SD Kelas 4 – Tema 6.2 – Hebatnya Cita-citaku.

Setiap orang memiliki mimpi untuk menjadi apa kelak di kemudian hari.   Apa pun mimpimu, pasti kamu berharap menjadi orang yang hebat dan bermanfaat  bagi lingkunganmu.

Siapakah di antaramu yang ingin menjadi pekerja seni? Pekerja seni adalah orang yang memiliki bakat dan kemampuan tertentu yang bekerja di berbagai bidang kesenian. Para penari, pelukis, animator, sutradara, dan pesulap merupakan beberapa contoh pekerja seni. Para pekerja seni ini bekerja untuk membuat orang lain merasa senang dan semakin menghargai keindahan di sekitarnya.

Jika kamu harus memilih, pekerja seni manakah yang paling kamu sukai? Mengapa? Keterampilan dan pengetahuan apa saja yang harus dimiliki? Kehebatan apa saja yang kalian ketahui dari para pekerja seni? Tuliskan pendapatmu pada secarik kertas kecil, lalu tukarkan dengan teman sebangkumu. Berdiskusilah tentang pendapat kalian masing-masing!

Apakah kamu menyukai seni tari? Ada banyak penari daerah yang telah berjasa bagi perkembangan seni di Indonesia maupun memperkenalkan budaya Indonesia ke mancanegara. Para penari daerah biasanya bermula dari kesenangan menari dan menurunkan tradisi seni daerah. Sungguh mulia peran para penari daerah itu. Berikut ini adalah sebuah kisah tentang seorang penari daerah.

 

Kisah Seorang Penari Gandrung Banyuwangi.

Seorang ibu bernama Supinah, mengisahkan perjalanan hidupnya sebagai seorang penari Gandrung. Tari Gandrung berasal dari Banyuwangi, Jawa Timur yang sudah ada sejak zaman penjajahan kolonial Belanda. Tari Gandrung merupakan tari penyampai pesan untuk para pejuang yang bergerilya pada Perang Puputan Bayu tahun 1771. Oleh karenanya, pada awalnya penari Gandrung adalah laki-
laki. Pada tahun 1895 mulai muncul generasi penari gandrung wanita.

Ibu Supinah mulai menjadi penari Gandrung pada usia 14 tahun, yaitu sejak tahun 1979. Ibu Supinah belajar pada sebuah kelompok Tari Gandrung yang dipimpin oleh Akidah, yaitu Gandrung Akidah. Di sana Bu Supinah belajar dengan rajin sehingga dalam waktu yang tidak terlalu lama, diperkenankan menari di pentas. Saat itu, Ibu Supinah sering tampil di pentas untuk acara-acara tertentu seperti undangan atau perkawinan yang biasa digelar di masyarakat Banyuwangi.

Ibu Supinah tidak pernah menyesali keputusannya untuk menjadi seorang penari Gandrung. Ibu Supinah bangga karena tari Gandrung melambangkan kesuburan. Ibu Supinah bahkan pernah diundang menari ke mancanegara, seperti Amerika, Korea, dan Cina. Ibu Supinah tidak menyangka bahwa profesinya sebagai penari Gandrung mendapatkan penghormatan yang tinggi. Ibu Supinah bangga telah mengenalkan budaya Indonesia kepada masyarakat di mancanegara.
Sumber: www.banyuwangi.merdeka.com dengan perubahan.

BACA JUGA :   SD3-7.1-Sumber Energi

Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini!
1. Apa nama dan asal daerah dari tarian yang menjadi profesi Ibu Supinah?

2. Apakah peran tarian tersebut pada saat perjuangan melawan penjajahan?

3. Sikap dan nilai apa sajakah yang ditunjukkan Ibu Supinah sebagai seorang penari daerah?

4. Menurutmu, nilai, sikap, dan keterampilan apa saja yang diperlukan untuk menjadi seorang penari?

5. Cobalah lakukan beberapa gerakan tari Gandrung atau tari daerahmu yang khas.

 

Kehidupan seorang penari tentu sangat menarik untuk diketahui. Dengan kecintaannya terhadap seni daerah, Ibu Supinah berupaya keras untuk melestarikan warisan budaya daerah. Mari kita simak sebuah puisi tentang seorang penari berikut ini!

Puisi Penari.
Karya: Hascahya Trilion Laksono.
Anggunnya gerak tubuhmu
Lentiknya jemari-jemari berpadu indah

Derap langkah gemulai
Hentakan irama mengalun syahdu

Lirikan mata yang tajam Berubah sekejap menjadi indah
Kibasan selendang emas bergoyang perlahan

Liukan leher mengundang kekaguman
Menari dan terus menari Dengan senyum dan ketulusan

Gerakanmu sungguh indah
Karena engkau menari dengan hatimu.

 

Diskusikan bersama dengan teman sebangkumu untuk menjawab beberapa pertanyaan berikut!
1. Apakah judul puisi di atas? Siapakah penulisnya?
2. Terdiri atas berapa baitkah Puisi Penari?
3. Terdiri atas berapa bariskah puisi tersebut?
4. Bercerita tentang apakah Puisi Penari? Buatlah sebuah paragraf yang menceritakan apa yang kamu ketahui tentang Puisi Penari.
5. Buatlah sebuah gambar yang menggambarkan kisah di dalam Puisi Penari!

Seni tari merupakan salah satu bentuk seni yang hampir selalu ada di dalam kehidupan mayarakat tradisional. Negara Indonesia yang sangat kaya dengan keragaman seni budaya, tentu memiliki jumlah seni tari yang tak terhingga jumlahnya. Akan tetapi, jumlah itu akan terus berkurang apabila masyarakat generasi yang baru tidak mengenalnya. Oleh karenanya, sangatlah penting untuk mengetahui beberapa seni tari daerah Indonesia.

Tari Pendet dari Bali     –     Tari Piring dari Sumatera Barat

Tari Remo dari Jawa Timur                              –                     Tari Saman dari Aceh

BACA JUGA :   SD Kelas 4 - Tema 6.2 Hebatnya Cita-Citaku - LKS Intan

Kamu akan melakukan kegiatan berikut ini secara berkelompok yang terdiri atas empat hingga lima orang. Ikutilah langkah-langkah kegiatan berikut!
Pilihlah salah satu tari daerah yang paling kamu suka atau yang paling banyak kamu ketahui.
1. Carilah informasi melalui berbagai sumber untuk mengetahui nama tari, asal tari, dan cerita tentang tari pilihanmu.
2. Carilah informasi tentang beberapa gerakan tari daerah pilihanmu dan makna gerakannya.
3. Cobalah untuk mengikuti beberapa gerak tari daerah pilihanmu bersama dengan teman sekelompokmu.

Negara Indonesia memang kaya akan budayanya dengan beragam masyarakat yang tinggal di dalamnya. Sebagai negara kepulauan, Indonesia memiliki ribuan pulau dan laut yang tersebar di seluruh wilayah. Dengan demikian, Indonesia memiliki potensi sumber daya dari makhluk hidup yang tumbuh dan berkembang di dalamnya. Apa saja manfaat makhluk hidup di sekitar kita?

 

Manfaat Makhluk Hidup di Sekitar Kita.

Makhluk hidup terdiri atas tumbuhan, hewan, dan manusia. Manusia memerlukan tumbuhan dan hewan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Hewan dan tumbuhan dikelola manusia sedemikian rupa sehingga memberikan manfaat bagi kehidupan manusia.

Tumbuhan dan hewan merupakan sumber daya alam hayati. Keberadaannya akan terus menerus ada sepanjang tidak terjadi peristiwa yang membuat mereka punah. Tumbuhan membantu lingkungan untuk menyediakan oksigen dan menahan air bersih agar tidak terjadi erosi. Tumbuhan juga berfungsi sebagai pelindung tanah-tanah yang miring agar tidak mudah longsor. Tumbuhan juga bermanfaat untuk menyerap karbon dioksida yang dikeluarkan manusia dan hewan lainnya untuk dimanfaatkan menjadi makanan dalam proses fotosintesis.

Apakah manfaat hewan bagi lingkungan sekitarnya? Hewan berfungsi untuk menguraikan sisa makanan menjadi zat makanan yang dapat diserap oleh tumbuhan sebagai zat hara. Dalam mata rantai makanan, hewan bermanfaat untuk menjaga keseimbangan alam.

Tumbuhan dan hewan sebagai sumber daya hayati, memiliki manfaat yang sangat banyak juga bagi kehidupan manusia, antara lain sebagai berikut.

1. Sumber bahan pangan
Hewan yang merupakan sumber makanan manusia, antara lain: sapi, ayam, udang, dan ikan. Sedangkan tumbuhan yang menjadi sumber makanan, antara lain: sayuran, buah-buahan, dan palawija, seperti padi, kedelai, dan jagung.

2. Bahan sandang atau pakaian
Bahan pakaian yang digunakan manusia berasal dari serat tumbuhan dan hewan. Contoh tumbuhan yang dimanfaatkan seratnya adalah kapas. Sedangkan contoh hewan yang dimanfaatkan seratnya adalah ulat sutra dan domba. Serat-serat ini diolah menjadi benang yang kemudian dipintal dan ditenun menjadi kain.

BACA JUGA :   SD Kelas 4 - Tema 6.1 Cita-Citaku - LKS Intan

3. Peralatan rumah tangga
Perabot rumah tangga banyak yang menggunakan kayu yang berasal dari tumbuhan keras. Salah satu contohnya adalah kayu dari pohon jati, cendana, mahoni, dan pinus.

4. Produk kesehatan
Tumbuhan dan hewan dapat digunakan sebagai bahan obat-obatan. Berbagai tanaman obat seperti kunyit, jahe, temulawak, dan kumis kucing dimanfaatkan sebagai obat. Beberapa jenis hewan juga dimanfaatkan untuk obat-obatan, seperti kadal, kelelawar, dan cacing.

Sumber: Ilmu Pengenathuan Alam, Aprilia dan Afifatul Achyar, Pusat perbukuan, Jakarta, 2010.

 

Berdasarkan bacaan di atas dan juga dari berbagai sumber yang kamu ketahui, lakukan kegiatan berikut.
1. Buatlah sebuah peta pikiran untuk menjelaskan manfaat tumbuhan dan hewan terhadap kehidupan manusia.
2. Jelaskan manfaat tumbuhan bagi lingkungan sekitarnya.
3. Jelaskan manfaat hewan bagi lingkungan sekitarnya.
4. Apakah yang akan terjadi pada daerah yang tidak subur sehingga tumbuhan sulit tumbuh?
5. Apakah yang akan terjadi pada hewan-hewan yang berada di hutan yang telah dirusak oleh kegiatan manusia?

Perhatikan lingkungan tempat tinggalmu dan sekolahmu dengan seksama!
1. Buatlah daftar tumbuhan dan hewan yang ada di sana.
2. Amatilah manfaat tumbuhan dan hewan itu di rumahmu dan juga di sekolah.

Bandingkan hasil pengamatanmu. Ceritakan di depan kelas.
Gunakan tabel berikut ini untuk membantumu!

Manfaat Tumbuhan bagi Lingkungan Rumah : …
Manfaat Hewan bagi Lingkungan Rumah : …

Manfaat Tumbuhan bagi Lingkungan Sekolah : …
Manfaat Hewan bagi Lingkungan Sekolah : …

3. Bandingkanlah hasil pengamatanmu dengan menjawab beberapa pertanyaan berikut ini:
a. Adakah tumbuhan yang sama yang ada di rumah dan sekolahmu?
………………………
b. Jika ada, apakah keduanya dimanfaatkan dengan cara yang sama? Jelaskanlah!
c. Adakah hewan yang sama yang ada di rumah dan sekolahmu?
………………………
d. Jika ada, apakah keduanya dimanfaatkan dengan cara yang sama? Jelaskanlah!

 

1. Sebutkanlah tiga hal penting buatmu yang telah kamu pelajari kali ini!
2. Sebutkanlah cara-cara memanfaatkan tumbuhan dan hewan yang bijak di lingkungan rumahmu?

Buatlah gambar tentang sebuah tanaman yang ada di rumahmu. Jelaskan nama, bagian-bagian tumbuhan, dan manfaatnya.

 

SD Kelas 4 – Tema 6.2 – Hebatnya Cita-citaku – Pembelajaran 2
Tag pada:                                    

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *