SD6 Tema 3-2 – Tokoh dan Penemuan- dan Pemanfaatannya

SD6 Tema 3-2 – Tokoh dan Penemuan serta pemanfaatannya.

Perkembangan kehidupan masyarakat tentunya banyak dipengaruhi oleh beragam penemuan.
Seperti penemuan televisi yang kemudian mampu mengubah peradaban dunia.

Judul Bacaan :Si Kotak Ajaib.

John Logie Baird lahir di Skotlandia, 13 Agustus 1888. Ia adalah penemu yang pada kesempatan itu untuk pertama kalinya menunjukkan bahwa gambar hidup dapat ditransmisikan melalui pesawat yang sekarang dikenal sebagai televisi. Baird mendemonstrasikan televisi di depan para bapak-bapak dan ibu-ibu, di Royal Institute-London untuk pertama kalinya pada tahun 1925. Seiring dengan perkembangan teknologi, lalu televisi kemudian terus berkembang hingga menjadi semakin canggih seperti saat ini.

Prinsip kerja televisi secara umum adalah mengubah sinyal elektonik dan magnetik menjadi gambar dan suara. Sinyal tersebut berupa gelombang elektromagnetik, yaitu gelombang yang terdiri atas medan magnet dan medan listrik. Gelombang elektromagnet dapat merambat, dipantulkan, dan dibiaskan tanpa media perantara. Gambar yang kita lihat di layar televisi adalah hasil produksi dari sebuah kamera. Pada awalnya, objek gambar yang ditangkap kamera akan diubah menjadi sinyal gelombang elektromagnetik. Sinyal tersebut akan ditransmisikan oleh pemancar ke pesawat penerima pada televisi. Pesawat televisi akan mengubah sinyal yang diterima menjadi objek gambar yang utuh sesuai dengan objek yang ditranmisikan, dalam bentuk hitam putih atau berwarna.
Jadi, televisi adalah sebuah media telekomunikasi yang berfungsi sebagai penerima siaran gambar bergerak beserta suara. Kata “televisi” merupakan gabungan dari bahasa Yunani “tele” artinya jauh dan bahasa Latin “visio” artinya penglihatan. Sehingga televisi dapat diartikan sebagai “alat komunikasi jarak jauh yang menggunakan media visual/penglihatan”. Penemuan televisi juga dikategorikan sebagai penemuan besar yang mampu mengubah peradaban dunia.

Televisi adalah salah satu penemuan yang sangat penting.
Ayo, kita bahas lebih lanjut tentang pengaruh televisi terhadap kehidupan masyarakat Indonesia!

Seiring dengan perkembangan teknologi, saat ini terdapat banyak stasiun televisi yang menayangkan berbagai acara setiap hari, bahkan hampir selama 24 jam penuh. Jenis acara yang ditayangkan sangat beragam, seperti berita, film anak-anak maupun film dewasa, talk show, sinetron, dan acara hiburan lainnya.

Bagaimana kalian menyikapi hal tersebut?
Bagaimana dampak positif dan dampak negatif televisi terhadap kehidupan masyarakat?

1. Pengaruh positif televisi bagi masyarakat :

a. Televisi sebagai penghibur pemirsa.
b. Televisi sebagai media informasi, pengetahuan dan pendidikan.
c. Televisi sebagai media aksi sosial masyarakat.

2. Pengaruh buruk televisi bagi masyarakat :

a. Televisi merusak moral dan budaya masyarakat.
b. Televisi menyita banyak waktu yang berharga.
c. Televisi merusak perkembangan otak manusia.

kesimpulan tentang televisi :
1. Televisi sebagai media massa merupakan sarana komunikasi massa yang tidak terlepas dari efek-efek bagi masyarakat sebagai komunikan itu sendiri.
2. Televisi mempunyai pengaruh positif dan negatif bagi kesehatan sosial masyarakat Indonesia.
3. pengaruh positif televisi di antaranya yaitu, televisi sebagai penghibur pirsawan, sebagai media informasi, pengetahuan dan pendidikan serta sebagai media aksi sosial masyarakat.
4. pengaruh negatif televisi yaitu diantaranya merusak moral dan budaya bangsa, menghabiskan banyak waktu berharga dan merusak perkembangan otak manusia.

Renungkan sikapmu selama ini terhadap keberadaan televisi di rumah.
Tuliskan rencana ke depan untuk memiliki sikap lebih bertanggung jawab dalam menggunakan pesawat televisi di rumah, sehingga akan memberikan manfaat positif bagi kehidupanmu!

Seperti halnya televisi yang menggunakan sumber energi listrik. Lampu-lampu di rumah kalian juga menggunakan energi listrik.
Sekarang kamu akan kembali menemukan cara membuat rangkaian paralel lampu sederhana menggunakan energi baterai.

Baca kembali daftar alat dan bahan yang telah kamu buat pada pembelajaran sebelumnya.
Siapkan alat dan bahan yang telah kamu bawa hari ini untuk percobaan membuat rangkaian lampu paralel sederhana.

Gambarlah rencana rangkaian lampu paralel yang akan kamu buat. Sesuaikan rancanganmu dengan bahan-bahan yang kamu miliki. Kamu dapat menambah jumlah lampu atau baterai, sehingga rangkaian lampu
paralel yang dibuat teman-teman sekelas nanti akan beragam.

Berikut sedikit petunjuk tentang rangkaian lampu paralel sederhana.

Rangkaian Paralel.

Berbeda dengan rangkaian seri yang disusun sebaris, rangkaian paralel adalah rangkaian listrik yang disusun berderet, di mana masing-masing lampu memiliki rangkaian tersendiri yang terhubung kepada sumber energi. Karena itu, apabila ada satu/lebih komponen yang rusak atau dicabut, maka komponen lainnya akan tetap berfungsi tanpa gangguan sama sekali.

Rangkaian listrik seri

rangkaian listrik paralel.

Berikan rancanganmu kepada guru untuk diperiksa.
Jika telah disetujui guru, sekarang kamu dapat membuat rangkaian lampu paralel berdasarkan rancangan tersebut!

Ikuti panduan keselamatan kerja pada pembelajaran sebelumnya, selama kamu melakukan percobaan!
Sekarang kamu akan menguji model lampu yang telah dibuat. Cermati pertanyaan berikut!
1.Apakah lampu pada rangkaian paralel menyala dengan baik?
2.Jika ya, bandingkan terangnya lampu pada rangkaianmu dengan lampu milik teman yang lain. Analisis penyebab perbedaan tersebut.
3.Jika lampu tidak menyala, bandingkan rangkaian lampumu dengan rangkaian milik teman yang menyala . Temukan kesalahannya dan perbaiki.
4.Jika lampu mudah putus, amati jumlah baterai yang digunakan, kemudian temukan permasalahannya.

Buatlah laporan dari percobaan membuat rangkaian paralel sederhana yang kamu lakukan!

Laporan Kegiatan Percobaan :

  • Nama Percobaan: …
  • Tujuan Percobaan: …
  • Alat-alat: …
  • Langkah Kerja: …
  • Kesimpulan: …

Diskusikanlah hasilnya dengan teman dan gurumu!

Setiap manusia diciptakan Tuhan dengan potensi (bakat) yang berbeda-beda.
Salah satu cara mensyukuri potensi yang kita miliki adalah dengan cara mengembangkan secara maksimal agar dapat memberi manfaat untuk diri sendiri dan orang lain.

 


Pembelajaran 2.

Penemuan Jam Mekanik :

Tahun 1430 : Masyarakat Eropa mengenal jam yang menggunakan pegas.

Tahun 1656 : Terjadi perkembangan yang pesat dengan ditemukannya jam lonceng. Pada jam ini sudah terdapat jarum penunjuk menit.

Tahun 1920 : Ditemukan jam saku dan kemudian ditemukan jam tangan.

Manusia terus melakukan inovasi untuk memiliki penunjuk waktu yang semakin tepat dan dapat digunakan sesuai kebutuhan pribadi. Sekarang teknologi jam sudah jauh berkembang. Selain jam mekanik, ada pula jam elektronik, contohnya jam digital. Manusia kemudian dapat menggunakan berbagai pilihan teknologi penunjuk waktu sebagai pedoman waktu pribadi dalam melakukan kegiatannya dalam sehari-hari.

 

1.Mengapa penemuan jam berkembang dari waktu ke waktu? Untuk mempermudah manusia memantau waktu.

2.Apa manfaat jam dalam kehidupan sehari-hari? mengetahui waktu dan bisa menjadwalkan kegiatan dengan baik.

Jam adalah pengukur waktu yang sangat erat dengan kehidupan manusia. Dengan adanya jam, kita dapat menentukan waktu untuk melakukan aktivitas.
Dengan mengatur waktu yang baik, kita menjadi pribadi yang disiplin waktu.
Siti juga berusaha untuk menjadi pribadi yang disiplin waktu. Ayo, kita simak cerita Siti.

 

Judul Bacaan : Jam, Membantu Siti Tepat Waktu.

Siti selalu menggunakan jam untuk mengatur kegiatannya sehari-hari. Siti bangun pagi pukul 05.00. Setelah ibadah dan mandi, Siti sarapan pagi. Siti berangkat sekolah pukul 06.00. Siti berangkat sekolah dengan berjalan kaki karena jarak rumahnya yang tidak terlalu jauh. Siti menempuh perjalanan 20 menit. Bel masuk sekolah pukul 06.45. Siti hampir tidak pernah terlambat untuk datang ke sekolah. Ia berusaha untuk disiplin datang tepat waktu ke sekolah.

Siti pulang sekolah pukul 14.00. Ia langsung pulang ke rumah. Sesampainya di rumah, Siti istirahat. Pukul 16.00, Siti mandi. Setelah ibadah dan makan malam, Siti pun belajar. Ia belajar pukul 19.00-20.30. Ia mengerjakan PR, belajar untuk materi esok hari atau belajar untuk persiapan tes. Siti juga mengumpulkan tugas-tugasnya tepat waktu. Siti melakukan kegiatan sehari-harinya dengan teratur. Ia belajar menjadi pribadi yang disiplin terhadap waktu.

Berdasarkan cerita Siti di atas, jawablah pertanyaan berikut!
1.Hal baik apa yang sudah dilakukan Siti? Teratur, Disiplin dan tepat waktu.
2.Apakah Siti mengatur waktunya dengan teratur? Teratur.
3.Mengapa Siti mengatur waktunya dengan teratur? Agar dapat menyelesaikan tugasnya tepat waktu.
4.Apa manfaat yang Siti dapatkan ketika ia mengatur waktunya dengan teratur? Semua pekerjaan menjadi terselesaikan dengan baik. dan menjadi Disiplin terhadap waktu.

5.Menurutmu, apakah Siti adalah pelajar yang baik? sangat baik.

6.Apakah Siti melaksanakan kewajibannya sebagai pelajar? Ya. Mengapa? semua tugas sebagai pelajar ia kerjakan, bahkan tepat waktu.

Datang ke sekolah dan mengumpulkan tugas tepat waktu adalah kewajiban seorang pelajar. Mengapa hal tersebut merupakan kewajiban? Apa dampaknya ketika kita tidak melakukannya? Siapa saja yang akan kita rugikan?

Kewajiban adalah: Sesuatu yang harus dilakukan dengan penuh rasa tanggung jawab.

Jam sangat membantu kita untuk mengatur waktu. Kita menjadi mudah untuk menentukan kegiatan sehari-hari.
Jam juga dapat kita gunakan untuk melakukan eksplorasi lingkaran berikut.

Inilah Kewajiban Murid disekolah antaranya adalah:

  • Siswa harus taat kepada Guru dan Kepala Sekolah.
  • Ikut bertanggung jawab atas kebersihan, keamanan, ketertiban sekolah.
  • Ikut bertanggung jawab atas pemeliharaan gedung, halaman, perabotan yang ada disekolah.
  • Membantu kelancaran pelajaran dikelas.
  • Ikut menjaga nama baik sekolah, guru maupun pelajar lainnya baik dilingkungan sekolah maupun diluar sekolah.
  • Menghormati guru dan saling menghargai antar sesama murid.
  • Melengkapi diri dengan keperluan sekolah.
  • Murid yang membawa kendaraan harus meletakkan kendaraannya ditempat yang sudah ditentukan.
  • Ikut membantu agar tata tertib sekolah dapat berjalan dengan lancar.
  • Memakai pakaian seragam sekolah sesuai dengan hari yang telah ditentukan.
  • Murid berkewajiban untuk mengikuti upacara pengibaran Bendera Merah Putih yang diselenggarakan.
  • Memberikan keterangan Sakit,Izin atau Alpa dari orangtua bahwa Anda berhalangan untuk sekolah.
  • Murid-murid wajib mengikuti pelajaran dan ulangan disekolah.

Hak Siswa di Sekolah :

  • Berhak mendapat perlakuan adil (nilai) dari guru dan perlindungan.
  • Berhak mendapat bimbingan dari guru dan pendidikan.
  • Berhak meminjam buku di perpustakaan.
  • Berhak mempunyai banyak teman.
  • Berhak menggunakan fasilitas yg ada disekolah.

Hak dan Kewajiban Siswa yang berada di Rumah

Hak Anak di Rumah :

  • Berhak Mendapatkan Kasih Sayang.
  • Berhak Mendapatkan Perlindungan.
  • Berhak untuk Bermain.
  • Berhak Mendapatkan Kesehatan.
  • Berhak Mendapatkan Pendidikan.

Kewajiban Anak di Rumah :

  • Kewajiban Belajar
  • Kewajiban Membantu Orang Tua.
  • Kewajiban Menjalankan Perintah Agama

Hak dan Kewajiban Anak di Masyarakat :

Anak-anak merupakan bagian dari warga masyarakat. Oleh karena itu, anak juga memiliki hak dan kewajiban di lingkungan masyarakat. Anak berhak mengembangkan kemampuannya di masyarakat, baik dalam bentuk hobi atau kegemaran ataupun kemampuan bersosialisai. Lingkungan masyarakat juga berkewajiban memberikan fasilitas yang memadai bagi anak-anak untuk mengembangkan potensi mereka.

 

BACA JUGA :   BSE 2013 – SD Kelas 6 Tema 1.2.4 Selamatkan Mahkluk Hidup Revisi 2018

Pembelajaran 3.

Kita telah mengetahui berbagai penemuan yang bermanfaat untuk mempermudah kehidupan manusia.
Tahukah kamu? Beberapa penemuan lain di bidang olahraga?

Judul : Penemuan Permainan Olahraga Sepak Bola.

Sejarah olahraga sepak bola hingga saat ini masih mengundang perdebatan. Beberapa dokumen menjelaskan bahwa sepak bola lahir di masa Romawi kuno.

FIFA sebagai badan sepak bola dunia secara resmi menyatakan bahwa sepak bola lahir dari daratan Cina yaitu berawal dari permainan masyarakat Cina pada tahun 206 SM, yang dikenal sebagai tsu chu artinya “menerjang bola kulit dengan kaki”, dengan aturan menendang dan menggiring.

Bill Muray, seorang sejarahwan sepak bola berpendapat lain, permainan sepak bola telah dikenal sejak awal Masehi. Pada saat itu, masyarakat Mesir Kuno sudah mengenal teknik membawa dan menendang bola yang terbuat dari buntalan kain linen.

Sisi sejarah yang lain adalah di Yunani Purba yang juga mengenal sebuah permainan menggunakan bola yaitu episcuro. Bukti sejarah ini tergambar pada relief museum yang melukiskan anak muda memegang bola dan memainkan dengan pahanya.

Sejarah sepak bola modern dan telah mendapat pengakuan dari berbagai pihak, adalah dari Inggris, yang dimainkan di sekolah-sekolah pada pertengahan abad ke-19. Tahun 1857 berdiri klub sepak bola pertama di dunia.
Pada tahun 1863, berdiri asosiasi sepak bola Inggris, yang bernama Football Association (FA). Badan ini yang mengeluarkan peraturan permainan sepak bola, sehingga sepak bola menjadi lebih teratur, terorganisir, dan enak untuk dinikmati penonton.

 

Hari ini kamu akan mempraktikkan lari cepat sprint sebagai salah satu jenis latihan untuk meningkatkan kebugaran jasmani. Kemudian kamu juga dapat melakukan beberapa permainan sebagai variasi dari sprint.
Praktikkan dengan teknik yang benar dan ingat untuk selalu bermain dengan sportif dan jujur!
Berdoalah dahulu sebelum memulai kegiatan.
Lakukan peregangan dan pemanasan sebelum melakukan kegiatan inti guna menghindari cedera.

Lari Cepat Sprint.
Lari cepat atau sprint adalah semua perlombaan lari di mana peserta berlari dengan kecepatan maksimal sepanjang jarak yang harus ditempuh. yaitu jarak 100 m, 200 m, dan 400 m.
Sprint bertujuan untuk melatih kecepatan. Kategori jarak yang harus ditempuh disesuaikan dengan kelompok.

Kamu juga dapat melakukan variasi permainan lari cepat dalam kelompok, yaitu:
a.Lomba lari berkelompok
• Buat lintasan lari dengan jarak 8-10 meter.
• Letakkan patok penanda di garis finish.
• Setelah aba-aba, anggota pertama dari tiap kelompok lari menuju patok, memutari patok, kemudian lari kembali ke garis start.
• Anggota kelompok berikutnya lari mengikuti pola yang sama.

b.Lomba Lari Estafet 4x10m
• Buat 4 lintasan lari dengan jarak setiap lintasan 10 meter.
• Letakkan patok penanda di garis finish pada setiap 10 meter.
• Setelah aba-aba, anggota pertama dengan membawa tongkat dari tiap kelompok lari menuju patok, kemudian menyerahkan tongkat pada pelari ke-2, dan seterusnya hingga pelari ke-4 (terakhir).
• Penyerahan tongkat harus dilakukan secepat mungkin.

Kita semua pasti sudah mengenal lampu lalu lintas. Kita sering melihat lampu lalu lintas di perempatan atau persimpangan jalan. Lampu lalu lintas terdiri atas tiga warna, yaitu merah, kuning, dan hijau.
Tahukah kamu siapa yang menemukan lampu lalu lintas? Baca teks eksplanasi berikut dengan teliti!

 

Judul :Si Paralel Penyelamat Jalan.

Garret Augustus Morgan adalah penemu lampu lalu lintas pada tahun 1923, yang sekarang digunakan di berbagai negara di dunia. Lampu tersebut bermanfaat untuk mengatur lalu lintas dan menyelamatkan pengguna jalan dari kecelakaan. Morgan seorang warga Amerika berkulit hitam yang peduli dengan keselamatan orang lain. Ia terpanggil untuk menciptakan sistim lampu lalu lintas setelah menyaksikan seringnya terjadinya kecelakaan antara mobil dengan kereta kuda.

Lampu lalu lintas temuan Morgan mengunakan rangkaian paralel. Berbeda dengan rangkaian seri yang disusun sebaris, rangkaian paralel adalah rangkaian listrik yang disusun berderet, di mana masing-masing lampu memiliki rangkaian tersendiri yang terhubung kepada sumber energi. Oleh karena itu, apabila ada satu/lebih komponen yang rusak atau dicabut, maka komponen lainnya akan tetap berfungsi tanpa gangguan sama sekali. Prinsip kerja sebuah lampu lalu lintas adalah terdapatnya tiga buah lampu yang saling terhubung secara paralel.

Sungguh mulia tujuan Morgan menciptakan lampu lalu lintas. Dapat dibayangkan jika tidak ada lampu lalu lintas di jalur jalan raya yang ramai. Sebuah penemuan yang baik, tentunya akan memberikan manfaat bagi banyak orang.

Baca kembali teks tersebut dengan teliti, tuliskan informasi penting dalam setiap paragraf pada digram berikut!

 

BACA JUGA :   Buku Tematik – Kelas 6 - Tema 3 - Tokoh dan Penemuan

Membuat Lampu lalu Lintas.

Bahan:
•Kardus bekas sepatu
•3 buah bola lampu kecil
•3 buah baterai tegangan 1,5v
•3 buah sakelar
•3 buah dudukan bola lampu
•Kabel ukuran sedang, dengan panjang kurang lebih 2 meter
•1 buah kantong plastik atau kertas transparan warna merah, kuning dan hijau

Alat:
•Gunting kecil
•Isolasi plastik

Langkah kerja:
1.Siapkan kardus biarkan bagian belakang terbuka.
2.Buat 3 lubang berbentuk lingkaran.
3.Buat sekat pembatas antara setiap lubang (akan terdapat 2 sekat).
4.Tutup lubang menggunakan kertas warna merah, kuning, dan hijau.
5.Buat rangkaian listrik paralel menggunakan 3 bola lampu. Setiap lampu akan berada pada sekat di setiap satu lubang.
6.Pastikan rangkaian telah bekerja baik, lampu telah menyala.
7.Posisikan rangkaian baterai dan sakelar di dalam kardus, atau menggunakan tatakan di bagian luar kardus.

 


Pembelajaran 4.

Pada pertemuan sebelumnya kamu telah belajar tentang penemu jam. Salah satu manfaat dari penemuan jam
adalah membantu kita disiplin terhadap waktu. Bagaimana dengan kamu? Apakah kamu sudah disiplin waktu?

Pernahkan kamu datang terlambat ke sekolah? (Jika tidak pernah, kamu dapat menceritakan pengalaman datang terlambat pada saat bertemu teman dan lain-lain). Tulislah pengalamanmu datang terlambat ke sekolah!
Kapan kamu terlambat datang ke sekolah?

Mengapa kamu terlambat?

Siapa saja yang kamu rugikan saat kamu terlambat?

Ketika kamu terlambat, adakah dampaknya bagi kamu?

Apakah ketika kamu terlambat, kamu sudah mengambil hak temanmu untuk belajar dengan nyaman?

Apakah ketika kamu terlambat, kamu sudah mengambil hak gurumu untuk mengajar dengan nyaman?

Apakah ketika kamu terlambat, kamu belum melaksanakan kewajiban untuk menjadi pelajar yang disiplin?

Apa yang menjadi rencanamu supaya kamu tidak terlambat lagi?

Datang tepat waktu ke sekolah adalah salah satu kewajiban kita sebagai pelajar. Ketika kita tidak melaksanakan kewajiban itu akan membuat orang di sekitar kita menjadi tidak nyaman. Ayo, laksanakan kewajibanmu dengan tanggung jawab ya.

Amatilah gambar-gambar berikut. Apakah mereka sudah melaksanakan kewajibannya dengan tanggung jawab?
Apa dampak dari yang mereka lakukan?

Gambar 1 – Tampak siswa membuang sampah sembarangan.

Apa kewajiban kita sebagai pelajar? membuang sampah pada tempatnya.
Apakah mereka sudah melaksanakan kewajiban sebagai pelajar? Belum.
Apa dampak bagi diri sendiri? menjadi pribadi yang tidak disiplin.
Apa dampak dari tindakan yang mereka lakukan bagi lingkungan? merusak alam lingkungan.
Apa dampak dari tindakan yang mereka lakukan bagi orang lain? sampah bisa mencelakai orang lain.

 

Gambar 2 – Tampak siswa menulis dengan tiduran.

Apa kewajiban kita sebagai pelajar? Belajar Giat.
Apakah mereka sudah melaksanakan kewajiban sebagai pelajar? Belum, karena malas.
Apa dampak bagi diri sendiri? menjadi pemalas.
Apa dampak dari tindakan yang mereka lakukan bagi lingkungan? –
Apa dampak dari tindakan yang mereka lakukan bagi orang lain? menggangu teman disekitar.

 

Tampak siswa sedang belajar kelompok menggambar dan diskusi tenttang lingkungan.

Apa kewajiban kita sebagai pelajar? Belajar Giat.
Apakah mereka sudah melaksanakan kewajiban sebagai pelajar? Ya, belajar kelompok.
Apa dampak bagi diri sendiri? menjadi disiplin, giat belajar.
Apa dampak dari tindakan yang mereka lakukan bagi lingkungan? tahu melestarikan lingkungan.
Apa dampak dari tindakan yang mereka lakukan bagi orang lain? orang lain menjadi ikut giat belajar, dengan belajar kelompok.

Pada pembelajaran 1 kamu telah membaca teks tentang “Si Kotak Ajaib”. Kamu telah menemukan kalimat tidak efektif pada teks tersebut.

Apa itu kalimat efektif?
Kalimat yang efektif mengungkapkan gagasan sehingga mudah dipahami. Ciri-ciri kalimat efektif:

1. Hemat, tidak menuliskan kata yang bermakna sama
Para tamu-tamu duduk di kursi.
Perhatikan kata “para”. Apa makna dari kata “para”?
Perhatikan kata “tamu-tamu”. Apa makna dari kata “tamu-tamu”?
Kata “para” menunjukkan banyak dan “tamu-tamu” juga menunjukkan tamu yang banyak. Kita dapat menghilangkan salah satu.
Efektif: Tamu-tamu duduk di kursi.
Efektif: Para tamu duduk di kursi.

Sekarang ubahlah kalimat tidak efektif yang kamu temukan pada teks “Si Kotak Ajaib” menjadi kalimat efektif.

 


Pembelajaran 5.

Tahukah kamu penemu komputer? Apa manfaat komputer bagi kehidupan masyarakat?

Charles Babbage, Mengubah Dunia dengan Komputernya.

Charles Babbage adalah seorang ahli Matematika. Beliau-lah penggagas utama dalam penemuan komputer. Mesin penghitung yang ia temukan (1791- 1871) adalah kalkulator otomatis pertama. Babbage terkenal dengan julukan bapak komputer. Babbage yang lahir pada 26 Desember 1792, mengeluhkan sistem perhitungan yang mengandalkan tabel matematika sehingga kerap terjadi kesalahan. Babbage ingin mengubah sistem perhitungan tersebut melalui sistem mekanik untuk menekan kemungkinan terjadinya kesalahan hitung.

Gagasan tersebut dituangkannya dalam sebuah catatan yang diberi nama “note on the application of machinery to the computation of astronomical and mathematical tables”. Catatan yang dibuat pada tanggal 14 Juni 1822 ini berisi tentang semua konsep komputasi yang ada dalam benaknya.

Berdasarkan teks di atas, jawablah pertanyaan berikut!
1.Apa yang dilakukan oleh Charles Babbage?
2.Apa dampak penemuannya bagi dunia?
3.Apakah kamu merasakan manfaat komputer saat ini? Manfaat apa yang
kamu rasakan?

Charles Babbage mengubah dunia dengan komputer. Mesin hitung ini bermanfaat untuk mengurangi kesalahan menghitung. Komputer yang ia temukan semakin berkembang dari waktu ke waktu. Tahukah kamu bagaimana perkembangan komputer saat ini?

  • 500 SM : Alat hitung tradisional abacus.
  • 1821, komputer pertama ditemukan.
  • 1939, komputer listrik dibuat.
  • 1971, Elektronic Mail (E-Mail) surat elektronik pertama berhasil dikirim.
  • 1973, komputer pertama menggunakan keyboard dan mouse.
  • 1975, komputer dengan harga terjangkau untuk rumah (home computer).
  • 1983, internet dengan jaringan global diciptakan.
  • 1994, dimulainya penggunaan internet oleh masyarakat.

Bagaimana perkembangan komputer? Jelaskan jawabanmu!

Mengapa komputer terus berkembang?

BACA JUGA :   SD Kelas 6 - Perkembangbiakan Manusia

Apa dampak perkembangan komputer bagi manusia?

Apa yang terjadi jika komputer tidak ditemukan?

Apa dampak ditemukan komputer dalam bidang pendidikan?

Apa dampak ditemukan komputer dalam bidang iptek?

 

Adapun manfaat atau dampak teknologi komputer.

Dampak positif :

1) dapat menambah pengetahuan dari berbagai macam hal yang tak bisa kita dapatkan dari televisi, majalah atau buku

2) teknologi komputer mempermudah penggunanya dalam mencari informasi yang terkecil sekalipun yang tak bisa terjamah oleh buku atau memakan waktu yang lama. Dengan menggunakan komputer apayang kita inginkan dapat kita peroleh dengan cepat.

3) dapat mempermudah penggunanya untuk menjalin komunikasi dengan teman-teman yang jauh dan juga bisa menyampaikan suatu berita yang cepat dan praktis tanpa harus menunggu beberapa hari.

4) dengan teknologi komputer, kita bisa mengetahui berita-berita yang update setiap harinya. Sehingga siapapun dapat mengakses berita dengan cepat.

5) dapat membantu penggunanya untuk menjalin komunimasi jarak jauh.

6) Komputer cendrung mengisolasi . Pembelajaran melalui perantara mesin (komputer, video, TV, disket dan sebagainya) dapat memudahkan pengetahuan kognitifbagi peserta didik.Tetapipembelajaran melalui mesin ternyata telah mengisolasi peserta didik/ pendidiksecara sosial, karena seseorang hanya beriteraksi dengan mesin yang jelas-jelas mesin tidak memiliki perasaan.Kebanyakan berinteraksi/ menggunakan peranta mesin menyebabkan menurunnya sosial skillyang dimiliki seseorang.

Dampak Negatif :

1) Dapat disalahgunakan oleh para penggunanya untuk hal-hal yang tidak sesuai.
2) Dapat dijadikan tempat untuk memperoleh gambar-gambar dan video  yang tidak senonoh.
3) Dapat membuat seorang penggunanya menjadi kecanduan akan teknologi komputer.
4) Dapat menimbulkan hal-hal yang tidak diinginkan seperti pemerasan dan pemalsuan identias.

Chales Babbage melakukan penelitian untuk menemukan komputer. Ia melakukan percobaan terus-menerus. Sekarang dengan meniru sikap para penemu, lakukan percobaan untuk menemukan luas lingkaran dengan cara yang berbeda.

 


Pembelajaran 6.

 

Untuk meningkatkan konsentrasi saat belajar, kita harus memelihara kesegaran jasmani. Dengan konsentrasi yang baik, banyak hal yang akan kita peroleh. Bahkan mungkin suatu hari nanti kita menjadi ilmuwan yang mampu mengubah dunia. Nah, sekarang mari kita olah tubuh dengan mengulang kembali latihan untuk menjaga kebugaran jasmani.

Sebelum berolahraga, baca informasi berikut untuk memperkaya pengetahuan- mu tentang sejarah penemuan beberapa cabang olahraga.

Sejarah Penemuan Badminton.

Nama badminton berasal dari sebuah rumah/istana di kawasan Gloucester-shire, sekitar 200 kilometer sebelah barat London, Inggris. Badminton House, demikian nama istana tersebut, menjadi saksi sejarah bagaimana olahraga ini mulai dikembangkan menuju bentuknya sekarang. Di bangunan tersebut, sang pemilik, Duke of Beaufort dan keluarganya pada abad ke-17 menjadi aktivis olahraga ini.

Akan tetapi, Duke of Beaufort bukanlah penemu permainan itu. Badminton hanya menjadi nama karena dari situlah permainan ini mulai dikenal di kalangan atas dan kemudian menyebar. Badminton menjadi satu-satunya cabang olahraga yang namanya berasal dari nama tempat.

Usai berolahraga, kita akan kembali belajar. Pensil adalah benda yang selalu membantu kita saat
belajar. Amatilah pensil tersebut. Tahukah kamu asal-usul pensil tersebut? Apa manfaat pensil?

Baca teks eksplanasi ilmiah berikut dengan teliti!

Pensil, Si Kecil yang Amat Penting
Pernahkah terbayang olehmu gimana sih manusia bikin tanda dan tulisan sebelum ditemukannya pensil? Bagaimana proses penemuan pensil hingga menjadi bentuk pensil seperti sekarang dengan proses pembuatan yang lebih moderen?

Jaman dulu, manusia menggambar dan menulis dengan menggoreskan ujung pisau ke batang pohon. Lalu pada masa Romawi Kuno, sebilah logam tipis dipake untuk membuat goresan pada batu dan lembar daun papirus. Perkembangan pensil dimulai sejak ditemukannya grafit pada tahun 1564 di Borrowdale, Inggris. Grafit ditemukan sebagai material yang dapat meninggalkan tanda hitam yang cukup pekat, namun terbukti lunak dan gampang patah. Untuk itu, grafit membutuhkan tangkai pemegang. Pada mulanya, grafit hanya dibungkus oleh tali yang terbuat dari kulit domba. Terus, ditemukan cara untuk memasukkan grafit di antara dua bilah kayu yang dilubangi. Ketika itulah mulai dikenal alat tulis yang kini dinamakan pensil.

Pensil mulai dibikin secara massal pada tahun 1662 di Nuremberg, Jerman. Selanjutnya, mulai abad 19, Faber Castell, Lyra, Staedler, dan perusahaan- perusahaan lain ngembangkan pensil buat alat tulis secara pesat. Pada jaman modern, pensil dibuat dengan hancurkan grafit murni sama tanah liat hingga berbentuk bubuk. Kemudian campuran ini dicetak menjadi bentuk tipis panjang dan dilapis dengan kayu. Jadilah pensil dengan
bentuk yang kita kenal saat ini.

Pensil menjadi benda yang penting banget hingga saat ini. Kalo gak ada pensil, kita bakal kesulitan waktu lagi belajar. Kita juga gak bisa bikin karya tulis, seperti cerita pendek, puisi, dan tulisan lainnya.

Sebagai pelajar, tentunya kita perlu memiliki sikap disiplin dan bertanggung jawab terhadap
tugas-tugas kita. Bagaimana akibatnya jika kita tidak memiliki sikap tersebut?

 

Kewajiban dan Tanggung Jawab.

Ani adalah putri dari Bapak dan Ibu Yakob. Pak Yakob mendaftarkan Ani di sebuah sekolah yang cukup ternama di desanya. Pak Yakob memenuhi semua kebutuhan sekolah Ani, seperti buku-buku, seragam sekolah, serta peralatan lainnya. Bu Yakob juga selalu membekali makanan sehat untuk Ani di sekolah. Ani sangat bersyukur dengan perhatian ayah dan ibunya. Ia selalu mematuhi nasihat ayah dan ibu. Ani juga rajin sekolah, rajin belajar, dan mengerjakan tugas sekolah tanpa perlu diingatkan. Ani kemudian selalu naik kelas dengan nilai yang memuaskan. Bapak dan Ibu Yakob sangat bangga dengan Ani.

Jawablah pertanyaan berikut berdasarkan cerita tersebut!
1.Sebutkan kewajiban Ani dalam cerita tersebut!
2.Apakah Ani telah menjalankan kewajibannya? Jelaskan dan berikan contoh!
3.Apa manfaat kewajiban tersebut bagi masa depan Ani?
4.Apakah Ani telah bertanggung jawab terhadap kewajiban yang telah ia dapatkan? Jelaskan dan berikan contoh!
5.Apa yang akan terjadi jika Ani tidak bertanggung jawab terhadap kewajibannya? Jelaskan dan berikan contoh!
Diskusikan dan tuliskan jawabanmu pada diagram berikut. Bandingkan jawabanmu dengan jawaban teman yang lain!
Lengkapi jawabanmu hingga mendapatkan jawaban yang paling tepat.

Bagaimana dengan dirimu sendiri? Apakah kamu
telah bertanggung jawab terhadap kewajibanmu? Nah, sekarang saatnya untuk merenung dan memperbaiki diri!

Tuliskan pengalaman dirimu dalam menjalankan kewajiban, baik di rumah maupun di sekolah. Tulislah dalam diagram berikut.

•Kita patut berterima kasih kepada para penemu. Mereka diberi akal dan potensi oleh Tuhan sehingga mereka dapat menemukan berbagai benda dan alat yang bermanfaat bagi umat manusia.
•Merupakan hal yang mulia jika kita dapat menemukan sesuatu yang memberi manfaat bagi banyak orang.

•Diskusikan tulisan hasil perenungan sikap dirimu tentang tanggung jawab melaksanakan kewajiban di rumah!
•Mintalah saran dari orang tua mengenai sikap dirimu selama ini!
•Diskusikan manfaatnya jika kamu selalu bertanggung jawab terhadap kewajiban yang kamu miliki!
•Diskusikan akibatnya jika kamu tidak bertanggung jawab terhadap kewajiban yang kamu miliki!