Phone

+62-852-5870-0022

Email :

jokoblitar@gmail.com

Opening Hours

Senin - Minggu : 24 Hour

 

Tubuh yang sehat

10 tips jantung sehatGaya hidup yang sehat akan membuat jantung Anda lebih sehat. Berikut 10 hal yang dapat Anda lakukan untuk menjaga hati Anda.

Berhenti merokok

Jika Anda seorang perokok, berhentilah. Itu satu-satunya hal terbaik yang dapat Anda lakukan untuk kesehatan jantung Anda.

Merokok merupakan salah satu penyebab utama penyakit jantung koroner . Setahun setelah menyerah, risiko Anda terkena serangan jantung turun menjadi sekitar setengah dari risiko perokok.

Anda lebih mungkin berhenti merokok untuk selamanya jika Anda menggunakan layanan berhenti merokok NHS. Kunjungi situs web Smokefree atau minta bantuan dokter Anda untuk berhenti.

Jadilah aktif

Menjadi – dan tetap – aktif dapat mengurangi risiko terkena penyakit jantung. Ini juga bisa menjadi penguat suasana hati dan penghilang stres yang hebat.

Lakukan aktivitas aerobik intensitas sedang selama 150 menit setiap minggu. Salah satu cara untuk mencapai target tersebut adalah dengan melakukan aktivitas selama 30 menit selama 5 hari dalam seminggu. Pasangkan di mana pun Anda bisa, misalnya dengan bersepeda ke kantor.

Kelola berat badan Anda

Kelebihan berat badan dapat meningkatkan risiko penyakit jantung. Pertahankan pola makan sehat dan seimbang rendah lemak dan gula , dengan banyak buah dan sayuran, dikombinasikan dengan aktivitas fisik teratur.

Cari tahu apakah Anda memiliki berat badan yang sehat dengan kalkulator BMI . Jika Anda kelebihan berat badan, cobalah program penurunan berat badan NHS 12 minggu kami  .

Makan lebih banyak serat

Makan banyak serat untuk membantu menurunkan risiko penyakit jantung – targetkan setidaknya 30g sehari.

Makan serat dari berbagai sumber , seperti roti gandum, dedak, gandum dan sereal gandum utuh, kentang dengan kulitnya, dan banyak buah dan sayuran.

Kurangi lemak jenuh

Makan terlalu banyak makanan yang tinggi lemak jenuh dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam darah Anda. Ini meningkatkan risiko penyakit jantung.

Pilih potongan daging yang lebih ramping dan produk susu rendah lemak seperti susu 1% lemak daripada susu penuh lemak (atau utuh).

Bacalah fakta tentang lemak .

Dapatkan 5 A Day Anda

Makan setidaknya 5 porsi variasi buah dan sayuran sehari. Mereka adalah sumber serat, vitamin dan mineral yang baik.

Ada banyak cara lezat untuk mendapatkan 5 A Day Anda, seperti menambahkan potongan buah ke sereal atau memasukkan sayuran ke dalam saus pasta dan kari.

Dapatkan lebih banyak tip buah dan sayuran 5 A Day .

Kurangi garam

Untuk menjaga tekanan darah yang sehat, hindari menggunakan garam di meja dan cobalah menambahkan lebih sedikit ke dalam masakan Anda.

Setelah Anda terbiasa dengan rasa makanan tanpa garam tambahan, Anda bisa menghentikannya sepenuhnya.

Waspadai kadar garam yang tinggi pada makanan siap saji. Sebagian besar garam yang kita makan sudah ada dalam makanan yang kita beli.

Periksa label makanan – makanan tinggi garam jika memiliki lebih dari 1,5 g garam (atau 0,6 g natrium) per 100 g.

Orang dewasa harus makan kurang dari 6g garam sehari – sekitar 1 sendok teh.

Makan ikan

Makan ikan setidaknya dua kali seminggu, termasuk satu porsi ikan berminyak. Ikan seperti pilchards, sarden, dan salmon merupakan sumber lemak omega-3, yang dapat membantu melindungi dari penyakit jantung.

Wanita hamil atau menyusui sebaiknya tidak mengonsumsi lebih dari 2 porsi ikan berminyak dalam seminggu.

Kurangi minuman beralkohol

Jangan lupa bahwa alkohol mengandung kalori. Minum alkohol lebih banyak daripada yang direkomendasikan NHS secara teratur dapat berdampak nyata pada lingkar pinggang Anda.

Cobalah untuk menjaga batas alkohol harian yang disarankan untuk mengurangi risiko masalah serius pada kesehatan Anda, termasuk risiko kesehatan jantung Anda.

Baca label makanan

Saat berbelanja, ada baiknya untuk melihat label  pada kemasan makanan dan minuman untuk mengetahui berapa banyak kalori dan berapa banyak lemak, garam dan gula yang dikandung produk tersebut.

Memahami apa yang ada di dalam makanan dan bagaimana kesesuaiannya dengan sisa makanan Anda akan membantu Anda membuat pilihan yang lebih sehat.

sumber : https://www.nhs.uk/live-well/healthy-body/