SD – Kisi-Kisi UJIAN SEKOLAH BERSTANDAR NASIONAL.
Materi Dapat di Download di sini ! SD UASBN 2018 (irisan)
Bahasa Indonesia – Membaca Non Sastra :
- Peserta didik dapat: menentukan makna kata/istilah pada teks menentukan antonim/sinonim menggali informasi tersurat teks menentukan unsur teks (kalimat utama/penjelas).
- Peserta Didik dapat menentukan ide pokok teks menggali informasi tersirat teks menentukan pernyataan sesuai isi teks mengidentifikasi jenis teks .
- Peserta didik dapat: memprediksi kejadian berdasarkan isi teks membandingkan isi
teks melengkapi tabel dengan pokok-pokok pikiran berdasarkan isi teks.
Bahasa Indonesia – Membaca Sastra :
- Peserta didik dapat: menentukan informasi tersurat pada karya sastra menentukan unsur
intrinsik karya sastra (tokoh, latar, watak tokoh) menentukan makna kata/simbol/kias. - Peserta didik dapat: menggali informasi tersirat dalam karya sastra (menyimpulkan /
memaknai bagian teks ) menentukan unsur intrinsik karya sastra (konflik, amanat,
tema). - Peserta didik dapat: memprediksi kejadian berdasarkan isi cerita menentukan nilai-
nilai cerita menentukan keteladanan tokoh cerita .
Bahasa Indonesia – Menulis Terbatas :
- Peserta didik dapat melengkapi kalimat/teks dengan istilah/kata/ungkapan/peribahasa .
- Peserta didik dapat : menyusun berbagai petunjuk (menggunakan/membuat
sesuatu) menyusun berbagai teks (deskripsi, narasi) melengkapi berbagai jenis teks (laporan, iklan, pidato) melengkapi kalimat/teks dengan kata bentukan . - Peserta didik dapat: memperbaiki penulisan/penggunaan istilah/kata memperbaiki tata kalimat dalam paragraf.
Bahasa Indonesia – Menyunting kata/istilah, frase, kalimat, paragraf, ejaan, dan tanda baca.
- Peserta didik dapat: menunjukkan kesalahan penggunaan ejaan menunjukkan kesalahan
penggunaan tanda baca. - Peserta didik dapat : menggunakan ejaan menggunaan tanda baca.
- Peserta didik dapat: memperbaiki kesalahan penggunaan ejaan memperbaiki penggunaan kesalahan penggunaan tanda baca.
Matematika – Bilangan :
- Peserta didik dapat mengenal dan memahami pengetahuan tentang: operasi hitung bilangan cacah, operasi hitung bilang bulat, operasi hitung bilangan pangkat dua dan tiga, akar pangkat dua dan tiga, KPK dan FPB, pecahan, perbandingan.
- Peserta didik dapat mengaplikasikan pengetahuan tentang:
– operasi hitung bilangan cacah,
˗ operasi hitung bilangan bulat,
˗ operasi hitung bilangan pangkat dua dan tiga, akar pangkat dua dan tiga ,
˗ KPK dan FPB,
˗ pecahan,
˗ perbandingan. - Peserta didik dapat menggunakan nalar yang berkaitan dengan:
˗ operasi hitung bilangan cacah,
˗ operasi hitung bilangan bulat,
˗ KPK dan FPB,
˗ pecahan,
˗ perbandingan.
Matematika – Geometri dan Pengukuran.
- Peserta didik dapat mengenal dan memahami pengetahuan tentang:
– satuan ukuran kuantitas, satuan berat, satuan panjang, satuan waktu, satuan
volum.
– waktu, jarak, dan kecepatan,
– keliling dan luas segiempat,
– keliling dan luas lingkaran,
– sifat-sifat bangun datar,
– sifat-sifat bangun ruang,
– koordinat Kartesius,
– simetri dan pencerminan. - Peserta didik dapat mengaplikasikan pengetahuan tentang:
– satuan ukuran kuantitas, satuan berat, satuan panjang, satuan waktu, satuan volum,
– waktu, jarak, dan kecepatan,
– keliling segiempat,
– keliling dan luas lingkaran
– luas permukaan kubus, balok, dan tabung
– volume kubus, balok, dan tabung
– koordinat Kartesius
– simetri dan pencerminan - Peserta didik dapat menggunakan nalar yang berkaitan dengan:
˗ satuan ukuran,
˗ waktu, jarak, dan kecepatan,
˗ keliling dan luas segiempat
˗ keliling dan luas lingkaran
˗ luas permukaan kubus, balok, dan tabung
˗ volume kubus, balok, dan tabung.
Matematika – Pengolahan Data :
- Peserta didik dapat mengenal dan memahami pengetahuan tentang:
penyajian data dalam bentuk tabel, diagram batang, dan diagram lingkaran
rata-rata hitung dan modus - Peserta didik dapat mengaplikasikan pengetahuan tentang:
˗ penyajian data dalam bentuk tabel, diagram batang, dan diagram lingkaran
˗ rata-rata hitung dan modus - Peserta didik dapat menggunakan nalar yang berkaitan dengan:
˗ penyajian data dalam bentuk tabel, diagram batang, dan diagram lingkaran
˗ rata-rata hitung dan modus.
IPA – Makhluk Hidup dan Lingkungannya.
- Peserta didik mampu memahami pengetahuan tentang:
˗ hubungan antar makhluk hidup dengan lingkungannya
˗ penyesuaian diri makhluk hidup
˗ pelestarian lingkungan. - Peserta didik mampu mengaplikasikan pengetahuan tentang:
˗ hubungan antar makhluk hidup dengan lingkungannya,
˗ penyesuaian diri makhluk hidup. - Peserta didik mampu menggunakan nalar berkaitan dengan:
˗ hubungan antarmakhluk hidup,
˗ upaya manusia dalam pelestarian lingkungan.
IPA – Struktur dan Fungsi Makhluk Hidup :
- Peserta didik mampu memahami pengetahuan tentang:
˗ bagian tubuh tumbuhan/hewan dan fungsinya
– daur hidup hewan,
˗ alat gerak dan fungsinya,
˗ sistem pernapasan pada manusia/hewan,
˗ sistem pencernaan pada manusia,
˗ sistem peredaran darah pada manusia,
˗ perkembangbiakan makhluk hidup,
˗ perkembangan dan pertumbuhan manusia,
˗ pemeliharaan kesehatan organ. - Peserta didik mampu mengaplikasikan pengetahuan tentang:
˗ daur hidup hewan,
˗ mekanisme sistem gerak,
˗ mekanisme sistem organ (pernapasan, pencernaan, dan peredaran darah),
˗ pemeliharaan kesehatan organ. - Peserta didik mampu menggunakan nalar berkaitan dengan:
˗ hubungan antara system organ dan gangguan yang ditimbulkan,
˗ percobaan pada system organ hubungan antara daur,
˗ hidup/perkembangbiakan dengan pelestarian makhluk hidup.
IPA – Benda dan Sifatnya :
- Peserta didik mampu memahami pengetahuan tentang:
˗ sifat benda,
˗ perubahan wujud benda. - Peserta didik mampu mengaplikasikan pengetahuan tentang:
˗ sifat benda,
˗ perubahan wujud benda. - Peserta didik mampu menggunakan nalar berkaitan dengan:
˗ perubahan wujud benda.
IPA – Energi dan Perubahannya :
- Peserta didik mampu memahami pengetahuan tentang:
˗ gaya dan gerak,
˗ bentuk energi dan perubahannya,
˗ suhu dan kalor,
˗ bunyi dan cahaya,
˗ listrik dan magnet. - Peserta didik mampu mengaplikasikan pengetahuan tentang:
˗ gaya dan gerak,
˗ bentuk energy dan perubahannya,
˗ suhu dan kalor,
˗ bunyi dan cahaya,
˗ listrik dan magnet. - Peserta didik mampu menggunakan nalar berkaitan dengan:
˗ gaya dan gerak,
˗ bentuk energi dan perubahannya,
˗ suhu dan kalor,
˗ bunyi dan cahaya,˗ listrik dan magnet.
IPA – Bumi dan Alam Semesta :
- Peserta didik mampu memahami pengetahuan tentang:
˗ sumber daya alam,
˗ daur air,
˗ sistem tata surya. - Peserta didik mampu mengaplikasikan pengetahuan tentang:
˗ sumber daya alam,
˗ daur air,
˗ sistem tata surya. - Peserta didik mampu menggunakan nalar berkaitan dengan:
˗ sumber daya alam,
˗ daur air.