BSE 2013 – SD Kelas 6 Tema 1.2.4 Selamatkan Mahkluk Hidup Revisi 2018

BSE 2013 – SD Kelas 6 Tema 1.2 Selamatkan Mahkluk Hidup Revisi 2018.

Pembelajaran 4.

Ikan bandeng merupakan ikan pangan yang terkenal di Asia Tenggara.
Ikan ini banyak dikenal orang sebagai ikan air tawar. Habitat asli Ikan Bandeng sebenarnya di laut, tetapi ikan ini dapat hidup di air tawar maupun di air payau.

ikan bandeng asap merupakan salah satu oleh-oleh yang dapat ditemui di Sidoarjo, Jawa Timur. Banyak orang menyukai produk jenis ikan ini.

Edo membawa oleh-oleh ikan bandeng asap dari Sidoarjo. Ia membawa satu ikan ke sekolah untuk dibagikan kepada temannya saat makan siang. Potongan ikan hanya cukup untuk enam orang.
Saat makan siang tiba, selain sahabatnya, tiga orang temannya yang lain ikut bergabung. Semuanya ada sekitar sembilan orang mengelilingi meja kantin. Edo bingung.

Apa yang harus dilakukan Edo saat ketiga teman lainnya datang?

Apa yang harus dilakukan ketiga teman Edo saat tahu bahwa jumlah potongan ikan tidak cukup untuk semua orang?

Apa yang sebaiknya dilakukan oleh Edo, Dayu, Beni, Udin, Siti, dan Lani agar semua mendapat bagian ikan yang sama?

Pahamilah lagi kelima sila Pancasila berikut.

1.Ketuhanan yang Maha Esa.
2.Kemanusiaan yang adil dan beradab.
3.Persatuan Indonesia.
4.Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/ perwakilan.
5.Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

Perhatikan jawabanmu. Apakah sudah sesuai dengan penerapan sila keempat?
Perbaiki jawabanmu apabila dibutuhkan, kemudian diskusikan hasilnya dengan teman sekelasmu.
Carilah tiga contoh perilaku atau sikap lain dalam kehidupan sehari-hari di sekolah yang sesuai dengan nilai-nilai sila keempat Pancasila.
Pilihlah dua dari contoh tersebut yang akan kamu terapkan. Jelaskan bagaimana kamu akan menerapkannya.

BACA JUGA :   SD Kelas 5 - IPA - Rangkuman - Sistem Pencernaan Hewan dan Manusia

Sampaikan hasilnya kepada teman di kelompokmu dan serahkan tulisanmu kepada gurumu.

Di pembelajaran sebelumnya, kamu sudah mendengarkan teks laporan yang dibacakan oleh gurumu dan membuat catatan pada diagram. Kamu juga sudah mengumpulkan fakta-fakta yang ada dalam bentuk tulisan.
Simaklah kembali gurumu yang akan membacakan teks laporan yang berbeda. Catat ide pokoknya pada diagram berikut.

Tulislah kesimpulan pada tempat yang disediakan.

Tulislah kesimpulan pada tempat yang disediakan.

Keragaman hewan Indonesia sangat mengagumkan. Banyak jenis ikan yang harus kita manfaatkan karena mengonsumsinya sangat baik bagi kesehatan.
Ikan bandeng asap merupakan salah satu pengolahan ikan yang berasal dari laut Indonesia.

Edo membawa kardus Ikan Bandeng Asap untuk dibagikan kepada Beni, Siti, Lani, Udin, dan Dayu. Ia membawa 4 kardus berisi 2 ikan dan 4 kardus berisi 3 ikan. Teman–teman Edo membaginya sehingga setiap orang mendapatkan jumlah yang sama.
Berapa Ikan Bandeng Asap yang akan dibawa pulang mereka?

Setelah belajar hari ini, tulislah beberapa hal berikut.
-Sikap apa yang sesuai dengan sila keempat Pancasila yang telah kamu terapkan hari ini?
-Sikap baik apa yang kamu pelajari dari temanmu terkait sila ke empat dari Pancasila?

-Perhatikan lingkunganmu. Apakah ada contoh-contoh sikap yang sesuai dengan sila keempat Pancasila yang perlu kamu contoh?
-Sampaikan dan jelaskan kepada guru dan temanmu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *