Pembahasan Kisi-kisi SD – IPA Tahun 2019.
Makhluk Hidup Dan Lingkungannya.
Peserta didik mampu memahami pengetahuan tentang:
– hubungan antar makhluk hidup dengan lingkungannya,
– penyesuaian diri makhluk hidup,
– pelestarian lingkungan.
Peserta didik mampu mengaplikasikan pengetahuan tentang:
– hubungan antar makhluk hidup dengan lingkungannya,
– penyesuaian diri makhluk hidup,
– keseimbangan lingkungan.
Peserta didik mampu bernalar tentang:
– hubungan – antarmakhluk hidup,
– upaya manusia dalam menjaga keseimbangan/pelestarian Lingkungan.
Struktur Dan Fungsi Maklhuk Hidup.
Peserta didik mampu memahami pengetahuan tentang:
– fungsi bagian tubuh tumbuhan/hewan,
– daur hidup hewan,
– alat gerak dan fungsinya,
– sistem pernapasan pada manusia/hewan,
– sistem pencernaan pada manusia,
– sistem peredaran darah pada manusia
– perkembangbiakan tumbuhan/hewan,
– perkembangan dan pertumbuhan manusia
– pemeliharaan kesehatan organ.
Peserta didik mampu mengaplikasikan pengetahuan tentang:
– daur hidup hewan,
– mekanisme sistem gerak,
– mekanisme sistem,
– organ (pernapasan, pencernaan, dan peredaran darah),
– pemeliharaan kesehatan organ
Peserta didik mampu bernalar tentang:
– hubungan antara sistem organ dan proses yang ditimbulkan,
– percobaan pada sistem organ.
Benda Dan Sifatnya.
Peserta didik mampu memahami pengetahuan tentang:
– sifat benda,
– perubahan wujud,
– Benda sifat bahan dan bahan penyusunnya.
Peserta didik mampu mengaplikasikan pengetahuan tentang:
– sifat bahan dengan kegunaannya,
– pemanfaatan perubahan wujud benda,
– suhu dan kalor.
Peserta didik mampu bernalar tentang:
– pemanfaatan benda berdasarkan sifatnya,
– perubahan wujud benda,
– suhu dan kalor.
Energi Dan Perubahannya
Peserta didik mampu memahami pengetahuan tentang:
– jenis-jenis gaya,
– bentuk energi dan perubahannya,
– energi alternatif,
– sifat-sifat magnet.
Peserta didik mampu mengaplikasikan pengetahuan tentang:
– pengaruh gaya terhadap gerak, arah, dan bentuk benda,
– bunyi,
– cahaya,
– perubahan energi listrik dan penghematan energi listrik,
– energi alternatif dan cara penggunaannya.
– listrik dan magnet.
Peserta didik mampu bernalar tentang:
– hubungan gaya dengan gerak,
– bunyi,
– cahaya.
Bumi Dan Alam Semesta :
Peserta didik mampu memahami pengetahuan tentang:
– sumber daya alam,
– siklus air,
– sistem tata surya,
– gerhana bulan dan gerhana matahari.
Peserta didik mampu mengaplikasikan pengetahuan tentang:
– mencegah kerusakan lingkungan,
– dampak pengambilan bahan alam,
– rotasi dan revolusi bumi dan bulan,
– gerhana bulan dan gerhana matahari.
Peserta didik mampu bernalar tentang:
– gerhana bulan dan gerhana matahari.
– siklus air dan dampaknya pada peristiwa di bumi,
– serta kelangsungan mahluk hidup.