Pembahasan Kisi-kisi SD – IPA Tahun 2019

Pembahasan Kisi-kisi SD – IPA Tahun 2019.

Makhluk Hidup Dan Lingkungannya.

Peserta didik mampu memahami pengetahuan tentang:
– hubungan antar makhluk hidup dengan lingkungannya,
– penyesuaian diri makhluk hidup,
– pelestarian lingkungan.

Peserta didik mampu mengaplikasikan pengetahuan tentang:
– hubungan antar makhluk hidup dengan lingkungannya, 
– penyesuaian diri makhluk hidup, 
– keseimbangan lingkungan.

Peserta didik mampu bernalar tentang:
– hubungan – antarmakhluk hidup,
– upaya manusia dalam menjaga keseimbangan/pelestarian Lingkungan.

 

Struktur Dan Fungsi Maklhuk Hidup.

Peserta didik mampu memahami pengetahuan tentang:
– fungsi bagian tubuh tumbuhan/hewan,
– daur hidup hewan,
– alat gerak dan fungsinya, 
– sistem pernapasan pada manusia/hewan, 
– sistem pencernaan pada manusia, 
– sistem peredaran darah pada manusia
– perkembangbiakan tumbuhan/hewan,
– perkembangan dan pertumbuhan manusia
– pemeliharaan kesehatan organ.

Peserta didik mampu mengaplikasikan pengetahuan tentang:
– daur hidup hewan, 
– mekanisme sistem gerak,
– mekanisme sistem, 
– organ (pernapasan, pencernaan, dan peredaran darah),
– pemeliharaan kesehatan organ

Peserta didik mampu bernalar tentang:
– hubungan antara sistem organ dan proses yang ditimbulkan,
– 
percobaan pada sistem organ.

 

Benda Dan Sifatnya.

Peserta didik mampu memahami pengetahuan tentang:
– sifat benda,
– perubahan wujud, 
– Benda sifat bahan dan bahan penyusunnya.

Peserta didik mampu mengaplikasikan pengetahuan tentang:
– sifat bahan dengan kegunaannya, 
– pemanfaatan perubahan wujud benda, 
– suhu dan kalor.

Peserta didik mampu bernalar tentang:
– pemanfaatan benda berdasarkan sifatnya, 
– perubahan wujud benda, 
– suhu dan kalor.

 

 

Energi Dan Perubahannya

Peserta didik mampu memahami pengetahuan tentang:
– jenis-jenis gaya,
– bentuk energi dan perubahannya,
– 
energi alternatif, 
– sifat-sifat magnet.

Peserta didik mampu mengaplikasikan pengetahuan tentang:
– pengaruh gaya terhadap gerak, arah, dan bentuk benda,
– bunyi,
– cahaya, 
– perubahan energi listrik dan penghematan energi listrik,
– energi alternatif dan cara penggunaannya.
– listrik dan magnet.

Peserta didik mampu bernalar tentang:
– hubungan gaya dengan gerak, 
– bunyi, 
– cahaya.

 

BACA JUGA :   BAHAS USBN MATEMATIKA SD

 

Bumi Dan Alam Semesta : 

Peserta didik mampu memahami pengetahuan tentang:
– sumber daya alam,
– siklus air, 
– sistem tata surya, 
– gerhana bulan dan gerhana matahari.

Peserta didik mampu mengaplikasikan pengetahuan tentang:
– mencegah kerusakan lingkungan,
– dampak pengambilan bahan alam,
– rotasi dan revolusi bumi dan bulan,
– gerhana bulan dan gerhana matahari.

Peserta didik mampu bernalar tentang:
– gerhana bulan dan gerhana matahari.
– siklus air dan dampaknya pada peristiwa di bumi,
– serta kelangsungan mahluk hidup.