SD5 Tema 9-1 Benda-Benda di Sekitar Kita – Benda Tunggal dan Campuran




Sekolah Dasar Kelas 5 Tema 9-1 Benda-Benda di Sekitar Kita Pembelajaran 1-3 Benda Tunggal dan Campuran.

image

image

Hari ini Ayah, Ibu, dan Lani pergi ke toko elektronik. Mereka akan membeli mesin cuci baru. Mesin cuci milik keluarga Lani sudah tidak bisa digunakan lagi. Beberapa hari yang lalu, mereka sudah melihat gambar mesin cuci yang akan dibeli. Mereka melihatnya melalui iklan yang ada dalam sebuah majalah. Lani memperlihatkan iklan mesin cuci kepada pelayan toko. Apakah kamu tahu iklan itu?

image

image

Pembelajaan 1.

Gambar di atas merupakan iklan media cetak yang menawarkan produk mesin cuci dengan merk “Resik”. Iklan tersebut berisi penjelasan tentang produk dan kelebihan mesin cuci tersebut. Penjelasan tersebut meliputi kapasitas, program, dan bahan tabung dalam mesin cuci. Iklan tersebut mengajak konsumen untuk membeli mesin cuci bermerk “Resik”.

Iklan adalah suatu cara yang digunakan untuk menawarkan atau mempromosikan suatu barang atau jasa. Iklan biasanya ada di media cetak seperti koran atau majalah. Iklan juga ada yang ditayangkan melalui televisi dan radio.

Setelah mengamati gambar dan pemaparannya, jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut.

1) Apakah yang dimaksud dengan iklan?
2) Dalam iklan mesin cuci di atas ada kata kapasitas dan program, apa arti dari dua kata tersebut?
3) Adakah kata asing bagi kamu dalam tulisan iklan di atas? Coba tuliskan kata yang kamu anggap asing.

image

Keluarga Lani sudah mendapatkan mesin cuci baru sesuai yang diinginkan. Lani tidak sabar untuk menggunakan mesin cuci barunya.

Sore harinya, Lani membantu ibu mencuci. Lani memasukan baju ke dalam mesin cuci. Kemudian, ibu memasukkan deterjen. Ibu juga mengisi tabung mesin cuci dengan air. Setelah semua siap, mesin cuci pun dijalankan.

Setelah selesai mencuci, Ibu mengeluarkan air melalui slang yang tersedia pada bagian belakang mesin cuci. air yang keluar sudah berubah warna. Air yang belum tercampur oleh apa pun sebaliknya, bening. Air yang keluar dari slang mesin cuci tidak bening lagi. Air itu sudah tercampur dengan deterjen dan kotoran dari pakaian.

Air yang belum tercampur oleh apa pun termasuk dalam zat tunggal. Apakah yang dimaksud benda zat tunggal? Apa saja benda-benda di lingkungan kita yang termasuk benda zat tunggal?

Perhatikan berbagai gambar benda yang termasuk dalam zat tunggal berikut.

image

Tampak Gambar Air, Emas 24 Karat, Gula pasir, dan Garam meja.

 

Berdasarkan gambar-gambar, jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut.

1. Apakah yang dimaksud zat tunggal? adalah jenis zat yang memiliki satu identitas (murni). Secara umum, zat tunggal dibedakan menjadi 2, yaitu unsur dan senyawa.

1. Bawalah benda-benda di sekitarmu yang mengandung zat tunggal ke sekolah. Minimal tiga benda. Lakukan pengamatan terhadap benda yang kamu bawa. Apakah benda yang kamu bawa benar-benar termasuk zat tunggal? Tuliskan benda yang termasuk zat tunggal hasil pengamatan kamu dan teman-temanmu pada kolom berikut.

Zat tunggal :
1, besi.
2, emas.
3, perak.
4, tembaga.
5, oksigen.
6, nitrogen.
7, hidrogen.
8, helium.
9, kalium.
10, kalsium.

campuran :
1, es dawet.
2, tanah.
3, udara.
4, air sirup.
5, air garam.
7, es campur.
8, air teh.
9, air kopi.
10, gula.

 

Semua benda yang ada di sekitar kita termasuk materi. Materi adalah segala sesuatu yang menempati ruang dan mempunyai massa. Berdasarkan komposisi penyusunnya, materi dibedakan menjadi zat tunggal dan campuran.

A, Zat Tunggal.

Zat tunggal merupakan zat yang terdiri atas materi sejenis. Contoh benda termasuk dalam zat tunggal adalah air, garam, gula, dan emas 24 karat.

 

B, Campuran.

Campuran adalah zat yang terdiri atas beberapa jenis materi atau zat tunggal. Campuran dapat dibedakan menjadi campuran homogen dan campuran heterogen.

1) Campuran Homogen.

 

Campuran homogen merupakan campuran yang zat penyusunnya tercampur sempurna. Pada campuran homogen, zat penyusunnya tidak dapat dibedakan.

Contoh: air garam, sirop, udara, perunggu, kuningan.

 

2) Campuran Heterogen.

 

Campuran heterogen merupakan campuran yang zat penyusunnya tidak tercampur sempurna. Pada campuran heterogen, zat penyusunnya masih dapat dibedakan.

Contoh: campuran air dengan kopi, air dengan tepung, dan air dengan pasir.

 

image

Tampak Iklan Gambar anak memasukkan bola basket di keranjang basket, dan tampak susu kaleng. serta ada tulisan Padat Gizi kaya energi Kalsium tinggi.

Diskusikanlah bersama orang tuamu mengenai hal-hal berikut.

1. Barang apa yang ditawarkan dalam iklan tersebut? Susu.

2. Informasi apa saja yang kamu peroleh dari iklan tersebut? Susu Padat Gizi kaya energi Kalsium tinggi.

3. Benda yang ditawarkan dalam iklan termasuk zat tungal atau zat campuran? Apa alasannya? Zat Campuran.

 

image

Pembelajaran 2.

Udin mengamati iklan produk minuman dalam media cetak. Udin menyukai gambar dalam iklan. Udin merasa gambar dalam iklan bagus sekali. Selain gambar, Udin juga mengamati tulisan dalam iklan dan isi dari tulisan. Apa saja sebenarnya unsur-unsur iklan? Apakah iklan harus menarik sehingga banyak orang yang membeli produknya. Ayo, kita pelajari.

Iklan adalah pemberitahuan mengenai suatu barang atau jasa kepada masyarakat umum. Pemberitahuan dilakukan supaya orang tertarik untuk membeli dan menggunakan barang atau jasa yang ditawarkan. Iklan dapat disampaikan melalui media cetak, audio, dan elektronik. Iklan memiliki unsur-unsur berikut.

1. Nama produk.

2. Gambar yang menarik.

3. Kalimat iklan.

4. Keunggulan produk.

5. Harga produk.

6. Nomor telepon.

7. Alamat pengiklan.

 

Judul : Membedakan Zat Tunggal dan Campuran.

Kalian telah mempelajari tentang iklan dan unsur-unsurnya. Kalian juga telah mengetahui iklan susu pada halaman 7 termasuk zat tunggal atau campuran. Sekarang, kita akan berlatih membedakan zat tunggal dan campuran dengan bahan-bahan berikut. Ikuti langkah kerjanya dengan baik dan hati-hati.

Langkah kerja:

1. Siapkan lima macam benda seperti kapur tulis, air garam, gula pasir, minuman kopi tumbuk, dan kawat tembaga.

2. Amati zat penyusun kelima benda tersebut.

3. Tuliskan hasil pengamatanmu dalam tabel berikut.

 

Nama Benda – Zat Penyusun

– air : zat penyusun air itu sendiri.

– kapur tulis : zat kapur

– air garam : air dan garam.

– gula pasir : gula pasir itu sendiri.

– minuman kopi tumbuk : air dan kopi.

– kawat tembaga : kawat tembaga itu sendiri.

 

Setelah kalian melakukan kegiatan dan mengisi tabel, maka buatlah kesimpulan dengan meneruskan kalimat berikut.

1, Zat tunggal adalah ?
2, Contoh zat tunggal yaitu ?
3, Zat campuran adalah ?
4, Contoh zat campuran yaitu ?

 

Judul : Air dan Manfaatnya.

Air merupakan contoh zat tunggal. Kamu biasa meminum air putih. Air putih tidak bernoda sedikitpun serta tidak ada warnanya. Begitu jernihnya sehingga kamu bisa berkaca dan melihat wajahmu sendiri di air.

Air yang murni dari air yang terdiri atas satu jenis materi saja sebagai penyusunnya. Air sangat dibutuhkan oleh manusia dalam kehidupan sehari-hari. Air tidak hanya untuk minum. Namun, berbagai aktivitas manusia banyak yang memerlukan air. Air untuk membersihkan badan dari kotoran. Air untuk mencuci baju yang kotor. Air untuk memasak. Air untuk menyiram tanah supaya subur tanamannya. Dan masih banyak lagi kegunaan air.

wpsD5D9.tmp

Judul Lagu : Air , Ciptaan : Yanti, 4/4, Do=C.

Semuar orang membutuhkan air.
Tua Muda kaya dan miskin.
Tanpa air orang akan mati.
Tanpa air tiada kehidupan.

 

Apa yang kamu rasakan setelah menyanyikan lagu ”Air” tersebut?

Judul Bacaan : Mengenal Tangga Nada.

Tangga nada adalah. urutan nada yang disusun  secara  berjenjang,   misalnya 1 2 3 4 5 6 7 1. Dalam seni musik, tangga nada dibagi menjadi dua yaitu tangga nada diatonis dan tangga nada pentatonis. Tangga nada diatonis adalah tangga nada yang terdiri atas tujuh nada.

Tangga nada diatonis terdiri atas beberapa jenis.

 

a) Tangga nada diatonis mayor.

Tangga nada diatonis mayor adalah tangga nada yang susunan nadanya berjarak 1 – 1 – 1/2  – 1 – 1 – 1 – 1/2. Contoh tangga nada mayor sebagai berikut.

image

b) Tangga nada diatonis minor.

Tangga nada minor adalah tangga nada diatonis yang susunan nadanya

1 – 1/2- 1 – 1 – 1/2- 1 – 1. Tangga nada minor dibedakan menjadi tiga jenis, yaitu minor asli, minor harmonis, dan minor melodis.

1) Tangga nada minor asli masih merupakan nada-nada pokok, belum mendapat nada sisipan. Berikut contoh tangga nada minor asli.

image

 

2) Tangga nada minor harmonis adalah tangga nada dengan nada ketujuh dinaikkan setengah laras. Pada saat turun jaraknya tetap sama. Berikut contoh tangga nada minor harmonis.

wps7F35.tmp

3) Tangga nada minor melodis adalah tangga nada minor asli dengan nada ke-6 dan ke-7 dinaikkan setengah laras. Pada saat turun nada ke-6 dan ke-7 diturunkan setengah laras.

wps7F45.tmp

Tangga nada mayor dan minor akan terdengar perbedaannya jika dimainkan dengan alat musik. Lagu dengan tanda mayor jika dimainkan akan terdengar ceria. Berbeda dengan lagu dengan tangga nada minor, lagu dengan tangga nada minor jika dimainkan akan terdengar sedih. Walaupun demikian, lagu minor yang syairnya lucu dengan tempo cepat, akan terkesan gembira. Kecepatan sangat memengaruhi kesan.

Lagu yang berjudul “Air” adalah contoh lagu yang menggunakan tangga nada mayor. Adapun lagu yang menggunakan tangga nada minor, contohnya lagu “Gugur Bunga” ciptaan Ismail Marzuki.

lagu gugur bunga

Betapa hatiku takkan pilu,
Telah gugur pahlawanku,
Betapa hatiku takkan sedih,
Hamba ditinggal sendiri.

Siapakah kini plipur lara,
Nan setia dan perwira,
Siapakah kini pahlawan hati,
Pembela bangsa sejati.

BACA JUGA :   SD5 - Alat Pernafasan Pada Manusia

Reff :
Telah gugur pahlawanku,
Tunai sudah janji bakti,
Gugur satu tumbuh sribu,
Tanah air jaya sakti,
Gugur bungaku di taman bakti,
di hari baan pertiwi,
harum semerbak menambahkan sari,
tanah air jaya sakti.

 

imageimage

Judul Lagu : Ayam den Lapeh.

 

Luruihlah jalan Payakumbuah
Babelok jalan Kayu Jati
Dima hati indak kan rusuah
Ayam den lapeh, ohoi, ayam den lapeh.

Mandaki jalan Pandaisikek
Manurun jalan ka Biaro
Di ma hati indak maupek
Awak takicuah, ohoi, ayam den lapeh.

Reff:

Sikua capang sikua capeh
Saikua tabang sikua lapeh
Tabanglah juo nan karimbo
Ai lah malang juo.

Pagaruyuang jo Batusangka
Tampek mandaki dek urang Baso
Duduak tamanuang tiok sabanta
Oi takana juo.

Den sangko lamang nasi tuai
Kironyo tatumpah kuah gulai
Awak ka pasa alah usai
Oi lah malang denai.

O hoi, ayam den lapeh
O hoi, ayam den lapeh

(Ciptaan Nurseha, Melodi oleh Abdul Hamid, Dipopulerkan oleh Oslan Husein dan Nurseha, Gumarang Group).

Apa yang kamu rasakan setelah menyanyikan lagu ”Gugur Bunga” dan lagu “Ayam den Lapeh” tersebut?

Apakah lagu-lagu tersebut dinyanyikan dengan tempo cepat?

Apa isi syair pada lagu di atas?

 

image

Pembelajaran 3.

Di manakah kamu tinggal? Di daerah pegunungan, pesisir, atau perkotaan? Apakah di daerah itu dapat dijumpai iklan penawaran berbagai benda? Apakah di daerah-daerah tersebut masyarakatnya menjunjung nilai persatuan dan kesatuan? Ayo, kita pelajari bersama.

Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia. Negara Indonesia memiliki posisi geografis yang unik sekaligus menjadikan posisi yang strategis. Hal ini dapat dilihat dari letak Indonesia yang berada di antara dua samudra, yaitu Samudera Hindia dan Samudera Pasifik. Indonesia juga terletak di antara dua benua yaitu Benua Asia dan Benua Australia. Letak geografis ini sangat memengaruhi keberadaan wilayah Indonesia, baik dilihat dari keadaan fisik dan sosial atau ekonomi dan politik. Amatilah peta Indonesia berikut.

image

Siti mengamati gambar peta daerah tempat tinggal saudaranya di Jawa Tengah. Dengan peta, Siti mengetahui banyak hal tentang daerah di Jawa Tengah.

Letak kota atau tempat pada peta dinyatakan dengan garis bujur dan garis lintang. Jarak dua garis bujur berdekatan sebesar satu derajat (1°). Jarak dua garis lintang berdekatan sebesar satu derajat (1°). Garis bujur terbagi dua, yaitu bujur barat (BB) dan bujur timur (BT). Garis lintang juga terbagi dua, yaitu lintang utara (LU) dan lintang selatan (LS).

image

1. Provinsi Jawa Tengah beribu kota di Semarang. Letak geografis kota Semarang sekitar 110° BT dan 7°LS. Tunjukkan letak Semarang pada gambar peta di atas. Kemudian, lingkarilah dengan pensil berwarna!

2. Lihatlah peta di kelasmu atau buku atlasmu. Pilihlah 10 kota kabupaten pada peta di atas. Kemudian, tuliskan letaknya menurut garis lintang dan garis bujur! Tuliskan dalam tabel berikut!

Pada latihan tersebut, kita telah ditunjukkan nama sepuluh kabupaten di Provinsi Jawa Tengah. Setiap provinsi mempunyai kabupaten. Setiap kabupaten memiliki kekhasannya masing-masing. Namun demikian, tentu saja antara kabupaten yang satu dengan lainnya tetap menjunjung persatuan dan kesatuan. Tidak hanya di dalam lingkup kabupaten, dengan orang terdekat pun kita harus menjunjung persatuan dan kesatuan.

Perhatikan gambar berikut. Paman Siti dan para tetangga bekerja sama membersihkan lingkungan rumah. Mereka juga mengganti bola lampu yang mati untuk penerangan di depan rumah masing-masing. Kegiatan mereka demi keamanan dan kenyamanan semua warga kampung. Kegiatan mereka itu mencerminkan hidup rukun dalam persatuan dan kesatuan.

image

Ada perilaku yang mencerminkan persatuan dan kesatuan dalam masyarakat. Sebaliknya, ada pula perilaku yang tidak mencerminkan persatuan dan kesatuan dalam masyarakat. Coba diskusikan secara kelompok bersama tiga orang temanmu perilaku tersebut. Kemudian, tuliskan contoh-contoh dari kedua perilaku tersebut dalam tabel berikut.

Prilaku yg mencerminkan persatuan dan kesatuan
1, gotong royong
2, musyawarah dalam mengambil keputusan
3, menghormati yg berbeda suku, agama, bahasa,
4, Membersihkan lingkungan bersama-sama.

prilaku yg tidak mecermikan persatuan dan kesatuan
1, berkelahi dengan dengan orang2 yg berbeda suku dan agama
2, tidak mau ikut gotong royong antar warga
3, menggangap diri selalu benar dalam bermusyawarah.

4, Tidak  pernah  ikut  serta  dalam membersihkan lingkungan.

Dari segi geografis, Negara Indonesia membentang antara 60LU-110LS dan 950BT dan 1410BT, yaitu dari Sabang sampai Marauke. Oleh karena itu, perlu adanya rasa persatuan dan kesatuan. Apakah kamu mengetahui makna persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia? Bacalah tulisan berikut.

Makna penting di dalam persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia adalah sebagai berikut:

1, Rasa persatuan dan kesatuan menjalin rasa kebersamaan dan saling melengkapi antara satu dengan yang lain.

2, Menjalin rasa kemanusian dan sikap saling toleransi serta rasa harmonis untuk hidup berdampingan secara rukun dan damai.

3, Menjalin rasa persahabatan, kekeluargaan, dan sikap tolong-menolong antarsesama, serta sikap nasionalisme.

Dapat disimpulkan bahwa makna dari sebuah persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia, yaitu harus saling bahu-membahu dalam mempertahankan dan mengisi kemerdekaan.

 

Untuk memperkukuh persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia dibuatlah iklan ajakan atau seruan seperti berikut.

image

Tampak Banner bertuliskan : Marilah kita memperkukuh persatuan dan kesatuan bangsa untuk meneruskan pembangunan nasional. Tergambar 3 orang, berlatar belakang peta indonesia dan bendera merah putih.

Ingatkah kamu yang dimaksud dengan iklan? Tuliskan dalam kolom berikut. …

Carilah contoh iklan dari media cetak. Gunting iklan tersebut, lalu ceritakan isinya di depan teman-temanmu.

Tempelkan iklan yang kamu peroleh dalam kolom berikut.

Apa yang kamu lakukan untuk menjalin persatuan dan kesatuan antaranggota keluarga? Apa yang keluargamu lakukan untuk menjalin persatuan dan kesatuan antaranggota masyarakat? Diskusikan bersama orang tuamu, lalu tuliskan hasil nya pada kolom berikut.

image

Pembelajaran 4.

Hari ini Pak Tagor mengajak Siti dan teman-teman untuk melakukan kegiatan di luar kelas. Siti dan teman-teman menyambutnya dengan gembira. Ke mana mereka akan melakukan kegiatan? Oh, ternyata mereka menuju ke belakang sekolah. Di sana terdapat hamparan sawah dan sungai. Dari belakang sekolah juga tampak daerah pegunungan. Pak Tagor menjelaskan mengenai kenampakan alam Indonesia.

image

Ketampakan alam disebut juga dengan istilah bentang alam. Indonesia memiliki bentang alam yang berbeda-beda di setiap daerah. Ada daerah dataran tinggi dan ada daerah dataran rendah. Ada penduduk yang tinggal di daerah pegunungan. Ada juga penduduk yang tinggal di daerah pantai. Ketampakan alam dibagi menjadi dua bagian, yaitu ketampakan alam wilayah daratan dan ketampakan wilayah perairan. Ayo, lakukan kegiatan berikut.

image

Bentuklah kelompok terdiri atas empat anak. Carilah informasi mengenai kenampakan alam wilayah daratan dan ketampakan alam wilayah perairan beserta ciri-cirinya. Saat kelompokmu mencari informasi melalui internet, mintalah bantuan orang tua atau orang dewasa di sekitarmu.

Diskusikan hasil informasi yang kalian peroleh. Kemudian tuliskan dalam kolom berikut.

Ciri-Ciri Kenampakan Alam dan Manfaatnya :

Kenampakan alam dapat dibedakan atas kenampakan alam wilayah daratan dan kenampakan wilayah perairan.

1) Wilayah Daratan :

Daratan merupakan wilayah di permukaan bumi yang tidak digenangi oleh air. Kenampakan alam di wilayah daratan meliputi gunung, pegunungan, dataran tinggi, dataran rendah, bukit, lembah, tanjung.

a, Gunung : Gunung dapat dikelompokkan menjadi dua jenis, yaitu gunung berapi dan gunung tidak berapi. Gunung berapi adalah gunung yang masih aktif dan sewaktu-waktu bisa menyemburkan awan panas.

b, Pegunungan : Pegunungan adalah rangkaian gunung-gunung yang saling bersambung, misalnya pegunungan Bukit Barisan di Sumatra, pegunungan Seribu di Jawa.

c, Dataran Tinggi : Dataran yang memiliki ketinggian lebih dari 400 m di atas permukaan laut.

d, Dataran Rendah : Bagian dari daratan yang datar biasanya terdapat di sekitar pantai.

e, Bukit yaitu gundukan tanah yang tinggi dari tempat di sekitarnya.

f, Lembah yaitu wilayah daratan yang sangat rendah serta cekung terdapat di kaki gunung.

g, Tanjung atau semenanjung : Tanjung adalah daratan yang menjorok ke laut. Semenanjung berukuran luas sedang tanjung lebih sempit.

 

2) Wilayah Perairan.

Wilayah perairan meliputi sungai, danau, selat dan teluk.

Sungai adalah aliran air yang besar yang mengalir di darat dari daerah yang letaknya tinggi menuju ke yang rendah.

Danau adalah genangan air yang luas yang dikelilingi daratan. Danau dapat dibedakan menjadi dua, yaitu danau alam dan danau btatan.

Selat yaitu laut sempit yang menghubungkan dua pulau atau lebih yang berdekatan.

– Teluk yaitu laut yang menjorok ke darat.

 

Ciri-ciri Sosial dan Budaya.

– Kondisi Sosial : Secara garis besar masyarakat kita dapat dikelompokkan menjadi dua, yaitu : Masyarakat yang tinggal di pedesaan Masyarakat yang tinggal di perkotaan.

 

-Kondisi Budaya : Negara kita memiliki bermacam-macam budaya dan kebudayaan daerah yang satu dengan daerah yang lain memiliki ciri khas sendiri-sendiri, yang salah satu faktornya adalah kenampakan alam yang berbeda.

Adaptasi Masyarakat Terhadap

Ketampakan Alam Sekitar

Permukaan bumi tidak rata. Permukaan bumi ada yang tinggi dan ada yang rendah. Ketampakan alam adalah berbagai bentuk muka bumi yang terjadi secara alamiah. Ketampakan alam terdiri atas dua bagian pokok, yaitu ketampakan alam berupa perairan dan ketampakan alam yang berupa daratan.

Daratan adalah tempat kita berpijak. Bentuk ketampakan alam berupa daratan bermacam-macam, contohnya gunung, pegunungan, dataran tinggi, dataran rendah, pantai, tanjung, dan delta. Perairan merupakan bagian dari permukaan bumi yang tergenang air. Bentuk ketampakan alam perairan contohnya sungai, danau, dan laut.

Manusia melakukan adaptasi berbeda-beda antara satu dengan yang lain. Manusia hidup beradaptasi sesuai dengan alam dan ketampakan alam di lingkungan tempat tinggal. Adaptasi yang dilakukan meliputi jenis mata pencaharian utama, makanan, bentuk tempat tinggal, pakaian yang dikenakan, peralatan rumah tangga, dan teknologi. Semua kegiatan itu menyesuaikan tempat mereka tinggal. Kita dapat melihat hasil adaptasi masyarakat suatu daerah. Makanan dan barang-barang atau benda-benda khas dari daerah pegunungan berbeda dengan daerah pantai dan dataran rendah.

 

Dari bacaan di atas dapat disimpulkan bahwa benda-benda atau barang-barang di setiap daerah berbeda. Tidak hanya itu, air di laut juga akan berbeda dengan air di pegunungan. Dapatkah kamu membedakan air laut dengan air pegunungan? Tuliskan pada kolom berikut.

 

image

Tampak gambar iklan Depot air isi ulang Aquada, dan Iklan Pemasangan Depot Isi Ulang Air Mineral.

Apa isi kedua iklan pada gambar di atas?

Amatilah kedua iklan tersebut. Kemudian, ungkapkan pendapatmu mengenai iklan tersebut di hadapan teman-temannmu. Tuliskan juga pendapatmu pada kolom berikut.

Iklan 1 – Menawarkan Masyarakat untuk membeli air mineral.

Iklan 2 – Menawarkan kepada orang yang berminat menjadi agen / toko penjualan air mineral, siap untuk memasangkan.

Meskipun alam dan ketampakan alam daerah satu dengan daerah lainnya berbeda, kita sebagai masyarakat Indonesia harus menjunjung tinggi nilai-nilai persatuan dan kesatuan. Untuk mewujudkan nilai-nilai persatuan dan kesatuan dapat dimulai dari hal-hal kecil yang ada di sekitar kita. Perhatikan gambar dan uraian keterangan gambar berikut.

Pak Tagor mengajak Siti dan teman-teman membersihkan parit kecil di samping sekolah. Pak Tagor meminta anak-anak membersihkan sampah yang menghalangi aliran air. Pak Tagor juga meminta anak-anak mencabut rumput-rumput ilalang di sepanjang parit. Siti dan teman-teman senang melakukan kegiatan itu. Mereka rukun dan bekerja sama demi lingkungan sekolah yang bersih dan nyaman.

image

Hidup rukun sangat menyenangkan. Hidup rukun harus terjalin, baik di lingkungan keluarga, sekolah, maupun masyarakat. Siti bekerja sama dengan teman-teman seperti pada gambar di atas yang mencerminkan hidup rukun. Selain yang dicontohkan pada gambar, hidup rukun misalnya dengan membantu orang yang membutuhkan atau sedang susah. Dengan hidup rukun, kita turut memperkuat persatuan dan kesatuan di Indonesia.

Bagaimana kamu dan keluargamu menciptakan kerukunan dalam keluarga? Bagaimana kamu dan keluargamu kerja sama dengan tokoh masyarakat, misalnya pak RT di sekitar tempat tinggal. Diskusikan bersama orang tuamu.

image

Pembelajaran 5.

Suatu hari keluarga Lani berkeliling kota dengan mengendarai mobil. Saat lampu lalu lintas berwarna merah, mobil yang dikendarai ayah Lani berhenti. Tiba-tiba ada seseorang yang mengetuk kaca mobil. Orang itu menyodorkan selembar kertas. Ternyata, kertas itu berisi iklan. Berikut isi selebaran iklan yang diterima oleh ayah Lani.

image

Tampak Iklan : Toko Mas Subur, Jual beli, perhiasan,logam mulia, alamat Jalan Mulia Selatan No. 65 Jakarta, Telpon 08573432116.

1)  Apa saja unsur-unsur yang ada pada iklan di atas?
2) Apakah menurutmu unsur-unsur pada iklan di atas lengkap? Tuliskan pendapatmu pada kolom berikut.

 

BACA JUGA :   SD5 Tema 7-1-3 Peristiwa Kehidupan - Peristiwa Kebangsaan Masa Penjajahan

Agar dapat menarik perhatian khalayak, iklan dalam media cetak memiliki ciri-ciri bahasa sebagai berikut:

1) Menggunakan bahasa yang singkat, padat, dan jelas.
2) Menggunakan bahasa yang memikat dan memiliki daya sugesti.
3) Menggunakan kata konotasi positif.
4) Isinya bersifat objektif, jujur, singkat, jelas, dan menarik.

Iklan pada gambar di atas menawarkan jual-beli emas di Toko Subur. Tahukah kamu, emas ada yang termasuk zat tunggal dan ada yang termasuk zat campuran. Emas murni yang memiliki kadar 24 karat temasuk zat tunggal. Sedangkan emas yang sudah dicampur dengan logam tembaga memiliki kadar 22 karat, 20 karat, atau 18 karat. Emas seperti itu termasuk dalam benda zat campuran. Selain itu, ada emas berwarna putih yang dinamakan emas putih. Emas putih juga merupakan benda zat campuran. Emas putih merupakan campuran antara emas, tembaga, dan perak. Campuran tersebut merupakan campuran homogen. Ingatkah kamu dalam pembelajaran 2 bahwa zat campuran ada dua, yaitu campuran homogen dan heterogen? Mari, mengidentifikasikan sifat campuran pada zat.

 

Mengidentifikasi Sifat Campuran.

Sebelumnya kita telah mempelajari tentang zat tunggal dan zat campuran. Kita juga telah berlatih untuk membedakannya. Sekarang, kita akan berlatih mengidentifikasi sifat zat campuran. Ikuti langkah kerjanya dengan baik dan hati-hati.

Langkah kerja:

1. Sediakan gelas plastik, sendok, air, gula, minyak, pasir, dan pewarna merah.

2. Buatlah campuran sesuai tabel berikut, lalu catat hasil pengamatanmu.

Berilah tanda centang (ü) pada kolom yang sesuai dengan hasil pengamatanmu.

Komponen Penyusun

1) Air + gula : Tercampur Sempurna.
2) air + minyak : Tidak Tercampur.
3) air + pasir : tidak tercampur.
4) air + pewarna makanan : Tercampur Sempurna.
5) minyak + pasir : tidak tercampur.
6) minyak + pewarna makanan : Tidak tercampur.
7) minyak + gula : tidak tercampur.

Pernahkah kamu melihat penjual jamu mencampur air dengan serbuk dari kunyit dan buah asam? Percampuran antara air, serbuk kunyit, dan buah asam menghasilkan minuman kunyit asam. Apakah campuran itu tercampur sempurna atau tidak tercampur sempurna? Ayo, lakukan percobaan berikut. Tuliskan hasil percobaanmu di buku latihanmu, Setelah itu, laporkan hasilnya kepada Ibu/Bapak Gurumu.

image

Pada pembelajaran sebelumnya, kamu telah mengetahui tangga nada diatonis mayor dan minor. Sekarang, kamu akan mempelajari tangga nada pentatonis. Tangga nada pentatonis adalah jenis tangga nada terdiri atas lima nada. Berdasarkan nadanya, ada tangga nada yang menggunakan pelog dan slendro. Urutan tangga nada pelog yaitu 1-3-4-5-7. Urutan tangga nada slendro yaitu 1-2-3-5-6..

image

Lagu : Suwe Ora Jamu. Ciptaan : RC Hardjosubroto , 4/4.

Suwe ora jamu,
Jamu godhong tela,
Suwe ora ketemu,
Ketemu pisan gawe gela.

 lagu lir ilir

Lir ilir lir ilir tandure wong sumilir
Tak ijo royo royo
Tak sengguh panganten anyar
Cah angon cah angon penekna blimbing kuwi
Lunyu lunyu penekna kanggo mbasuh dodotira
Dodotira dodotira kumintir bedah ing pinggir
Dondomana jrumatana kanggo seba mengko sore
Mumpung padang rembulane
Mumpung jembar kalangane
Sun suraka surak hiyo

Apa yang kamu rasakan setelah menyanyikan lagu ”Suwe Ora Jamu” tersebut? Nada apa saja yang digunakan?

Apa yang kamu rasakan setelah menyanyikan lagu ”Lir-ilir” tersebut? Nada apa yang terdapat pada lagu “Lir Ilir”?

Nyanyikan kembali lagu Lir-ilir dan Suwe Ora Jamu. Kemudian, identifikasilah tangga nada masing-masing lagu tersebut.

Dengarkan lagu-lagu pentatonik lainnya, selain dua lagu itu. Kemudian, tuliskan judul lagu yang telah kamu dengarkan, jenis tangga nadanya, dan berikan penjelasan mengenai lagunya.

Pilihlah lagu yang isinya mengenai benda-benda di sekitarmu. Mintalah orang tua untuk membantu memilih lagu. Bersama orang tuamu, nyanyikan lagu yang telah dipilih. Kemudian, tuliskan syair lagu pada kolom berikut.

 

image

Wilayah Indonesia membentang luas dari Sabang sampai Merauke. Bentang alam ini merupakan salah satu alasan Indonesia kaya akan keragaman budaya.

Keragaman budaya di antaranya berupa upacara adat, rumah adat, tari-tarian, dan berbagai lagu daerah. Hampir setiap daerah memiliki kebudayaan masing-masing. Banyaknya perbedaan kebudayaan dalam suku bangsa bisa menjadi sumber terjadinya konflik antara suku-suku bangsa dan golongan. Namun, keberagaman suku bangsa dan budaya tidak membuat bangsa Indonesia terpecah belah. Terbukti bangsa Indonesia tetap rukun dan bersatu.

Bhinneka Tunggal Ika merupakan semboyan bangsa kita yang mengungkapkan persatuan dan kesatuan yang berasal dari keanekaragaman. Bhinneka Tunggal Ika artinya berbeda-beda tetapi tetap satu jua. Walaupun kita terdiri atas berbagai suku yang beraneka ragam budaya daerah, namun kita tetap satu bangsa Indonesia. Kita memiliki bahasa dan tanah air yang sama, yaitu bahasa Indonesia dan tanah air Indonesia. Bendera kebangsaan kita merah putih sebagai lambang identitas bangsa. Kita bersatu padu di bawah falsafah dan dasar negara Pancasila.

image

Apa menurutmu kerukunan itu? Apakah gambar di atas mencerminkan kerukunan? Tuliskan pendapatmu mengenai gambar di atas pada kolom berikut.

MEMBAYAR PAJAK TANDA CINTA TANAH AIR.

Hidup rukun harus dilakukan antara sesama anggota masyarakat. Hidup rukun akan membuat persatuan dan kesatuan bangsa semakin kuat. Agama dan suku setiap anggota masyarakat tentu berbeda. Walaupun berbeda anggota masyarakat harus hidup rukun, saling membantu dan menolong. Contoh hidup rukun di masyarakat, misalnya, bekerja sama dalam kebersihan dan keamanan lingkungan. Hidup menjadi lebih baik dan nyaman jika hidup dengan rukun.

Apa wujud perilakumu untuk hidup rukun sebagai warga masyarakat? Tuliskan dalam kolom berikut.

Hidup rukun juga harus diwujudkan antarumat beragama. Di Indonesia ada enam agama, yaitu Islam, Kristen, Katolik, Hindu, Buddha, dan Konghucu. Banyak imbauan dan ajakan dari pemerintah untuk hidup rukun dan damai antarumat beragama. Perhatikan gambar berikut.

image

1. Apakah gambar di atas merupakan bentuk suatu iklan? Tuliskan pendapatmu pada kolom berikut.

2. Carilah iklan pada media cetak. Kemudian, tempelkan pada kolom berikut.

3. Apa isi iklan dari media cetak yang kamu tempel di atas? Tuliskan pada kolom berikut.

Iklan sering muncul di media cetak maupun media elektronik. Berbagai benda atau barang ditawarkan melalui iklan. Berbagai alat musik pun sering kali ditawarkan melalui iklan. Alat musik apa saja yang kamu ketahui? Dapatkah kamu memainkan alat musik? Mari mengenal alat musik melodis.

Alat musik melodis merupakan alat musik yang digunakan untuk memainkan melodi. Jadi, alat musik tersebut dapat digunakan untuk memainkan melodi lagu sesuai dengan tangga nadanya. Ada beberapa contoh alat musik melodis, misalnya seruling (recorder) atau pianika. Berikut cara memainkan kedua alat musik tersebut.

image

1) Cara Bermain Seruling (Recorder).

Seruling Recorder dimainkan dengan cara ditiup. Hasil tiupan rata dan berbunyi tuuu. . ., bukan hu. . .. Perhatikan posisi jari untuk mendapatkan nada-nada tertentu.

wps496.tmp

 

2) Cara Bermain Pianika.

Pianika dimainkan dengan cara meniup slang peniup dan menekan tuts pianika. Berikut nada-nada yang ada dalam pianika.

image

image

image

 

Pilih lagu bertangga diatonis maupun pentatonis. Nyanyikan bersama Kedua orang tuamu maupun anggota keluarga yang lain. Saat bernyanyi bersama, apakah kamu merasakan kerukunan antara kamu dan anggota keluargamu? Mengapa? Tuliskan alasanmu pada kolom berikut.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *