SD6 Tema 1 – 1 – Selamatkan Tumbuhan Sumber Kehidupan Rev 2018

SD6 Tema 1 – 1 – Selamatkan Tumbuhan Sumber Kehidupan.

Kami akan mulai belajar tentang Persatuan dalam Perbedaan. Pemahaman tentang pentingnya persatuan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara di tengah- tengah perbedaan
suku, agama, ras, dan antargolongan sangat penting karena hal ini akan memperkokoh keyakinan kami untuk menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Saat bertemu orang di sekitar rumah, ajaklah mereka untuk bercerita tentang pengalamannya berinteraksi dan bekerja sama dengan orang-orang yang berbeda suku, agama, ras, dan antargolongan. Selain itu, juga upaya yang mereka lakukan untuk menjaga persatuan dan kesatuan di tengah perbedaan.

Ceritakan pengalaman ayah dan bundamu dalam berinteraksi dan bekerja sama dengan orang-orang yang berbeda suku, agama, ras, dan antargolongan.

Subtema 1: Tumbuhan Sumber Kehidupan.

Perhatikan lingkungan di sekitarmu. Berbagai jenis tumbuhan ada di sekitarmu. Apa manfaat tumbuhan bagi kehidupan? Yuk, kita cari tahu!

Tampak gambar : sapi makan rumput, padi yang berbulir, tampak pohon palem, tampak kelinci makan wortel, tampak dua orang gadis memegang jagung dan sayuran.

1.Siapa saja yang memperoleh manfaat dari tumbuhan? Yang memperoleh manfaat dari tumbuhan adalah manusia dan hewan.

2.Apa manfaat tumbuhan bagi manusia? Manfaat tumbuhan bagi manusia adalah menjadi makanan, pemberi oksigen untuk kita bernafas, menjadi bahan bangunan, dan lain-lain.

3.Apa manfaat tumbuhan bagi hewan? Manfaat tumbuhan bagi hewan adalah menjadi makanan, pemberi oksigen untuk bernafas, menjadi tempat tinggal, dan lain-lain.

4.Apakah tumbuhan merupakan sumber bagi kehidupan? Jelaskan! Ya, karena kita dan hewan mendapatkan makanan dari tumbuhan, mendapatkan oksigen untuk bernafas, membantu kita dalam membuat bangunan / tempat tinggal dan lain – lain yang sangat bermanfaat bagi kehidupan.

5.Apa yang akan terjadi jika tidak ada tumbuhan? Coba jelaskan menurutmu! Semua manusia dan hewan lama – kelamaan akan musnah, karena tidak ada yang memberikan kita gizi yang cukup, hewan – hewan juga mati karena kekurangan makanan, kita dan hewan tidak dapat bernafas, karena udara yang kotor dan kadar oksigen yang rendah.

Ternyata, tumbuhan dimanfaatkan oleh manusia sebagai bahan makanan. Tumbuhan juga dimanfaatkan oleh hewan sebagai bahan makanan. Jadi, tumbuhan merupakan sumber kehidupan bagi semua makhluk hidup.

Setelah mengetahui manfaat tumbuhan bagi kehidupan, Udin ingin belajar lebih jauh mengenai perkembangbiakan tumbuhan. Cermati kisah Udin berikut ini.
Liburan sekolah telah tiba. Udin mengunjungi pamannya di desa. Pak Umar, nama pamannya. Dia seorang petani jagung. Udin datang ke rumah pamannya tidak untuk berlibur saja. Udin juga ingin belajar. Ibu guru memberikan tugas selama liburan. Ibu guru ingin anak-anak memberikan laporan terperinci (laporan investigasi) tentang satu hal yang menarik dan bermanfaat yang dilihat selama liburan. Udin ingin mengetahui tentang tanaman jagung, terutama tentang perkembangbiakannya.
Hari pertama di rumah paman, Udin mengajukan beberapa pertanyaan tentang cara menanam jagung kepada pamannya.
“Paman, aku ingin mengetahui bagaimana jagung berkembang biak. Aku juga ingin mengetahui, seandainya paman tidak menanam biji jagung di ladang saat musim tanam. Apakah mungkin tanaman jagung akan terus bertambah banyak?” begitu Udin mengawali pertanyaannya.
“Wah, pertanyaanmu menarik sekali, Udin. Besok pagi-pagi, kamu ikut paman ke ladang, ya. Paman dan beberapa pekerja di ladang akan menjawab pertanyaan-pertanyaanmu.”
Seminggu lamanya Udin berlibur di rumah pamannya. Udin memperoleh banyak informasi baru mengenai tanaman jagung. Udin juga mencari gambar-gambar tentang perkembangbiakan tanaman jagung untuk melengkapi laporannya.

Contoh laporan investigasi yang ditulis Udin.

Judul    : Bagaimana Jagung Berkembang Biak?
Tugas   : Mandiri.
Metode : Pengamatan dan Wawancara.

Alat dan Bahan :
1, Buku.
2, Alat tulis.
3, Buku Referensi atau lainnya.

Bagaimana Jagung Berkembang Biak?
Jagung merupakan salah satu tanaman yang dijadikan bahan makanan pokok di berbagai  tempat, juga di Indonesia. Contohnya, penduduk Pulau Madura menjadikan jagung
sebagai makanan pokoknya. Jagung merupakan salah satu tanaman penghasil karbohidrat yang sangat diperlukan oleh tubuh.

Seorang petani jagung, memulai pembiakan tanamannya dengan menanam biji jagung. Setelah tiga sampai empat hari bakal tanaman akan muncul di permukaan tanah. Tanaman jagung akan terus tumbuh menjadi besar. Tiga hingga tiga setengah bulan, buah jagung dapat dipanen oleh petani. Buah jagung yang berbentuk seperti tongkol pada mulanya berupa sekuntum bunga.

Bunga jagung memiliki helai-helai rambut halus pada bagian ujungnya. Pada helai rambut tersebut terdapat tepung sari. Tepung sari akan terbang terbawa angin, ketika angin bertiup. Tepung sari yang terbawa angin, sebagian akan jatuh di kepala putik yang terletak di bagian bawah bunga pada pohon jagung yang lain. Ketika itulah terjadi pembuahan.

Bunga jagung tersebut terus berkembang hingga menjadi buah jagung. Perkembangan itulah yang dapat diamati dari waktu ke waktu. Buah jagung akan siap dipanen ketika rambut jagung sudah berwarna kecokelatan dan bagian tongkolnya sudah mengering. Apabila buah jagung tersebut dikupas akan memperlihatkan biji jagung yang kekuningan. Bagian yang dimakan oleh manusia adalah biji jagung.

Supaya jagung selalu tersedia sebagai bahan makanan manusia, maka petani jagung harus menanam kembali sebagian biji jagung dari hasil panen. Biji jagung yang tua dapat ditanam kembali. Dari sinilah akan dimulai lagi perkembangbiakan jagung.

 

 

Udin senang sekali. Liburannya memberikan banyak oleh-oleh. Udin senang karena dapat bertemu pamannya. Udin menikmati tinggal di lingkungan yang berbeda. Udin juga senang memperoleh pengetahuan baru tentang tanaman jagung yang merupakan salah satu makanan kesukaannya.

1, Apa yang dilakukan Udin ketika liburan sekolah? Udin mengunjungi rumah pamanya di desa , Udin datang tidak untuk berlibur , udin juga ingin belajar dari pamannya.
2, Siapakah Pak Umar itu? Apa pekerjaan Pak Umar? Paman Udin, Pekerjaan Petani Jagung.
3, Apa yang ingin Udin pelajari dari Pak Umar? Tamanan dan Perkembangbiakan Jagung. 
4, Mengapa Udin bertanya berbagai hal mengenai jagung kepada Pak Umar? Karena pak Udin sudah memahami cara bertanam Jagung; sehingga Udin ingin belajar banyak.
5, Apa saja yang dilakukan Udin untuk membuat tugas laporannya? Mencatat hal penting saat bertanya dan diterangkan oleh pamannya.

Diskusikan hasil jawabanmu dengan temanmu!

Laporan yang ditulis Udin mengenai perkembangbiakan jagung merupakan laporan investigasi, yaitu berupa fakta bukan rekaan. Untuk menghasilkan laporan yang terperinci, Udin harus melakukan pengamatan, wawancara, dan melengkapi informasi dari berbagai sumber agar diperoleh data yang lengkap.

Tepung sari pada bunga jagung akan terbang terbawa angin, ketika angin bertiup. Tepung sari yang terbawa angin, sebagian akan jatuh di kepala putik yang terletak di bagian bawah bunga pada pohon jagung yang lain. Ketika itulah terjadi pembuahan. Perkembangbiakan ini dinamakan perkembangbiakan generatif.
Tahukah kamu bagaimana proses perkembangbiakan generatif? Apa manfaat dari perkembangbiakan generatif?

Amatilah bagian–bagian bunga sempurna berikut ini.

Tampak bagian bunga : Mahkota, Kepala sari, Benang sari, Kepala putik, Tangkai Putik, Kelopak bunga, Bakal biji, Dasar Bunga dan Tangkai Bunga.

Pembiakan generatif (reproduksi generatif) adalah perkembangbiakan tumbuhan secara kawin atau seksual. Proses perkembangbiakan generatif ini membutuhkan alat kelamin jantan dan alat kelamin betina. Baik tumbuhan ataupun hewan dapat mengalami pembiakan secara generatif ini. Pembiakan secara generatif ditandai dengan adanya pembuahan. Pembuahan merupakan proses peleburan sel kelamin jantan dan sel kelamin betina yang pada akhirnya akan menghasilkan zigot dan menjadi organisme baru.

Reproduksi pada tumbuhan tingkat tinggi (spermatophyta) pada umumnya terjadi secara perkawinan (generatif). Perkembangbiakan secara generatif merupakan perkembangbiakan yang melibatkan sel gamet jantan (sperma) dan betina (ovum). Proses yang terjadi pada reproduksi secara generatif pada dasarnya sama dengan organisme lainnya, yaitu penyatuan kedua gamet induk sehingga membentuk zigot yang akan berkembang menjadi individu baru.

1, Perkembangbiakan secara generatif (secara kawin) dilakukan melalui proses penyerbukan dan pembuahan.
2, Perkembangbiakan generatif pada tumbuhan diawali dengan penyerbukan, yaitu melekatnya atau jatuhnya serbuk sari ke kepala putik.
3, Setelah terjadi penyerbukan, pada serbuk sari tumbuh buluh serbuk sari yang menuju ke ruang bakal biji. Kemudian serbuk sari (sel kelamin jantan atau spermatozoid) akan masuk ke ruang bakal biji melalui buluh serbuk sari.
4, Di dalam ruang bakal biji terjadi pembuahan, yaitu peleburan serbuk sari (sel kelamin jantan atau spermatozoid) dengan kepala putik (sel kelamin betina atau sel telur).
5, Hasil dari pembuahan adalah zigot.
6, Zigot berkembang menjadi lembaga, bakal biji berkembang menjadi biji dan bakal buah, kemudian bakal buah berkembang menjadi daging buah.
7, Lembaga yang berada di dalam biji merupakan calon tumbuhan baru.

 

BACA JUGA :   SD3 - Ramling - Mengamati Bagian dari Tanaman.

Macam Macam Penyerbukan berdasarkan Asal Serbuk Sari.

Selain dapat dibedakan berdasarkan perantaranya, macam macam penyerbukan juga dapat dibedakan berdasarkan asal serbuk sarinya. Ya, berdasarkan asal serbuk sarinya, penyerbukan dapat dibedakan menjadi 3 jenis, yaitu penyerbukan sendiri (autogami), penyerbukan tetangga (geitogami), dan penyerbukan silang (alogami).

Tampak Gambar 1 : Penyerbukan dari satu  tangkai bunga, serbuk sari membuahi putik yang sama pada tangkai bunga yang sama.

Tampak Gambar 2 : Serbuk sari membuahi putik dari bunga yang lain, masih satu pohon tetapi bunga beda tangkai.

Tampak Gambar 3 : Serbuk sari membuahi putik dari bunga lain, beda pohon.

Tampak Gambar 4 : Serbuk sari membuahi putik dari bunga lain, beda pohon, beda varietas.

 

1) Penyerbukan sendiri (autogami).
Penyerbukan autogami adalah penyerbukan pada suatu bunga yang serbuk sarinya berasal dari bunga itu sendiri. Penyerbukan autogami umumnya tidak menghasilkan keturunan bervariasi. Selain itu, ciri penyerbukan jenis ini adalah bunganya termasuk bunga sempurna (hermaprodit) yang memiliki kelamin jantan dan betina dalam satu bunga saja. Contoh tumbuhan yang dapat melakukan penyerbukan sendiri adalah bunga turi, bunga sepatu, bunga telang, dan lain sebagainya.

2) Penyerbukan tetangga (geitonogami).
Penyerbukan geitonogami adalah penyerbukan pada suatu bunga yang serbuk sarinya berasal dari bunga lain pada tumbuhan tersebut. Penyerbukan tetangga terjadi karena bunga jantan dan bunga betina pada tumbuhan tersebut tidak berada dalam satu bunga. Contoh penyerbukan tetangga misalnya terjadi pada tumbuhan jagung, kelapa, kelapa sawit, dan lain sebagainya.

3) Penyerbukan silang (alogami).
Penyerbukan alogami adalah adalah penyerbukan pada suatu bunga yang serbuk sarinya berasal dari bunga lain pada tumbuhan lainnya yang masih sejenis. Penyerbukan alogami atau penyerbukan silang kerap disebut dengan istilah persilangan. Penyerbukan silang umumnya menghasilkan variasi keturunan karena perpaduan 2 sifat tumbuhan induk. Semua tumbuhan bisa melakukan penyerbukan silang, utamanya dengan bantuan manusia.

4) Penyerbukan bastar (hybridogamy).
Penyerbukan hybridogamy adalah penyerbukan pada suatu bunga yang serbuk sarinya berasal dari bunga lain pada tumbuhan lainnya yang berbeda jenis atau sekurang-kurangnya mempunyai satu sifat beda. Contohnya penyerbukan bastar misalnya serbuk sari jambu batu berdaging merah menyerbuki putik dari jambu batu berdaging putih.

Coba bayangkan seandainya tumbuhan tidak berkembang biak. Apa yang akan terjadi?

1) Apa manfaat tumbuhan bagi kehidupan?
2) Apa manfaat perkembangbiakan bagi tumbuhan?
3) Apa yang akan terjadi jika tumbuhan tidak berkembang biak?

Bunga yang indah bukan hanya tumbuh di Indonesia. Negara-negara lain seperti negara tetangga pun memiliki bunga yang cantik. Karena kondisi geografis yang hampir sama, bunga yang tumbuh tidak jauh berbeda jenisnya. Perhatikan jenis-jenis bunga yang tumbuh di negara-negara tetangga.
Bunga kembang sepatu tumbuh di Indonesia dan Malaysia. Bunga ini dapat digunakan sebagai pewarna. Di Malaysia, bunga kembang sepatu dinamakan Bunga Raya dan merupakan bunga nasional.

Perhatikan bunga kamboja pada gambar disamping. Bunga ini sering digunakan dalam perlengkapan tari di Bali. Dor Champa atau bunga kamboja dapat ditemukan di Indonesia dan Laos. Di negara tersebut bunga ini digunakan untuk dekorasi upacara keagamaan dan penyambutan tamu.

Malaysia, Laos, dan Indonesia hidup berdampingan. Meskipun berbeda negara, namun ketiganya memiliki persamaan dalam kehidupan sosial dan budaya. Masih banyak negara lainnya yang memiliki kesamaan. Oleh sebab itu, mereka menggabungkan diri dalam suatu organisasi yang bernama ASEAN, yaitu persatuan negara-negara se-Asia Tenggara. Berikut adalah ke-10 negara ASEAN.

Judul : ASEAN Menjawab Kebutuhan Hidup Bertetangga.

Kamu pasti pernah merasakan nyamannya hidup bertetangga. Hal ini terasa saat semua keluarga saling mendukung, saling membantu, dan bekerja sama. Kenyamanan dalam bertetangga perlu diwujudkan karena tiap keluarga memiliki kepentingan yang sama.

Hal itu juga yang mendasari terbentuknya ASEAN. ASEAN adalah sebuah organisasi internasional yang beranggotakan negara-negara di kawasan Asia Tenggara. Negara-negara ini bersatu karena adanya persamaan letak geografis dan kemiripan budaya. Kepentingan yang sama dalam memajukan pertumbuhan ekonomi, sosial budaya, serta menjaga keamanan kawasan menjadi dasar pertimbangan para tokoh-tokoh dunia pendiri ASEAN. Pada tahun 1967 ASEAN berdiri atas dasar Deklarasi Bangkok. Saat itu, tokoh-tokoh dari lima negara yang terlibat dalam diskusi menjadi pencetus dan pendiri organisasi ini.

Lima negara yang menjadi anggota pertama ASEAN di tahun 1967 adalah Indonesia, Malaysia, Thailand, Singapura, dan Filipina. Para utusan dari kelima negara tersebut, yang sekaligus merupakan tokoh-tokoh pendiri ASEAN, adalah Adam Malik (Indonesia), Tun Abdul Razak (Malaysia), Thanat Khoman (Thailand), S. Rajaratnam (Singapura), dan Narciso Ramos (Filipina).

ASEAN harus dapat memberikan manfaat bagi semua anggotanya. Untuk itu, berbagai kerja sama dikembangkan untuk memajukan kesejahteraan semua anggotanya. Kerja sama di bidang ekonomi, sosial, budaya, serta politik dikembangkan demi kemajuan semua anggota. Manfaat yang dirasakan oleh anggota-anggota ASEAN, membuat semakin banyak negara yang kemudian bergabung dengan organisasi ini. Saat ini ada sepuluh negara yang menjadi anggota ASEAN. Berdasarkan urutan waktu bergabungnya, negara anggota ASEAN tersebut adalah:
1.lima negara pendiri, yaitu Indonesia, Malaysia, Thailand, Singapura, Filipina, yang bergabung pada tanggal 8 Agustus 1967.
2.Brunei Darussalam, bergabung pada tanggal 7 Januari 1984.
3.Vietnam, bergabung pada tanggal 28 Juli 1995.
4.Laos dan Myanmar, bergabung pada tanggal 23 Juli 1997.
5.Kamboja, bergabung pada tanggal 30 April 1999.

Masyarakat negara-negara ASEAN memiliki kehidupan sosial budaya yang unik. Kamu dapat mempelajarinya dengan membaca teks berikut.

Judul : Kehidupan Sosial Budaya Masyarakat ASEAN.

A.Brunei Darussalam.

Kampung Ayer adalah desa terapung di Brunei Darussalam. Tahun 1400 Kampung Ayer sempat menjadi pusat pemerintahan. Saat ini banyak penduduknya yang memiliki perahu pribadi dan disimpan di bawah rumah apung mereka.
Budaya Brunei banyak dipengaruhi oleh ajaran Islam. Mayoritas penduduknya adalah orang Melayu. Kata “Brunei” berasal dari kata “Nah Baru” yang diucapkan oleh Awang Alak Betatar, penemu negara ini. Kata “Darussalam” berarti “Tempat yang Damai” atau “Rumah Keamanan”. Dalam percakapan, menunjuk dengan jari telunjuk dianggap kasar. Secara tradisional, orang Brunei tidak berjabat tangan dengan lawan jenis. Melepaskan sepatu adalah kebiasaan umum orang Brunei sebelum memasuki rumah orang lain.

B.Malaysia.
Patung Dewa Murungga di Malaysia merupakan patung berukuran 42.7 meter. Patung ini terletak di Batu Caves, gua yang merupakan salah satu kuil Hindu di luar India yang paling populer, yang didedikasikan untuk Dewa Murungga.

Malaysia memiliki kota yang bernama George Town, yaitu kota yang terdaftar dalam UNESCO World Heritage. Kota ini terletak di Pulau Penang. George Town adalah kota yang memiliki ragam jenis budaya. Banyak gedung peninggalan masa Eropa dan bangunan bernuansa Melayu Tionghoa. Tiga kaum utama di Malaysia adalah Melayu, Cina, dan India. Musik tradisionalnya banyak dipengaruhi oleh budaya Cina, Islam, India, dan Indonesia. Makanan khasnya adalah nasi lemak.

C.Filipina.
Budaya Filipina merupakan hasil perpaduan antara budaya barat dan timur. Kehidupan budayanya dipengaruhi oleh budaya Melayu, Cina, dan Spanyol.
Bahasa Filipina adalah bahasa Nasional dengan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar untuk urusan perdagangan atau pergaulan. Ada delapan dialek utama yang digunakan oleh masyarakat Filipina, yaitu Tagalog, Cebuano, Ilocano, Hiligaynon atau Ilonggo, Bicol, Waray, Pampango, dan Pangasinense.
‘Po’ dan ‘opo’ adalah sebutan orang Filipina terhadap orang yang lebih tua. Mereka memanggilnya dengan menggunakan kata-kata seperti “Kuya”,
“Ate”, “Manong” atau “Manang” yang menunjukkan rasa penghormatan. Jabat tangan adalah bentuk salam yang paling sering dijumpai di Filipina.
Tarian Tinikling merupakan tarian masyarakat Filipina. Tarian ini menceritakan tentang burung Tinikling yang berjalan melompat menghindari perangkap bambu petani padi.

 

D.Kamboja.

Banyak candi di Kamboja terbuat dari batu. Dewa-dewa dari agama Hindu dan Buddha terukir pada tembok.


Tari Apsara lahir pada 2.000 tahun lalu. Relief tarian banyak ditemukan di bangunan- bangunan keagamaan di Kamboja.
Orang Khmer mengenakan syal kotak-kotak yang disebut Krama. Pria dan wanita Khmer mengenakan bandul Buddha pada kalungnya. Tujuannya adalah untuk menjaga dari roh jahat dan membawa keberuntungan. Makanan terkenal Kamboja adalah chha yang berarti tumisan.

D. Myanmar.
Myanmar disebut sebagai negara seribu Pagoda. Hal ini disebabkan karena sangat mudah menemukan kuil-kuil suci Buddha. Mayoritas penduduk Myanmar adalah keturunan Tibet. Bahasa yang digunakan adalah bahasa Birma.

Pakaian tradisional Myanmar yang disebut Longyi mirip sarung Indonesia, namun kain ini membelit bagian tubuh mereka mulai dari perut hingga betis. Longyi yang berbahan kain katun bukan saja dikenakan pria dewasa, namun juga anak- anak dan wanita.

F. Vietnam.

Permainan ‘Menangkap Jangkrik dengan Mata Ter tutup’ adalah permainan tradisional anak Vietnam. Anak yang berada di tengah lingkaran matanya ditutup kain. Menangkap salah satu teman dan menebak namanya.
Vietnam terkenal dengan baju khasnya yang disebut Ao Dai. Topi caping pun banyak ditemui di sana. Orang Vietnam gemar duduk di dingklik, yaitu kursi yang sangat pendek. Bukan hanya untuk makan, bahkan untuk mengobrol pun mereka senang duduk di atas dingklik. Mayoritas orang Vietnam memiliki nama keluarga Nguyen. Hal ini disebabkan karena Dinasti Nguyen berkuasa mulai 1803-1945 dan merupakan dinasti terakhir di Vietnam.

G.Laos.

Nama Laos berhubungan dengan penemunya, yaitu Ai Lao. Orang Laos ter kenal kes abaran dan kesederhanaannya. Hal ini terkait dengan ajaran agama Buddha yang banyak dianut masyarakatnya.
Olahraga tradisional di Laos adalah Kataw, seperti olahraga bola voli, namun menggunakan kaki untuk menangkap dan memukul bola. Bola terbuat dari anyaman bambu.
Tahun baru Laos disebut Bun Pi Mai. Semua penduduk membersihkan rumah, mengenakan pakaian baru, dan mencuci patung-patung Buddha.
Makanan utama bangsa Laos adalah nasi atau beras ketan yang dimakan dengan tangan langsung. Orang Laos menyebut dirinya ”luk khao niaow”, yang artinya “anak turun nasi ketan”.
Upacara sakral pemberian sedekah, atau dikenal dengan Sai Bat merupakan upacara di Laos. Para biksu membawa bakul kecil mengitari sebagian kecil kota untuk menerima sedekah dari penduduk setempat yang mayoritas beragama Buddha.

H.Singapura.
Singapura memiliki lambang negara, yaitu Merlion. Merlion adalah patung berkepala singa dan berbadan ikan. Menurut mitos, Singapura dahulunya adalah kampung ikan. Kampung ini bernama Temasek yang berasal dari bahasa Jawa yang artinya lautan. Singapura berasal dari kata Sansekerta yang berarti kota Singa.


Penduduk Singapura berasal dari Cina, Melayu, India, dan Eropa. ‘Kaum Baba’ adalah sebutan bagi keturunan Cina-Melayu. Singapura memiliki empat bahasa resmi, yaitu Melayu, Mandarin, Inggris, dan Tamil.
Masyarakat Singapura memiliki budaya jalan kaki. Sekitar 80 persen masyarakatnya memilih untuk berjalan kaki ke mana-mana. Hal ini disebabkan harga kendaraan, yaitu mobil dan bahan bakar sangat mahal.
Kepiting cabai adalah makanan yang sangat digemari masyarakat Singapura.

I.Thailand.
Thailand adalah satu-satunya negara di ASEAN yang tidak pernah dijajah bangsa Eropa.


Thailand dalam bahasa Thai adalah Prathet Thai, yang artinya “Tanah Kebebasan”. Sejak tahun 1800-an, Thailand berubah nama, antara lain Siam (dari bahasa Sansekerta yang artinya gelap atau cokelat) dan Thailand.
Ramakien adalah cerita nasional Thailand yang memengaruhi kehidupan masyarakatnya. Di Thailand, Kepala adalah bagian tubuh yang paling dihormati.
Tidak ada orang yang akan berani menyentuh kepala,
bahkan kepala anak-anak. Sebaliknya, bagian kaki dianggap bagian yang paling hina karena dipakai sebagai alat untuk menapak di tanah. Oleh sebab itu, kaki tidak boleh dihadapkan ke patung suci atau orang lain.
Indonesia dan Thailand memiliki tradisi minum teh. Di beberapa daerah di Indonesia, kebiasaan minum teh dilakukan secara turun temurun. Salah satunya adalah teh yang diseduh di poci. Oleh sebab itu, teh tersebut dinamakan dengan teh poci.
Di Thailand, teh disajikan dengan susu dan rempah-rempah. Teh tersebut dinamakan Thai Ice Tea dan disajikan dingin.

 

BACA JUGA :   Buku Tematik – Kelas 3 - Tema 2 - Menyayangi Tumbuhan dan Hewan

Bagaimana dengan kehidupan dan budaya Indonesia?
Diskusikanlah budaya dan kehidupan sosial masyarakat Indonesia dengan temanmu. Kamu dapat menemukan tambahan informasi melalui gurumu atau buku bacaan di perpustakaan.

Kondisi Geografis Asia Tenggara
Letak geografis Asia Tenggara berada di antara tiga perairan, yaitu:
•Samudra Hindia dan Teluk Benggala di bagian barat;
•Laut Cina Selatan di utara; dan
•Samudra Pasifik di timur.

Wilayah Asia Tenggara dibagi menjadi dua dataran yaitu:
1.Daratan Berbentuk Semenanjung
Wilayah yang berbentuk semenanjung adalah Myanmar, Thailand, Laos, Kamboja, Vietnam, dan wilayah Malaysia bagian barat.
2.Daratan Berbentuk Gugusan Kepulauan
Wilayah yang berbentuk gugusan kepulauan adalah Filipina, Indonesia, wilayah Malaysia bagian timur, Singapura, dan Brunei Darussalam.

Kamu sudah belajar keunikan negara-negara ASEAN mulai dari kondisi geografis, bunga, hingga kebudayaannya.
Pilihlah dua negara ASEAN. Carilah perbedaan dan persamaan karakteristik dari kedua negara tersebut mulai dari tumbuhan yang hidup, khususnya bunga yang menjadi ciri khas negara dan kondisi sosial budaya mereka. Kamu bisa menyebutkan nama bunga, nama sebutan (apabila ada), pemanfaat, dan tempat tumbuhnya.
Tulislah pemikiranmu tentang karakteristik negara pada diagram Venn yang telah disiapkan.
Perhatikan caranya berikut ini.
1.Tentukan dua negara yang akan kamu cari informasinya lebih dalam lagi. Tulislah di kotak yang tersedia.
2.Tulis masing-masing karakteristiknya di lingkaran sesuai dengan negaranya.
3.Di tengah lingkaran, kamu dapat menuliskan persamaan karakteristik yang dimiliki oleh kedua negara.

Sungguh menarik kehidupan sosial budaya penduduk negara tetangga. Kamu akan belajar lebih banyak lagi tentang negara-negara ASEAN.

 

 

 

 

Pembelajaran 2.

Tahukah kamu bahwa ada beberapa jenis tumbuhan yang dapat diolah menjadi makanan dan obat? Ayo, kita cari tahu.

Di Asia Tenggara banyak tumbuhan yang dimanfaatkan untuk bahan makanan. Namun, di antaranya banyak juga yang dimanfaatkan sebagai obat.


Asia Tenggara sebagai wilayah tropis memungkinkan banyak tumbuhan hidup. oleh karena itu masyarakatnya banyak bercocok tanam untuk memanfaatkan kesuburan tanahnya.
Bawang merah sering dijumpai di dapur masyarakat Indonesia. Selain dipakai untuk bumbu, bawang merah juga bermanfaat untuk mengobati beberapa penyakit. Orang Jawa mengenalnya dengan sebutan brambang. Bawang merah hidup di daerah Asia Tenggara. Masyarakat Indonesia, Malaysia, Thailand, dan Filipina adalah pengguna bawang merah terbesar.

Pemakai bawang merah terbanyak adalah Indonesia. Di tahun 2004, jumlah bawang merah yang digunakan mencapai 160.800.000 ton/tahun.

Apabila bilangan 160.800.000 ditulis pada tabel nilai tempat, di manakah angka 1 dan 6 ditempatkan?  Ratusan Juta; Puluhan Juta ;
Jutaan; Ratusan Ribu ;Puluhan Ribu ; Ribuan ; Ratusan ; Puluhan ; Satuan.

Selain bawang merah, nanas banyak tumbuh di Asia Tenggara. Saat ini nanas banyak diproduksi dalam bentuk kalengan maupun dalam kemasan lainnya.

Perhatikan informasi berikut.
Nanas adalah buah yang memiliki manfaat bagi kesehatan. Selain buahnya enak dimakan, nanas diyakini mengandung vitamin, protein, dan mineral yang sangat penting bagi tubuh.
Di Asia Tenggara, nanas banyak ditanam di Filipina, Thailand, dan Indonesia. Berpenduduk sekitar 555.000.000, Asia Tenggara menjadi penghasil nanas tertinggi di dunia.
Di Kecamatan Sungai Apit, Siak, Indonesia, produksi nanas mencapai
21.600.000 buah per tahunnya. Seorang petani di daerah ini bisa berpenghasilan Rp34.000.000,00 sampai Rp42.500.000,00 per tahun. Penghasilan mereka setiap bulan adalah sekitar Rp2.830.000,00 sampai Rp3.540.000,00.

Catatlah bilangan-bilangan yang ada dalam informasi diatas. Bersama temanmu, pilihlah tiga bilangan.
Sampaikan kepada temanmu bilangan-bilangan tersebut terkait nilai tempatnya dengan cara sebanyak-banyaknya. Apakah ada perbedaan penyampaian bilangan tersebut?

Pembacaan Angka.
Pembacaan angka selalu dimulai dari posisi karakter angka terbesar. Bilangan yang memiliki dua karakter, angka terbesarnya adalah puluhan. Bilangan yang memiliki tiga karakter, angka terbesarnya adalah ratusan. Bilangan yang memiliki empat karakter, angka terbesarnya adalah ribuan dan seterusnya.

Penggunaan Tanda Pisah Angka.
Tanda pisah angka digunakan untuk bilangan lebih dari 999. Tanda tersebut digunakan untuk memisahkan setiap tiga digit angka dari sebelah kanan urutan angka. Tanda pemisah angka memisahkan kelompok angka ribuan, jutaan, dst. Di Indonesia tanda pemisah angka yang digunakan adalah tanda titik (.).

BACA JUGA :   SD6 - IPA - Kondisi yang Mempengaruhi Perubahan pada Benda

1.432.321  di baca : satu juta empat ratus tiga  puluh dua ribu tiga ratus dua puluh satu.

 

 

 

Judul Bacaan : Sehari di Ladang Singkong.

Berbeda dengan Pak Umar, Pak Gani tetangganya memilih bertanam singkong di ladangnya. Ladang Pak Gani cukup luas. Pak Gani bertanam singkong, karena menurutnya nilai jual tanaman singkong cukup tinggi. Daun singkong dapat dijual untuk dimasak sebagai sayur. Di samping itu, umbinya merupakan salah satu bahan makanan penghasil karbohidrat. Banyak makanan tradisional Indonesia yang menggunakan singkong sebagai bahan bakunya.

Oleh karena itu, ketika liburan Udin juga sempat berkeliling di ladang singkong Pak Gani. Ketika itu, Pak Gani dan beberapa pekerjanya baru saja menanam bibit singkong di ladangnya. Ladang singkong Pak Gani berbentuk persegi panjang dengan luas 100 m2. Di ladangnya ditanam sepuluh baris batang singkong berjejer rapi. Di setiap baris, ditanami dua puluh batang singkong dengan jarak yang sama. Oleh karena baru ditanam, dari kejauhan batang-batang singkong terlihat seperti barisan patok kayu.
Udin sempat berdiri di tengah ladang Pak Gani. Terasa oleh Udin sengatan panas matahari, karena belum ada helai daun singkong yang menaungi ladang. Untuk mengurangi terpaan panas, di sekeliling ladang ditanami pohon buah-buahan. Di bawah pohon buah-buahan tersebut, Pak Gani dan para pekerjanya beristirahat sejenak melepas lelah. Mereka juga biasa menikmati bekal makan siangnya di bawah pohon buah-buahan tersebut.

Di sebelah Timur ladang, terlihat sebuah kolam ikan. Bunyi kecipak air karena gerakan ekor ikan gurame yang menjadi penyejuk suasana di tengah ladang.

Udin menikmati ketika berada di ladang Pak Gani. Sudah terbayang olehnya, sekitar delapan bulan lagi Pak Gani akan memanen hasil ladangnya. Singkong dari ladangnya akan dinikmati oleh banyak orang dalam berbagai bentuk penganan.

1) Dalam cerita di atas, mengapa Udin dapat bercerita mengenai suasana di kebun singkong Pak Gani?
2) Apakah Udin perlu wawancara untuk bercerita mengenai suasana di kebun singkong Pak Gani?
3) Apakah Udin perlu mencari data dari sumber bacaan lain mengenai kebun singkong untuk menceritakan suasananya?
4) Apakah bacaan tersebut merupakan jenis laporan investigasi? Coba jelaskan!

Bacaan “Sehari di Ladang Singkong” adalah jenis teks deskripsi. Teks deskripsi menggambarkan suatu objek berdasarkan pengamatan dengan menggunakan panca indera. Teks deskripsi dapat dibuat tanpa melakukan wawancara atau mencari data dari sumber-sumber lain.

Berbeda dengan teks “Bagaimana Jagung Berkembang Biak?” Teks tersebut merupakan jenis laporan investigasi. Teks laporan investigasi menggambarkan objek suatu peristiwa secara terperinci. Untuk menulis teks ini selain melakukan pengamatan, penulis perlu mencari sumber lain untuk mendukung tulisannya. Sumber lain seperti melakukan wawancara dan studi pustaka.

Setelah melihat ladang singkong milik Pak Gani, Udin pun ingin mencoba membuat keripik dan getuk dari singkong. Selain itu, Udin juga ingin mencoba membuat minuman. Simaklah cara Udin memasak berbagai jenis makanan dan minuman berikut ini. Kamu juga dapat mencobanya.

Tampak Gambar Pengolahan Singkong: Mengupas Singkong, Memotong dan potong tipis-tipis, diberikan bumbu atau garam, kemudian di goreng, Jadilah Kripik singkong dan di kemas plastik.

Tampak gambar membuat getuk pelangi : Singkong di kupas dan dibersihkan, Singkong di tanak sampai matang, kemudia singkong di tumbuk, di berikan warna-warni, kemudian di bentuk kotak-kotak.

Tampak gambar membuat jus wortel : Wortel di cuci bersih, wortel di haluskan dengan di parut di campur dengan air, kemudian disaring, Jus siap di minum.

Tampak Pembuatan Minuman Jahe. Jahe di bersihkan kemudian di lunakan dengan di pukul / tumbuk, Tumbukan Wortel di berikan air panas, Air jahe di saring, dapat di sajikan dengan di tambahkan gula sesuai dengan keinginan.

Tugas Kelompok :
* Kelompokmu dapat mengolah salah satu jenis makanan berdasarkan informasi yang telah dipelajari.
* Kemaslah dengan rapi dan sajikan dengan menarik.
* Jika makanan hasil karya kelompokmu akan dijual, tentukan harga jualnya.
* Kelompokmu dapat menjual hasil produksi makanan atau minuman kepada adik-adik kelasmu.
* Buatlah poster sederhana yang berisi informasi tentang makanan yang akan dijual. Cantumkan kandungan gizi serta manfaatnya. Jangan lupa tuliskan harga jual makanan/minumanmu. Gunakan poster tersebut ketika kelompokmu melakukan promosi ke kelas-kelas lain.
* Buatlah yel-yel dan presentasikan yel-yel tersebut saat mengampanyekan poster. Yel-yel kreasi kelompokmu akan menarik perhatian adik-adik kelasmu untuk menyimak presentasi kelompokmu.
Sebagai sumber kehidupan, tumbuhan memiliki kandungan gizi yang berguna bagi tubuh manusia. Begitu banyak manfaat tumbuhan bagi kehidupan. Coba bayangkan jika apa yang akan terjadi jika Tuhan Yang Maha Esa tidak menciptakannya.

Setelah selesai memasak, sudahkah kamu mencuci peralatan, membersihkan tempat masak, serta membuang sampahnya? Tahukah kamu bahwa bergotong-royong adalah sikap yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila yang merupakan pandangan hidup bangsa Indonesia?

Bersama kelompokmu, pahami,  diskusikan nilai-nilai yang terkandung dalam sila-sila Pancasila berikut.
1, Ketuhanan yang Maha Esa.
2, Kemanusiaan yang adil dan beradab.
3, Persatuan Indonesia.
4, Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/ perwakilan.
5, Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

Nilai-nilai yang terkandung dalam sila “Ketuhanan Yang Maha Esa”. Nilai- nilai tersebut antara lain takwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa, toleransi, penghormatan kepada agama atau kepercayaan lain, dan kerukunan antarumat beragama.

Nilai-nilai yang terkandung dalam sila “Kemanusian yang adil dan beradab” terkait dengan hubungan nilai-nilai tersebut antara lain persamaan derajat, menghargai hak asasi manusia, solidaritas antarsesama manusia, dan perdamaian.

Sila ketiga mengandung nilai-nilai persatuan, di antaranya adalah sebagai berikut.
• Menjunjung tinggi Negara Kesatuan Republik Indonesia.
• Cinta perdamaian dan persatuan.
• Tidak egosentris.

Sila keempat mengandung nilai-nilai kerakyatan, di antaranya adalah sebagai berikut.
• Mendahulukan kepentingan dan tujuan bersama.
• Melaksanakan musyawarah dan demokrasi untuk mengambil keputusan bersama.
• Bijaksana dalam menyelesaikan masalah.

Sila kelima Pancasila mengandung nilai-nilai keadilan sosial, di antaranya adalah sebagai berikut.
• Adil, sesuai kebutuhan tiap orang atau kelompok, bukan dibagi sama rata.
• Suka bekerja keras.
• Menghormati kedaulatan bangsa sendiri dan bangsa lain.
• Menganggap bangsa lain sama derajatnya.

Paman Lani seorang pengusaha madu. Ia memiliki empat kebun untuk tempat beternak lebahnya.
Berikut ini adalah diagram yang menunjukkan luas kebun yang dimiliki paman Lani. Setiap kebun menghasilkan madu yang dipanen satu kali setiap tahunnya pada waktu yang berbeda.

Tampak gambar : beramai-ramai membesuk teman yang lagi sakit.

6 Agama di Indonesia
Berikut ini adalah 6 (enam) Agama yang diakui di Indonesia :

Agama Islam
Nama Kitab Suci : Al-Qur’an
Nama Pembawa : Nabi Muhammad SAW
Permulaan : Sekitar 1400 tahun yang lalu
Tempat Ibadah : Masjid
Hari Besar Keagamaan : Hari Raya Idul Fitri, Hari Raya Idul Adha, Tahun Baru Hijrah, Isra’ Mi’raj
Jumlah Penganut : 207.176.162 jiwa (87,18%)

 

Agama Kristen Protestan
Nama Kitab Suci : Alkitab
Nama Pembawa : Yesus Kristus
Permulaan : Sekitar 2000 tahun yang lalu
Tempat Ibadah : Gereja
Hari Besar Keagamaan : Hari Natal, Hari Jumat Agung, Hari Paskah, Kenaikan Isa Almasih
Jumlah Penganut : 16.528.513 jiwa (6,96%)

Agama Katolik
Nama Kitab Suci : Alkitab
Nama Pembawa : Yesus Kristus
Permulaan : Sekitar 2000 tahun yang lalu
Tempat Ibadah : Gereja
Hari Besar Keagamaan : Hari Natal, Hari Jumat Agung, Hari Paskah, Kenaikan Isa Almasih
Jumlah Penganut : 6.907,873 jiwa (2,91%)

Agama Hindu
Nama Kitab Suci : Weda
Nama Pembawa : –
Permulaan : Sekitar 3000 tahun yang lalu
Tempat Ibadah : Pura
Hari Besar Keagamaan : Hari Nyepi, Hari Saraswati, Hari Pagerwesi
Jumlah Penganut : 4.012.116 jiwa (1,69%)

Agama Buddha
Nama Kitab Suci : Tri Pitaka
Nama Pembawa : Siddharta Gautama
Permulaan : Sekitar 2500 tahun yang lalu
Tempat Ibadah : Vihara
Hari Besar Keagamaan : Hari Waisak, Hari Asadha, Hari Kathina
Jumlah Penganut : 1.703.254 jiwa (0,72%)

 

Agama Kong Hu Cu
Nama Kitab Suci : Si Shu Wu Ching
Nama Pembawa : Kong Hu Cu
Permulaan : Sekitar 2500 tahun yang lalu
Tempat Ibadah : Li Tang / Klenteng
Hari Besar Keagamaan : Tahun Baru Imlek, Cap Go Meh
Jumlah Penganut : 117.091 jiwa (0,05%)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *