BSE 2013 – SD Kelas 6 Tema 1.2.6 Selamatkan Mahkluk Hidup Revisi 2018


BSE 2013 – SD Kelas 6 Tema 1.2 Selamatkan Mahkluk Hidup Revisi 2018.
Pembelajaran 6.

Kamu sudah belajar tentang hewan selama satu minggu. Banyak hal yang kamu pelajari.
Kamu sudah tahu bagaimana hewan berkembang biak dan jenis hewan yang hidup di negara-negara ASEAN. Menarik bukan?

Kamu sudah belajar bagaimana cara berlari yang benar, melempar, dan menangkap bola. Untuk menambah keterampilanmu dalam berolahraga, hari ini kamu akan bermain memukul bola.

Ayo, pelajari caranya dan berlatih di luar bersama teman dan gurumu.

Cara Memukul Bola :

1.Badan sedikit membungkuk, kedua kaki sejajar sedikit ditekuk dan terbuka.
2.Pandangan ke arah datangnya bola.
3.Kedua tangan memegang pemukul dengan tangan kanan di atas. Apabila kidal, pemukul dipegang tangan kiri.
4.Kayu pemukul berada diatas bahu. Bahu kiri sedikit lebih rendah daripada bahu kanan.

Setelah selesai bermain, kamu dapat melakukan refleksi bersama teman dan gurumu.

Teruslah berlatih agar kamu terampil memukul bola.
Latihan dengan sungguh- sungguh akan membuahkan hasil yang memuaskan.

Tahukah kamu kelelawar?

Hewan ini memiliki fakta yang menarik. Kelelawar memiliki indra pendengaran yang sangat baik, lebih baik daripada manusia.
Berikut ini fakta tentang kelelawar.
1.Kelelawar merupakan hewan mamalia.
2.Tubuh kelelawar sangat bersih.
3.Pada umumnya kelelawar mempunyai satu anak dalam satu tahun.
4.Kelelawar hidup 20 sampai 30 tahun.
5.Kelelawar berperan besar dalam penyebaran dan penyerbukan tanaman.
6.Kotoran kelelawar yang menempel pada gua justru akan melestarikan ekosistem, karena pada kotoran tersebut beberapa bakteri dan organisme lain menggantungkan hidup.
7.Kelelawar tidur di siang hari dan mencari makan di malam hari.

Kegiatan hari ini membutuhkan panca indra pendengaran. Kamu harus konsentrasi agar kegiatan dapat berjalan dengan lancar.
Gurumu akan membacakan teks laporan dan kamu harus menyimpulkannya. Kesimpulanmu harus ditulis dengan menggunakan kosakata baku.
Simaklah gurumu dengan saksama.

Siti dan teman-temannya diundang menghadiri acara syukuran di rumah Udin. Di sana banyak makanan. Di meja sebelah kiri ada ayam goreng, sate ayam, dan ikan bakar. Di meja sebelah kanan terlihat ada rendang dan soto ayam. Wah, Siti dan teman-temannya bingung memilihnya. Semua terlihat enak. Beni mulai berjalan mengambil 10 tusuk sate ayam, 2 rendang, dan sepotong ikan bakar. Siti mengambil 3 tusuk sate saja. Edo mengingatkan Beni agar mengambil makanan secukupnya saja.

Jawablah pertanyaan berikut dan diskusikan dengan teman kelompokmu. Apa pendapatmu tentang sikap Beni?
Apa pendapatmu tentang sikap Siti?
Apa pendapatmu tentang sikap Edo?

Pahami Pancasila sebagai berikut :

1.Ketuhanan yang Maha Esa.
2.Kemanusiaan yang adil dan beradab.
3.Persatuan Indonesia.
4.Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/ perwakilan.
5.Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

Apakah yang dilakukan oleh Beni sesuai dengan sila kelima Pancasila? Beni melakukan pemborosan dan hal tersebut tidak baik bagi lingkungan dan keberlangsungan hidup orang banyak. Pemborosan yang dilakukan Beni dapat berakibat langkanya sumber hewani sebagai sumber makanan.
Bersikap adil, menghormati hak-hak orang lain, suka memberi pertolongan, tidak boros, tidak bergaya hidup mewah, tidak merugikan kepentingan orang lain, suka bekerja keras, dan menghargai hasil karya orang lain adalah merupakan contoh penerapan sila kelima.

Carilah tiga contoh perilaku atau sikap dalam kehidupan sehari-hari yang sesuai dengan nilai-nilai sila kelima Pancasila.

Carilah tiga contoh perilaku atau sikap dalam kehidupan sehari-hari yang sesuai dengan nilai-nilai sila kelima Pancasila.

  • Apa yang telah kamu pelajari hari ini?
  • Bagaimana manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari?
  • Bagaimana cara kamu bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa yang telah menciptakan beragam jenis hewan?

Amatilah sekitarmu terkait pengamalan sila kelima Pancasila. Hal baik apa yang dapat kamu contoh?


Tinggalkan komentar