Phone

+62-852-5870-0022

Email :

jokoblitar@gmail.com

Opening Hours

Senin - Minggu : 24 Hour

Jika Anda sulit tidur, rutinitas waktu tidur yang teratur akan membantu Anda menenangkan diri dan bersiap untuk tidur.
Hanya sedikit orang yang berhasil mengikuti rutinitas waktu tidur yang ketat. Ini tidak terlalu menjadi masalah bagi kebanyakan orang, tetapi bagi penderita insomnia, jam tidur yang tidak teratur tidak membantu.Rutinitas Anda bergantung pada apa yang berhasil untuk Anda, tetapi yang paling penting adalah menjalankan rutinitas dan berpegang teguh pada itu. 

Tidurlah pada waktu-waktu biasa

Pertama-tama, pertahankan jam tidur yang teratur. Ini memprogram otak dan jam tubuh internal untuk membiasakan diri dengan rutinitas yang ditetapkan.

Kebanyakan orang dewasa membutuhkan antara 6 dan 9 jam tidur setiap malam. Dengan mengetahui jam berapa Anda perlu bangun, Anda dapat mengatur jadwal waktu tidur yang teratur.

Penting juga untuk mencoba dan bangun pada waktu yang sama setiap hari. Walaupun tampaknya ide yang baik untuk mencoba mengejar tidur setelah malam yang buruk, melakukannya secara teratur juga dapat mengganggu rutinitas tidur Anda.

Pastikan Anda beristirahat

Istirahat adalah tahap penting dalam mempersiapkan tempat tidur. Ada banyak cara untuk bersantai:

  • mandi air hangat (bukan air panas) akan membantu tubuh Anda mencapai suhu yang ideal untuk istirahat
  • menulis daftar “yang harus dilakukan” untuk hari berikutnya dapat mengatur pikiran Anda dan menjernihkan pikiran Anda dari gangguan apa pun
  • latihan relaksasi, seperti peregangan yoga ringan , membantu mengendurkan otot. Jangan berolahraga terlalu keras, karena akan berdampak sebaliknya
  • CD relaksasi bekerja dengan menggunakan naskah yang dinarasikan dengan cermat, musik hipnosis lembut, dan efek suara untuk membuat Anda rileks
  • membaca buku atau mendengarkan radio menenangkan pikiran dengan mengalihkannya
  • ada sejumlah aplikasi yang dirancang untuk membantu tidur. Lihat Perpustakaan Aplikasi NHS
  • hindari menggunakan smartphone, tablet, atau perangkat elektronik lainnya selama satu jam atau lebih sebelum Anda pergi tidur karena cahaya dari layar pada perangkat ini dapat berdampak negatif pada tidur

Jika Anda membutuhkan lebih banyak ide, Anda bisa mendapatkan bantuan dan saran dari dokter umum .

Anda juga harus menghubungi dokter umum jika mengalami insomnia yang berlangsung lebih dari 4 minggu.

Jadikan kamar tidur Anda ramah tidur

Kamar tidur Anda harus menjadi lingkungan yang menenangkan. Para ahli menyatakan bahwa ada hubungan yang kuat dalam pikiran orang antara tidur dan kamar tidur.

Namun, hal-hal tertentu melemahkan asosiasi itu, seperti TV dan gadget elektronik lainnya, lampu, kebisingan, dan kasur atau tempat tidur yang buruk.

Jaga kamar tidur Anda hanya untuk tidur dan seks. Tidak seperti kebanyakan aktivitas fisik yang berat, seks membuat kita mengantuk. Ini telah berkembang pada manusia selama ribuan tahun.

Kamar tidur Anda idealnya harus gelap, tenang, rapi, dan berada pada suhu antara 18C dan 24C.

Pasang tirai tebal jika Anda tidak punya. Jika Anda merasa terganggu oleh kebisingan, pertimbangkan untuk membeli kaca ganda atau, untuk pilihan yang lebih murah, gunakan penutup telinga.

 

Buatlah buku harian tidur.

Membuat catatan harian tentang tidur adalah ide yang bagus. Ini mungkin mengungkap kebiasaan gaya hidup atau aktivitas sehari-hari yang berkontribusi pada sulit tidur Anda.

Jika Anda menemui dokter umum atau ahli tidur, mereka mungkin akan meminta Anda untuk membuat buku harian tidur untuk membantu mereka mendiagnosis masalah tidur Anda.

Buku harian tidur juga dapat mengungkapkan kondisi mendasar yang menjelaskan insomnia Anda, seperti stres atau obat-obatan.

Lihat 10 tips mengalahkan insomnia  dan  tips tidur sehat untuk anak .

 


Diterjemahkan dengan penyesuaian dari : https://www.nhs.uk/live-well/sleep-and-tiredness/how-to-get-to-sleep/

 

Recommended Articles

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *