Phone

+62-852-5870-0022

Email :

jokoblitar@gmail.com

Opening Hours

Senin - Minggu : 24 Hour

Hemodialisis / Cuci Darah.

Hemodialysis / Cuci Darah

 

Sumber : https://www.kidney.org/atoz/content/hemodialysis

 

Ginjal yang sehat membersihkan darah Anda dan mengeluarkan cairan ekstra dalam bentuk urin. Mereka juga membuat zat yang menjaga kesehatan tubuh Anda. Dialisis menggantikan beberapa fungsi ini saat ginjal Anda tidak lagi berfungsi. Ada dua jenis dialisis – hemodialisis dan dialisis peritoneal. Berikut ini adalah tentang hemodialisis. Untuk informasi lebih lanjut tentang dialisis peritoneal, klik di sini .

 

Kapan dialisis dibutuhkan?

Anda memerlukan dialisis jika ginjal Anda tidak lagi mengeluarkan cukup limbah dan cairan dari darah untuk membuat Anda tetap sehat. Ini biasanya terjadi ketika Anda hanya memiliki 10 sampai 15 persen dari fungsi ginjal Anda yang tersisa. Anda mungkin mengalami gejala seperti mual, muntah, bengkak, dan kelelahan. Namun, bahkan jika Anda belum mengalami gejala-gejala ini, Anda masih bisa memiliki tingkat limbah yang tinggi dalam darah yang mungkin beracun bagi tubuh Anda. Dokter Anda adalah orang terbaik yang memberi tahu Anda kapan Anda harus memulai dialisis.

Bagaimana cara kerja hemodialisis?

Hemodialisis adalah prosedur di mana mesin dialisis dan filter khusus yang disebut ginjal buatan, atau dialyzer, digunakan untuk membersihkan darah Anda. Untuk memasukkan darah Anda ke dalam dialyzer, dokter perlu membuat akses, atau pintu masuk, ke pembuluh darah Anda. Ini dilakukan dengan operasi kecil, biasanya di lengan Anda. Untuk informasi lebih lanjut tentang akses hemodialisis, klik di sini .

Bagaimana cara dialyzer membersihkan darah saya?

Dialyzer, atau filter, memiliki dua bagian, satu untuk darah Anda dan satu lagi untuk cairan pencuci yang disebut dialisat. Sebuah selaput tipis memisahkan kedua bagian ini. Sel darah, protein, dan hal penting lainnya tetap berada di dalam darah Anda karena terlalu besar untuk melewati membran. Produk limbah yang lebih kecil dalam darah, seperti urea, kreatinin, kalium, dan cairan ekstra melewati membran dan dibuang.

Dimana hemodialisis dilakukan?

Hemodialisis dapat dilakukan di rumah sakit, di pusat dialisis yang bukan merupakan bagian dari rumah sakit atau di rumah. Anda dan dokter Anda akan memutuskan tempat mana yang terbaik, berdasarkan kondisi medis Anda, dan keinginan Anda.

Berapa lama setiap perawatan hemodialisis akan bertahan?

Di pusat dialisis, hemodialisis biasanya dilakukan 3 kali seminggu selama sekitar 4 jam setiap kali. Orang yang memilih untuk melakukan hemodialisis di rumah dapat melakukan perawatan dialisis lebih sering, 4-7 kali seminggu untuk jam yang lebih pendek setiap kali.

Dokter Anda akan memberi Anda resep yang memberi tahu Anda berapa banyak perawatan yang Anda butuhkan. Penelitian telah menunjukkan bahwa mendapatkan jumlah dialisis yang tepat meningkatkan kesehatan Anda secara keseluruhan, membuat Anda tidak masuk rumah sakit dan memungkinkan Anda untuk hidup lebih lama. Tim perawatan dialisis Anda akan memantau perawatan Anda dengan tes laboratorium bulanan untuk memastikan Anda mendapatkan jumlah dialisis yang tepat. Salah satu ukuran yang dapat digunakan oleh tim perawatan dialisis Anda disebut rasio pengurangan urea (URR). Ukuran lain disebut Kt / V (diucapkan kay tee over vee). Tanyakan kepada tim perawatan dialisis Anda ukuran apa yang mereka gunakan dan berapa nomor Anda. Untuk memastikan Anda mendapatkan cukup dialisis:

  • * Kt / V Anda setidaknya harus 1.2 atau
  • * URR Anda setidaknya harus 65 persen.

Bisakah saya menjalani hemodialisis di rumah?

Mungkin. Banyak pasien menjalani perawatan hemodialisis di rumah. Untuk mempelajari lebih lanjut tentang home hemodialisis klik di sini .

Apakah saya perlu makan makanan khusus?

Iya. Secara umum, pasien yang menjalani dialisis disarankan untuk meningkatkan asupan protein dan membatasi jumlah kalium, fosfor, natrium, dan cairan dalam makanan mereka. Pasien dengan diabetes atau kondisi kesehatan lainnya mungkin memiliki batasan diet tambahan. Penting untuk berbicara dengan ahli diet Anda tentang kebutuhan diet individu Anda.

Tim perawatan dialisis Anda akan memantau perawatan Anda dengan tes laboratorium bulanan untuk memastikan Anda mendapatkan jumlah dialisis yang tepat dan bahwa Anda memenuhi tujuan diet Anda. Untuk informasi lebih lanjut tentang nutrisi dan hemodialisis, klik di sini . Untuk informasi lebih lanjut tentang memahami nilai lab Anda klik di sini .

Bisakah dialisis menyembuhkan penyakit ginjal saya?

Dalam beberapa kasus gagal ginjal mendadak atau akut, dialisis mungkin hanya diperlukan dalam waktu singkat sampai ginjal membaik. Namun, ketika penyakit ginjal kronis berkembang menjadi gagal ginjal dari waktu ke waktu, ginjal Anda tidak menjadi lebih baik dan Anda akan memerlukan dialisis selama sisa hidup Anda kecuali jika Anda dapat menerima transplantasi ginjal.

Apakah saya akan merasa tidak nyaman saat menjalani hemodialisis?

Saat Anda memulai hemodialisis, jarum yang dimasukkan ke dalam fistula atau cangkok mungkin tidak nyaman. Kebanyakan pasien terbiasa dengan hal ini pada waktunya. Tim perawatan dialisis Anda akan memastikan Anda senyaman mungkin selama perawatan Anda. Gejala seperti kram, sakit kepala, mual, atau pusing tidak umum, tetapi jika Anda memang memilikinya, tanyakan kepada tim perawatan dialisis Anda jika salah satu dari langkah-langkah berikut dapat membantu Anda:

  • * Perlambat pengeluaran cairan Anda, yang dapat meningkatkan waktu dialisis Anda.
  • * Tingkatkan jumlah natrium dalam dialisat Anda.
  • * Periksa obat tekanan darah tinggi Anda.
  • * Sesuaikan berat kering Anda, atau berat target.
  • * Dinginkan sedikit dialisat.
  • * Gunakan obat khusus untuk membantu mencegah tekanan darah rendah selama cuci darah.

Anda dapat membantu diri sendiri dengan mengikuti pola makan dan asupan cairan Anda. Keharusan mengeluarkan terlalu banyak cairan selama dialisis adalah salah satu hal yang mungkin membuat Anda merasa tidak nyaman selama perawatan.

Bagaimana cara saya membayar dialisis saya?

Dialisis itu mahal. Namun, program Medicare pemerintah federal membayar 80 persen dari semua biaya dialisis untuk kebanyakan pasien. Asuransi kesehatan swasta atau bantuan medis negara juga dapat membantu biaya. Untuk informasi lebih lanjut tentang asuransi klik di sini .

Saya telah mendengar bahwa saya mungkin harus menggunakan kembali dialyzer saya setiap perawatan. Apakah ini aman?

Sebelum Anda menggunakan kembali dialyzer Anda, pusat dialisis Anda membersihkannya sesuai dengan pedoman yang cermat. Jika dilakukan dengan benar, penggunaan kembali umumnya aman. Sebelum setiap perawatan, dialyzer Anda harus diuji untuk memastikannya masih berfungsi dengan baik. Jika dialyzer Anda tidak lagi berfungsi dengan baik, itu harus dibuang dan Anda harus diberi yang baru. Tanyakan kepada tim perawatan dialisis Anda apakah mereka telah menguji dialyzer Anda dan apakah masih berfungsi dengan baik.

Jika Anda tidak ingin menggunakan kembali dialyzer Anda, center Anda mungkin bersedia memberi Anda dialyzer baru untuk setiap perawatan. Tanyakan tentang kebijakan pusat tentang penggunaan kembali.

Bisakah pasien dialisis bepergian?

Bisa.  Pusat dialisis di Indonesia sudah tersebar di berbagai daerah. Sebelum Anda bepergian, Anda harus membuat janji untuk perawatan dialisis di pusat lain. Staf di pusat Anda mungkin dapat membantu Anda mengatur janji temu ini. Untuk informasi lebih lanjut tentang perjalanan dialisis klik di sini .

Bisakah pasien dialisis terus bekerja?

Bisa. Banyak pasien dialisis tetap bekerja atau kembali bekerja setelah mereka terbiasa dengan dialisis. Jika pekerjaan Anda memiliki banyak pekerjaan fisik (angkat berat, menggali, dll.), Anda mungkin perlu mengubah tugas. Untuk informasi lebih lanjut tentang bekerja dengan penyakit ginjal klik di sini .

 

Materi ini bukan merupakan nasihat medis. Ini dimaksudkan untuk tujuan informasional saja. Silakan berkonsultasi dengan dokter untuk rekomendasi perawatan khusus.

Recommended Articles

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *