BSE 2013 – SD Kelas 6 Tema 1.3 Ayo Selamatkan Hewan dan Tumbuhan Part 3

BSE 2013 – SD Kelas 6 Tema 1.3 Ayo Selamatkan Hewan dan Tumbuhan.
Pembelajaran 3.

Apakah kamu pernah memperhatikan hewan berlari?
Apa perbedaan cara hewan berlari dengan manusia?
Mengapa makhluk hidup diberi keterampilan berlari? Untuk memahaminya, ayo kita pelajari sambil mempraktikkannya.

Pernahkah kamu memperhatikan gerak hewan? Ternyata, hewan juga bergerak dengan gerakan lokomotor dan non-lokomotor. Ingatkah kamu apa yang dimaksud gerakan lokomotor dan gerakan non-lokomotor?

Kamu sudah berlatih bagaimana melempar, menangkap, dan memukul bola. Hari ini kamu akan mempraktikkan ketiga keterampilan tersebut dalam permainan rounders.

Perhatikan aturan bermainnya.

Rounders adalah olahraga permainan yang memiliki peraturan hampir sama dengan permainan kasti. Rounders memiliki teknik permainan yang sama dengan kasti, yaitu melempar, menangkap, dan memukul bola ditambah dengan keterampilan berlari dan menghindari sentuhan bola. Perbedaan rounders dan kasti adalah pada bentuk lapangannya.
Lapangan
berbentuk segilima sama sisi. Masing-masing sisi panjangnya 15 meter, ditandai dengan 5 tempat hinggap yang disebut base. Setiap lapangan terdapat 5 base, yaitu base 1-5.
Peralatan
• Lima tempat hinggap (base) terbuat dari keset, masing-masing berukuran 40 – 40 cm.
• Satu tempat pelambung (bowler) ukuran 40 cm – 40 cm.
• Kayu pemukul
-panjang : 1 m
-garis tengah : 7 cm
-panjang pegangan : 48 cm
• bola
-keliling : 19-22 cm
-berat : 80-100 gram

Lapangan Rounders:
Setelah selesai melakukan permainan rounders, jawablah pertanyaan berikut.
1.Apa yang kamu pelajari dari permainan rounders ini?
2.Apa manfaat yang kamu peroleh dalam bermain rounders?
3.Apakah kamu sudah dapat menguasai cara dasar bermain rounders dengan baik?
4.Bagaimana kerja sama tim rounders kamu?
5.Apa yang perlu ditingkatkan dalam permainan rounders di masa yang akan datang?

BACA JUGA :   Buku Tematik – Kelas 5 - Tema 7 - Peristiwa dalam Kehidupan

Kamu telah mempelajari tentang pentingnya melestarikan hewan dan tumbuhan. Adakah yang dapat kamu lakukan untuk mempercepat perkembangan tumbuhan?

Analisislah gambar seri berikut! Perkembangbiakan Generatif

Perkembangbiakan Mangga

Perkembangbiakan Vegetatif Buatan
1. Cangkok.
2. Setek Batang.
3. Menyambung.

Perkembangbiakan Vegetatif Alami :Akar tinggal, Umbi Lapis, Umbi Batang, Umbi Akar, Tunas Adventif, Spora, Geragih.

Perkembangbiakan generatif, yaitu perkembangbiakan tumbuhan melalui perkawinan sel kelamin jantan (benang sari) dan sel kelamin betina (putik).
Perkembangbiakan vegetatif, yaitu perkembangbiakan tumbuhan tanpa perkawinan.

Dengan membantu perkembangbiakan tumbuhan, berarti kamu telah ikut melestarikan keberadaannya. Itulah wujud syukur kita kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Berkreasi Membuat Poster. 
Buatlah poster tentang pelestarian hewan atau tumbuhan di daerahmu. Buat postermu semenarik mungkin, rapi, dan mudah dipahami.

Poster adalah karya seni atau desain grafis yang berisi komposisi gambar dan huruf yang menarik di atas kertas berukuran besar dan berisi pesan– pesan. Poster biasanya ditempel di tembok, di tempat umum, di kendaraan, dan di tempat strategis yang dikunjungi banyak orang dan mudah dibaca.

Kamu sudah berlatih membuat kesimpulan yang baik.
Ambillah salah satu kesimpulanmu. Tukarkan kepada teman di sebelahmu.
Kamu akan membaca kesimpulan milik temanmu dan tulislah komentar mu mengenai kesimpulan temanmu. Berikut adalah hal-hal yang bisa kamu komentari tentang kesimpulan temanmu.

Kesimpulan yang baik berisikan:
1.pesan yang ingin disampaikan kepada pembaca,
2.intisari dari tulisan,
3.dimulai dari khusus ke umum,
4.menggunakan kosakata baku,
5.suatu pernyataan yang dibuat berdasarkan ide pokok dan kata kunci dari kalimat penjelas dengan kalimat sendiri.

Tulislah komentarmu pada kertas yang disediakan oleh guru dan sampaikan kepada temanmu.

Setelah belajar hari ini, tulislah beberapa hal berikut.
– Hal apa yang paling menarik yang kamu pelajari hari ini? Mengapa?
– Apakah ada hal yang masih membingungkan?
– Apa yang akan kamu lakukan terkait pelestarian hewan dan tumbuhan?

BACA JUGA :   BAHAS USBN MATEMATIKA SD

– Sampaikan postermu kepada orangtua dan teman di lingkunganmu.
– Sampaikan hasilnya kepada gurumu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *