Bab 2.7 - TATAPAN YESUS
Untuk Android : Untuk PC : Lanjutan bab 2. VII. TATAPAN YESUS. 96. Yesus mengangkat kembali iman alkitabiah akan Al-lah Sang Pencipta, sambil menekankan suatu kebenaran mendasar: Al-lah adalah Bapa (lihat Matius 11:25). Dalam percakapan dengan murid-murid-Nya, Yesus mengundang mereka untuk mengenali hubungan kebapaan yang dimiliki Al-lah dengan semua makhluk. Ia mengingatkan mereka, dengan kelembutan […]
BAB 3 - AKAR MANUSIAWI KRISIS EKOLOGIS
Bab 3 - AKAR MANUSIAWI KRISIS EKOLOGIS. 101. Tidak akan berguna untuk menggambarkan gejala-gejala krisis ekologis tanpa mengakui akarnya dalam ma- nusia. Terdapat suatu cara memahami hidup dan aktivitas manusia yang keliru dan bertentangan dengan realitas dunia hingga merugikannya. Mengapa kita tidak berhenti sejenak untuk memikirkannya? Dalam refleksi ini, saya mengusulkan agar kita fokus pada […]
Bab 3.1 - TEKNOLOGI: KREATIVITAS DAN KUASA
Lanjutan Bab 3. I. TEKNOLOGI: KREATIVITAS DAN KUASA. 102. Umat manusia telah memasuki era baru dengan kekuatan teknologi yang menempatkan kita di persimpang- an jalan. Kita mewarisi hasil dua abad gelombang peru- bahan yang sangat besar: mesin uap, kereta api, telegraf, listrik, mobil, pesawat terbang, industri kimia, obat-obatan modern, teknologi informasi, dan baru-baru ini […]
Bab 3.2 - GLOBALISASI PARADIGMA TEKNOKRATIS
Lanjutan Bab 3. II. GLOBALISASI PARADIGMA TEKNOKRATIS 106. Masalah mendasar lain yang lebih mendalam ialah cara manusia mengadopsi teknologi dan perkembangannya dengan paradigma yang seragam dan hanya dari satu sudut pandang. Model ini mengagungkan konsep subjek yang, dengan menggunakan prosedur yang logis dan rasional, langkah demi langkah mendekati dan mengontrol objek yang ada di luar. […]
Bab 3.3 - KRISIS DAN EFEK ANTROPOSENTRISME MODERN
Lanjutan Bab 3. III. KRISIS DAN EFEK ANTROPOSENTRISME MODERN. 115. Antroposentrisme modern, secara berlawanan, akhirnya menaruh pola pikir teknis di atas realitas, karena manusia “tidak lagi merasakan alam sebagai norma yang berlaku, atau sebagai tempat berlindung yang hidup. Ia melihat alam tanpa prasyarat, sebagai objek, sebagai ruang dan bahan untuk dikerjakan. Segalanya dibuang ke situ, tidak […]
Bab 3.3.1 - Relativisme praktis
Lanjutan Bab 3. III. KRISIS DAN EFEK ANTROPOSENTRISME MODERN ... Relativisme praktis. 122. Sebuah antroposentrisme yang menyimpang mendorong gaya hidup yang Dalam Anjuran Apostolik Evangelii Gaudium, saya merujuk ke relativisme praktis yang menjadi ciri khas zaman kita, dan yang “lebih berbahaya daripada relativisme doktrinal”. Ketika manusia menempatkan dirinya di pusat, ia akhirnya memberikan prioritas […]
Bab 3.3.2. - Kebutuhan untuk melestarikan pekerjaan
Lanjutan Bab 3. III. KRISIS DAN EFEK ANTROPOSENTRISME MODERN ... Kebutuhan untuk melestarikan pekerjaan. 124. Dalam setiap pendekatan ekologi integral, yang tidak mengecualikan manusia, harus diperhitungkan nilai pekerjaan, yang diuraikan dengan penuh hikmat oleh Santo Yohanes Paulus II dalam Ensiklik Laborem Exercens. Ingat, menurut kisah penciptaan dalam Alkitab, Al-lah menempatkan manusia dalam suatu kebun yang […]
Bab 3.3.3 - Teknologi biologis yang baru
Lanjutan Bab 3. III. KRISIS DAN EFEK ANTROPOSENTRISME MODERN. Teknologi biologis yang baru 130. Dalam visi filosofis dan teologis tentang penciptaan yang telah saya sajikan, jelas bahwa manusia, dengan kekhususan akal budi dan ilmunya, tidak merupakan faktor eksternal yang harus sepenuhnya dikesampingkan. Namun, juga bila manusia dapat campur tangan dalam dunia tanaman dan satwa […]
BAB 4 - EKOLOGI YANG INTEGRAL
Untuk Android : BAB 4 - EKOLOGI YANG INTEGRAL. 137. Mengingat bahwa semuanya saling terkait, dan bahwa masalah-masalah masa kini membutuhkan suatu visi yang memperhitungkan semua aspek dari krisis global, saya mengusulkan bahwa kita sekarang mempertimbangkan pelbagai komponen dari suatu ekologi integral, yang jelas mempunyai dimensi manusiawi dan sosial. I. EKOLOGI LINGKUNGAN, EKONOMI DAN SOSIAL […]
Bab 4.2 - Ekologi Budaya
Untuk Android : Untuk PC : Lanjutan Bab 4. II. Ekologi Budaya. 143. Bersama dengan warisan alam, juga warisan sejarah, seni dan budaya terancam. Warisan ini adalah bagian dari identitas bersama di suatu tempat dan dasar untuk membangun sebuah kota yang layak huni. Yang penting bukanlah membongkar atau pun membangun kota-kota baru yang disebut lebih ekologis, namun tidak […]