topeng Kuncaran, Tari Merak dan lainnya.
  • Tarian yang berasal dari daerah Jawa Timur diantaranya Tari Rempong, Tari Reog Ponorogo dan lainnya.
  • Tarian yang berasal dari daerah Provinsi Bali diantaranya Tari Legong, Tari Kecak, Tari Pendet dan lainnya.
  • Tarian yang berasal dari daerah Provinsi Nusa Tenggara Timur diantaranya Tari Perang, Tari Caci dan lainnya.
  • Tarian yang berasal dari daerah Provinsi Nusa Tenggara Barat diantaranya Tari Mpa Lenggogo, Tari Gandrung dan lainnya.
  • Tarian yang berasal dari daerah Provinsi Kalimantan Barat diantaranya Tari Monong, Tari Zapin Tembung dan lainnya.
  • Tarian yang berasal dari daerah Provinsi Kalimantan Utara diantaranya Tarian Kancet Ledo dan lainnya.
  • Tarian yang berasal dari daerah Provinsi Kalimantan Selatan diantaranya Tari Baksa Kembang, Tari Radab Rahayu dan lainnya.
  • Tarian yang berasal dari daerah Provinsi Kalimantan Tengah diantaranya Tari Tambun dan Bungai, Tari Balean Dadas dan lainnya.
  • Tarian yang berasal dari daerah Provinsi Kalimantan Timur diantaranya Tari Gong, Tari Perang dan lainnya.
  • Tarian yang berasal dari daerah Provinsi Sulawesi Selatan diantaranya Tari Kipas, Tari Bosara dan lainnya.
  • Tarian yang berasal dari daerah Provinsi Sulawesi Tengah diantaranya Tari Lumense, Tari Moduai, Tari Peule Cinde dan lainnya.
  • Tarian yang berasal dari daerah Provinsi Sulawesi Barat diantaranya Tari Toerang Batu dan lainnya.
  • Terian yang berasal dari daerah Provinsi Sulawesi Utara diantaranya Tari Maengket, Tari Polo dan lainnya.
  • Tarian yang berasal dari daerah Provinsi Sulawesi Tenggara diantaranya Tari Balumpa, Tari Dinggu dan lainnya.
  • Tarian yang berasal dari daerah Provinsi Gorontalo diantaranya Tari Saronde dan lainnya.
  • Tarian yang berasal dari daerah Provinsi Maluku diantaranya Tari Lenso, Tari Cakelele dan lainnya.
  • Tarian yang berasal dari daerah Provinsi Maluku Utara diantaranya Tari Perang, Tari Nahar Ilaa dan lainnya.
  • Tarian yang berasal dari daerah Provinsi Papua diantaranya Tari Selamat Datang, Tari Musyoh dan lainnya.
  • Tarian yang berasal dari daerah Provinsi Papua Barat diantaranya Tari Suanggi, Tari Perang Papua dan lainnya.
BACA JUGA :   SD4 PENGERTIAN BUNYI

Setiap tarian daerah memiliki keunikan tersendiri. Keunikan tari daerah terlihat dari unsur-unsur tari. Gerak merupakan unsur utama dalam tari. Unsur lain adalah busana, tata rias, iringan, dan properti atau perlengkapan tari. Gerak tari adalah serangkaian gerakan indah dari anggota tubuh yang dapat dinikmati oleh orang lain. Gerak tari nusantara sangat beragam. Gerak tari dari suatu daerah berbeda dengan daerah lain.

Carilah contoh gambar gerak tari dari berbagai daerah di Indonesia. Tunjukkan hasilnya di depan kelas.
Ada dua jenis karya tari, yaitu tari tradisional dan tari kreasi baru. Tahukah kamu, apa yang dimaksud dengan tari tradisional? Tari tradisional adalah tarian yang telah mengalami perjalanan sejarah cukup lama. Contoh tari tradisional yaitu tari Srimpi Sangopati dan tari Gambyong dari Jawa Tengah.

Carilah contoh tari tradisional yang ada di Indonesia. Tuliskan nama tari tradisional beserta daerah asalnya.

Tahukah kamu, apa yang dimaksud dengan tari kreasi baru? Tari kreasi baru sering disebut tari modern. Tari kreasi baru merupakan karya tari garapan baru. Contoh tari kreasi baru yaitu tari Manuk Rawe, Garuda Wisnu, dan Belibis dari Bali.
Carilah contoh tari kreasi baru yang ada di Indonesia. Tuliskan nama tari kreasi baru beserta daerah asalnya. Tuliskan dalam tabel di bawah ini.

1. Tari Nguri, Sumbawa Tari Nguri adalah contoh tari kreasi baru yang lahir dari lingkungan kerajaan Sumbawa. Tarian ini merupakan tarian yang dipentaskan untuk tujuan menghibur. Saat sang raja Sumbawa ditimpa kesulitan, tarian ini akan dimainkan para wanita istana untuk mengurangi kedukaan sang raja. Tari nguri kini sering dipertunjukan sebagai tarian penyambut tamu. Saat menerima kunjungan kerja dari pejabat terpandang dari Pusat, tari ini pasti akan dimainkan sebagai bentuk penghormatan.

BACA JUGA :   SD3-K2.4-Agama Katolik - Iman

2. Tari kuntulan adalah contoh tari kreasi baru yang lahir di awal abad 20-an dari kebudayaan masyarakat Pemalang, Jawa Tengah. Gerakan pada tarian ini identik dengan gerakan pencak silat bernuansa Islami karena memang terlahir di masa perjuangan kemerdekaan. Saat ini tari kuntulan masih sering dipentaskan pada acara-acara hajat atau saat upacara hari besar nasional.

3. Tari Merak, Jawa Barat Contoh tari kreasi baru selanjutnya adalah tari merak. Tarian ini adalah tari yang mengekspresikan keindahan burung merak. Berbagai gerakan di dalamnya diambil dari gerakan-gerakan burung merak wanita. Tarian ini diciptakan oleh Seniman Sunda, Raden Tjetje Somantri pada pertengahan abad ke-19.

4. Tari Rara Ngigel, Yogyakarta Tari Rara Ngigel adalah contoh tari kreasi baru yang diciptakan oleh Ida Wibowo, putri seniman tari kenamaan Bagong Kusudiarjo. Tarian yang menceritakan tumbuhnya seorang gadis yang beranjak dewasa ini juga merupakan contoh tari berpasangan, karena dalam pementasannya tarian ini diperagakan oleh sepasang pria dan wanita.

5. Tari Kupu-kupu, Bali Tari kupu-kupu adalah tari kreasi baru asal Bali yang mengekspresikan kehidupan kupu-kupu biru tua. Tarian ini sudah sangat dikenal oleh masyarakat mancanegara karena sering dipentaskan dalam festival-festival tari dunia. Dimainkan secara berkelompok oleh 5 orang wanita, tarian ini tampak begitu eksotis karena mengaplikasikan teknik gerakan gemulai dan pewarnaan eye catching pada busana yang digunakan.

6. Tari Manipuren, Jawa Tengah Tari manipuren adalah contoh tari kreasi baru yang dikembangkan dari koreografi dan gerakan tari Manipuri yang berasal dari daerah Manipur di India Timur. Tarian ini diciptakan oleh S. Maridi setelah ia berkunjung ke India dan menyaksikan pola kehidupan gadis-gadis desa yang tinggal di sekitar aliran sungai Gangga.

BACA JUGA :   SD Kelas 4 Tema 9.2.3 – LKS - Kayanya Negeriku – Pemanfaatan Kekayaan Alam di Indonesia

7. Tari Yapong, Jakarta Contoh tari kreasi baru selanjutnya berasal dari Jakarta. Tari Yapong, begitu ia disebut, merupakan tari yang sengaja diciptakan Bagong Kusudiarjo untuk dipentaskan dalam acara ulang tahun Jakarta yang ke 450 atau pada sekitar tahun 1977. Tarian yang mengekspresikan kehidupan masyarakat Betawi ini hingga kini masih sering dipentaskan dalam acara dan kegiatan serupa.

8. Tari Manuk Rawa, Bali Tari manuk rawa adalah tari kreasi baru yang dikembangkan dari bagian sendratari Mahabarata dalam lakon Bale Sigale-gale. Tari yang diciptakan oleh koreografer I Wayan Dibia dan komposer I Wayan Beratha pada tahun 1981 ini menggambarkan kehidupan burung rawa khas cerita Wanaparwa dalam Epos Mahabrata.

9. Tari Garuda Nusantara, – Contoh tari kreasi baru selanjutnya adalah tarian yang menceritakan keagungan, kegagahan, keindahan, dan kelincahan seekor burung garuda, lambang negara Indonesia. Tari Garuda Nusantara –begitu biasa disebut, adalah tari yang sarat dengan simbol ketegasan dan kewibawaan.

10. Tari Banjar Kemuning, Jawa Timur Tari Banjar Kemuning adalah tari kreasi baru yang diciptakan oleh Agustinus, S.Sn karena terinspirasi dari kehidupan masyarakat sebuah desa di wilayah Sidoarjo, Jawa Timur, Desa Banjar Kemuning. Tari Banjar kemuning mengekspresikan kehidupan istri-istri nelayan di desa itu. Ketegaran, kekuatan, dan keluesan menghadapi kehidupan yang sulit saat ditinggal suami berlayar tersirat jelas dalam setiap gerakannya.

Sumber: http://kisahasalusul.blogspot.com/2015/09/10-contoh-tari-kreasi-baru-dari.html
Disalin dari Blog Kisah Asal Usul.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *