Phone

+62-852-5870-0022

Email :

jokoblitar@gmail.com

Opening Hours

Senin - Minggu : 24 Hour

Insomnia adalah gangguan tidur yang menyebabkan penderitanya sulit tidur, atau tidak cukup tidur, meskipun terdapat cukup waktu untuk melakukannya. Gangguan tersebut menyebabkan kondisi penderita tidak prima untuk melakukan aktivitas keesokan harinya.

 

Perubahan gaya hidup sederhana dapat membuat perbedaan dunia pada kualitas tidur Anda.

Ikuti 10 tips berikut untuk malam yang lebih nyenyak.

Pertahankan jam tidur yang teratur

Tidur dan bangun pada waktu yang hampir sama setiap hari akan memprogram tubuh Anda untuk tidur lebih nyenyak. Pilih waktu saat Anda mungkin merasa lelah dan mengantuk.

Ciptakan lingkungan tidur yang nyenyak

Kamar tidur Anda harus menjadi tempat yang damai untuk istirahat dan tidur. Suhu, pencahayaan, dan kebisingan harus dikontrol agar lingkungan kamar Anda membantu Anda untuk tertidur (dan tetap).

Jika Anda memiliki hewan peliharaan yang tidur sekamar dengan Anda, pertimbangkan untuk memindahkannya ke tempat lain jika hal itu sering mengganggu Anda di malam hari.

Pastikan tempat tidur Anda nyaman

Sulit untuk mendapatkan tidur nyenyak di atas kasur yang terlalu empuk atau terlalu keras, atau tempat tidur yang terlalu kecil atau tua.

Berolahragalah secara teratur

Olahraga ringan secara teratur, seperti berenang atau berjalan kaki , dapat membantu meredakan beberapa ketegangan yang menumpuk sepanjang hari. Namun pastikan Anda tidak melakukan olahraga berat, seperti lari atau gym, terlalu dekat dengan waktu tidur, karena bisa membuat Anda tetap terjaga.

Cari tahu lebih lanjut tentang cara menjadi aktif dengan cara Anda .

Kurangi kafein

Kurangi kafein dalam teh, kopi, minuman energi atau cola, terutama di malam hari. Kafein mengganggu proses tertidur, dan juga mencegah tidur nyenyak. Sebaliknya, minumlah minuman hangat seperti susu atau teh herbal.

Jangan terlalu memanjakan

Terlalu banyak makanan atau alkohol, terutama saat larut malam, dapat mengganggu pola tidur Anda. Alkohol dapat membantu Anda untuk tertidur pada awalnya, tetapi akan mengganggu tidur Anda di kemudian hari.

Jangan merokok

Nikotin adalah stimulan. Orang yang merokok membutuhkan waktu lebih lama untuk tertidur, lebih sering bangun, dan sering kali tidurnya lebih terganggu.

Cobalah untuk rileks sebelum tidur

Mandi air hangat, dengarkan musik yang tenang atau lakukan yoga lembut untuk menenangkan pikiran dan tubuh Anda. Dokter umum Anda mungkin dapat merekomendasikan CD relaksasi yang bermanfaat.

Tuliskan kekhawatiran Anda

Jika Anda cenderung berbaring di tempat tidur memikirkan segala hal yang harus Anda lakukan besok, sisihkan waktu sebelum waktu tidur untuk membuat rencana keesokan harinya. Tujuannya adalah untuk menghindari melakukan hal-hal ini saat Anda berada di tempat tidur, mencoba untuk tidur.

Jika Anda tidak bisa tidur, bangunlah

Jika Anda tidak bisa tidur, jangan berbaring di sana sambil mencemaskannya. Bangunlah dan lakukan sesuatu yang menurut Anda membuat rileks sampai Anda kembali mengantuk, lalu kembalilah ke tempat tidur.

Buatlah janji bertemu dengan dokter umum Anda jika kurang tidur terus berlanjut dan itu memengaruhi kehidupan sehari-hari Anda.

 

Recommended Articles

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *